Daftar isi
7 min read

Catat, Inilah Jenis dan Metode Penjualan yang Efektif untuk Bisnis

Tayang 08 Mei 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
8 Metode Penjualan yang Efektif
Catat, Inilah Jenis dan Metode Penjualan yang Efektif untuk Bisnis

Metode Setiap bisnis tentu memiliki cara atau metode yang unik untuk menjajakan barang dagangannya. Metode penjualan tersebut bisa menjadi ciri khas tersendiri yang menjadi pembeda dari kompetitor.

Namun untuk menemukan metode penjualan yang tepat tentu memerlukan waktu. Mulai dari identifikasi kebutuhan pelanggan, membuat kampanye pemasaran unik hingga menyelesaikan transaksi secara efisien.

Kenali metode penjualan lebih jauh dan cara berjualan yang efektif pada artikel berikut.

Apa itu Metode Penjualan?

Metode penjualan adalah cara atau strategi yang bisnis gunakan untuk menjual produk ke pelanggan. Sebab agar produk laku terjual, dibutuhkan berbagai teknik dan taktik untuk menarik perhatian pelanggan, meyakinkan mereka untuk membeli produk atau jasa, dan memastikan transaksi penjualan terjadi.

Maka dari itu, proses penjualan pada bisnis berbeda-beda tergantung jenis produk yang ditawarkan, target pasar, dan tujuan perusahaan. Beberapa contoh metode penjualan meliputi penjualan langsung,  agen atau distributor, e-commerce, program keanggotaan, promosi atau diskon, dan sebagainya.

Pemilihan metode yang tepat sangat penting untuk target penjualan, karena sistem penjualan yang tidak sesuai dapat mempengaruhi efektivitas dan efisiensi penjualan. Oleh karena itu, bisnis perlu mempertimbangkan faktor, seperti karakteristik produk atau jasa, preferensi pelanggan, dan keadaan pasar saat memilih metode penjualan yang tepat.

Jenis-jenis Metode Penjualan

Jenis-jenis metode penjualan

Sumber: Freepik

Ada beberapa jenis metode penjualan seperti berikut:

– SPIN Selling

SPIN Selling adalah metode sales yang terdiri dari empat komponen yang menggambarkan proses penjualan untuk prospek, seperti berikut:

  • Situation (situasi): kondisi pelanggan saat ini, sehingga perlu melakukan riset pasar.
  • Problem (masalah): masalah yang pelanggan hadapi saat ini.
  • Implication (implikasi): konsekuensi dari keputusan yang diambil untuk menyelesaikan masalah.
  • Need-payoff: kondisi yang ingin pelanggan berubah jika masalah mereka terpecahkan.

– N.E.A.T Selling

N.E.A.T selling merupakan kerangka kerja proses analisis. Metode N.E.A.T merupakan singkatan dari Need Economic, Access dan Timeline seperti penjelasan berikut:

  • Needs yang mengacu kebutuhan untuk memahami pelanggan.
  • Economic yang akan pelanggan lihat jika perusahaan membuat perubahan.
  • Access: upaya salesperson untuk berkomunikasi dengan atasan atau CFO (chief financial officer).
  • Timeline: mengacu pada waktu atau peristiwa saat memaksa pelanggan prospek untuk membuat keputusan.

– SNAP Selling

SNAP selling adalah metode penjualan yang fokus pada proses komunikasi (corporate communication), sehingga pelanggan tidak melewati proses penjualan yang panjang.

Ada 4 tahapan SNAP seperti berikut:

  • Simple: kesederhanaan membuat prospek mudah mengubah kebiasaan mereka (customer behavior)
  • INvaluable: jadikan bisnis berharga dengan menunjukan nilai keunikan bisnis (brand value).
  • Align: posisikan Anda dengan keyakinan dan kebutuhan pelanggan agar mereka tertarik untuk membeli produk Anda.
  • Priority: tingkatkan prioritas bisnis agar fokus pada pelanggan (customer centric).

– MEDDIC

MEDDIC adalah proses segmentasi penjualan yang kompleks dengan pengontrolan ketat melalui teknologi. Metode penjualan ini merupakan singkatan dari:

  • Metric (metrik): dampak ekonomi dari situasi yang dihadapi perusahaan dan pelanggan.
  • Economic buyer: meliputi siapa yang bertanggungjawab atas anggaran perusahaan dan pelanggan.
  • Decision criteria: kriteria yang digunakan perusahaan gunakan untuk memilih brand.
  • Decision process: proses pengambilan keputusan yang perusahaan dan pelanggan lakukan.
  • Identify pain: konsekuensi keuangan dari masalah penjualan bagi perusahaan dan pelanggan.
  • Champion: pihak yang menjual atas nama perusahaan.

– Conceptual Selling

Conceptual selling merupakan sistem penjualan yang memahami bahwa target audience tidak asal membeli produk atau layanan brand. Mereka membeli produk berdasarkan pemikirannya tentang solusi yang bisnis tawarkan.

Oleh karena itu, pada proses penjualan bisnis perlu melakukan hal berikut:

  • Konfirmasi untuk memastikan informasi yang dimiliki benar.
  • Kumpulkan informasi baru terkait prospek, termasuk apa yang mereka inginkan.
  • Paham sikap prospek dan hubunganya dengan masalah yang mereka hadapi.
  • Berkomitmen untuk memberikan solusi dari permasalahan prospek.
  • Temukan masalah atau potensi masalah yang dapat menghentikan penjualan.

– Challenger Sale

Challenger Sale menggunakan pendekatan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Artinya bisnis perlu bekerja keras agar hal ini terwujud.

Salah satu caranta dengan rutin mengedukasi pelanggan melalui konten marketing yang dikirimkan melalui email marketing maupun medsos. Bisnis juga perlu menyeusiakan proses penjualan dengan kebutuhan pelanggan sehingga bisa meningkakan kesan baik dan mendapatkan kepercayaan pelanggan.

– Sandler Selling System

Sandler selling adalah sistem penjualan yang berfokus membangun kepercayaan calon pelanggan. Artinya bisnis harus berupaya penuh agar pelanggan merasa yakin bahwa produk yang ditawarkan berkualitas sesuai kebutuhan mereka.

Pada prosesnya, bisnis haru mengidentifikasi kebutuhan calon pelanggan. Kemudian menyesuaikan produk dan strategi pemasaran sehingga bisa menjawab masalag mereka.

– Solution Selling

solution selling sales metodolgy yang berfokus memberikan solusi sesuai dengan yang pelanggan butuhkan. Tahapannya dimulai dengan mengidentifikasi titik kesulitan prospek. Kemudian menawarkan solusi pembelian produk yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan mereka.

– Inbound Selling

Inbound selling memungkinkan salesperson bertemu dengan prospek dimanapun mereka berada. Baik itu di media sosial seperti Instagram, Meta, Twitter (social media marketing), atau halaman harga produk dan landing page di website bisnis.

Baca juga: 13 Program Sales untuk Meningkatkan Penjualan secara Efektif

8 Metode Penjualan yang Efektif

Metode Penjualan yang Efektif

Sumber: Freepik

Berikut 8 metode penjualan yang efektif adalah

1. Perkuat Brand Positioning

Sebagian pelanggan lebih memilih untuk membeli produk dari brand yang mereka kenal sebelumnya. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk membangun brand positioning yang kuat untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Dengan branding yang kuat, produk Anda akan lebih mudah dikenal masyarakat luas. Anda juga akan lebih mudah menang dalam persaingan harga dengan kompetitor.

2. Terapkan SEO dan SEM

Search Engine Optimization (SEO) digunakan dalam digital marketing untuk meningkatkan awareness. SEO berguna untuk menaikkan jumlah traffic yang datang mengunjungi website. Brand Anda bisa muncul di urutan pertama mesin pencarian seperti Google. Hal ini juga meningkatkan omzet penjualan Anda.

Selain SEO, Anda juga perlu menerapkan Search Engine Marketing (SEM) untuk mengoptimalkan mesin pencarian. Namun, Anda perlu mengeluarkan biaya ke Google untuk menggunakan SEM. Meski begitu, hasil yang bisa Anda dapatkan jauh lebih ampuh jika dibandingkan dengan SEO.

3. Tawarkan Bundling Produk

Bundling produk bisa menjadi solusi meningkatkan penjualan. Metode penjualan seperti ini umum digunakan untuk menarik pembeli. Sebab harga bundling yang ditawarkan biasanya lebih murah daripada harga satuan. Bagi bisnis, sistem penjualan seperti ini mampu menghemat waktu dan biaya operasi.

4. Berikan Diskon dan Penawaran Spesial

Diskon selalu menjadi incaran banyak pelanggan. Metode ini sering bisnis terapkan karena sangat efektif dan efisien untuk dilakukan. Terlebih mereka yang merasa puas dengan penawaran Anda, tidak akan ragu untuk melakukan pembelian kembali. Hal ini berdampak positif pada omzet penjualan yang meningkat.

5. Manfaatkan Pemasaran Social Media 

Popularitas media sosial mempermudah bisnis untuk menjangkau banyak pelanggan. Tentu hal tersebut harus bisnis manfaatkan dengan secara rutin membagikan konten marketing di medsos. Gunakan juga fitur iklan berbayar seperti instagram Ads, Facebook ads dkk untuk mempromosikan produk Anda.

6. Perhatikan Kualitas Produk

Kualitas menjadi salah satu poin yang pelanggan pertimbangkan sebelum membeli produk. Oleh karena itu, sangat penting bagi bisnis menjaga kualitas produk. Semakin tinggi kualitas suatu produk, maka semakin tinggi pula harga jualanya.

7. Berikan Pelayanan Terbaik

Proses penjualan tidak hanya selalu terkait produk, pelayanan pelanggan juga perlu diperhatian. Pelayanan yang cepat dan tepat akan membuat pelanggan puas. Mereka yang puas tidak ragu untuk kembali dan menjadi pelanggan yang loyal.

8. Lakukan Otomatisasi

Di era perkembangan teknologi saat ini, bisnis dituntut bergerak cepat termasuk dalam proses penjualan. Oleh karena itu, bisnis perlu berinvestasi pada teknologi otomatisasi untuk mempercepat proses penjualan. Sehingga tim sales memiliki lebih banyak waktu berinteraksi dengan pelanggan dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Baca juga: 12 Cara Menaikkan Omset Penjualan Bisnis

Kembangkan Metode Penjualan yang Tepat Sekarang

Metode penjualan tepat akan berpengaruh positif pada peningkatan omzet perusahaan. Namun dalam proses membangunya, dibutuhkan banyak hal yang melibatkan bisnis, pelanggan dan teknologi.

Salah satu cara untuk mempercepat proses penjualan adalah dengan menggunakan teknologi otomatisasi. Teknologi seperti CRM (Customer Relationship Management) mampu mengelola interaksi pelanggan secara otomatis, termasuk berkaitan dengan penjualan produk.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM Terbaik di Indonesia. Fitur lengkap aplikasi Qontak memudahkan bisnis menjalankan proses penjualan lebih efektif dan efisien. Bahkan aplikasi CRM Qontak terintegrasi dengan berbagai media sosial untuk mempercepat proses penjualan.

Terlebih lebih dari 3000++ perusahan telah bekerjasama dengan Mekari untuk mengembangkan usahanya. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : BisnisSales
WhatsApp WhatsApp Sales