Mekari Qontak
Marketing

Pengertian Search Engine Marketing, Cara Kerja, dan Contohnya

Komponen Search Engine Marketing SEO

Teknologi pemasaran digital saat ini sudah bukan hal yang baru lagi, salah satunya melalui teknologi SEM. Akan tetapi beberapa pengusaha awam masih banyak yang belum memahami terkait pengertian Search Engine Marketing (SEM)tersebut, serta bagaimana cara kerja SEM yang sebenarnya.

Padahal strategi ini terbukti dapat mendatangkan konversi pelanggan yang lumayan menguntungkan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya berusaha mengetahui seperti apa itu Search Engine Marketing, lalu apa saja contoh Search Engine Marketing pada umumnya.

Termasuk melihat lebih jeli apa saja kelebihan dan kekurangan Search Engine Marketing tersebut. Sehingga pebisnis dapat berpikir untuk mencoba strategi pemasaran yang satu ini.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang Search Engine Marketing di bawah ini!

Image CTA Omnichannel


Pengertian Search Engine Marketing

Search Engine Marketing adalah salah satu strategi pemasaran dengan jalan mengiklankan produk atau situs melalui mesin pencari. Dengan kata lain SEM merupakan cara untuk membuat pelanggan mengetahui produk dan jasa pebisnis lewat halaman mesin pencari.

Dalam penerapannya, Search Engine Marketing hanya berlaku untuk strategi pemasaran yang menggunakan dunia maya dan digital saja.

Sehingga kebanyakan strategi ini diterapkan untuk penjualan serta pemasaran via online. Terutama digunakan oleh banyak e-commerce, pemilik situs bisnis, dan lain sebagainya yang terhubung dengan dunia maya.


Perbedaan SEM vs SEO

Perbedaan SEM vs SEO

Banyak orang yang mengira bahwa SEM dan SEO merupakan hal yang sama. Padahal tidak sepenuhnya benar. Melakukan SEM tidak sama persis dengan melakukan optimasi Search Engine Optimization (SEO). Sehingga kedua hal ini harus dapat dibedakan dengan baik.

Umumnya yang membedakan kedua hal ini yaitu sebagai berikut:

1. Target Audiens

SEM memberikan kesempatan untuk mendapatkan target audiens yang lebih spesifik. Berbeda dengan SEO yang tidak dapat melakukan hal tersebut. Sehingga jika ingin memeroleh target yang efektif, maka SEM merupakan opsi yang lebih baik untuk dipilih.

2. Jangka Waktu

SEM hanya bekerja sesuai jangka waktu yang ditentukan. Sehingga tidak dapat bertahan lama. Lain halnya jika memanfaatkan SEO. Umumnya SEO dapat bertahan lebih lama karena tidak ada parameter penetapan jangka waktu untuk metode tersebut.

3. Anggaran

Dari sisi biaya, sudah tentu SEM akan jauh lebih mahal. Karena memang memberikan hasil yang lebih optimal. Lain halnya saat memanfaatkan SEO, di mana hal ini bisa dilakukan secara gratis tanpa biaya.

Oleh sebab itu perhatikan dari sisi dana yang dimiliki perusahaan untuk memilih antara metode SEM dan metode SEO.

4. Kecepatan

Umumnya SEM memberikan kecepatan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan SEO. Selain itu sangat mungkin untuk menentukan ulang target menggunakan SEM. Bahkan jika target tidak tercapai, maka SEM dapat dinonaktifkan.

5. Potensi CTR

Dari segi potensi CTR, maka SEO mampu memberikan hasil konversi yang lebih baik dari SEM. Karena banyak pelanggan berpikir negatif terhadap konten yang muncul pada SEM.

Berbeda halnya dengan informasi yang dibalut dalam bentuk SEO. Biasanya akan lebih mudah menarik perhatian para target pelanggan.

Baca Juga: 14 Cara Efektif Meningkatkan CTR di Google


Manfaat Search Engine Marketing

Menggunakan SEM atau Search Engine Marketing dapat memberikan banyak manfaat dalam bisnis. Berkat teknologi serta metode yang satu ini, bisnis berjalan lebih baik dan optimal. Beberapa manfaat umum yang dapat diperoleh dengan strategi tersebut misalnya seperti yang tertera berikut ini.

  • Membantu menentukan besaran anggaran biaya yang diperlukan untuk kebutuhan pemasaran. Dengan pengaturan SEM yang lebih mudah, tentunya biaya yang dikeluarkan dapat disesuaikan dengan kemampuan perusahaan. Sehingga tidak perlu khawatir akan berbenturan dengan dana perusahaan.
  • Berkat SEM maka bisnis dapat menentukan target pelanggannya dengan lebih spesifik. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, SEM mampu mengatur seperti apa target pelanggan yang diinginkan. Sehingga konversi yang didapatkan lebih fokus.
  • Manfaat Search Engine Marketing berikutnya tentu saja untuk menambah jumlah konversi bisnis yang lebih optimal. Dengan strategi semacam ini, maka bisnis dapat makin meningkat berkat posisi yang tepat serta kesesuaian target pelanggan.
  • SEM juga dapat bermanfaat sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan brand awareness dari pelanggan pada produk yang ditawarkan. Secara tidak langsung berkat metode tersebut maka bisnis dapat lebih mudah dikenali oleh calon pelanggan.

Komponen Search Engine Marketing

Tentu saja seperti strategi pemasaran pada umumnya, Search Engine Marketing atau SEM ini memiliki beberapa komponen penting. Sebaiknya jika ingin menggunakan strategi tersebut, ketahui lebih dulu apa saja komponen yang mendukung strategi ini.

Secara umum ada tiga komponen penting pendukung metode Search Engine Marketing, antara lain:

– Search Engine Optimization

Komponen Search Engine Marketing SEO

Komponen utama dalam SEM yaitu Search Engine Optimization atau yang biasa dikenal dengan sebutan SEO. Ini adalah komponen penting yang membantu menargetkan kata kunci dan mengarahkan calon pelanggan.

Melalui penggunaan SEO maka akan tercipta Conversion Rate Optimization atau CRO. Berkat SEO maka bisnis Anda secara tidak langsung akan diarahkan untuk muncul di halaman pertama mesin pencari.

Social Media Marketing

Komponen Search Engine Marketing

Selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu komponen berupa Social Media Marketing atau SMM. Komponen ini menggunakan media sosial sebagai cara dalam mengenalkan produk secara optimal. Misalnya dengan menggunakan media Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Dalam masa dunia digital yang cukup banyak peminatnya, maka komponen Social Media Marketing tersebut menduduki peringkat yang cukup tinggi untuk dapat meraih konversi yang optimal.

– Paid Search

Paid Search

Terakhir yaitu komponen paid search atau pencarian berbayar. Umumnya ini menggunakan bentuk berupa iklan berbayar. Misalnya yaitu Google AdWords atau Facebook Ads.


Cara Kerja Search Engine Marketing

Tentunya setelah memahami pengertian yang diberikan di atas, para pebisnis akan tertarik pula untuk mengetahui seperti apa cara kerja Search Engine Marketing secara umum. Hal ini untuk dapat memeroleh gambaran seperti apa strategi pemasaran bekerja melalui cara tersebut.

Sebenarnya ini bukan hal yang sulit dipahami. Karena pada dasarnya strategi ini mengedepankan algoritma tertentu terkait kata kunci yang banyak dicari pelanggan. Sehingga pebisnis harus dapat menspesifikasikan hal tersebut dengan baik.

Strategi ini berhasil apabila pemilik bisnis menggunakan kata kunci yang tepat dan banyak dicari pelanggan di mesin pencari. Sehingga dengan optimisasi hal ini, ada banyak pelanggan yang akan tertuju pada produk dan jasa yang ditawarkan.

Hal ini karena mesin pencari akan memberikan hasil pencarian sesuai kata kunci. Jika kata kunci yang ada di dalam produk sudah sesuai, otomatis produk akan muncul pada halaman mesin pencari.

Dari sinilah pelanggan akan bertindak lebih lanjut untuk melihat merek produk yang muncul. Lalu akhirnya dapat berakhir dengan konversi penjualan dan transaksi.

Baca Juga: Rekomendasi 11 Marketing Automation Software Terbaik 


Contoh Search Engine Marketing

Tentunya Search Engine Marketing adalah strategi yang cukup efektif dan efisien jika dipertimbangkan dari berbagai segi.

Maka dari itu tidak heran jika banyak pengusaha tertarik untuk melakukan pemasaran dengan strategi tersebut. Sehingga timbul berbagai macam contoh Search Engine Marketing yang menarik untuk dicoba dan ditiru.

Tentu saja untuk para pebisnis pemula, mengetahui berbagai macam contoh efektif berikut dapat menjadi inspirasi. Oleh karena itu jangan ragu untuk melihat dan mempelajari contoh-contoh yang disajikan berikut di bawah ini.

1. Google Ads

Google Ads

Google Ads adalah salah satu contoh Search Engine Marketing yang cukup populer di dunia maya saat ini. Banyak pebisnis menggantungkan perluasan bisnisnya pada Google Ads sepenuhnya.

Sebagai pendukung sarana promosi yang terhubung dengan mesin pencari Google, maka kesempatan untuk menampilkan produk melalui Google Ads lebih besar. Sehingga potensi bisnis makin dikenal banyak pelanggan juga terbuka lebar.

Oleh karena itu banyak yang menggunakan Google Ads sebagai salah satu jalan keluar untuk meningkatkan promosinya di dunia maya.

2. Yahoo Gemini

Contoh Search Engine Marketing Yahoo Gemini

Meskipun bukan yang paling banyak disukai oleh pebisnis untuk memasarkan produknya, namun Yahoo Gemini juga dapat menjadi salah satu alternatif.

Melalui fasilitas mesin pencari ini, maka produk dan jasa yang ditawarkan dapat muncul sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pelanggan. Sehingga kesempatan untuk menawarkan produk dan jasa melalui mesin pencari pada Yahoo Gemini tidak kalah menarik untuk didapatkan.

Maka dari itu, Yahoo Gemini menjadi salah satu alternatif pebisnis untuk mengenalkan produknya.

3. Bing

Contoh Search Engine Marketing Bing

Berikutnya mesin pencari yang juga cukup populer yaitu Bing. Melalui fasilitas tersebut maka banyak pelanggan dari seluruh belahan dunia yang bisa dijadikan target. Cukup memastikan bahwa kata kunci produk dan jasa yang ditawarkan muncul pada Bing.

Lalu, Bing akan segera menyarankan situs milik pebisnis untuk diakses oleh pelanggan. Sehingga terjadi konversi penjualan yang meningkat.


Kelebihan dan Kekurangan Search Engine Marketing

Sekilas memang trik pemasaran ini menarik perhatian. Ada banyak hal menarik yang bisa diperoleh saat mencoba memasarkan produk via dunia maya. Apa lagi menggunakan strategi andalan mesin pencari di berbagai layanan internet.

Akan tetapi sangat penting bagi para pebisnis pemula untuk mengetahui lebih lanjut terkait kelebihan dan kekurangan SEM. Untuk memberikan informasi ini lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

– Kelebihan yang Diberikan

Adapun beberapa kelebihan menggunakan strategi pemasaran via layanan mesin pencari yaitu dapat menjangkau cukup banyak pelanggan. Sehingga bisnis nantinya bukan hanya dikenal di satu area saja, namun tanpa batas. Di mana potensi untuk mendapatkan keuntungan lebih luas dan lebih besar.

Kelebihan lain yang bisa didapatkan yaitu cara promosi yang tidak memakan banyak waktu dan tenaga. Begitu strategi ini dijalankan, maka pengusaha hanya perlu melakukan pemantauan dan evaluasi. Maka nantinya lebih banyak pelanggan yang akan datang untuk mencari produk dan jasa yang ditawarkan.

– Kekurangan yang Harus Diwaspadai

Meski terlihat menguntungkan, namun waspada saja akan kekurangan yang umum terjadi. Salah satunya yaitu algoritma mesin pencari yang bisa saja berubah-ubah. Sehingga bisa jadi kata kunci yang digunakan tidak efektif lagi dan harus dirubah sesuai dengan algoritma yang baru.

Kekurangan lainnya terjadi akibat persaingan yang cukup ketat di dunia maya. Sehingga belum tentu strategi ini berhasil sepenuhnya. Bila kompetitor memiliki strategi yang lebih baik dalam hal ini, otomatis produk serta website yang dimiliki akan tersingkir dengan sendirinya.

Oleh sebab itu pelaku bisnis harus benar-benar cermat saat mempertimbangkan hal teknis terkait strategi tersebut.

Baca Juga: 12 Marketing and Sales Tools Terbaik


Aplikasikan Search Engine Marketing pada Bisnis Anda Sekarang Juga!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Dari penjelasan di atas, Search Engine Marketing adalah strategi pemasaran yang menarik untuk dicoba.

Namun demikian, Anda tetap perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan Search Engine Marketing. Supaya nantinya Anda dapat mengetahui mana sebenarnya strategi pemasaran yang paling efektif untuk bisnis Anda.

Selain menggunakan SEM, Anda juga dapat meningkatkan pemasaran bisnis Anda dengan menggunakan aplikasi marketing  seperti aplikasi omnichannel Mekari Qontak yang terintegrasi dengan sistem CRM.

Dengan menggunakan omnichannel CRM Mekari Qontak, Anda dapat mengotomatiskan dan merampingkan seluruh proses pemasaran dan penjualan Anda dengan mudah. Tidak hanya itu saja, omnichannel CRM Mekari Qontak juga dilengkapi dengan berbagai canggih yang dapat memaksimalkan kinerja bisnis Anda.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan mereka.  Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo gratis aplikasi Omnichannel CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales