Mekari Qontak
Marketing

7 Jenis Promosi Dasar yang Wajib Diketahui Pebisnis!

7 Jenis Promosi Dasar yang Wajib Diketahui Pebisnis!

Anda ingin melakukan promosi tapi bingung jenis promosi seperti apa yang cocok dan efektif untuk bisnis Anda?

Jangan khawatir, karena artikel ini akan menjabarkan pembahasan lengkap tentang jenis-jenis promosi dan tips melakukan promosi yang dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda!

Namun, sebelum mulai membahas lebih jauh tentang promosi, ada baiknya kita kenalan dulu dengan kata promosi itu sendiri. Yuk, mulai!

Aplikasi Omnichannel Mekari Qontak


Apa Itu Promosi?

Promosi adalah salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan pemasar dan penjual untuk mempengaruhi dan meyakinkan pembeli agar membeli barang atau jasa mereka.

Selain dapat membujuk pembeli, promosi juga dapat membantu pebisnis untuk menyebarkan awareness tentang produk atau brand mereka kepada orang-orang.

Jadi, tidak heran apabila akhirnya ada banyak bisnis atau perusahaan yang menggunakan proses promosi untuk meningkatkan brand image mereka.

Baca Juga: 10 Cara Promosi Tepat Sasaran Lewat WhatsApp Marketing!


Jenis-Jenis Promosi

Berikut adalah 7 jenis promosi dasar yang perlu Anda ketahui:

1. Advertising atau Iklan

Jenis Promosi Advertising atau Iklan

 

Melakukan iklan dapat membantu Anda untuk awareness tentang brand, produk, atau layanan bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat mengiklankan produk, layanan, atau perusahaan Anda melalui berbagai media pengiklan, termasuk media tradisional seperti surat kabar, majalah, televisi, radio, reklame, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan iklan di media baru seperti media sosial, situs web, pesan teks atau WhatsApp, hasil mesin pencarian, blog, dan masih banyak lagi.

2. Direct Marketing atau Pemasaran Langsung

Jenis Promosi Direct Marketing atau Pemasaran Langsung

Jenis promosi selanjutnya adalah pemasaran langsung. Sama seperti namanya, bentuk promosi ini dilakukan secara langsung oleh perusahaan kepada pelanggan melalui berbagai media.

Anda dapat menggunakan email, WhatsApp, sms, pamflet, distribusi katalog, surat promosi, dan lainnya yang dapat memberikan respons langsung terhadap pemasaran Anda.

3. Sales Promotion atau Promosi Penjualan

Jenis Promosi Sales Promotion atau Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah proses penawaran dengan waktu terbatas. Umumnya, promosi ini cenderung membuat pelanggan berada dalam posisi di mana mereka perlu mengambil tindakan segera.

Ini termasuk hadiah penjualan, barang gratis, barang obral, dan promosi lainnya yang cenderung mendorong minat pelanggan.

4. Personal Selling atau Penjualan Pribadi

Jenis Promosi Personal Selling atau Penjualan Pribadi

Personal Selling adalah metode di mana perusahaan mengirimkan perwakilannya kepada pelanggan untuk menjual produk secara personal.

Di sini, perusahaan dapat memeroleh umpan balik langsung dan membangun kepercayaan dengan pelanggan yang sangat penting.

Contoh personal selling misalnya seperti telemarketing, call center, dan sales lapangan yang bertugas untuk melakukan penjualan secara langsung di wilayah tertentu.

5. Public Relation (PR) atau Humas

Jenis Promosi Public Relation (PR) atau Humas

Berbeda dengan jenis promosi pada umumnya, public relation melakukan promosi dengan memelihara citra publik dari suatu brand.

Umumnya, PR akan mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi (seperti bisnis, lembaga pemerintah, atau organisasi nirlaba) dan publik.

6. Sponsorship

Sponsorship

 

Dalam sponsorship, perusahaan akan menyediakan sumber daya dan uang untuk acara atau individu guna menerima publisitas dan iklan yang sama.

Ini adalah cara yang bagus untuk membawa ‘iklan berbayar’ ke tingkat berikutnya. Karena Anda bisa mendapatkan kredibilitas selebriti atau orang terkenal lainnya melalui hal yang sama.

7. Digital Promotion atau Online Promotion

Jenis Promosi Digital Promotion

Jenis promosi yang terakhir namun tidak kalah penting dari lainnya adalah digital promotion atau dikenal juga dengan online promotion.

Seperti namanya, jenis promosi ini mengandalkan media digital online di internet untuk menjangkau pelanggan.

Ini termasuk SEO, content marketing, social media marketing, PPC, affiliate marketing, influencer marketing, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 15 Cara Promosi di Instagram yang Pasti Menguntungkan


Keuntungan Promosi

Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh bisnis dengan melakukan promosi:

  1. Meningkatkan brand awareness
  2. Memberikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan pelanggan
  3. Menjangkau lebih banyak pelanggan
  4. Membantu menghasilkan prospek baru
  5. Meningkatkan interaksi dan keterlibatan pelanggan
  6. Menciptakan alasan untuk pelanggan membeli
  7. Menambah penjualan dan pendapatan
  8. Meningkatkan Return on Investment (ROI)

Tips Melakukan Promosi yang Efektif

1. Tentukan target pasar yang tepat

Tips promosi yang pertama adalah dengan menentukan target pasar yang tepat. Namun sebelum itu, Anda perlu memahami terlebih dahulu siapa pelanggan Anda.

Setelah itu, Anda baru bisa menentukan target pasar yang sesuai dengan promosi yang ingin Anda lakukan.

Misalnya, Anda ingin melakukan promosi ke generasi milenial. Maka sebaiknya, Anda menggunakan digital promotion untuk menjangkau mereka.

2. Batasi ketersediaan

Umumnya, pelanggan akan lebih tertarik dan terdorong ketika berada di situasi yang terdesak. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan batasan untuk promosi Anda.

Dengan demikian, mereka akan berpikir bahwa promosi yang Anda berikan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Dan akhirnya, mereka membeli produk atau layanan Anda.

3. Promosikan promosi Anda

Seperti namanya, promosikan promosi Anda. Artinya, Anda perlu mempromosikan atau memasarkan promosi yang Anda buat kepada target pasar.

Tujuannya adalah agar target pasar Anda mengetahui bahwa Anda sedang melakukan promosi dan mereka harus melihatnya.

4. Tawarkan nilai yang nyata

Tips promosi selanjutnya adalah menawarkan nilai yang nyata. Pelanggan hanya akan tertarik pada hal yang bernilai.

Jika promosi Anda tidak menawarkan nilai yang nyata, maka akan sulit bagi Anda untuk membuat promosi penjualan yang berhasil.

Untuk itu, pastikan Anda membuat promosi yang menarik dan memiliki nilai yang nyata bagi pelanggan Anda.

5. Tinjau hasil promosi Anda

Tips yang terakhir akan sangat berguna untuk melakukan promosi selanjutnya. Dalam hal ini, Anda perlu meninjau apakah promosi yang Anda lakukan sebelumnya berhasil atau tidak.

Jika berhasil, maka Anda dapat mengambil strategi promosi yang telah dilakukan sebelumnya untuk kegiatan promosi mendatang.

Namun jika tidak, maka Anda perlu memikirkan strategi promosi lainnya yang dapat memberikan dampak nyata untuk pemasaran dan penjualan bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Contoh Media Promosi Saat Memulai Bisnis


Maksimalkan Promosi Anda dengan Dukungan Aplikasi Ini!

Logo Mekari Qontak

Itu dia pembahasan tentang jenis promosi dan tips promosi yang dapat Anda gunakan pada bisnis Anda. Selain melakukan tips di atas, Anda juga dapat memaksimalkan promosi bisnis Anda dengan Omnichannel yang terintegrasi dengan aplikasi CRM.

Omnichannel CRM memungkinkan Anda untuk melakukan promosi secara mudah di berbagai saluran secara otomatis. Selain itu, Anda juga dapat memeroleh laporan analisis secara real-time yang memberikan wawasan penting terkait pemasaran dan penjualan bisnis Anda.

Anda bisa mendapatkan Omnichannel CRM terbaik di penyedia terpercaya seperti Mekari Qontak. Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000 perusahaan untuk meningkatkan bisnis mereka.

Jadi tunggu apa lagi? Dapatkan Omnichannel CRM terbaik untuk bisnis Anda sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales