Daftar isi
6 min read

Panduan Lengkap Garansi Produk: Cerdas Membeli, Tenang Memiliki

Panduan Lengkap Garansi Produk
Panduan Lengkap Garansi Produk: Cerdas Membeli, Tenang Memiliki

Garansi menjadi salah satu aspek penting yang pelanggan pertimbangkan sebelum membeli suatu produk. Pasalnya sebagian pelanggan merasa khawatir dengan kualitas produk yang ditawarkan secara bebas di pasar saat ini.

Namun dengan adanya garansi yang produsen tawarkan dapat memberikan jaminan atas pemakaian suatu produk. Dengan begitu, pelanggan bisa merasa lebih tenang dan percaya terhadap produk tersebut.

Lalu apa saja jenis-jenis garansi produk? Bagaimana pula cara untuk mengklaimnya? Temukan jawaban selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Apa itu Garansi Produk?

Garansi Produk adalah layanan perlindungan yang diberikan kepada pembeli untuk memastikan barang yang diterima tidak dalam kondisi rusak yang disebabkan oleh produsen. Perusahaan umumnya memberikan layanan garansi dalam jangka waktu tertentu.

Sementara layanan garansi yang perusahaan berikan bisa berupa biaya perbaikan atau penggantian untuk barang atau sistem cacat yang tidak memenuhi harapan dari pembeli. Sebagai gantinya, pembeli harus menunjukkan surat atau bukti perjanjian garansi sebelum melakukan klaim.

Disisi lain, sebagian perusahaan menawarkan garansi tambahan yang bisa dibeli oleh pelanggan untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap produk yang mereka beli.

Contohnya brand laptop A menawarkan perpanjangan durasi garansi satu tahun untuk perlindungan tambahan diluar garansi standar yang hanya berlaku satu minggu. Metode ini memberikan opsi bagi pelanggan untuk melindungi laptop yang mereka beli dengan biaya tambahan.

Apa Pentingnya Garansi Produk?

Berdasarkan penjelasan sebelumnya diketahui bahwa garansi produk dapat meningkatkan keyakinan serta loyalitas pelanggan terhadap suatu brand. Hal ini diyakini oleh Orlando Gadea, wakil presiden Layanan Pelanggan B2C di Stanley Black & Decker.

“Program garansi penting karena memberikan kepercayaan dan keyakinan pelanggan, dan kami percaya program garansi menjadi pembeda brand kami.” kata Orlando Gadea.

Selain itu, masih ada alasan penting lainnya suatu brand memerlukan program garansi. Alasan tersebut di antaranya sebagai berikut;

  • Melindungi Hak Pelanggan untuk Mendapatkan Produk Berkualitas

Pertama, garansi sama dengan memberikan hak pelanggan untuk memperoleh barang berkualitas. Pelanggan bisa merasa lebih tenang dalam berbelanja, karena bisa dipastikan produk yang mereka beli sudah sesuai standar perusahaan. Pelanggan juga bisa mengajukan klaim jika dianggap produk berkualitas rendah.

Disisi lain, memberikan hak kepada pelanggan akan berdampak positif bagi perusahaan. Hal ini menunjukkan kepedulian terhadap pelanggan yang mendorong meningkatnya loyalitas mereka.

Baca juga: Pentingnya Service Quality untuk Meningkatkan Kepercayaan pelanggan

  • Memberikan Jaminan Perbaikan atau Penggantian Produk Jika Terjadi Kerusakan

Selain melindungi hak pelanggan, garansi memungkinkan pelanggan untuk mengajukan penggantian produk yang rusak akibat kesalahan produsen.

Garansi yang diberikan memiliki durasi waktu tertentu. Selama periode tersebut, pelanggan bisa mendapatkan perbaikan produk yang kurang berfungsi dengan baik.

Sementara itu, perusahaan bisa mengidentifikasi kekurangan produk dari klaim yang pelanggan ajukan.

Saat banyak pelanggan yang mengajukan klaim pada poin tertentu secara berulang, artinya perusahaan perlu memperbaikinya saat proses produksi. Dengan begitu, tidak akan ada lagi disfungsi terjadi di masa mendatang.

  • Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan terhadap Produk dan Brand

Keuntungan lain dari garansi produk adalah meningkatkan kepercayaan pelanggan akan produk yang perusahaan jual.

Semakin lama durasi yang diberikan menunjukkan keyakinan perusahaan bahwa produk yang mereka tawarkan berkualitas dan bertahan lama. Hal inilah yang dapat membuat kepercayaan pelanggan bertambah.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Apa saja Jenis-Jenis Garansi Produk?

Sebelum lebih jauh membahas garansi, ada baiknya untuk mengenal jenis-jenisnya. Ada tiga jenis garansi produk yang perlu diketahui, sebagai berikut:

1. Garansi Resmi

Jenis pertama merupakan garansi yang diberikan langsung oleh produsen dalam jangka waktu cukup lama, seperti satu tahun atau lebih untuk beberapa produk. Produsen yang memberikan garansi resmi umumnya memiliki infrastruktur yang mendukung, seperti service center.

Selain diberikan produsen, sejumlah distributor juga memberikan garansi resmi untuk produk yang mereka jual. Dalam hal ini, produk impor atau masuk ke Indonesia umumnya memiliki garansi resmi dari distributor.

2. Garansi Toko

Garansi juga diberikan oleh toko sebagai tambahan atau pelengkap dari garansi produsen. Jenis garansi ini biasanya berlaku untuk periode waktu yang lebih pendek dan mungkin mencakup aspek-aspek yang tidak ditanggung oleh produsen.

Garansi toko seringkali lebih fleksibel dalam hal kebijakan pengembalian uang atau pertukaran produk.

3. Garansi Internasional

Selain bersifat lokal, produk global juga memiliki garansi internasional yang dikeluarkan oleh produsen. Garansi ini dianggap sangat menguntungkan karena pelanggan bisa mengajukan di negara mana saja, asalkan negara tersebut termasuk dalam wilayah cakupan produsen, tanpa perlu ke tempat pembelian.

Tips Memilih Produk Bergaransi

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih produk yang memiliki garansi:

  • Sebelum membeli produk, pastikan untuk membaca dengan cermat informasi garansi, seperti masa berlaku, jenis kerusakan yang ditanggung hingga prosedur klaim
  • Pilih produk dari produsen terpercaya yang menyediakan layanan service center, sehingga mudah dalam mengajukkan klaim dikemudian hari
  • Perhatikan informasi masa berlaku pengajuan klaim garansi. Semakin lama durasi yang diberikan, maka perlindungan yang diberikan atas kerusakan atau kegagalan produk semakin lama pula
  • Baca syarat dan ketentuan yang berlaku dalam garansi, seperti apa yang ditanggung dan tidak termasuk dalam garansi tersebut
    Hitung kemungkinan biaya tambahan untuk memperpanjang masa pengajuan klaim garansi
  • Riset ulasan atau rekomendasi sebelum membeli produk untuk mengetahui pengalaman pelanggan lainnya dalam pengajuan layanan garansi
  • Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual atau produsen mengenai informasi lebih lanjut sebelum membeli

Bagaimana Cara untuk Klaim Garansi Produk yang Benar?

Setelah memilih garansi yang sesuai kebutuhan, ada saatnya mungkin Anda ingin mengajukan klaim produk yang rusak. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengajukan klaim garansi:

  • Pastikan Produk yang Dibeli Memiliki Layanan Garansi

Sebelum mulai mengajukkan klaim, pastikan produk yang ingin Anda ajukkan memiliki garansi resmi.

Garansi resmi biasanya memiliki tanda terima berupa kartu atau surat yang diberikan bersamaan dengan produk yang dibeli. Simpan salinan kartu garansi tersebut untuk dirujuk kembali jika ada masalah muncul.

  • Periksa Kelengkapan Data Produk

Langkah selanjutnya, Anda perlu memastikan produk rusak tersebut sesuai dengan informasi yang ada dalam kartu garansi. Kemudian, Anda perlu memeriksa masa berlaku garansi produk tersebut.

  • Hubung Service Center

Setelah itu, cobalah untuk menghubungi service center untuk produk Anda. Dalam hal ini, Anda juga bisa mendatangi langsung lokasi service center terdekat jika diperlukan. Gunakan aplikasi untuk mencari tahu service center terdekat.

  • Deskripsikan Kerusakan

Tahapan selanjutnya, Anda perlu mendeskripsikan kerusakan pada produk yang Anda beli. Hal ini dapat membantu teknisi untuk menemukan sumber masalah dan melakukan perbaikan dengan cepat.

  • Ajukan Klaim

Kemudian, ajukan klaim sesuai dengan instruksi yang berlaku. Produsen akan menindaklanjuti klaim yang diajukan.

  • Periksa Status Klaim Garansi

Terakhir, periksa status klaim untuk melacak proses produk Anda secara berkala. Setiap perubahan status klaim akan memberi notifikasi untuk memudahkan pemantauan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai garansi produk yang banyak perusahaan tawarkan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Program ini memberikan perlindungan kepada pelanggan akan barang rusak untuk diperbaiki atau diganti produk baru.

Di sisi lain, bisnis bisa memberikan layanan garansi dengan baik untuk memberikan pengalaman pelanggan berkesan. Salah satunya dengan bantuan aplikasi Mekari Qontak.

Mekari Qontak menawarkan paket service suite customer service terlengkap. Fitur-fitur yang Mekari Qontak miliki membantu mengelola seluruh interaksi pelanggan. Hal ini memudahkan untuk monitoring klaim garansi pelanggan, termasuk riwayat pembelian produk.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim ahli Mekari Qontak secara gratis di sini.

Referensi

Kategori : Customer
WhatsApp WhatsApp Sales