Daftar isi
8 min read

10 Cara Efektif Tingkatkan Kredibilitas Bisnis di Mata Pelanggan

Tayang 30 Juni 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Cara Efektif Tingkatkan Kredibilitas Bisnis di Mata Pelanggan
10 Cara Efektif Tingkatkan Kredibilitas Bisnis di Mata Pelanggan

Membangun kepercayaan pelanggan dan mitra bisnis merupakan aspek penting bagi perusahaan. Kepercayaan tersebut akan tumbuh jadi pondasi terciptanya kredibilitas bisnis yang kuat.

Kredibilitas bisnis memang sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk menarik minat pelanggan dan bersaing di pasar yang kompetitif. Oleh karena itu, memahami konsep kredibilitas dan mengimplementasikannya merupakan langkah yang krusial.

Di era digital marketing saat ini, terdapat banyak cara untuk meningkatkan kredibilitas bisnis secara online. Yuk, simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut.

Apa itu Kredibilitas Bisnis?

Kredibilitas bisnis adalah sejauh mana bisnis dianggap dapat diandalkan, profesional, dan mampu memenuhi janji dan kewajiban yang dibuat. Semakin kuat tingkat kredibilitas bisnis, maka kesempatan untuk bersaing dengan kompetitor terbuka lebar.

Namun, perlu disadari bahwa membangun kredibilitas adalah proses yang membutuhkan waktu. Pada implementasinya, memerlukan banyak upaya seperti konsisten memberikan kualitas produk, memenuhi janji ke pelanggan, berkomunikasi secara transparan, dan mempertahankan integritas bisnis.

Kesabaran dan ketekunan dalam menjaga dan meningkatkan kredibilitas adalah kunci dalam bisnis. Dengan kredibilitas yang terjaga dengan baik, bisnis memiliki peluang lebih besar untuk berkembang, memperoleh kepercayaan pelanggan, dan memperluas pangsa pasar mereka.

Mengapa Penting Membangun Kredibilitas Bisnis?

Pentingnya Membangun Kredibilitas Bisnis

Kredibilitas sangat penting dalam menarik pelanggan, karyawan, dan investor. Di mana kredibilitas berperan dalam membangun kepercayaan mereka yang pada akhirnya mendukung operasional bisnis.

Membangun kredibilitas bisnis memiliki banyak manfaat, antara lain:

– Kepercayaan pelanggan

Kredibilitas yang kuat membantu membangun kepercayaan pelanggan. Pelanggan cenderung lebih percaya pada bisnis yang dianggap kredibel dan lebih mungkin mereka untuk membeli produk atau layanan dari bisnis tersebut. Hal ini juga membantu dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka.

– Diferensiasi dari Pesaing

Dalam pasar yang kompetitif, memiliki kredibilitas yang baik dapat menjadi faktor penentu yang membedakan bisnis Anda dari pesaing. Jika bisnis Anda dilihat sebagai lebih kredibel dan dapat diandalkan, pelanggan akan lebih memilih untuk berbisnis dengan Anda daripada pesaing yang kurang memiliki reputasi yang baik.

– Daya Tarik Investasi

Kredibilitas yang tinggi juga dapat meningkatkan daya tarik bisnis Anda bagi investor. Mereka cenderung lebih tertarik untuk berinvestasi dalam bisnis yang dianggap kredibel dan memiliki prospek yang baik untuk kesuksesan jangka panjang.

– Memiliki Kemitraan yang Lebih Baik

Memiliki kredibilitas yang baik menjadi penting untuk menjalin kemitraan. Mitra bisnis akan lebih tertarik untuk menjalin kerjasama dengan bisnis yang dianggap kredibel. Sebab hal tersebut memberikan keyakinan bahwa bisnis tersebut dapat dipercaya dan dapat memberikan manfaat yang diharapkan.

– Kesempatan untuk Berkembang

Kredibilitas yang terbangun dengan baik memberikan kesempatan bagi bisnis untuk berkembang. Sebab dengan reputasi yang positif, bisnis dapat lebih mudah memperluas jangkauan, menarik pelanggan baru, dan memperoleh keuntungan dari peluang baru.

Baca juga: Catat, Inilah Jenis dan Metode Penjualan yang Efektif untuk Bisnis

Cara Efektif Membangun Kredibilitas Bisnis

Cara Efektif Membangun Kredibilitas Bisnis

Terdapat beberapa untuk membangun kredibilitas bisnis seperti berikut:

1. Tawarkan Produk Berkualitas

Langkah pertama untuk membangun kredibilitas adalah menjual produk berkualitas. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan gambar dan video yang menampilkan fitur-fitur dan manfaat produk tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa melengkapi deskripsi produk secara detail. Dengan begitu, akan terlihat kualitas produk Anda dan dapat membangun kepercayaan pada calon pelanggan.

2. Konsisten

Kedua, hal yang tak kalah penting adalah konsisten dalam memberikan produk dan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Hal ini dapat mencegah mereka berpaling ke kompetitor.

Contohnya, bisnis Anda bergerak di bidang dropship. Suatu saat pesanan pelanggan menumpuk. Cobalah untuk mencari solusi dan meningkatkan layanan. Misalnya dengan menambah jumlah pegawai, peralatan, mitra, dan sumber daya lainnya agar pelanggan tetap mendapatkan pelayanan terbaik.

Ketika pelanggan merasa puas, mereka cenderung kembali lagi. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda. Oleh karena itu, konsistensi menjaga kualitas produk dan layanan sangat penting.

3. Berikan Solusi Atas Permasalahan Pelanggan

Dalam bisnis, ada ungkapan mengatakan bahwa pelanggan bukan hanya membeli produk, melainkan solusi atas permasalah mereka. Hal ini bisa dijadikan pedoman dalam membangun kredibilitas bisnis.

Cobalah menawarkan solusi atas permasalahan yang kerap target pelanggan Anda hadapi. Gunakan social proof seperti testimoni, ulasan, komentar dan lainnya untuk meyakinkan mereka.

Dengan melihat social proof tersebut, pelanggan akan lebih yakin untuk membeli produk tersebut. Terlebih dikutip dari katadata.com sebanyak 78% pelanggan melakukan riset produk secara online sebelum melakukan pembelian.

4. Tonjolkan Prestasi

Selanjutnya, cara untuk meningkatkan kredibilitas bisnis adalah dengan memamerkan prestasi yang brand Anda miliki. Presentasi tersebut dapat berupa penghargaan atau pencapaian yang Anda raih.

Letakkan prestasi tersebut di posisi yang terlihat oleh semua orang. Jangan ragu untuk menunjukkan prestasi tersebut kepada pelanggan, vendor, dan karyawan yang membuktikan sejauh mana mana bisnis Anda telah berkembang.

5. Tampilkan Testimoni dari Pelanggan

Testimoni memiliki peran penting dalam membangun kredibilitas. Melalui testimoni tersebut, pelanggan dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Testimoni positif akan memperkuat kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu, bagikan testimoni positif tersebut di berbagai platform media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok.

Selain itu, Anda bisa bekerjasama atau endorsement dengan influencer marketing untuk membuat ulasan atau testimoni produk Anda. Testimoni dari mereka dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, sehingga dapat meningkatkan penjualan.

6. Prioritaskan Pelanggan

Cara tingkatkan kredibilitas bisnis yang utama adalah memberikan pelayanan pelanggan terbaik. Hal ini bisa didapatkan dengan selalu memprioritaskan mereka dalam menjalankan usaha.

Selain menawarkan produk unggulan sesuai kebutuhan pelanggan, bisnis juga perlu memberikan respon cepat atas setiap permasalahan pelanggan. Pastikan agar mereka selalu merasa puas dan nyaman, sehingga pengalaman berbelanja mereka menyenangkan.

Upaya tersebut dapat merebut hati pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat membangun kredibilitas yang kuat di mata pelanggan.

7. Buat Profil Bisnis dengan Detail

Agar bisnis mudah dikenali pelanggan, Anda mudah menyusun profil bisnis yang rinci. Misalnya dengan mengisi nama bisnis, informasi kontak layanan pelanggan, alamat bisnis, serta alamat email perusahaan secara komprehensif.

Pastikan profil bisnis Anda dapat diakses melalui situs web, media sosial, atau bahkan dalam bentuk video seperti di YouTube. Sebab, tanpa profil bisnis yang jelas, pelanggan mungkin tidak sepenuhnya memahami bisnis Anda, termasuk produk atau jasa yang ditawarkan.

Terlebih di era digital saat ini, detail bisnis sangatlah penting bagi pelanggan. Mereka akan menilai apakah bisnis Anda dapat diandalkan berdasarkan informasi yang mereka temukan secara online. Selain itu, detail mengenai bisnis atau profil bisnis juga berperan penting dalam menarik pelanggan.

8. Menawarkan Garansi

Salah satu bahan yang pelanggan pertimbangan untuk membeli suatu produk adalah tersediannya garansi produk. Dengan adanya garansi, jika pelanggan merasa tidak puas dengan produk yang dibeli, mereka bisa mendapatkan penggantian produk atau pengembalian uang (refund).

Dengan memberikan garansi, Anda dapat menciptakan kepercayaan dan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dengan mengurangi kekhawatiran konsumen akan kerugian dalam membeli produk. Durasi garansi setiap produk beragam mulai dari 30 hari hingga 10 tahun.

9. Manfaatkan Media Sosial

Pada era digital saat ini, media sosial dapat menjadi tools marketing yang efektif untuk memperkuat kredibilitas bisnis. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki akun media sosial khusus untuk bisnis Anda lengkap dengan informasi toko online Anda.

Pada akun media sosial bisnis tersebut, Anda perlu memberikan informasi yang komprehensif seperti nama merek, nomor telepon, detail produk, harga jual, dan informasi penting lainnya yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Buat juga konten yang relevan dan menarik, serta memberikan respon yang cepat dan baik kepada pelanggan di media sosial. Hal ini akan memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan brand Anda dengan lancar.

Baca juga: 8 Strategi Pemasaran Media Sosial yang Efektif

10. Integrasi Berbagai Media Sosial

Saat ini, ada banyak platform media sosial yang dapat digunakan untuk memasarkan bisnis, seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan TikTok. Usahakan agar Anda memiliki akun di semua platform media sosial tersebut untuk memaksimalkan penjualan.

Setelah itu integrasikan berbagai platform media sosial tersebut untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. Misalnya dengan menambahkan tautan di profil Instagram Anda ke halaman obrolan WhatsApp untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan transaksi.

Pastikan juga, Anda aktif dan konsisten dalam mempublikasikan konten yang relevan dan menarik di berbagai platform media sosial, serta tanggap terhadap pertanyaan, komentar, atau pesan dari pelanggan. Dengan cara ini, Anda dapat memperkuat kredibilitas bisnis Anda melalui interaksi yang positif dengan pelanggan dan menciptakan pengalaman yang positif bagi mereka.

Baca juga: Integrated Digital Marketing: Pengertian, Channels, dan Contohnya

Tingkatkan Kredibilitas Bisnis dan Raih Banyak Penjualan

Membangun kredibilitas bisnis bukan perkara mudah. Dibutuhkan upaya yang kuat, agar kepercayaan pelanggan terus meningkat. Namun, setelah terbangun kredibilitas yang kuat, bisnis lebih mudah dalam memasarkan produk dan meningkatkan penjualan.

Dalam membangun kredibilitas di era digital saat ini, sebagian besar bisnis menggunakan berbagai macam platform seperti website, sosial media, email dan lainnya. Bukan hanya itu saja, mereka juga harus konsisten untuk menjaga brand image sehingga menuai kepercayaan bahwa brand mereka kredibel.

Salah satu cara yang mereka gunakan untuk menjadi konsisten adalah dengan mengintegrasikan seluruh platform tersebut menggunakan aplikasi omnichannel. Aplikasi ini mampu menghubungkan seluruh saluran dalam satu dashboard. Dengan demikian, bisnis lebih mudah dalam monitoring seluruh aktivitas.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi Omnichannel terbaik di Indonesia. Aplikasi Mekari Qontak memiliki fitur canggih yang mendukung aktivitas pemasaran, penjualan hingga layanan pelanggan dalam satu platform.

Lebih dari 3000+ perusahaan menggunakan Mekari Qontak untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, serta hubungan pelanggan. Tidak hanya itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jangan tunda lebih lama, Coba Gratis aplikasi Omnichannel terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak Sekarang!

Kategori : Bisnis
WhatsApp WhatsApp Sales