Mekari Qontak
Other Business

Pengertian Unique Selling Proposition dan Contohnya

Pelajari Semua Tentang Unique Selling Proposition

Panduan Lengkap Mengenai Unique Selling Proposition yang Perlu Anda Ketahui!

Dalam dunia marketing, sering Anda mendengar istilah unique selling proposition (USP) atau unique selling point yang mana dikenal juga dengan istilah unique value position (UVP). Namun, terlepas dari banyak istilah tersebut, sebenarnya apa itu unique selling proposition?

Perlu Anda ketahui bahwa Unique selling proposition merupakan faktor kunci yang biasanya digunakan oleh marketer atau sales  untuk membedakan produk Anda dengan produk pesaing. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak pembahasan tentang unique selling proposition lengkap dengan contohnya di artikel berikut ini!

Aplikasi Omnichannel Mekari Qontak

Apa Itu Unique Selling Proposition?

Pengertian unique selling proposition adalah faktor kunci yang perlu diperjuangkan oleh bisnis Anda. Faktor ini dapat membedakan bisnis Anda dari bisnis lainnya, dan memberitahukan pelanggan Anda mengapa mereka harus memilih Anda.

Dengan adanya USP, Anda dapat membuat bisnis Anda menjadi lebih menonjol dibandingkan bisnis lainnya yang ada di pasaran. Ini karena USP mencakup sesuatu yang spesifik dan menjadi ciri khas bisnis Anda.

Selain itu, USP juga dapat membantu Anda untuk fokus pada strategi pemasaran. Misalnya, seperti memengaruhi brand awareness atau pencitraan merek, pembuatan copywriting, dan keputusan pemasaran lainnya.

Bagaimana Cara Menentukan Unique Selling Proposition?

Unique selling proposition yang menarik adalah USP yang tegas dan dapat dipertahankan, fokus pada apa yang dihargai pelanggan, dan lebih dari sekadar slogan. Tapi, bagaimana cara menentukan USP yang seperti itu?

Untuk menentukan USP, Anda harus memikirkan audiens Anda dan manfaat produk yang seperti apa yang paling berharga bagi mereka.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menentukan unique selling proposition.

1. Menggunakan Kualitas yang Menjadi Pembeda

Menentukan Unique Selling Proposition - Kualitas Pembeda

Untuk menentukan USP yang menarik, Anda harus menentukan UNP yang sepenuhnya unik bagi bisnis, perusahaan, produk dan layanan yang Anda jual.

Dalam hal ini, USP akan mencakup kekuatan dan manfaat produk yang membedakan produk Anda dari pesaing. Misalnya ketika Anda membuat bisnis makanan dengan bahan organik, maka Anda perlu membuat makanan dari bahan-bahan organik dengan kualitas terbaik.

Bahan-bahan tersebut akan memberikan cita rasa yang nikmat, nutrisi baik, dan manfaat baik bagi tubuh pelanggan Anda. Di mana kualitas tersebut akan menjadi pembeda antara produk Anda dan pesaing, serta menjadi ciri khas dari merek bisnis Anda.

2. Sampaikan Poin Penjualan Anda dengan Jelas dan Percaya Diri

Sampaikan Poin Penjualan Anda dengan Jelas dan Percaya Diri

Proposisi penjualan yang unik tidak hanya unik bagi perusahaan, tetapi juga unik bagi Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memamerkan diri Anda, produk, dan layanan Anda. Antusiasme dan keyakinan Anda harus terpancar melalui USP bisnis Anda.

Oleh karena itu, Anda harus menyampaikan poin penjualan Anda dengan jelas dan percaya diri untuk membuat USP yang unik bagi bisnis Anda. Seiring dengan hal tersebut, pelanggan juga akan menjadi tertarik dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang produk Anda.

3. Sertakan Hiperbola

Menentukan Unique Selling Proposition - Hiperbola

Untuk membuat USP yang unik, Anda dapat menyertakan hiperbola dalam deskripsi produk Anda. Hiperbola di sini berarti Anda perlu membuat semua pihak, termasuk Anda dan calon pelanggan, mengetahui bahwa itu berlebihan.

Anda dapat menggunakan kata-kata seperti terbaik, terhebat, pertama, favorit, hanya, dan sebagainya, untuk mendeskripsikan produk Anda. Apabila digunakan dengan tepat, kata-kata tersebut dapat mengkomunikasikan antusiasme, keyakinan, dan kebanggan Anda pada produk.

4. Fokus Pada Manfaat Pelanggan

Fokus Pada Manfaat Pelanggan

Marketer dan sales yang hebat tidak hanya menjual produk atau layanan saja. Namun mereka juga menjual lingkungan pasca penjualan. Apa maksudnya?

Ini berarti unique selling proposition Anda harus terkait tentang manfaat yang dirasakan oleh pelanggan atau kenyataan akan mereka lihat setelah membeli produk Anda.

Misalnya adalah ketika seseorang membeli baju di mal. Banyak orang mungkin merasa tidak membutuhkan baju baru. Namun, beberapa dari mereka mungkin sangat menyukai pengalaman menggunakan baju baru.

Dengan demikian, marketer dan sales dapat memanfaatkan prospek tersebut untuk membuat USP yang menarik.

Ini Dia Contoh Unique Selling Proposition yang Perlu Anda Ketahui!

Sejauh ini apakah Anda sudah memahami apa itu unique selling proposition dan bagaimana cara menentukannya? Jika Anda belum benar-benar memahaminya, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat lebih memahami unique selling proposition contoh berikut ini!

– Starbucks Unique Selling Proposition

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan gerai kopi yang memiliki cabang dimana-mana ini bukan?

Starbucks merupakan salah satu bisnis dengan contoh USP yang menarik dan berhasil menarik pelanggan setianya. Starbucks menawarkan pelayanan, suasana, dan perasaan mewah untuk semua pelanggannya.

Misalnya adalah ketika Anda memesan secangkir kopi di Starbucks, barista akan menanyakan nama Anda dan menuliskannya di gelas kopi Anda. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi ini adalah salah satu USP Starbucks.

Starbucks memberikan pengalaman yang dipersonalisasi untuk Anda, bahkan tak jarang barista akan menuliskan ucapan “Have a Nice Day! :)” di bawah nama Anda.

Pengalaman ini akan membuat Anda merasa senang karena sudah dilayani dengan pelayanan terbaik yang ramah dan berkualitas. Sehingga membuat Anda menjadi salah satu pelanggan loyalitas Starbucks.

Selain itu, Starbucks juga menawarkan perasaan mewah ketika Anda membeli minuman di gerainya. Saat Anda membeli secangkir kopi Starbucks, Anda mungkin akan merasa lebih berkelas dibandingkan saat Anda membeli sekaleng kopi di minimarket.

– Re.Juve

Unique selling proposition contoh berikutnya adalah bisnis minuman jus buah dan sayur, Re.Juve. Untuk Anda yang menyukai gaya hidup sehat, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan merek ini bukan?

Re.Juve menawarkan USP melalui komitmennya untuk membantu membuat kehidupan pelanggannya menjadi lebih bahagia dengan minuman pilihan yang nikmat, sehat, dan jujur.

Selain itu, Re.Juve juga menekankan bahwa produknya terbuat dari buah, sayur, dan herba yang premium serta organik, yang didapatkan langsung dari para petani lokal.

Pahami Unique Selling Proposition dan Optimalkan Strategi Pemasaran Anda Sekarang Juga!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Unique selling proposition merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh marketer untuk membedakan antara produk Anda dengan produk pesaing. Anda dapat menggunakan USP untuk mengoptimalkan strategi marketing dan meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah dengan memasarkan USP bisnis Anda di media sosial. Mengingat saat ini media sosial memainkan peranan penting dalam dunia marketing dan bisnis.

Lebih lanjut, Anda dapat menggunakan omnichannel untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda di media sosial. Sistem omnichannel dapat menghubungkan beberapa aplikasi media sosial dalam satu platform terpadu, di mana ini dapat memudahkan Anda dalam memantau aktivitas pemasaran.

Qontak.com menyediakan Omnichannel CRM terbaik di Indonesia. Omnichannel Qontak.com dapat dengan mudah diintegrasikan dengan beberapa media sosial seperti Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, WhatsApp, email dan sebagainya.

Selain itu, Qontak.com juga didukung dengan fitur canggih seperti WhatsApp blast dan lainnya yang akan mempermudah Anda mengelola pemasaran lebih efisien dan efektif. Jadi tunggu apa lagi?

Coba aplikasi Omnichannel Qontak.com selama 14 hari atau konsultasikan dulu secara gratis dengan mengisi form dibawah ini:

Hubungi Qontak.com sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales