Daftar isi
6 min read

Memahami Tugas Account Manager, Serta Skill yang Dibutuhkan

Tayang 09 Februari 2024
Diperbarui 07 Mei 2024
Memahami Tugas Account Manager
Memahami Tugas Account Manager, Serta Skill yang Dibutuhkan

Sebagian pihak salah menerjemahkan tugas atau wewenang account manager. Mereka menilai bahwa manajer akun merupakan bagian sales. Sementara sebagian lain beranggapan bahwa mereka adalah customer service.

Kedua deskripsi tersebut kurang tepat. Sebab account manager berperan untuk mengelola hubungan antara klien dengan perusahaan, terutama tim sales dan pemasaran. Lalu apa saja sebenarnya tugas mereka?

Yuk, simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut.

Definisi Account Manager

Account manager adalah individu yang bertanggung jawab mengelola hubungan klien dengan bisnis. Fokus pekerjaan seorang account manger adalah memastikan kepuasan klien sehingga tercipta hubungan dekat yang memperpanjang kontrak kerjasama.

Dalam aktivitas kesehariannya, manajer akun banyak berinteraksi langsung dengan klien untuk memenuhi kebutuhan serta merespon kekhawatiran mereka.

Bahkan tidak jarang account manager harus berperan ganda bukan hanya sebagai layanan pelanggan, tapi juga sebagai sales, teknisi, dan penasihat keuangan.

Misalnya saat ada kesalahan pesan iklan yang tidak sesuai ekspektasi klien, manajer akun harus bisa menyelesaikan situasi tersebut dengan memberikan solusi yang memuaskan klien.

Baca juga: Mengenal Apa itu Klien?

Mengapa Account Manager Dianggap Penting?

Pada penjelasan sebelumnya disebutkan bahwa account manager memiliki peran penting yang menghubungkan klien dengan pelanggan mereka. Oleh karena itu, mempekerjakan seorang manajer akun memberikan banyak keuntungan seperti berikut:

  • Meringankan Beban Pekerjaan

Mempekerjakan seorang manajer akun adalah langkah strategis yang dapat memiliki dampak signifikan pada kesuksesan bisnis Anda. Mereka dapat meringankan beban Anda dalam mengelola hubungan dengan pelanggan Anda dan memberikan dukungan yang personal.

Dengan memberikan tugas-tugas tersebut kepada seorang profesional, Anda dapat menghemat waktu berharga dan fokus menyelesaikan pekerjaan lainnya di bisnis Anda.

  • Mengelola Hubungan dengan Pelanggan

Keuntungan lainnya dengan mempekerjakan seorang account manager adalah membantu mengelola hubungan pelanggan Anda secara efektif.

Seorang profesional akan menjaga komunikasi yang teratur, menanggapi kebutuhan pelanggan Anda dengan cepat, dan memberikan solusi proaktif. Dengan begitu, akan terbangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan jangka panjang.

  • Mendapatkan Wawasan Baru tentang Pelanggan

Selanjutnya, seorang account manager dapat memberikan wawasan berharga tentang pelanggan Anda dari interaksi mereka seperti pain poin, preferensi hingga tren yang sedang terjadi.

Wawasan tersebut sangat penting dalam menyusun pengembangan produk, strategi Anda pemasaran dan pengambilan kebijakan bisnis secara keseluruhan. Dengan begitu, bisnis dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memposisikan diri menuju kesuksesan jangka panjang.

Apa saja Tugas Account Manager?

Kehadiran account manager akan lebih bermanfaat bagi bisnis apabila mampu menjalankan tugas serta tanggung jawabnya dengan baik. Adapun tugas dari seorang account manager adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Analisis Kebutuhan Pelanggan

Pertama, seorang account manager harus bisa mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, bisa memberikan solusi yang tepat baik melalui iklan atau berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Sebagai contoh, saat bisnis ingin memasarkan sebuah produk makanan sehat. Maka, manajer akun harus tahu target market, kompetitor, hingga perilaku calon konsumen produk tersebut.

2. Memberikan Pelayanan Terbaik

Tugas kedua adalah melayani klien dengan baik. Apabila keinginan klien tidak sesuai dengan kondisi pasar, maka account manager harus menjelaskan kebenarannya tanpa menyinggung klien.

Pelayanan yang dimaksud juga bisa berpengaruh pada pemasaran produk perusahaan kepada klien. Sebab, manajer akun juga memiliki tanggung jawab untuk menawarkan produk lain kepada klien yang sebelumnya tidak disebutkan dalam kontrak.

Dan, jika perusahaan memiliki tingkatan hubungan kerjasama, seorang manajer akun juga harus mengetahui bagaimana membuat klien bisa upgrade kontrak.

3. Menjaga Hubungan Baik Perusahaan dengan Klien

Selain menjalankan tugas melayani klien, account manager yang baik harus bisa menjaga hubungan baik dengan mereka. Tujuannya agar klien mau memperpanjang kontrak kerjasama untuk seterusnya. ‍

4. Membuat Strategi Pemasaran

Terakhir, seorang manajer akun juga bertanggung jawab membuat strategi pemasaran serta target capaian jumlah klien per bulan, biasanya dibuat bersama tim sales, marketing account executive dan tim terkait lainnya.

Dengan adanya kerja sama tersebut, strategi pemasaran akan lebih efektif sehingga value perusahaan akan tersampaikan ke masyarakat dan klien yang datang akan memiliki visi misi yang sama.

Apa saja Skill yang Account Manager Butuhkan?

Pada dasarnya dalam menjalankan tugasnya, account manager harus menjadi pengamat yang peka terhadap masyarakat dan tren, khususnya di antara audiens target klien, dan memiliki keterampilan manajemen keuangan.

Banyaknya peran yang diemban, sebagian pakar menuturkan bahwa seorang manajer akun haruslah orang yang teliti dan menguasai seluruh elemen bisnis agar bisa bekerja dengan baik.

“Seorang account manager seharusnya menjadi orang yang proaktif dan mandiri yang memahami bisnis secara umum,” kata Dave Di Maggio, presiden Aqua Marketing & Communications.

Selain itu, manajer akun juga perlu memiliki kemampuan atau skill berikut:

  • Kemampuan Berinteraksi dengan Orang Lain (Komunikasi)

Keterampilan berkomunikasi baik secara lisan atau tertulis sangat diperlukan untuk bisa berinteraksi dengan karyawan dan klien. Setiap informasi yang diberikan bisa dengan mudah agar pesan yang tersampaikan dengan baik.

  • Keterampilan Melakukan Banyak Hal Sekaligus (Organisasi)

Skill yang dibutuhkan selanjutnya adalah bekerja secara efisien dengan mengerjakan beberapa tugas. Account manager harus bisa mengelola layanan pelanggan, keuangan, penjualan, pemasaran, dan tugas administratif lainnya dalam waktu bersamaan.

Kemampuan melakukan banyak hal membantu seorang manajer akun mengelola beban kerja, memberi prioritas pada tugas, dan memastikan semua hal selesai tepat waktu.

  • Adaptif

Selanjutnya, account manager harus bisa dengan cepat beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Maka dari itu, mereka haruslah orang yang fleksibel dan terbuka terhadap gagasan baru, serta dapat menangani berbagai tugas dan tanggung jawab.

  • Empati

Seorang account manager juga perlu memiliki empati agar bisa memahami kebutuhan klien. Dengan begitu, mereka dapat melayani klien dengan baik.

  • Kemampuan Negosiasi

Seorang manajer akun bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara hubungan dengan klien. Untuk melakukannya, mereka harus dapat bernegosiasi dengan klien.

Keterampilan negosiasi meliputi kemampuan untuk mendengarkan, berempati, dan memahami kebutuhan klien, serta kemampuan untuk menyajikan solusi dengan cara yang persuasif dan meyakinkan.

  • Layanan Pelanggan

Terakhir kemampuan yang harus manajer akun miliki adalah melayani klien agar terbagun hubungan yang kuat dan menguntungkan. Mereka harus berkomitmen untuk memahami kebutuhan klien, melayani serta menyelesaikan masalah dengan tepat waktu dan efisien.

Kesimpulan

Demikanlah penjelasan terkait tugas account manager bagi bisnis. Dalam mengemban tugasnya, mereka harus bisa menjalin hubungan baik dengan klien dengan menjawab kebutuhan mereka. Hal ini bertujuan untuk membangun loyalitas klien sehingga memperpanjang masa kontrak dengan bisnis.

Dalam menjalin hubungan dengan klien, manajer akun bisa menggunakan teknologi seperti aplikasi CRM. Aplikasi CRM manawarkan fitur-fitur canggih yang mampu mengumpulkan dan mengelola semua interaksi klien. Dangan begitu, manajer akun bisa memahami kebutuhan klien serta memberikan solusi tepat untuk mereka.

Konsultasikan Kebutuhan Bisnis Anda dengan Tim Ahli Mekari Qontak Gratis di sini.

Referensi

Kategori : Sales
WhatsApp WhatsApp Sales