Mekari Qontak
Featured Articles

13 Cara Membangun Networking untuk Mengembangkan Bisnis

Networking Tips

Begini Cara Membangun Networking untuk Bisnis!

Sebagai pelaku bisnis, Anda tentu ingin mengembangkan bisnis lebih luas. Salah satu caranya adalah dengan membangun networking atau jaringan. Tapi bagaimana cara membangun networking dalam bisnis?

Ada beberapa cara yang bisa dilaukan oleh bisnis dalam membangun networking. Salah satunya adalah memilih mitra atau rekan bisnis yang memiliki visi serupa. Dengan demikian Anda akan mendapatkan peluang baru, mengetahui informasi terkini terkait iklim bisnis lainnya, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan.

Semakin banyak networking, maka akan sangat membantu kemajuan bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut cara membangun networking yang tepat pada artikel dibawah ini.

13 Cara membangun nertworking yang bisa Anda ikuti sebagai berikut:

  1. Membuat List
  2. Tentukan Tujuan Anda
  3. Sikap Percaya Diri
  4. Tukar Kartu Nama
  5. Masuk Komunitas
  6. Rajin Ikut Forum dan Seminar
  7. Abaikan Rasa Malu
  8. Beri Dukungan Rekan Bisnis
  9. Tinggalkan Kesan Pertama yang Baik
  10. Perlakukan Relasi Selayaknya Teman
  11. Menjalin Relasi Dengan Sesama Profesi
  12. Manfaatkan Media Sosial
  13. Tindak Lanjuti

Apa itu Membangun Networking?

Networking adalah menjalin relasi dengan banyak perusahaan atau orang yang dapat memberikan manfaat. Dimana dari relasi tersebut, kedua pihak harus mendapatkan keuntungan seperti referensi bisnis, akses informasi, peluang kolaborasi, dan sebagainya.

Networking telah diimplementasikan banyak pebisnis untuk meraih kesuksesan. Meski sudah berhasil, mereka terus mengembangkan networking lebih luas, baik dengan sesama pengusaha maupun di luar lingkaran pengusaha. Networking dilakukan agar timbul komunikasi intens dan saling percaya antara satu pihak dengan yang lain.

cara membangun networking


Mengapa Bisnis Perlu Membangun Networking?

Networking sangat penting untuk mendongkrak koneksi dengan berbagai pihak. Hal ini baik untuk perkembangan bisnis Anda karena proses networking melibatkan hubungan antar pribadi, hubungan dengan komunitas, dan perusahaan lain.

Manfaat membangun networking bisnis adalah sebagai berikut:

– Membangun Networking akan Menambah Insight Baru

Melalui aktivitas networking seperti pertemuan atau obrolan tentang bisnis, Anda akan mendapatkan ilmu baru. Terlebih apabila Anda memiliki relasi dengan orang yang lebih berpengalaman dan menekuni bidang bisnis yang sama. Siapa tau ilmu tersebut akan menjadi kunci kesuksesan bisnis Anda nantinya.

– Membangun Networking sebagai Media Promosi Terbaik

Manfaatkan orang-orang dalam jaringan networking Anda untuk membantu promosi produk Anda. Minta mereka untuk memberi masukan dari kekurangan produk yang Anda jual. Biasanya mereka akan dengan senang hati memberi saran bagaimana cara supaya produk lebih disukai calon pelanggan.

– Membangun Networking Dapat Meningkatkan Penjualan

Manfaat selanjutnya networking adalah meningkatkan penjualan bisnis. Dimana aktivitas networking akan memperluas promosi ke relasi bisnis sendiri. Hal ini membuka peluang penjualan produk Anda bertambah.

– Menjalin Kerjasama Antar Bisnis

Membangun networking yang baik juga bisa membuka peluang kerjasama antar bisnis. Sehingga Anda bisa berkolaborasi dengan rekan bisnis untuk memproduksi inovasi produk baru.

– Membangun Networking akan Memperbanyak Masukkan

Dengan networking, Anda bisa mengumpulkan masukan dari relasi. Masukkan tersebut akan sangat dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

– Membuka Kesempatan yang tidak Pernah Terpikirkan Sebelumnya

Dengan mengenal banyak orang, Anda akan mendapat sudut pandang baru. Hal ini akan membuka pikiran Anda dan mengetahui adanya kesempatan baru. Sebaliknya jika Anda menutup diri untuk berkolaborasi dengan yang lain, maka kesempatan yang didapatkan akan menjadi sangat terbatas.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Pelajari juga: 10 Aplikasi untuk Online Shop, No. 6 Wajib!


Bagaimana Cara Membangun Networking agar Bisnis Anda Lebih Sukses?

Untuk membangun networking dibutuhkan rasa percaya diri seperti yang dikutip dari Kompas.com. Dengan percaya diri, Anda bisa mulai berbagi informasi seputar bisnis. Selain itu, masih banyak cara membangun networking.

Berikut 13 cara membangun networking yang bisa Anda ikuti adalah:

1. Membuat List

Membangun Networking-Membuat List

Cara membangun networking pertama adalah membuat daftar orang-orang top di bidangnya yang ingin Anda kenal. Membuat daftar ini sangat penting karena Anda bisa tahu siapa saja dan kemana Anda harus menghubungi mereka.

Miliki daftar relasi relatif mudah. Terlebih saat ini tersedia banyak fitur buku alamat di ponsel yang bisa kita manfaatkan. Beberapa diantaranya bahkan bisa diisi informasi situs dan informasi lain tentang seseorang.

2. Tentukan Tujuan Anda

Sebelum melakukan networking, tentukan apa yang menjadi tujuanmu dalam menjalin relasi. Anda perlu memahami tujuan agar bisa tahu strategi apa, dan treat seperti apa yang akan gunakan kepada calon-calon relasi Anda.

3. Sikap Percaya Diri

Sikap percaya diri sangat dibutuhkan untuk memulai membangun jaringan networking. Hilangkan rasa malu pada diri Anda.

Cara membangun percaya diri bisa dimulai dengan menlain bekerjasama antar rekan yang menekuni bidang bisnis sama. Kemudian perlahan menaiki jenjang pada orang tingkat lebih tinggi.

Setiap orang memiliki cara dan kelebihannya masing-masing dalam membangun rasa nyaman dalam sebuah perbincangan, sehingga hal tersebut yang sangat perlu dimunculkan.

4. Tukar Kartu Nama

Sebelum Anda benar benar terjun untuk membangun networking, pastikan Anda memiliki kartu nama yang berisi nama, pekerjaan, nama perusahaan Anda, alamat perusahaan, dan kontak. Kartu nama adalah bagian dari personal branding Anda, yang juga “muka” dari perusahaan Anda.

Calon relasi Anda belum tentu membutuhkan jasa Anda saat itu juga. Namun dengan menukar kartu nama akan menjadi peluang besar ketika rekan bisnis bisa menghubungi Anda untuk keperluan seperti partnership dan sebagainya.

5. Masuk Komunitas

Membangun Networking-Masuk Komunitas

Ini menjadi langkah kedua yang perlu Anda lakukan. Untuk bisa memiliki networking yang tepat, Anda perlu masuk ke wadah yang sudah menyediakan apa yang Anda cari tersebut. Dengan masuk komunitas, maka Anda akan lebih mudah menjangkau dan berkenalan dengan networking yang Anda butuhkan.

Anda juga bisa memulainya dengan ikut bergabung ke salah satu komunitas yang dinaungi oleh orang top dalam daftar Anda.

6. Rajin Ikut Forum dan Seminar

Mengikuti forum dan seminar bukan hanya berguna untuk menambah pengetahuan Anda pada hal tertentu, tapi juga bermanfaat untuk menambah networking. Tentu dalam sebuah forum dan seminar Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat sama.

Jadi manfaatkan forum dan seminar untuk berkenalan dengan sesama peserta. Beranikan diri Anda untuk berkenalan, kemudian saling bertukar kartu nama.

7. Abaikan Rasa Malu

Seperti yang dibahas sebelumnya malu adalah hambatan menjalin hubungan. Jika Anda pemalu, carilah situasi atau kegiatan yang paling membuat Anda nyaman. Gunakan acara tersebut sebagai sarana networking. Misalnya, berpartisipasi dalam komunitas hobi, menjadi sukarelawan atau mengikuti lomba akan memberi Anda kesempatan bertemu orang-orang yang memiliki kesamaan.

8. Beri Dukungan Rekan Bisnis

Membangun Networking-Memberi Dukungan

Sering kali bisnis menemui beberapa masalah yang tidak bisa diselesaikan sendiri. Manfaatkan momen ini untuk  saling memberi dukungan pada partner Anda. Dengan saling membantu, secara otomatis Anda akan memperoleh kedekatan dengan partner Anda.

9. Tinggalkan Kesan Pertama yang Baik

Memberikan first impression yang baik diperlukan terutama saat mulai menjalin networking. Kesan pertama dipengaruhi bagaimana sikap Anda saat bertemu atau berkomunikasi dengan orang baru. Caranya dengan menjaga cara bicara, postur, dan kemampuan mengembangkan pembicaraan.

Menurut The Entrepreneurs, cara berkenalan dengan orang lain dapat membuatmu terlihat lebih menonjol. Sehingga, Anda harus memaksimalkan caramu berkenalan dan dapatkan first impression yang baik dari orang-orang baru.

10. Perlakukan Relasi Selayaknya Teman

Memang mendapat banyak rekan bisnis adalah bagus, tetapi selanjutnya bagaimana Anda memperlakukan mereka? hanya menghubungi ketika membutuhkan? berbicara seperlunya? terkesan formal? tidak. Hubungan bisnis yang baik bisa berawal dari kedekatan emosional.

Menjadi profesional bukan berarti menghalangi kita untuk membuka hubungan secara personal. Dengan Anda memperlakukan rekan bisnis selayaknya seorang teman akan meningkatkan rasa percaya mereka kepada Anda. Hal ini nantinya berdampak positif pada bisnis Anda.

11. Menjalin Relasi Dengan Sesama Profesi

Jangan berpikir bahwa sesama pebisnis atau sesama marketer berarti kompetitor. Justru menjalin relasi dengan mereka yang satu profesi sangat dibutuhkan. Sebab Anda bisa saling bertukar pikiran dan dapat saling membantu memecahkan masalah yang dihadapi bersama. Misalnya soal menurunnya daya beli atau iklim bisnis yang belum stabil, Anda bisa saling bertukar pikiran untuk mencari solusi.

12. Manfaatkan Media Sosial

Membangun Networking-Memanfaatkan Media Sosial

Beruntunglah bagi Anda yang hidup di zaman digital ini. Sebab Anda bisa menjangkau orang yang berbeda negara sekalipun dengan memanfaatkan media sosial. Tak ada lagi batasan ruang di media sosial. Karena itu manfaatkan media sosial untuk membangun networking.

Ada beberapa media sosial yang cocok bagi Anda untuk mencari networking yang sesuai. LinkedIn bisa menjadi alternatif media sosial yang bisa digunakan. Sebab LinkedIn memang diperuntukkan sebagai media sosialnya para profesional.

Tapi, perlu diingat bahwa Anda tak bisa menyapa sembarangan agar bisa mendapatkan respon di media sosial. Ada baiknya Anda lebih dulu menyapa dengan memperkenalkan siapa diri Anda, lalu menyebutkan alasan kenapa Anda ingin menjalin pertemanan dengan orang tersebut di media sosial. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan respon dan dapat saling berinteraksi.

13. Tindak Lanjuti

Sebelum mengakhiri sebuah pembicaraan dengan rekan bisnis, pastikan Anda membuat rencana tindak lanjut dengan mereka. Bentuk tindak lanjut tersebut dapat berupa janji untuk menelepon kembali atau mengirimkan email sebuah artikel yang menarik.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Baca juga: Strategi Pemasaran: 12 Strategi Marketing Wajib Coba!


Pelajari Cara Membangun Networking dan Perluas Relasi Bisnis Anda!

Setelah memahami cara membangun networking, dapat disimpulkan bahwa hal tersebut sangat penting bagi bisnis yang ingin mengembangkan usahanya. Hal ini tak lepas dari peran networking yang membuka peluang meningkatkan penjualan dan masih banyak lagi.

Membangun networking juga harus diimbangi dengan perbaikan sistem penjualan dan layanan pelanggan Anda. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah melalui aplikasi CRM terbaik. Dimana aplikasi ini akan mengelola seluruh hubungan pelanggan Anda dengan baik.

Qontak.com menyediakan aplikasi CRM (Customer Relationship Manager) yang akan menciptakan pengalaman pelanggan menyenangkan. Aplikasi CRM dari Qontak.com terintegrasi dengan Omnichannel yang menghubungkan seluruh saluran bisnis. Kedua aplikasi tersebut akan membantu Anda mengembangkan jaringan networking bisnis Anda lebih luas.

Hubungi Qontak.com sekarang atau COBA GRATIS dengan mengisi form  di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales