Daftar isi
7 min read

Memahami Pentingnya Trust dalam Sebuah Bisnis

Tayang 18 September 2023
Diperbarui 18 Desember 2023
Pengertian trust dalam bisnis
Memahami Pentingnya Trust dalam Sebuah Bisnis

Kepercayaan pelanggan sangatlah penting dalam mengembangkan bisnis jangka panjang. Namun untuk membangun trust dalam bisnis tidaklah mudah. Dibutuhkan kerja keras dan berbagai inovasi untuk mencapainya.

Meski begitu, hanya sedikit pelaku usaha yang menyadarinya dan berusaha untuk membangun kepercayaan pelanggan. Akibatnya beberapa diantara mereka justru mengalami kerugian karena ditingal pelanggan.

Pada artikel berikut akan menjelaskan pentingnya membangun trust dalam bisnis dan keuntungan yang akan bisnis dapatkan dengan menjaga customer trust. Simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Trust dalam bisnis

Trust adalah rasa keyakinan seseorang terhadap kemampuan perusahaan untuk menyediakan produk atau layanan terbaik.

Kepercayaan tersebut memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Hal ini bisa menguntungkan bisnis seperti terbangun citra positif. Sebaliknya kepercayaan pelanggan yang rendah bisa berdampak negatif bagi bisnis seperti penurunan penjualan.

Sementara itu, untuk membangun kepercayaan pelanggan membutuhkan waktu panjang hinga bertahun-tahun. Artinya dibutuhkan konsisten dari bisnis untuk selalu memberikan produk dan layanan berkualitas yang mencegah pelanggan kecewa.

Elemen Penting Trust dalam Bisnis

Penting untuk dipahami bahwa trust merupakan elemen dasar dalam menjalankan bisnis. Bermula dari kepercayaan, pelanggan dan mitra akan terus menjalin kerjasama atau bertransaksi dengan bisnis Anda.

Pada dasarnya, terdapat empat elemen penting yang diperlukan untuk membangun business trust menurut theattributes.com, seperti berikut:

1. Kompetensi (Competency)

Kompetensi mencakup kemampuan bisnis untuk bertanggung jawab pada apa yang mereka kerjakan baik segi produk yang dihasilkan atau layanan yang ditawarkan.

2. Konsistensi (Consistency)

Dalam membangun kepercayaan bisnis juga diperlukan konsistensi. Hal ini dibuktikan bahwa bisnis Anda dapat diandalkan oleh orang lain. Kemudian membuat keputusan yang berorientasi pada nilai.

Untuk membangun konsistensi, diperlukan upaya-upaya berikut:

  • Original: menjaga keunikan bisnis meskipun ada tekanan dari luar.
  • Disiplin: kemampuan untuk tetap fokus mencapai suatu yang telah disepakati.

3. Integritas (Integrity)

Bisnis yang memiliki integritas artinya bertindak berdasarkan nilai-nilai moral dan norma-norma sosial dan budaya yang relevan. Mereka bersedia menggambil tanggung jawab dan konsekunsi dari bisnis yang dijalankan.

4. Compassion

Compassion menunjukkan bahwa bisnis Anda memiliki welas asih atau kepedulian terhadap masalah pelanggan atau kolega hadapi. Selain itu, bisnis juga bersedia untuk mempertimbangkan dan menerima ide, opini, atau perspektif baru.

Elemen Penting Trust dalam Bisnis

Bagaimana Cara Membangun Trust dalam Bisnis?

Berikut ini cara membangun business trust adalah

– Konsisten Menghasilkan Produk Berkualitas Tinggi

Pelanggan akan merasa puas saat mendapatkan produk berkualitas tinggi. Hal ini akan meningkatkan loyalitas mereka terhadap brand tersebut.

Fakta tersebut seharusnya menjadi motivasi Anda untuk terus meningkatkan kualitas produk. Dengan begitu, Anda dapat bersaing dengan merek-merek terkenal yang sudah ada di pasar.

– Menjalankan Bisnis secara Transparan

Saat ini, sebagian pelanggan sangat sensitif terhadap isu negatif yang menimpa suatu brand. Agar terhindar dari hal tersebut, cobalah untuk lebih terbuka dengan membagikan informasi secara teratur ke pelanggan.

– Responsif terhadap Pertanyaan dan Keluhan Pelanggan

Upaya membangun kepercayaan bisnis selanjutnya adalah dengan memberikan respon cepat atas pertanyaan atau keluhan pelanggan. Hal ini akan memberikan kesan positif pada pelanggan bahwa bisnis Anda dapat diandalkan.

Salah satu cara untuk memberikan respon cepat adalah menggunakan chatbot. Program kecerdasan buatan ini mampu memberikan respon otomatis yang relevan dengan pertanyaan pelanggan.

– Fokus Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Membangun hubungan baik dengan pelanggan Anda juga diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan bisnis. Berikut tips menciptakan hubungan pelanggan yang baik:

  • Berkomunikasi secara teratur. Anda perlu membuka channel komunikasi yang dapat pelanggan menghubungi 24/7, saat mereka memiliki masalah, kekhawatiran, atau saran.
  • Jujur tentang siapa diri Anda dan apa yang Anda lakukan, serta mengakui kesalahan yang Anda buat. Hal ini akan meningkatkan reputasi dan kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda serta membuat Anda menonjol dari pesaing.

– Mengembangkan Pemasaran dari Mouth to Mouth

Sebagian pelanggan cenderung lebih mempercayai rekomendasi dari orang terdekat atau kolega. Oleh karena itu, strategi pemasaran dari mulut ke mulut sangatlah penting.

Pemasaran mouth to mouth mengandalkan pelanggan yang sudah ada untuk membagikan pengalaman mereka ke orang lain. Maka dari itu, penting untuk bisnis selalu memberikan produk dan layanan berkualitas, agar pealnggan bersedia merekomendasikan brand Anda ke kolega mereka..

– Bekerjasama dengan Influencer untuk Memperkenalkan Produk Anda ke Pasar

Influencer seperti selebriti, pakar industri, dan influencer media sosial dapat membantu Anda membagun kepercayaan pelanggan. Mereka bisa membantu meningkatkan kesadaran merek, kepercayaan, dan kredibilitas Anda di mata followers mereka.

Cobalah mengajak influencer marketing bekerjasama untuk mempromosikan produk Anda lewat sosial media mereka. Atau bisa juga dengan merangkul mereka brand ambassador produk Anda.

– Terlibat dalam Isu Sosial

Terakhir, Anda harus menunjukkan kepada pelanggan bahwa bisnis Anda tidak hanya fokus menghasilkan uang. Tunjukkan juga bahwa bisnis Anda peduli pada masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menunjukan kepedulian, misalnya menyumbang ke badan amal, menggunakan energi terbarukan untuk mengurangi jejak karbon perusahaan Anda, dan membayar gaji serta tunjangan karyawan dengan adil.

Ketika Anda berkomitmen untuk memecahkan masalah sosial, hal itu membuat bisnis Anda menonjolkan brand Anda di pasar dan menarik lebih banyak pelanggan.

Baca juga: Cara Efektif Tingkatkan Kredibilitas Bisnis di Mata Pelanggan

Bagaimana Cara Mengatasi Kehilangan Trust Akibat Kesalahan Bisnis?

Mengatasi Kehilangan Trust Akibat Kesalahan Bisnis
Sumber: Canva

Berikut adalah 5 strategi untuk memulihkan kepercayaan konsumen atau pelanggan bisnis Anda:

1. Tulus Meminta Maaf kepada Pelanggan

Langkah awal untuk memulihkan kepercayaan pelanggan adalah dengan mengakui kesalahan yang bisnis Anda lakukan.

Permintaan maaf disampaikan secara terperinci, sehingga menunjukkan bahwa Anda menyesal dan peduli dengan masalah pelanggan. Kemudian, sampaikan juga tindakan konkret yang akan Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Tingkatkan Kualitas Layanan Pelanggan secara Signifikan

Langkah berikutnya adalah meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Hal ini juga dibarengi dengan komitmen tim layanan pelanggan yang akan merespons pertanyaan dan masalah pelanggan dengan cepat.

Dengan memberikan pelayanan pelanggan yang luar biasa, menunjukkan bahwa bisnis Anda peduli dengan pelanggan dan akan membantu mereka mengatasi masalah yang dihadapi.

3. Sodorkan Penawaran yang Tidak Dapat Ditolak

Cara lain untuk memulihkan kepercayaan pelanggan yang kecewa adalah dengan menawarkan layanan yang melebihi ekspektasi pelanggan. Misalnya dengan memberikan hadiah seperti potongan harga, kupon, manfaat loyalitas tambahan, atau produk grttis.

4. Tampilkan Ulasan dan Testimoni Pelanggan

Menampilkan ulasan dan testimoni pelanggan adalah cara lain untuk membangun kembali kepercayaan dalam bisnis. Menurut BigCommerce, 88% pelanggan percaya pada testimoni pelanggan lain di platform online.

Tampilkan ulasan pelanggan di bawah katalog produk jika Anda menjualnya secara online, atau membuat bagian testimoni di halaman produk Anda.

5. Manfaatkan Konten yang Dibuat oleh Pengguna (User Generated Content)

Saat ini ada kecenderungan pelanggan membagikan pengalaman mereka menggunakan atau mengonsumsi produk di akun media sosial pribadi. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness secara gratis.

Caranya cukup dengan repost atau mengadakan event yang mengajak pelanggan berbagai pengalaman mereka lewat sosmed.

Baca juga: Mengenal Pentingnya User Generated Content dalam Dunia Bisnis

Apa Keuntungan Menjaga Business Trust?

Trust memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis karena mempengaruhi berbagai aspek dari bisnis. Seperti kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, dan daya tarik bagi potensial pelanggan.

Berikut mnfaat menjaga kepercayaan dalam bisnis adalah:

– Meningkatkan Tingkat Loyalitas Pelanggan

Kepercayaan merupakan fondasi dari loyalitas pelanggan. Sebagai contoh, saat Anda menemukan penjual makanan lezat. Maka, setiap kali Anda ingin membeli makanan, Anda akan selalu mengunjungi penjual tersebut.

Baca juga: Cara Sukses Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

– Meningkatkan Frekuensi Pembelian

Kepercayaan meningkatkan potensi penjualan. Kepercayaan seringkali menjadi alasan utama pelanggan untuk tetap bertansaksi dengan brand yang sama selama bertahun-tahun.

– Kemampuan untuk Bersaing

Di tengah persaingan ketat di pasar, perbedaan kecil pun bisa memiliki dampak besar. Salah satunya kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu, saat bisnis Anda dapat dipercaya, maka Anda memiliki keunggulan dibandingkan dengan pesaing Anda.

Tingkatkan Trust dalam Bisnis Anda dengan Mekari Qontak

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa trust atau kepercayaan sangat penting dalam bisnis. Tanpa kepercayaan, bisnis akan kesulitan untuk meyakinkan pelanggan melakukan pembeliaan.

Salah satu cara untuk membangun kepercayaan adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Hal ini bisa dibantu dengan penggunaan teknologi yang tepat.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM terbaik yang mampu mengelola hubungan pelanggan lebih efisien. Melalui hubungan yang terjalin dengan baik, Anda bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda.

Lebih dari 3500+ perusahaan menggunakan Mekari Qontak untuk membantu mengelola hubungan pelanggan mereka. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jangan tunda lebih lama, Coba Gratis aplikasi Omnichannel terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak Sekarang.

Kategori : Bisnis
WhatsApp WhatsApp Sales