Mekari Qontak
Marketing Other Business

Mengenal Apa Itu Marketing Mix 7P dan Manfaatnya

Apa Itu Marketing Mix 7P dan Manfaatnya

Marketing mix atau bauran pemasaran mungkin sudah menjadi istilah yang tidak asing lagi bagi marketer yang berkecimpung di dunia pemasaran. Namun apakah Anda benar-benar memahami apa itu marketing mix? Atau marketing mix 7P?

Jika Anda tidak paham atau bahkan tidak mengetahui apa itu marketing mix atau marketing mix 7P, Anda tidak perlu khawatir. Karena artikel di bawah ini akan membahas panduan lengkap apa itu marketing mix 7P, konsep, manfaat, beserta contohnya.

Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkep tentang konsep marketing mix 7P berikut ini!

Konsep marketing mix 7P yang perlu diketahui bisnis:

  1. Product
  2. Price
  3. Place
  4. Promotion
  5. People
  6. Process
  7. Physical Evidence

Image CTA Omnichannel


Apa Itu Marketing Mix 7P?

Marketing mix 7P adalah versi lanjutan dari konsep marketing mix yang diperikenalkan oleh Neil Borden, seorang pakar pemasaran, pada tahun 1964. Pada awalnya, Borden terinspirasi dari gagasan James Cullington (1948), di mana seorang eksekutif bisnis berperan sebagai ‘mixer of ingredients’. Namun demikian, Borden belum menyusun unsur dalam marketing mix.

Namun, unsur-unsur marketing mix baru diperkenalkan oleh E. Jerome McCarthy pada tahun 1968, yang terdiri dari empat unsur utama, yaitu product, price, place, dan promotion, atau lebih dikenal dengan konsep marketing mix 4P. Kemudian, konsep marketing mix tersebut dikembangkan menjadi konsep marketing mix 7p dengan tiga tambahan unsur penting lainnya.

Baca Juga: Marketing Plan: Definisi, Contoh, & Cara Membuatnya


Konsep Marketing Mix 7P

Marketing Mix 7P

Dalam perkembangannya, konsep marketing mix mengalami modifikasi dengan adanya tambahan tiga unsur penting lainnya, yaitu people, process, dan physical evidence. Konsep ini kemudian disebut dengan konsep marketing mix 7P.

Berikut adalah penjelasan lengkap terkait unsur-unsur konsep marketing mix 7P:

1. Product (Produk)

Konsep marketing mix 7P yang pertama adalah produk, yakni barang atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Saat mengembangkan produk, Anda perlu mempertimbangkan siklus hidup produk tersebut, merencanakan berbagai tantangan yang mungkin muncul, dan melakukan riset pasar yang sesuai dengan target pelanggan Anda.

Sangat penting bagi bisnis atau perusahaan untuk mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

2. Price (Harga)

Konsep marketing mix 7P berikutnya adalah price atau harga. Dalam hal ini, Anda harus memikirkan apakah pelanggan Anda bersedia untuk membayar harga yang Anda tetapkan untuk produk Anda.

Selain itu, Anda juga juga mempertimbangkan berapa banyak biaya yang telah Anda keluarkan untuk memproduksinya, kisaran harga pesaing, dan nilai dari produk itu sendiri.

3. Place (Tempat)

Elemen tempat ini berkaitan dengan pusat distribusi produk dan metode yang Anda gunakan dalam mendistribusikannya kepada pelanggan.

Di mana pun tempat yang Anda pilih, Anda harus memastikan bahwa itu dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan. Sama halnya jika Anda memiliki website untuk memasarkan produk, pastikan website Anda dapat dengan mudah dinavigasi oleh pelanggan.

4. Promotion (Promosi)

Dalam hal ini, promosi mengacu pada bagaimana strategi bisnis digunakan untuk mendapatkan perhatian pelanggan untuk produk yang ditawarkan. Ini termasuk promosi penjualan, layanan pelanggan, public relation, periklanan, dan sebagainya.

Saat membuat strategi promosi, Anda harus mempertimbangkan taktik yang digunakan oleh pesaing Anda, channel apa yang paling efektif untuk menjangkau pelanggan Anda, dan bagaimana penilaian pelanggan terhadap produk Anda.

5. People (Orang)

Seperti namanya, konsep marketing mix ini mengacu pada orang-orang, baik itu pelanggan maupun karyawan Anda, yang terkait langsung dengan produk atau layanan bisnis Anda.

Pelanggan memang menjadi unsur penting yang perlu diperhatikan dalam konsep marketing mix 7P. Namun, karyawan juga memainkan peranan penting. Ini karena Anda perlu mempekerjakan orang yang tepat dan mampu memberikan yang terbaik untuk produk Anda.

6. Process (Proses)

Dalam marketing mix, sistem dan proses memainkan peranan penting untuk membangun dan memberikan layanan berkualitas kepada pelanggan Anda.

Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa proses tersebut bebas dari tantangan yang dapat menghalangi jalannya proses itu sendiri. Selain itu, ini juga dapat membantu Anda untuk mengurangi biaya yang tidak perlu terkait dengan pelaksanaan layanan.

7. Physical Evidence (Bukti Fisik)

Physical evidence atau bukti fisik ini mengacu pada apa yang dapat dilihat oleh pelanggan Anda saat mengonsumsi produk atau menggunakan jasa layanan Anda. Ini dapat mencakup brand, kemasan, lingkungan tempat Anda menjual produk, dan sebagainya.

Anda perlu memastikan bahwa semua aspek fisik yang terkait dengan produk atau layanan bisnis Anda telah memenuhi standar atau nilai yang ada.


Lalu, Apa Manfaat Marketing Mix untuk Bisnis?

Marketing mix dapat dapat memungkinkan bisnis atau perusahaan untuk melihat pertimbangan pemasaran yang berbeda, guna menemukan cara terbaik untuk mengalokasikan sumber daya yang mereka miliki.

Di sisi lain, marketing mix juga dapat memungkinkan perusahaan untuk mengetahui jenis rencana pemasaran apa yang ingin mereka terapkan, dan melakukan penelitian yang diperlukan untuk mengimplementasikan rencana tersebut secara maksimal.

Selain itu, terdapat juga beberapa manfaat bauran pemasaran yang menjadikannya penting bagi bisnis Anda. Berikut adalah manfaat marketing mix 7P yang perlu Anda ketahui.

  • Membantu memahami apa yang dapat ditawarkan produk atau layanan bisnis Anda kepada pelanggan.
  • Merencanakan penawaran produk yang sukses.
  • Membuat perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan strategi pemasaran yang efektif.
  • Membantu bisnis dalam memanfaatkan kekuatan mereka dan menghindari biaya yang tidak dibutuhkan.
  • Memudahkan bisnis untuk menjadi proaktif dalam menghadapi risiko.
  • Membantu menentukan apakah produk atau layanan Anda cocok untuk target pelanggan Anda.
  • Mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pelanggan.

Contoh Konsep Marketing Mix 7P

Setelah Anda mengetahui apa itu marketing mix 7P, konsep, dan manfaatnya, kini saatnya Anda lebih memahaminya dengan contoh marketing mix 7P dalam penerapannya.

– Contoh Konsep Produk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, produk merupakan salah satu konsep utama yang ada perlu diperhatikan dalam marketing mix. Untuk itu, Anda harus menentukan produk yang tepat dan sesuai dengan bisnis serta target pasar Anda.

Contohnya adalah apabila Anda ingin membangun bisnis produk perawatan kulit, maka Anda dapat mengeluarkan sejumlah rangkaian produk skincare seperti sabun cuci muka, toner, serum, dan pelembap untuk target pasar Anda.

Namun, pastikan Anda menyesuaikan seluruh produk tersebut dengan kebutuhan target pasar Anda.

– Contoh Konsep Harga

Dalam hal ini, Anda perlu menentukan harga yang sesuai untuk produk Anda. Adapun salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menetapkan harga produk yang sesuai adalah dengan menggunakan rumus break even price, yaitu harga terkecil yang bisa dipasang pada produk agar bisnis tidak rugi.

Break even price = (biaya keseluruhan pembuatan produk : jumlah produk) + biaya pembuatan satu buah produk.

Misalnya adalah break even price untuk memproduksi satu buah pelembab. Biaya keseluruhan untuk membuat pelembab adalah Rp2.000.000 dan jumlah pelembab yang diproduksi adalah 400 buah. Sementara biaya pembuatan per satu buah pelembab adalah Rp40.000.

(2.000.000 : 400) + 40.000 = 45.000

Maka harga break even price untuk satu buah pelembab adalah Rp45.000.

– Contoh Konsep Tempat

Tempat penjualan produk yang strategis dapat membantu memudahkan pelanggan untuk berbelanja. Untuk itu Anda harus menentukan tempat penjualan yang dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan.

Misalnya Anda membuka bisnis toko peralatan olahraga, maka sebaiknya Anda memilih tempat yang dekat dengan hall olahraga atau pusat kebugaran. Sehingga pelanggan Anda dapat dengan mudah menemukan toko Anda ketika mereka sedang mencari peralatan olahraga yang mereka butuhkan.

– Contoh Konsep Promosi

Di era digital seperti saat ini, media sosial bisa menjadi salah satu strategi promosi terbaik yang dapat Anda gunakan. Ini karena media sosial dapat menjangkau berbagai kalangan yang sesuai dengan target pasar Anda.

Anda bisa menggunakan Instagram, TikTok, dan YouTube untuk melakukan promosi bisnis secara besar-besaran. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan promosi Anda.

– Contoh Konsep People

Bisnis yang baik juga dijalan oleh-oleh orang yang baik dibidangnya. Untuk itu Anda harus memilih sumber daya manusia terbaik yang dapat meningkatkan bisnis Anda.

Misalnya dalam melakukan strategi marketing, Anda harus memilih marketer terbaik yang dapat meningkatkan pemasaran Anda. Sehingga bisnis Anda dapat menjangkau target pasar dan meningkatkan lebih banyak pelanggan.

– Contoh Konsep Proses

Agar proses bisnis Anda berjalan dengan lancar, Anda membutuhkan proses yang berjalan dengan lancar pula. Nah, untuk memastikan proses tersebut berjalan dengan baik, Anda perlu membuat SOP (standard of procedure) yang tepat.

Dengan SOP yang tepat, Anda dapat memastikan semua produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang sama. Selain itu, SOP ini juga dapat membantu karyawan Anda untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan Anda.

– Contoh Konsep Bukti Fisik

Bukti fisik dapat membantu pelanggan untuk mengetahui keberadaan bisnis Anda. Hal ini bisa Anda tunjukkan melalui logo perusahaan, brosur, suvenir, dan bentuk fisik lainnya yang dapat membuktikan keberadaan bisnis Anda.

Misalnya, Anda membuka bisnis baju anak-anak. Maka, anda dapat membuat logo yang mencerminkan keceriaan anak-anak seperti matahari atau pelangi dengan wajah tersenyum dan dilengkapi dengan warna yang cerah serta ceria.

Baca Juga: Mengenal Marketing Automation dan Manfaatnya untuk Bisnis


Pahami Marketing Mix dan Tingkatkan Penjualan Anda!

Logo Mekari Qontak

Itu dia pembahasan lengkap tentang marketing mix 7P yang perlu Anda ketahui. Dari pembahasan di atas, dapat dipahami bahwasanya marketing mix 7p memiliki konsep atau unsur-unsur penting yang perlu diperhatikan untuk mencapai kesuksesan pemasaran.

Selain memperhatikan konsep marketing mix 7P di atas, Anda juga dapat memaksimalkan keberhasilan pemasaran dengan aplikasi marketing seperti CRM yang terintegrasi dengan Omnichannel.

Mekari Qontak menyediakan Omnichannel CRM terbaik yang dilengkapi dengan fitur lengkap gunakan memudahkan dan mempercepat proses pemasaran Anda dengan sebaik mungkin. Sangat menarik bukan?

Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales