Daftar isi
6 min read

Sales: Pengertian, Fungsi, Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Tayang 04 September 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Panduan lengkap sales adalah
Sales: Pengertian, Fungsi, Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Kegiatan utama dalam bisnis adalah berjualan. Oleh karena itu, sales memegang peranan penting dalam perusahaan. Sebab, mereka yang bertanggung jawab menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan.

Pada umumnya, seorang sales dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga bisa menyelesaikan masalah pelanggan dan menjual produk ke mereka. Hal tersebut juga perlu didukung dengan manajemen waktu dan tugas yang baik pula.

Pada artikel ini akan membahas secara lengkap terkait sales, peran, tugas tips untuk menjadi penjual yang baik. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Sales

Sales adalah proses transaksi antara jual beli barang, aset, atau jasa yang tidak berwujud atau berwujud dengan uang. Penjualan dilakukan antara dua pihak atau lebih.

Secara jelasnya, penjualan atau sales adalah kegiatan yang melibatkan upaya untuk menjual produk, layanan, atau solusi kepada pelanggan atau calon pelanggan dengan tujuan untuk menghasilkan pendapatan atau keuntungan bagi perusahaa.

Setiap perusahaan biasanya akan membentuk tim penjualan, kemudian tim sales akan memetakan wilayah penjualan, sehingga lebih efisien.

Setelah itu, mereka juga harus menyusun strategi penjualan yang tepat. Termasuk mengidentifikasi target pelanggan serta cara mendekati mereka agar menghasilkan penjualan.

Fungsi dan Peran Sales dalam Perusahaan

Fungsi utama sales adalah meningkatkan penjualan, sehingga pendapatan lebih besar. Selain itu, peran penjualan dalam perusahaan adalah

– Mendorong Pertumbuhan Bisnis

Bisnis akan terus berkembang jika tim sales dapat menghasilkan penjualan, dan meraih banyak kesepakatan berulang kali. Ketika bisnis memiliki lebih banyak uang, maka bisnisnya akan berkembang dan pertumbuhannya terus berlanjut.

– Menjaga Retensi Pelanggan

Saat seorang sales sopan dan mempunyai sikap yang baik, maka mereka akan menarik dan mempertahankan lebih banyak orang. Sebab pelanggan biasanya menyukai tenaga penjualan yang memberikan informasi yang tepat tentang apa yang mereka cari, daripada hanya berfokus pada penjualan produk mereka.

– Meningkatkan Konversi Penjualan

Pemasaran dan periklanan menarik calon pelanggan terhadap produk atau layanan perusahaan. Setelah itu, tugas tim penjualan bertugas untuk membujuk mereka untuk melakukan transaksi.

Baca juga: Mengenal Program Sales Training yang Tepat untuk Perusahaan

Istilah-Istilah dalam Sales

Ini adalah beberapa istilah umum yang terkait dengan aktivitas penjualan adalah

1. Salesperson

Salesperson (tenaga penjualan) merujuk kepada individu yang bertanggung jawab untuk semua kegiatan terkait penjualan produk atau layanan.

Istilah lain yang juga digunakan untuk menggambarkan salesperson adalah rekan penjualan, penjual, agen penjualan, atau perwakilan penjualan.

Baca juga: Panduan Lengkap Sales Force

2. Prospect

Prospect (calon pelanggan) adalah individu atau entitas yang menjadi target untuk menjual produk atau jasa. Untuk mengumpulkan prospect biasanya melalui email atau aktivitas pemasaran. Tim penjualan akan menghubungi prospect dan berusaha untuk mengubah mereka menjadi pelanggan aktif.

3. Deal

Deal adalah kesepakatan antara penjual dan pembeli terkait transaksi produk serta harganya. Proses kesepakatan sangat bervariasi bergantung pada tahapan yang perlu pelanggan lalui hingga close deals.

Performa kesepakatan dapat dilacak melalui penggunaan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM). Dengan sistem CRM, tim penjualan dapat merencanakan strategi kesepakatan untuk mempermudah proses penjualan dan memenuhi kebutuhan calon pelanggan.

4. Sales Pipeline

Sales pipeline menggambarkan seluruh rangkaian langkah dalam proses penjualan. Proses ini memberikan visual bagi tenaga penjualan mengenai tahapan dimana seorang prospek berada dalam siklus penjualan.

5. Sales Plan

Sales plan merinci tujuan, target, dan strategi tim penjualan dalam organisasi. Hal ini mencakup informasi tentang segmen pelanggan yang menjadi target, kondisi pasar, target pendapatan, kebijakan harga, struktur tim penjualan, dan faktor-faktor lainnya.

Jenis-jenis Sales

Ada berbagai jenis penjualan yang berbeda, seperti berikut:

  • Remote Sales: penjual yang menghubungi calon pelanggan melalui email, telepon, pesan teks, atau media sosial tanpa melakukan pertemuan tatap muka.
  • Sales Lapangan: penjual yang melakukan pertemuan langsung dengan calon klien, seperti yang terlihat di pasar, toko, atau bazaar.
  • Sales B2B: suatu bisnis menjual produk atau layanan kepada bisnis lain untuk digunakan lebih lanjut, bukan kepada konsumen akhir.
  • Sales B2C: bisnis menjual produk dan layanannya langsung kepada konsumen akhir.
  • Sales Product: penjual yang menawarkan barang fisik yang dapat disentuh, seperti CD, DVD, atau pakaian.
    Penjualan Jasa: penjual yang menawarkan jasa layanan non-fisik seperti perbaikan pipa, layanan listrik, pengajaran, perbankan, konsultasi, dan pengembangan.
  • Afiliasi: suatu platform atau bisnis memungkinkan bisnis lain untuk memasarkan produk atau layanannya melalui platform mereka, dengan komisi sebagai imbalan.
  • Sales Online: platform yang memungkinkan Anda untuk memesan produk dan menerimanya di alamat yang Anda berikan seperti e-commerce, toko online, dan platform seperti Shopify.
  • Sales Offline: tempat penjualan yang mengharuskan Anda mengunjungi toko fisik seperti pusat perbelanjaan atau supermarket untuk membeli produk.

Kemampuan yang harus Dimiliki oleh Seorang Sales

Berikut adalah beberapa kemampuan dan karakteristik yang menjadikan seseorang tenaga penjualan yang kompeten:

– Empati

Seorang tenaga penjualan harus bisa menunjukkan rasa empati terhadap pelanggan. Empati yang mereka tunjukkan mencerminkan pemahaman yang dalam dan membantu membangun kepercayaan pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan mereka berhasil dalam menjual.

– Ketekunan

Jika seorang tenaga penjualan memiliki ketekunan, itu akan membantu mereka mencapai dan melebihi target penjualan mereka. Kemampuan ini memungkinkan mereka untuk tetap fokus pada tujuan mereka, menjadikan mereka lebih berorientasi pada hasil, dan menghasilkan pendapatan yang signifikan bagi perusahaan.

– Keyakinan

Saat seorang tenaga penjualan memiliki keyakinan akan kemampuan mereka, dan produk atau layanan yang ditawarkan, mereka cenderung lebih efektif dalam menjual dan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian lebih lanjut di masa depan.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Sales

Tugas utama seorang sales adalah presentasi, promosi, dan penjualan produk atau layanan dengan menggunakan argumen yang meyakinkan kepada pelanggan yang sudah ada dan calon pelanggan.

Selain tugas pokok tersebut, seorang sales juga memiliki tanggung jawab lainnya seperti berikut:

  • Melakukan evaluasi biaya dan manfaat serta memahami kebutuhan pelanggan yang sudah ada atau calon pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka.
  • Membangun, mengembangkan, dan merawat hubungan bisnis yang positif dengan pelanggan.
  • Menghubungi calon pelanggan melalui berbagai media komunikasi.
  • Cepat menyelesaikan masalah dan merespons keluhan pelanggan untuk meningkatkan tingkat kepuasan.
  • Mencapai target penjualan yang telah disepakati dalam waktu yang ditentukan.
  • Bekerja sama dengan rekan-rekan tim dan departemen lain dalam usaha penjualan.
  • Menganalisis potensi wilayah atau pasar, melacak data penjualan, dan melaporkan status penjualan.
  • Mengelola rantai pasokan dengan memberikan laporan mengenai kebutuhan pelanggan, masalah yang muncul, minat pelanggan, aktivitas pesaing, dan peluang produk dan layanan baru.
  • Selalu mengikuti praktik terbaik dan tren dalam promosi.
  • Berupaya terus-menerus untuk meningkatkan diri melalui umpan balik dari pelanggan dan kolega.

Baca juga: Cara Sukses Menjadi Sales Pemula 

Tingkatkan Sales dengan Mekari Qontak

Penjelasan di atas menunjukan peran sales sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan. Oleh karena itu, penting juga mendukung kinerja mereka untuk mendapatkan hasil maksimal.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi sales CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi Mekari Qontak memIliki fitur-fitur canggih yang mempermudah tugas sales. Sehingga mereka bisa fokus menyelesaikan lebih banyak penjualan dengan efisien.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500 perusahaan untuk membantu mengembangkan bisnis mereka. Mekari Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Jadi tunggu apa lagi? YukCoba Demo Gratis Aplikasi Mekari Qontak selama 14 hari sekarang atau Konsultasi Gratis dengan Tim Mekari Qontak!

Kategori : BisnisSales
WhatsApp WhatsApp Sales