Mekari Qontak
Artikel Unggulan Bisnis lain

Alasan Pentingnya Kolaborasi Bisnis Dilakukan!

Business Collaboration Tips

Mengenal Semua Hal Tentang Kolaborasi Bisnis!

Di tengah persaingan ketat saat ini, bisnis perlu usaha ekstra untuk mengembangkan usahanya. Lantas bagaimana cara bisa bertahan di ketatnya persaingan bisnis? Jawabannya adalah kolaborasi bisnis.

Kolaborasi dengan bisnis lain yang masih memiliki keterkaitan dengan sektor bisnis Anda cukup penting untuk mengembangkan usaha. Kolaborasi bahkan bukan hanya dapat meningkatkan value merek, tapi juga penjualan.

Untuk mempelajari lebih lanjut apa itu kolaborasi dan apa pentingnya bagi Anda harus bekerjasama dengan bisnis lain, simak ulasanya pada artikel di bawah ini.

Mengenal Semua Hal Tentang Kolaborasi Bisnis!


Apa yang Dimaksud Kolaborasi Bisnis?

Kolaborasi bisnis adalah jalinan kerjasama antar bisnis yang memiliki ketertarikan atau tujuan sama. Cara ini cukup efektif bagi bisnis yang ingin mengembangkan usahanya ke level lebih tinggi.

Kerjasama bisnis yang terjalin baik dapat menguntungkan kedua belah pihak. Selain bisa berbagi pelanggan, kerjasama bisnis juga dapat saling mendukung di bidang lainnya. Misalnya modal, sistem atau strategi yang lebih efektif.


Apa saja Jenis Kolaborasi Bisnis?

Kolaborasi bisnis ternyata ada beragam jenisnya. Dari jenis-jenis tersebut, Anda dapat memilih jenis kerjasama bisnis mana yang akan dipilih. Berikut jenis-jenis kolaborasi bisnis yang patut Anda coba, diantaranya:

– Berbagi strategi

Jenis kolaborasi ini menghasilkan sebuah inovasi atau strategi baru. Pada proses kerjasama bisnis ini menggabungkan sumber daya yang dimiliki kedua pihak untuk mencapai tujuan bersama. Ada berbagai cara untuk menyusun strategi bersama ini seperti bagaimana memasuki pasar yang lebih luas dengan mengefisiensikan waktu dan juga biaya. Pada saat penyusunan strategi bersama tersebut, masing-masing pihak harus berkomitmen dan berkontribusi sesuai dengan porsi atau kapasitas yang dimiliki.

– Kerjasama Antar brand

Kenapa harus berusaha sendirian bila bisa melakukan hal itu berdua? Itu bisa menjadi pemikiran sederhana mengapa kerja sama antar merek itu perlu dilakukan. Kerja sama yang dimaksud di sini adalah penggabungan langsung dua produk atau lebih antara dua merek yang bisa saling melengkapi. Bahkan bisa membuat produk yang dijual memiliki nilai lebih di mata pelanggan.

– Co-Branding

Co-Branding adalah menggabungkan dua merek atau lebih agar bisa bekerja sama. Cara ini juga dapat meningkatkan value dan penjualan. Bahkan juga berpotensi membuka pasar baru.

Contoh co-branding adalah kolaborasi Apple dan Nike yang menciptakan produk baru berupa aplikasi sensor nirkabel. Melalui sensor tersebut pengguna iPhone bisa mendeteksi jarak tempuh saat berlari menggunakan sepatu Nike. Hal ini membuka peluang pelanggan iPhone akan membeli sepatu Nike dan sebaliknya. Kerja sama yang menguntungkan, bukan?

– Lisensi

Lisensi merupakan kerjasama dua bisnis yang dipayungi oleh kontrak kerja sama secara hukum. Bentuk kerjasamanya bisa dalam penggunaan nama, logo hingga berbagai hal dari merek yang bersangkutan. Dengan kerja sama lisensi ini, maka sebuah merek bisa meminjamkan berbagai atributnya kepada merek lain demi bisa meningkatkan value dan penjualan.

Cara ini termasuk yang populer sebab beberapa brand berhasil melakukannya. Contoh paling nyata untuk kerja sama ini ada di industri film. Lisensi dilakukan oleh Disney, DC Comic dan Marvel yang mempersilahkan brand yang sudah bekerja sama untuk menggunakan logo, nama hingga karakter di setiap produk yang dibuat.


Mengapa Bisnis harus Melakukan Kolaborasi?

Kolaborasi bisnis akan membantu mengembangkan bisnis lebih cepat. Layaknya tim, dua tentu lebih baik dibandingkan satu. Artinya dalam kerjasama bisnis online Anda bisa berbagi ide, wawasan, kelebihan bahkan kekurangan untuk memperbaiki bisnis lebih baik.

Alasan mengapa kolaborasi sangat penting untuk bisnis adalah sebagai berikut:

1. Bisnis tidak bisa melakukan semuanya sendiri

Kolaborasi Bisnis dibutuhkan

Setiap bisnis pasti memiliki keterbatasan baik SDM, teknologi maupun dana. Keterbatasan tersebut tentu akan menyulitkan Anda untuk mengembangkan bisnis lebih besar. Oleh karena itu, Anda perlu bekerjasama dengan bisnis lain baik online atau offline. Dengan kolaborasi, Anda bisa saling membantu dan bertukar ide dengan bisnis lainnya.

2. Membangun networking

Kolaboarsi Bisnis Membangun networking

Networking tentu sangat penting bagi bisnis untuk menjangkau leads baru. Tidak hanya leads, membangun networking juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan relasi baru. Meskipun tidak semua relasi tersebut dapat langsung berkolaborasi. Namun, komunikasi yang dijalin dengan baik dapat mendatangkan keuntungan di kemudian hari.

3. Berbagi inspirasi

Kolaborasi-Berbagi inspirasi

Setiap bisnis tentu memiliki pengalaman masing-masing. Dari pengalaman tersebut, Anda bisa saling bertukar informasi terkait bisnis. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk mencari inspirasi cara berbisnis yang efisien, tapi menghasilkan banyak keuntungan. Maka dari itu, saat berkolaborasi Anda harus sering bertukar informasi untuk membantu Anda berpikir dengan cara baru.

4. Melakukan perubahan baru

Berani Mengambil Resiko-Growth Hacking

Saat Anda menjalankan bisnis, mungkin Anda telah menemukan pola yang nyaman. Namun hal tersebut belum tentu akan berjalan baik seiring persaingan bisnis yang ketat saat ini. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan perubahan dalam bisnis. Kolaborasi dengan bisnis lain bisa Anda manfaatkan untuk melakukan perubahan ke arah positif seperti bekerja lebih efektif dan menghemat biaya.

5. Menciptakan inovasi

Kolaborasi bisnis

Kolaborasi bisnis akan memberikan Anda inspirasi atau pandangan baru mengenai cara berbisnis. Inspirasi ini dapat Anda terapkan pada bisnis dengan menciptakan sebuah inovasi yang baik. Hal ini memberikan ruang untuk Anda untuk mengembangkan usaha yang lebih besar.

6. Memberikan solusi

Memberikan solusi

Kolaborasi dapat membantu Anda memecahkan masalah yang mungkin tidak bisa Anda selesaikan sendiri. Sebab, rekan atau relasi Anda akan memberikan sudut pandang yang berbeda. Pandangan tersebut bisa Anda diskusikan untuk mendapatkan solusi terbaik atas permasalahan Anda.

7. Kolaborasi bisnis iu Menyenangkan

trend sistem crm happy

Semua poin di atas yang bisa Anda dapatkan secara tidak sadar terasa sangat menyenangkan. Bagaimana Anda bisa bertemu dengan orang baru, melakukan percakapan yang hebat, belajar hal baru, menemukan ide cemerlang dan lain sebagainya tentu sangat menyenangkan dan menambah semangat untuk berbisnis.

Baca juga: 12 Marketing & Sales Tools Terbaik Tahun 2021


Bangun Kolaborasi Bisnis Anda Sekarang juga!

omnichannel-crm-qontak

Seperti yang Anda baca sebelumnya, kolaborasi akan mendatangkan banyak keuntungan untuk bisnis. Jika Anda belum bekerjasama dengan bisnis lain, cobalah lakukan sekarang juga. Dimana untuk membangun relasi dengan baik, Anda membutuhkan bantuan aplikasi CRM Omnichannel dari Qontak.com.

Aplikasi CRM Qontak.com ini akan membantu Anda untuk menjalin komunikasi lebih mudah. Karena semua informasi dan data yang dibutuhkan Anda dapat diakses dengan mudah darimana saja melalui sistem CRM. Kolaborasi tim juga lebih mudah menggunakan aplikasi CRM.

Tunggu apalagi, bangun kolaborasi bisnis Anda dengan baik melalui aplikasi CRM Qontak.com sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales