Daftar isi
6 min read

6 Cara Mudah Auto Reply DM Instagram, Hemat Waktu

Tayang 22 April 2023
Diperbarui 15 Juli 2024
Cara Auto Repy Instagram
6 Cara Mudah Auto Reply DM Instagram, Hemat Waktu

Cara auto DM Instagram yang mudah dan aman banyak dicari oleh para pemilik toko Instagram (Instagram Shopping). Cara tersebut memberikan rasa aman dan nyaman untuk pemilik instagram shop maupun pelanggan untuk bertransaksi.

Secara tidak langsung, perasaan aman tersebut dapat meningkatkan hubungan pelanggan dan sales pada bisnis online Anda sekaligus terhindar dari risiko pemblokiran akun Instagram.

Lalu, bagaimana cara menggunakan auto DM Instagram yang resmi agar dapat mengirimkan autoreply Instagram yang mudah dan aman?

Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan lengkap cara membuat pesan otomatis di Instagram berikut ini.


Apa itu Instagram Auto DM?

Instagram Auto DM adalah fitur yang berfungsi untuk membalas pesan pada Direct Message (DM) di Instagram secara otomatis. Fitur ini memiliki sistem Bot Instagram yang akan membalas setiap DM secara otomatis.

Dengan DM otomatis Instagram, Anda dapat melayani pelanggan selama 24/7. Fitur Autoreply DM Instagram ini hanya tersedia pada Instagram API. Oleh karenanya, Anda perlu meng-upgrade akun Instagram Business Anda menjadi Instagram API.


Bagaimana Cara Membuat Pesan Otomatis di Instagram?

Cara membuat pesan otomatis di Instagram cukup mudah, Anda dapat menggunakan fitur Balasan Cepat yang kini telah berubah menjadi ‘Pesan Tersimpan’.

Akan tetapi, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa akun Instagram Anda adalah akun bisnis dan telah di upgrade dengan versi Instagram terbaru.

Kemudian, Anda dapat melanjutkan dengan mengikuti cara membuat pesan otomatis di Instagram berikut ini:

  1. Buka menu ‘Settings’ atau Pengaturan pada Profil Instagram.
  2. Pilih Menu ‘Business‘ atau Bisnis.
  3. Lalu, ketuk ‘Saved Reply‘ atau Pesan Tersimpan.
  4. Untuk membuat pesan otomatis di DM Instagram, Anda dapat melanjutkan dengan mengetuk ‘New saved reply‘.
  5. Kemudian, ketik shortcut yang akan digunakan dan tulis pesan yang ingin Anda sampaikan dengan shortcut tersebut.
  6. Setelah selesai, Anda dapat langsung menggunakan Pesan Tersimpan untuk membalas pesan Instagram Anda sesuai dengan templat yang telah Anda buat.

Berikut adalah gambar tutorial cara membuat pesan otomatis di Instagram:

Cara Membuat Pesan Otomatis di Instagram - Auto DM Instagram

 

Fitur Balas Cepat Instagram _ Auto DM Instagram

Namun, cara ini sebenarnya tidak memiliki kemampuan membalas pesan Instagram otomatis. Anda tetap harus membuka DM Instagram masuk satu persatu dan memasukkan shortcut untuk membalas pesan pelanggan Anda.

Lalu, bagaimana cara membalas pesan di Instagram yang otomatis? Caranya mudah, Anda dapat menggunakan fitur Bot Instagram dari Mitra API Instagram resmi, salah satunya adalah Mekari Qontak.


Mengapa Harus Menggunakan Bot Auto DM Instagram?

Cara auto DM Instagram melalui aplikasi pihak ketiga, pastinya kurang aman untuk akun Anda. Karena sebagian aplikasi autoreply DM Instagram di Pasaran merupakan aplikasi Instagram auto DM yang tidak resmi atau melanggar ketentuan Instagram.

Berikut alasan lainnya mengapa Anda harus menggunakan Bot Auto chat Instagram yang resmi:

  • Anda bebas dari kekhawatiran akan pemblokiran akun oleh Pihak Instagram.
  • Akun Anda terhindar dari shadow banning dimana pengikut akun Anda atau pengunjung akun Instagram Shop Anda tidak dapat melihat postingan yang Anda lakukan walaupun akun masih aktif.
  • Anda terhindar dari risiko pembobolan akun (hacked) oleh pihak ketiga.
  • API yang dimiliki oleh akun Instagram Anda memiliki banyak tools yang bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda.
  • Auto reply Instagram yang resmi dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada, seperti WhatsApp dan aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang berbasis Omnichannel.

Baca juga: Cara Promosi di Instagram yang Pasti Menguntungkan!


Bagaimana Cara Auto DM Instagram API dengan Bot?

Cara membuat Auto DM Instagram dengan menggunakan bot cukup mudah, yaitu dengan cara memiliki Instagram API. Berikut ini merupakan 6 langkah mudah membuat Instagram API:

1. Daftar ke Mitra Resmi Instagram, Mekari Qontak

Logo Mekari Qontak

Mendaftar ke Mitra API untuk Instagram yang resmi di Indonesia seperti Mekari Qontak sangatlah penting. Hal tersebut merupakan syarat pertama untuk mendapatkan autoreply DM Instagram.

Tim Mekari Qontak selalu siap membatu bisnis Anda menjalankan online shop melalui Instagram Shopping menggunakan berbagai fitur-fitur canggih. Fitur-fitur tersebut akan memudahkan Anda untuk mengembangkan bisnis.

2. Pastikan Memiliki Facebook Page dan Role Admin

Cara Auto DM Instagram Facebook-Page-dan-Role-Admin

Pastikan bisnis Anda sudah memiliki Facebook Page. Jika belum memilikinya, Anda dapat membaca panduan resmi dari Facebook mengenai Cara Membuat Facebook Page.

Setelah memiliki Facebook Page, pastikan akun Facebook yang Anda gunakan memiliki role sebagai Admin di Facebook Page tersebut.

3. Pastikan Menggunakan Akun Instagram Business

Akun-Instagram-Business-1

Instagram auto DM pada Instagram API diutamakan untuk bisnis dan perusahaan, maka pastikan akun Instagram yang Anda miliki adalah akun Instagram Business atau Professional Account.

Cara mengubah akun Instagram biasa ke akun Instagram Business (Professional Account) adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman profil Instagram dan klik tombol di pojok kanan atas.
  • Klik ‘Settings’ lalu klik ‘Account’.
  • Klik ‘Switch to Professional Account’ dan klik ‘Continue’.
  • Pilih kategori bisnis Anda dan klik ‘Done’ dan selanjutnya ‘OK’ untuk konfirmasi.
  • Klik ‘Next’ dan masukkan detail kontak.

4. Sambungkan Facebook Page dengan Akun Instagram Business

Cara Auto DM Instagram API dan Facebook Page

Setelah memiliki Facebook Page dan akun Instagram Business (Professional Account), Anda harus menghubungkan keduanya. Cara menyambungkan Facebook Page dengan akun Instagram Business adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman profil Instagram.
  • Pilih ‘Edit Profil’.
  • Di bagian ‘Public Business Information’, klik ‘Page’.
  • Klik ‘Create Facebook Page’ atau ‘Connect an Existing Page’.
  • Pilih Facebook Page yang ingin Anda sambungkan atau pilih ‘Create a New Facebook Page’.
  • Klik ‘Done’.

5. Mitra Resmi akan Set-Up Instagram API

Cara Auto DM Instagram Setup

Setelah persyaratan di atas sudah dilengkapi, Mekari Qontak sebagai Mitra Resmi akan membantu untuk menset-up Instagram API Anda melalui aplikasi Omnichannel Mekari Qontak.

6. Instagram API Siap Digunakan

Cara Auto DM Instagram Inbox

Setelah di set-up, tim Mekari Qontak akan memberikan informasi berupa username dan password untuk mengakses auto chat instagram API. Cara auto DM Instagram gratis pun selesai.


Dapatkan Auto DM Instagram Resmi Terbaik untuk Bisnis Online Anda Sekarang!

Cara auto DM Instagram yang telah dijelaskan di atas dijamin merupakan cara yang mudah dan aman. Hal tersebut dapat dilakukan dan didapatkan dengan mudah melalui bantuan Mekari Qontak.

Mengapa Mekari Qontak? Karena Mekari Qontak merupakan mitra resmi Instagram API yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan bisnis Anda melalui Instagram Shopping yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan aplikasi canggih lainnya seperti CRM Omnichannel milik Mekari Qontak yang memiliki banyak fitur canggih. Mekari Qontak merupakan mitra resmi WhatsApp yang dapat membantu Anda memperoleh centang hijau pada WhatsApp Business Anda.

Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan mereka. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, Coba Gratis Instagram API Mekari Qontak selama 14 hari atau Konsultasikan dengan tim Mekari Qontak!

Kategori : BisnisInstagram
WhatsApp WhatsApp Sales