Daftar isi
6 min read

Mekari Qontak Kini Hadir Dengan Fitur Chatbot AI Terbaru

Tayang 19 Februari 2024
Diperbarui 01 April 2024
Mekari Qontak Memperkenalkan Chatbot AI Terbaru
Mekari Qontak Kini Hadir Dengan Fitur Chatbot AI Terbaru

Bisnis saat ini dituntut untuk merespon dengan cepat, tidak mau ditinggalkan pelanggan ke kompetitor. Sayangnya, banyaknya pelanggan membuat agen kewalahan yang menyebabkan sekitar 20% pesan masuk terabaikan. Hal ini tentu merugikan bisnis karena bisa mempengaruhi citra juga penjualan.

Sementara itu, bisnis juga tidak bisa menambah agen yang terlalu untuk merespon semua pesan masuk. Sebab hal tersebut dapat menambah pengeluaran biaya operasional perusahaan.

Mekari Qontak hadir menawarkan solusi permasalahan tersebut melalui Chatbot pintar berbasis AI. Chatbot AI ini mampu merespon banyak pesan pelanggan sekaligus secara otomatis dalam hitungan detik.

Yuk, kenali apa saja kehebatan Chatbot AI serta biaya yang harus dibayarkan untuk menggunakannya, pada artikel berikut.

Apa saja jenis Chatbot yang Mekari Qontak Tawarkan?

Sebelumnya, diketahui bahwa Mekari Qontak menawarkan solusi Chatbot untuk membantu bisnis merespon pelanggan dengan cepat. Mekari Qontak memiliki tiga pilihan Chatbot yang bisa bisnis gunakan sesuai kebutuhan. Berikut penjelasannya:

1. Chatbot Basic

Chatbot Basic merupakan program kecerdasan buatan generasi pertama yang Mekari Qontak ciptakan. Robot chat jenis ini menggunakan  model diagram flow dan mampu mengenal kata-kata sederhana untuk memberikan respon dari pertanyaan user.

Oleh karena itu,  bisnis perlu memasukkan pertanyaan yang sering pelanggan ajukan serta menyiapkan jawaban untuk pertanyaan tersebut. Informasi tersebut yang akan digunakan oleh Chatbot Basic untuk merespon pesan pelanggan dengan terstruktur.

Dengan kemampuan tersebut, bisnis bisa melayani pelanggan  lebih efisien, tanpa memerlukan tim tambahan. Hal ini memungkinkan bisnis menghemat anggaran untuk merekrut dan melatih pegawai.

2. Chatbot NLP

Chatbot generasi selanjutnya yang berhasil Mekari Qontak ciptakan adalah berbasis NLP (Natural Language Processing). Integrasi NLP dengan Chatbot memberikan kemampuan pemahaman lebih baik konteks pesan pelanggan yang masuk.

Chatbot NLP dapat dengan mudah beradaptasi dan belajar dari interaksi Anda dan pelanggan sehingga dapat menyempurnakan respon terhadap pertanyaan pelanggan.

Chatbot jenis ini dilatih untuk mengenali kata kunci tertentu, sehingga dapat menanggapi pertanyaan pelanggan secara kontekstual serta menciptakan percakapan yang alami dan menarik.

Baca juga: Natural Language Processing: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis

3. Chatbot AI

Inovasi terbaru Mekari Qontak kembangkan adalah Chatbot yang didukun OpenAI. Teknologi tersebut mampu memberikan respon yang dipersonalisasi.

Chatbot AI Mekari Qontak juga mampu menyesuaikan respon dengan gaya komunikasi bisnis Anda. Dengan begitu, respon yang diberikan akan lebih natural seperti berbicara dengan agen CS Anda.

Namun sebelum itu, Anda perlu memasukkan informasi yang relevan terkait bisnis Anda. Kemudian Chatbot AI akan secara otomatis mempelajari konteks dan gaya komunikasi bisnis Anda untuk memberikan respon yang relevan.

Apa Manfaat Menggunakan Chatbot AI Mekari Qontak Daripada Chatbot Biasa?

Chatbot AI terbaru yang Mekari Qontak ciptakan memiliki beberapa keuntungan yang bisa bisnis manfaatkan. Keuntungan tersebut antara lain:

  • Respon Cepat Selama 24/7

Keuntungan Chatbot AI pertama yang bisa bisnis nikmati adalah otomatis merespon pelanggan dengan cepat. Kemampuan tersebut bisa dinikmati selama 24 jam non-stop. Hal ini memastikan bisnis selalu ada untuk melayani pelanggan meski di luar jam operasional.

  • Menjaga Kualitas Layanan

Selain kecepatan, Chatbot AI juga secara konsisten menjaga kualitas layanan bisnis. Setiap respon yang diberikan relevan dengan wawasan bisnis yang diberikan sebelumnya.

Hal tersebut sulit didapatkan jika bisnis hanya mengandalkan agen CS. Meskipun dilatih, agen CS terkadang tidak konsisten dalam melayani pelanggan. Sementara Chatbot AI, akan memberikan respon seragam kepada berbagai tipe pelanggan.

  • Personalisasi Pelayanan

Keuntungan Chatbot selanjutnya, bisnis tetap bisa mempersonalisasi interaksi yang terjalin dengan pelanggan. Tujuannya agar terbangun kepuasan pelanggan yang berimbas pada peningkatan loyalitas pelanggan.

  • Efisiensi Waktu dan Uang

Penggunaan Chatbot AI Mekari Qontak secara tidak langsung dapat mengurangi ketergantungan terhadap agen CS berlebihan. Artinya bisnis dapat menghemat uang yang sebelumnya digunakan untuk meng-gaji dan melatih mereka supaya menjadi agen handal.

  • Produktivitas Agen Meningkat

Terakhir, Chatbot AI dapat dimanfaatkan untuk membantu sebagian tugas agen CS seperti menjawab pertanyaan berulang dari pelanggan. Kemampuan tersebut, membuat agen bisa fokus mengerjakan tugas yang lebih kompleks dan menyusun strategi layanan pelanggan lebih efektif.

Apa saja Fitur yang Ada Pada Chatbot AI Mekari Qontak?

Dalam menjalankan fungsinya, Chatbot AI Mekari Qontak didukung dengan fitur-fitur canggih sebagai berikut:

1. Basis Pengetahuan

Fitur pertama, memastikan Chatbot AI Mekari Qontak untuk memberikan respon dari pertanyaan yang sering diajukan. Bisnis bisa memasukan informasi komprehensif terkait layanan dan produk mereka. Dengan begitu, Chatbot bisa menjawab kebutuhan pelanggan lebih spesifik dan relevan.

2. Personalisasi

Fitur kedua memungkinkan untuk mempersonalisasi interaksi pelanggan dengan gaya komunikasi bisnis yang otentik. Hal ini membuat percakapan yang terjalin seperti dengan manusia normal bukan robot AI.

3. Kustomisasi Alur Percakapan

Selanjutnya, bisnis bisa mengatur alur percakapan dengan pelanggan secara manual. Kemudian bisnis juga bisa mengkombinasikannya dengan kemampuan Chatbot AI miliki dalam mempelajari konteks pesan pelanggan secara otomatis. Kombinasi ini memastikan agar Chatbot bisa menjawab semua pertanyaan pelanggan yang beragam.

4. Routing Percakapan

Kemudian, Chatbot AI Mekari Qontak juga memiliki fitur routing percakapan. Fitur ini otomatis mendistribusikan percakapan pelanggan ke agen dengan adil. Dengan begitu, tidak ada lagi pesan pelanggan yang terabaikan.

Selain fitur-fitur Chatbot AI di atas, masih banyak keunggulan yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Untuk lebih jelasnya bisa periksa di sini.

Sementara untuk menggunakannya, Mekari Qontak menawarkan tiga pilihan paket yaitu AI StarterBot, AIBusinessBot dan AI EliteBot. Setiap paketnya menawarkan berbagai fitur menarik yang bisa dipilih sesuai kebutuhan bisnis.

Informasi lebih lanjut, mengenai biaya yang harus dibayarkan untuk setiap paketnya bisa langsung hubungi kami.

Bagaimana Cara Menggunakan Chatbot AI Mekari Qontak?

Setelah Anda memilih paket berlangganan yang tepat, kini saatnya untuk menggunakan Chatbot AI Mekari Qontak dengan cara berikut:

  • Login ke chat panel Qontak
  • Masuk ke “Menu Chatbot”
  • Klik “Conversation”
  • Kemudian, Anda akan diarahkan untuk membuat percakapan
  • Klik “Create Conversation”
  • Masukkan informasi yang dibutuhkan
  • Klik “Save Conversation” pada bagian bawah
  • Kemudian, Anda akan diarahkan pada halaman Alur Percakapan Chatbot

Tonton penjelasan selengkapnya untuk mengatur dan melatih Chatbot AI di Mekari Qontak pada video berikut:

YouTube video

Gunakan Chatbot AI Mekari Qontak Sekarang

Demikianlah penjelasan singkat terkati fitur Chatbot AI terbaru dari Mekari Qontak. Fitur ini hasil inovasi untuk menjawab kebutuhan bisnis dalam melayani pelanggan lebih cepat dan efisien.

Chatbot AI Mekari Qontak dapat diimplementasikan pada aplikasi omnichannel sehingga mampu merespon pesan di Instagram, WhatsApp, Facebook dan banyak lagi secara otomatis. Hal ini memudahkan Anda dalam memantau semua pesan dalam satu platform terpadu.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500 perusahaan terkemuka di Indonesia untuk melayani pelangan merekan lebih efisien. Selain itu juga, Mekari Qontak tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan data dan informasi bisnis.

Konsultasikan Kebutuhan bisnis Anda lainnya dengan tim ahli Mekari Qontak secara Gratis di sini.

Kategori : Chatbot
WhatsApp WhatsApp Sales