Mekari Qontak
Marketing

Apa Itu Integrated Digital Marketing? Pengertian, Variabel, dan Contohnya

Integrated Digital Marketing

Penerapan Integrated digital marketing dapat membantu bisnis, khususnya marketer, dalam menghasilkan prospek dan penjualan melalui strategi digital marketing terbaik.

Ini karena pemasaran digital yang terintegrasi dapat mendorong hasil yang lebih baik dan lebih cepat. Sehingga tidak heran apabila banyak pebisnis yang menggunakannya.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang pengertian integrated digital marketing, manfaat, komponen, dan contoh penerapannya di artikel berikut ini!

Omnichannel Mekari Qontak


Apa Itu Integrated Digital Marketing?

Integrated digital marketing adalah pendekatan pemasaran digital yang mengintegrasi beberapa strategi pemasaran sekaligus.

Sederhananya, integrated digital marketing adalah strategi yang memadukan semua taktik pemasaran digital Anda.

Di mana, setiap kampanye dan pendekatan saling melengkapi dan menciptakan citra yang konsisten di mata pelanggan.

Baca Juga: Manfaat, Jenis dan Strategi Digital Marketing Bisnis


Bagaimana Cara Kerja Integrated Digital Marketing?

Sama seperti namanya, integrated digital marketing bekerja dengan cara mengintegrasi beberapa saluran pemasaran digital sekaligus untuk mensukseskan pemasaran.

Dengan demikian, bisnis nantinya dapat menciptakan pengalaman yang sama bagi audiens mereka, dan pemasaran akan berfungsi secara keseluruhan.

Artinya, audiens atau pelanggan dapat berpindah dari satu titik kontak ke titik kontak lainnya dengan mudah dan tanpa memperhatikan perbedaannya.


Variabel Integrated Digital Marketing

Variabel atau komponen dalam integrated digital marketing sebenarnya sangat beragam. Ini tergantung pada platform digital yang digunakan oleh bisnis itu sendiri.

Berikut adalah beberapa komponen strategi integrated digital marketing yang umum digunakan bisnis:

1. Digital Advertising

Digital advertising atau periklanan digital dapat mencakup iklan pay per click (PPC) di mesin pencari dan media sosial, iklan bergambar di situs web, iklan video, dan lainnya.

2. Internet Marketing

Internet marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet untuk menyampaikan pesan promosi kepada pelanggan.

Pemasaran ini dapat dilakukan di berbagai saluran yang menggunakan internet, seperti website, mesin pencari, email, dan media sosial.

3. Social Media Marketing

Pemasaran media sosial memanfaatkan media sosial untuk membantu bisnis terhubung dengan audiens, meningkatkan traffic, penjualan, dan pendapatannya.

4. Content Marketing

Strategi pemasaran ini dilakukan dengan cara memproduksi konten sebagai media komunikasi dan promosi. Sehingga bisnis dapat membangun hubungan yang kuat dengan audiensnya.

5. Search Engine Optimization (SEO)

Berbeda dengan strategi pemasaran umumnya. SEO adalah praktik yang dilakukan untuk mengoptimalkan situs atau halaman web guna meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas dari hasil organik mesin pencari.

6. Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang umum digunakan oleh para pebisnis hingga saat ini.

Strategi pemasaran ini dilakukan dengan mengirimkan email kepada prospek dan pelanggan. Dalam penerapannya, bisnis juga dapat melakukan personalisasi email marketing untuk menarik minat pelanggannya.

7. Inbound Marketing

Inbound marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada pemeliharaan dan pengembangan prospek. Dalam prosesnya, strategi pemasaran ini memberikan audiens konten yang tepat pada waktu yang tepat menggunakan semua saluran.


Keuntungan Integrated Digital Marketing bagi Bisnis

Penggunaan strategi integrated digital marketing dapat memberikan banyak manfaat yang menguntungkan bagi bisnis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membangun Brand Awareness

Manfaat integrated digital marketing strategy yang pertama adalah membangun brand awareness yang dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

Ini karena penggunaan integrated digital marketing dapat membuat merek bisnis Anda dapat dengan mudah ditemui di berbagai platform digital, seperti media sosial, email, hingga mesin pencari seperti Google.

2. Memberikan ROI (Return on Investment)

Membuat rencana pemasaran yang konsisten adalah kunci untuk mencapai ROI yang lebih tinggi dan lebih cepat.

Mengingat, prospek dan pelanggan akan lebih mudah terlibat saat Anda menceritakan kisah yang jelas dan konsisten.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan strategi pemasaran digital terintegrasi untuk menghubungkan seluruh saluran pemasaran digital Anda, dan menciptakan pemasaran yang konsisten di setiap saluran.

3. Meningkatkan Conversion Rate

Memberikan pemasaran yang konsisten dan menarik tentu dapat membantu mengkonversi prospek menjadi pelanggan.

Ini karena mereka memiliki pengalaman yang hebat ke mana pun mereka pergi. Artinya, strategi pemasaran ini mampu meningkatkan conversion rate bisnis secara mudah.

4. Menciptakan Brand Loyalty

Cara yang bagus untuk menghasilkan brand loyalty adalah dengan memposisikan merek Anda secara konsisten di benak pelanggan.

Itu berarti Anda perlu menjadi efisien dan kohesif dengan seluruh konten, iklan, dan pesan media sosial Anda.

Efisien, dalam hal ini, berarti komunikasi Anda harus disesuaikan dengan kebutuhan audiens Anda. Di sisi lain, kohesif berarti mengintegrasikan seluruh saluran pemasaran Anda.

Anda dapat melakukannya dengan mengintegrasikan setiap saluran dan merencanakan taktik yang tepat. Kemudian, buat semuanya bekerja sama untuk menggerakkan pelanggan Anda lebih jauh dalam customer journey.

Baca Juga: 80+ Istilah Penting dalam Dunia Marketing (Digital dan Konvensional)


Contoh Integrated Digital Marketing

Contoh Integrated Digital Marketing Sociolla

Salah satu contoh integrated digital marketing yang bisa Anda pelajari adalah pemasaran terintegrasi yang dilakukan oleh Sociolla, salah satu toko kecantikan yang populer di Indonesia.

Dalam penerapannya, Sociolla mengintegrasikan berbagai saluran digital seperti iklan digital, website, email dan media sosial untuk memberikan citra yang konsisten di mata pelanggan.

Tidak hanya itu saja, Sociolla juga memberikan kemudahan kepada audiensnya untuk terhubung dengan mereka di mana saja mereka berada.

Di sisi lain, Sociolla juga terhubung dengan Omnichannel yang memungkinkan bisnis mereka untuk terhubung dengan seluruh saluran dan toko offline sekaligus.

Dengan demikian, tidak heran apabila mereka memiliki brand image yang berkesan di benak pelanggannya, dan bahkan memiliki loyalitas pelanggan yang tinggi.


Aplikasikan Integrated Digital Marketing pada Bisnis Anda dengan Omnichannel Terbaik!

Mekari Qontak

Itu dia pembahasan lengkap tentang integrated digital marketing. Untuk menerapkan pemasaran digital yang terintegrasi, Anda harus mengintegrasikan seluruh saluran pemasaran Anda terlebih dahulu.

Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Omnichannel terbaik untuk memudahkan proses integrasi saluran pemasaran Anda.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi Omnichannel terbaik yang dapat mengintegrasikan seluruh saluran bisnis Anda ke dalam satu platform terpadu.

Selain itu, Omnichannel Mekari Qontak juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat memaksimalkan marketing bisnis Anda.

Lebih dari 3000 bisnis sudah membuktikannya dengan menggunakan Omnichannel Mekari Qontak. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales