Daftar isi
8 min read

Unique Selling Proposition: Arti, Manfaat, Contoh dan Cara Menentukannya

Tayang 31 Januari 2022
Diperbarui 13 Desember 2023
Pelajari Semua Tentang Unique Selling Proposition
Unique Selling Proposition: Arti, Manfaat, Contoh dan Cara Menentukannya

Dalam dunia marketing, sering Anda mendengar istilah unique selling proposition (USP) atau unique selling point yang mana dikenal juga dengan istilah unique value position (UVP).

Unique selling proposition menjadi kekuatan bisnis untuk membedakan produk mereka dengan produk pesaing. Hal ini ini menarik pelanggan untuk bertansaksi dengan mereka.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak pembahasan tentang unique selling proposition lengkap dengan contohnya di artikel berikut ini!

Apa Itu Unique Selling Proposition?

Pengertian unique selling proposition adalah faktor kunci yang perlu diperjuangkan oleh bisnis Anda. Faktor ini dapat membedakan bisnis Anda dari bisnis lainnya, dan memberitahukan pelanggan Anda mengapa mereka harus memilih Anda.

Dengan adanya USP, Anda dapat membuat bisnis Anda menjadi lebih menonjol dibandingkan bisnis lainnya yang ada di pasaran. Ini karena USP mencakup sesuatu yang spesifik dan menjadi ciri khas bisnis Anda.

Selain itu, USP juga dapat membantu Anda untuk fokus pada strategi pemasaran. Misalnya, seperti memengaruhi brand awareness atau pencitraan merek, pembuatan copywriting, dan keputusan pemasaran lainnya.

Mengapa Unique Selling Proposition Penting?

Perusahaan perlu menciptakan produk yang unik untuk bisa bersaing dengan kompetitor. Mereka harus bisa membuat produk yang pelanggan butuhkan tidak dimiliki oleh kompetitor.

Dengan begitu, memliki alasan mengapa pelanggan harus membeli produk dari perusahaan tersebut. Jika berhasil, perusahaan mendapatkan loyalitas dan penjualan sehingga uang akan terus mengalir masuk.

Berikut adalah berbagai alasan mengapa unique selling proposition penting bagi perusahaan:

  • Menciptakan produk sesuai dengan preferensi pelanggan dengan harga lebih rendah.
  • Memungkinkan perusahaan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi.
  • Menghasilkan publisitas positif dari pelanggan.
  • Peningkatan pangsa pasar dan penghematan biaya.

Manfaat Unique Selling Proposition

Pada dasarnya, unique selling proposition bertujuan untuk membedakan sebuah brand dengan kompetitornya. Hal tersebut dilakukan agar konsumen mengenali produkmu dari keunikannya.

Adapun beberapa manfaat unique selling proposition secara lebih lengkap, antara lain:

– Pembeda dengan Kompetitor

Unique selling proposition biasanya berisi pembeda dari kompetitor. USP ini menjadi selling point yang perlu ditonjolkan di mata pelanggan.

– Menjadi Brand Identity

Unique Selling Proposition juga berperan sebagai brand identity. Sebab USP merupakan pembeda dengan kompetitor baik dari segi kualitas atau bahan yang digunakan. Oleh karena itu, USP yang baik itu simpel dan mudah dimengerti.

– Meningkatkan Penjualan

USP yang kuat dapat meningkatkan penjualan dengan membuat bisnis Anda lebih menarik bagi pelanggan potensial. Jika mereka dapat melihat bahwa Anda menawarkan sesuatu yang mereka inginkan atau butuhkan, kemungkinan besar mereka akan memilih Anda daripada pesaing.

– Membangun Brand Image

Di sisi lain, USP yang kuat juga bisa berfungsi untuk membangun brand image yang baik. USP juga memudahkan pelanggan untuk mengenali produk Anda.

– Memperoleh Pelanggan Setia

Unique selling proposition menjadi kekuatan bagi suatu brand. USP menjawab kebutuhan pelanggan yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Hal ini bisa menjadi alasan untuk mereka membeli produk berulang hingga menjadi loyal.

Bagaimana Cara Menentukan Unique Selling Proposition?

Unique selling proposition yang menarik adalah USP yang tegas dan dapat dipertahankan, fokus pada apa yang dihargai pelanggan, dan lebih dari sekadar slogan. Tapi, bagaimana cara menentukan USP yang seperti itu?

Untuk menentukan USP, Anda harus memikirkan audiens Anda dan manfaat produk yang seperti apa yang paling berharga bagi mereka.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menentukan unique selling proposition.

1. Menggunakan Kualitas yang Menjadi Pembeda

Cara Menentukan Unique Selling Proposition pertama adalah Menggunakan Kualitas yang Menjadi Pembeda

Sumber: Freepik

Untuk menentukan USP yang menarik, Anda harus menentukan UNP yang sepenuhnya unik bagi bisnis, perusahaan, produk dan layanan yang Anda jual.

Dalam hal ini, USP akan mencakup kekuatan dan manfaat produk yang membedakan produk Anda dari pesaing. Misalnya ketika Anda membuat bisnis makanan dengan bahan organik, maka Anda perlu membuat makanan dari bahan-bahan organik dengan kualitas terbaik.

Bahan-bahan tersebut akan memberikan cita rasa yang nikmat, nutrisi baik, dan manfaat baik bagi tubuh pelanggan Anda. Di mana kualitas tersebut akan menjadi pembeda antara produk Anda dan pesaing, serta menjadi ciri khas dari merek bisnis Anda.

2. Sampaikan Poin Penjualan Anda dengan Jelas dan Percaya Diri

Cara Menentukan Unique Selling Proposition kedua adalah Sampaikan Poin Penjualan Anda dengan Jelas dan Percaya Diri

Sumber: Freepik

Proposisi penjualan yang unik tidak hanya unik bagi perusahaan, tetapi juga unik bagi Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memamerkan diri Anda, produk, dan layanan Anda. Antusiasme dan keyakinan Anda harus terpancar melalui USP bisnis Anda.

Oleh karena itu, Anda harus menyampaikan poin penjualan Anda dengan jelas dan percaya diri untuk membuat USP yang unik bagi bisnis Anda. Seiring dengan hal tersebut, pelanggan juga akan menjadi tertarik dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang produk Anda.

3. Sertakan Hiperbola

Cara Menentukan Unique Selling Proposition ketiga adalah sertakan Hiperbola

Sumber: Freepik

Untuk membuat USP yang unik, Anda dapat menyertakan hiperbola dalam deskripsi produk Anda. Hiperbola di sini berarti Anda perlu membuat semua pihak, termasuk Anda dan calon pelanggan, mengetahui bahwa itu berlebihan.

Anda dapat menggunakan kata-kata seperti terbaik, terhebat, pertama, favorit, hanya, dan sebagainya, untuk mendeskripsikan produk Anda. Apabila digunakan dengan tepat, kata-kata tersebut dapat mengkomunikasikan antusiasme, keyakinan, dan kebanggan Anda pada produk.

4. Fokus Pada Manfaat Pelanggan

Cara Menentukan Unique Selling Proposition terakhir adalah Fokus Pada Manfaat Pelanggan

Sumber: Freepik

Marketer dan sales yang hebat tidak hanya menjual produk atau layanan saja. Namun mereka juga menjual lingkungan pasca penjualan. Apa maksudnya?

Ini berarti unique selling proposition Anda harus terkait tentang manfaat yang dirasakan oleh pelanggan atau kenyataan akan mereka lihat setelah membeli produk Anda.

Misalnya adalah ketika seseorang membeli baju di mal. Banyak orang mungkin merasa tidak membutuhkan baju baru. Namun, beberapa dari mereka mungkin sangat menyukai pengalaman menggunakan baju baru.

Dengan demikian, marketer dan sales dapat memanfaatkan prospek tersebut untuk membuat USP yang menarik.

Contoh Unique Selling Proposition

Sejauh ini apakah Anda sudah memahami apa itu unique selling proposition dan bagaimana cara menentukannya? Jika Anda belum benar-benar memahaminya, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat lebih memahami unique selling proposition contoh berikut ini:

– Starbucks Unique Selling Proposition

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan gerai kopi yang memiliki cabang dimana-mana ini bukan?

Starbucks merupakan salah satu bisnis dengan contoh USP yang menarik dan berhasil menarik pelanggan setianya. Starbucks menawarkan pelayanan, suasana, dan perasaan mewah untuk semua pelanggannya.

Misalnya adalah ketika Anda memesan secangkir kopi di Starbucks, barista akan menanyakan nama Anda dan menuliskannya di gelas kopi Anda. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi ini adalah salah satu USP Starbucks.

Starbucks memberikan pengalaman yang dipersonalisasi untuk Anda, bahkan tak jarang barista akan menuliskan ucapan “Have a Nice Day! :)” di bawah nama Anda.

Pengalaman ini akan membuat Anda merasa senang karena sudah dilayani dengan pelayanan terbaik yang ramah dan berkualitas. Sehingga membuat Anda menjadi salah satu pelanggan loyalitas Starbucks.

Selain itu, Starbucks juga menawarkan perasaan mewah ketika Anda membeli minuman di gerainya. Saat Anda membeli secangkir kopi Starbucks, Anda mungkin akan merasa lebih berkelas dibandingkan saat Anda membeli sekaleng kopi di minimarket.

– Re.Juve

Unique selling proposition contoh berikutnya adalah bisnis minuman jus buah dan sayur, Re.Juve. Untuk Anda yang menyukai gaya hidup sehat, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan merek ini bukan?

Re.Juve menawarkan USP melalui komitmennya untuk membantu membuat kehidupan pelanggannya menjadi lebih bahagia dengan minuman pilihan yang nikmat, sehat, dan jujur.

Selain itu, Re.Juve juga menekankan bahwa produknya terbuat dari buah, sayur, dan herba yang premium serta organik, yang didapatkan langsung dari para petani lokal.

– Netflix

Netflix adalah layanan streaming populer yang terkenal dengan berbagai acara TV dan filmnya. Salah satu USP-nya adalah menggunakan streaming adaptif, yang berarti dapat menyesuaikan kualitas videonya secara otomatis sesuai dengan kecepatan internet Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang buffering.

– Apple

Apple adalah salah satu merek teknologi paling populer di dunia. Ini dikenal dengan produk berkualitas tinggi dan desain inovatif. Salah satu USP-nya adalah berada di garis depan inovasi, menjadikannya merek yang sempurna bagi orang-orang yang ingin tetap terdepan dalam tren teknologi terkini.

– McDonald’s

McDonald’s adalah salah satu restoran cepat saji paling terkenal di dunia. Terkenal dengan pelayanannya yang cepat dan harga yang terjangkau. Salah satu USP-nya adalah buka hingga larut malam, yang sangat cocok untuk orang yang ingin makan cepat setelah keluar malam.

Pahami Unique Selling Proposition dan Optimalkan Strategi Pemasaran Anda Sekarang Juga!

Unique selling proposition merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh marketer untuk membedakan antara produk Anda dengan produk pesaing. Anda dapat menggunakan USP untuk mengoptimalkan strategi marketing dan meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah dengan memasarkan USP bisnis Anda di media sosial. Mengingat saat ini media sosial memainkan peranan penting dalam dunia marketing dan bisnis.

Lebih lanjut, Anda dapat menggunakan omnichannel untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda di media sosial. Software omnichannel dapat menghubungkan beberapa aplikasi media sosial dalam satu platform terpadu, di mana ini dapat memudahkan Anda dalam memantau aktivitas pemasaran.

Qontak.com menyediakan Omnichannel CRM terbaik di Indonesia. Omnichannel Qontak.com dapat dengan mudah diintegrasikan dengan beberapa media sosial seperti Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, WhatsApp, email dan sebagainya.

Selain itu, Qontak.com juga didukung dengan fitur canggih seperti WhatsApp blast dan lainnya yang akan mempermudah Anda mengelola pemasaran lebih efisien dan efektif. Jadi tunggu apa lagi?

Coba Gratis aplikasi Omnichannel Mekari Qontak selama 14 hari atau konsultasikan dulu secara gratis sekarang juga.

Kategori : BisnisMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales