Mekari Qontak
Marketing Other Business

Memahami Hierarki Kebutuhan Pelanggan

Call Center adalah... Jenis, Fungsi, Kegunaan dan Tugasnya

Mengenal Hierarki Kebutuhan Pelanggan oleh Maslow dan Pengaruhnya pada Bisnis!

Aktivitas marketing yang sukses dapat diukur dengan adanya keberhasilan melakukan persuasi pada calon customer hingga melakukan pembelian dari produk yang ditawarkan. Cara paling efektif untuk membuat para calon customer tertarik adalah dengan memahami kebutuhan mereka dan memberikan solusi termudah untuk pemenuhan kebutuhan tersebut. Namun sebelum itu, Anda perlu memahami Hierarki Kebutuhan pelanggan.

Salah satu teori yang mengamini hal ini adalah milik Maslow, yang disebut sebagai hierarki kebutuhan. Saat salah satu kebutuhan terpenuhi, efektivitas strategi marketing dari segi psikologis seketika itu juga meningkat dengan adanya pembelian.

Pelajari selengkapnya mengenai Hierarki Kebutuhan Pelanggan pada artikel dibawah ini.

mau coba omnichannel terbaik


Apa saja Hierarki Kebutuhan Pelanggan berdasarkan Maslow?

Pada dasarsnya hierarki kebutuhan oleh Maslow memiliki lima area kebutuhan yang pasti dialami oleh manusia kebanyakan. Kebutuhan-kebutuhan tersebut meliputi kebutuhan fisik, kebutuhan keamanan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri.

Misalnya kebutuhan fisik meliputi kemampuan bertahan hidup, keamanan, kebutuhan rasa cinta, rasa percaya  diri sendiri, dan aktualisasi diri. Pada prakteknya, berbagai hierarki kebutuhan menurut Maslow ini dapat direlevansikan dengan motivasi yang menentukan keputusan pembelian pada calon customer.

Berikut penjelasan selengkapnya hierarki kebutuhan pelanggan berdasarkan terori Maslow adalah

1. Kebutuhan Fisik

Kebutuhan fisik meliputi segala hal yang merupakan kebutuhan pokok untuk manusia bertahan hidup. Misalnya makanan, udara, air, papan, sandang dan seksualitas. Produk yang memenuhi kebutuhan tersebut akan sangat laku terlebih di negara berkembang seperti Indonesia, sebagian besar masyarakat hanya fokus untuk memenuhi kebutuhan pokok tersebut.

2. Kebutuhan Keamanan

Kebutuhan keamanan yang dimaksud ini merupakan kebutuhan tingkat dua, dimana pelanggan membutuhkan rasa aman demi melindungi dirinya dari gangguan kriminalitas milasnya. Untuk memenuhui kebutuhan ini, bisnis harus bisa menciptakan produk yang mampu memberikan rasa aman dan nyaman untuk pelanggan.

3. Kebutuhan Sosial

Selanjutnya kebutuhan dengan jangkauan lebih luas karena melibatkan orang lain yakni kebutuhan sosial. Kebutuhan ini memerlukan keterlibatan pihak ketiga misalnya hubungan pernikahan atau keluarga. Keluarga adalah kelompok yang mengikat anggota-agotanya secara fisik dan emosional. Sesama anggota saling membutuhkan, menyayangi, dan saling melindungi.

4. Kebutuhan Penghargaan

Kebutuhan penghargaan merupakan bagian dari pelanggan yang berprestari mencapai target tertentu. Dimana sebagian manusia tidak puas dengan kebutuhan dasar, rasa aman dan sosial. Mereka memiliki ego yang kuat untuk mencapai presatasi kerja atau kompetisi untuk menjadi lebih baik dari orang lain. Hal inilah yang mendorong mereka untuk mendapatkan penghargaan.

5. Kebutuhan Aktualisasi Diri

Terakhir Kebutuhan aktualisasi diri adalah keinginan untuk bisa menyampaikan ide, gagasan, dan sistem nilai yang diyakininya kepada orang lain. Hal ini didorong pada kebutuhan manusia untuk menjadikan dirinya sebagai orang yang terbaik sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya. Untuk mencapainya, seorang individu akan berusaha keras untuk memahami dan membentuk suatu sistem yang dapat mempengaruhi orang lain.


Bagaimana Strategi Marketing Berdasarkan Hierarki Kebutuhan?

Berikut hal-hal yang dapat Anda aplikasikan berdasarkan hierarki kebutuhan oleh Maslow ini.

1. Kenali siapa target market dari produk yang Anda tawarkan

target-market

Jika target market adalah orang-orang yang memerlukan pemenuhan kebutuhan mendasar seperti makanan dan minuman. Maka strategi marketing dapat langsung difokuskan pada harga dan rasa dari kebutuhan mendasar tersebut. Jika target market sudah memiliki cukup stabilitas ekonomi sehingga sudah mencapai bagian keempat dari hierarki kebutuhan Maslow yaitu untuk meningkatkan rasa percaya diri, strategi marketing yang membuat mereka merasa memerlukan produk Anda untuk menambah rasa percaya diri perlu Anda rancang demi meraih target penjualan yang tepat.

2. Bagaimana produk atau jasa yang Anda tawarkan dapat berguna bagi tiap lapis hierarki kebutuhan menurut Maslow

Cara Membuat Strategi Diferensiasi Produk_Ketahui pasar

Tanyakanlah pada diri Anda sendiri dengan memposisikan diri Anda di level-level kebutuhan menurut Maslow tersebut. Coba cari titik penghubungnya dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Pemetaan yang mendetail seperti ini dapat membantu Anda menyesuaikan strategi marketing apa. Selain itu juga membantu mengetahui cara penjualan seperti apa yang membangunkan rasa ingin membeli di benak para target customer.

3. Rancang setiap pesan marketing atau cara penawaran Anda se-personal mungkin pada setiap prospek yang berhasil Anda temui

Strategi Marketing yang Lebih Personal

Saat janji bertemu berhasil dibuat, saatnya untuk Anda mengenali prospek Anda tersebut dalam level yang lebih personal. Kenali dan dengarkan apa saja yang menjadi kebutuhan dan kesulitan dalam akitivitas sehari-harinya. Kemudaian jadilah partner bicara yang mendukung tanpa langsung menjual produk. Sebab relasi dapat terhenti di tahap itu saja, sehinggan menutup semua kesempatan untuk menyentuh level kebutuhan prospek Anda.

Sebagai contoh, pembicaraan Anda dengan prospek seharusnya dapat memberikan informasi mengenai apa yang dicari oleh customer saat ini. Selain itu juga mampu menjadi jembatan menuju ke bagaimana produk Anda bisa menjadi solusi bagi mereka. Dengan banyak melakukan pertemuan dan diskusi dengan prospek potensial, kemampuan Anda untuk menganalisis kebutuhan prospek  akan semakin teras ah. Setelah itu, Anda dapat membuat praktek penjualan menjadi lebih efektif.

Saya Mau Coba Gratis CRM Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Pahami Hierarki Kebutuhan Pelanggan Anda Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Hierarki kebutuhan pelanggan oleh Maslow dimaksudkan untuk pelaku sales dan marketing menarik calon customer menggunakan cara yang relevan bagi mereka. Dimana Anda perlu melatih insting untuk tahu di level yang manakah prospek Anda. Kemudian sesuaikan produk Anda sebagai solusi yang baik bagi mereka.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi CRM ini dapat Anda manfaatkan untuk memahami hierarki kebutuhan pelanggan Anda. Sistem CRM Qontak mampu menyimpan semua interaksi pelanggan dalam satu platform terpadu. Hal ini memudahkan Anda untuk memahami kebutuhan pelanggan Anda dan menganalisisnya untuk menyusun strategi peningkatkan bisnis.

Mekari Qontak sudah terjamin dengan Sertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales