Mekari Qontak
Other Business Product

Cara Mudah Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp, Dijamin Ampuh!

whatsapp otomatis

Begini Cara Mudah Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp!

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang banyak digunakan, terutama pelaku bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah Anda bisa membuat pesan otomatis langsung tanpa tambahan aplikasi.

Keunggulan tersebut membuat Anda juga tidak perlu khawatir kehilanggan pelanggan saat berjauhan dengan HP Anda. Pasalnya WhatsApp Otomatis ini mampu memberikan balasan meski Anda sedang offline. Jadi Anda tetap bisa terhubung dengan pelanggan kapan saja, meski di luar jam opersional bisnis.

Pelajari selengkapnya bagaimana cara membuat pesan otomatis di WA pada artikel berikut ini.

Cara membuat pesan otomatis di WhatsApp adalah sebagai berikut:

  1. Masuk opsi ‘Setelan’ dengan klik titik tiga pada pojok kanan atas aplikasi WhatsApp
  2. Atur pesan otomatis dengan mengatifkan opsi ‘Send Away Message’
  3. Edit isi pesan otomatis sesuai kebutuhan
  4. Atur jadwal pengiriman pesan otomatis
  5. Pilih penerima pesan otomatis

Image CTA API WhatsApp


Apa itu WhatsApp Otomatis?

WhatsApp Otomatis adalah fitur WhatsApp yang dapat memungkinkan bisnis untuk mengirimkan pesan balasan secara otomatis. Balasan bisa berupa greeting message, harga produk, gambar produk, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Pesan balasan akan otomatis terkirim ke pelanggan saat ada pesan masuk sesuai dengan triger atau pola yang sudah dibuat sebelumnya.

Ketika tim support tidak sedang beroperasi, auto WhatsApp sender akan mengirimkan pesan berupa pemberitahuan bahwa tim tidak sedang tersedia melalui fitur Away Message.

Gambaran WhatsApp Otomatis

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Biasa atau Messenger

Berikut cara membuat pesan otomatis di WA biasa adalah:

Step 1. Masuk opsi ‘Setelan’ dengan klik titik tiga pada pojok kanan atas aplikasi WhatsApp

Pertama cara mengaktifkan pesan otomatis di WhatsApp adalah Anda harus membuka aplikasi WhatsApp Messenger. Kemudian klik ikon titik tiga yang berada pada pojok kanan atas. Selanjutnya pilih opsi setelan bisnis untuk mengatur pesan otomatis.

Step 2. Atur pesan otomatis dengan mengatifkan opsi ‘Send Away Message’

Selanjutnya cara membuat auto chat WA, Anda bisa mengaktifkan berbagai jenis pesan otomatis. Salah satunya adalah “Send Away Message” atau kirim pesan diluar jam operasional.

Cara untuk mengaktifkannya, cukup dengan klik tombol yang berada di bawah tombol titik tiga pada pojok kanan atas yang semula gelap, geser tombol tersebut hingga berubah menjadi terang. Jika sudah terang, berarti pesan otomatis telah aktif.

Sementara itu, untuk membuat pesan otomatis,

Step 3. Edit isi pesan otomatis sesuai kebutuhan

Setelah itu, Anda bisa mengedit isi pesan otomatis. Caranya dengan menekan tombol bergambar pensil, lalu tuliskan pesan otomatis yang ingin dikirimkan. Akhiri langkah ini dengan klik tombol ‘OK’.

Anda bisa mengisinya dengan kalimat sesuai dengan kebutuhan bisnis. Biasanya berisi informasi jadwal jam operasional untuk ‘Away Message’. Informasi tersebut sekaligus memberitahukan bahwa Anda akan menghubungi mereka kembali pada jam operasional bisnis.

Step 4. Atur jadwal pengiriman pesan otomatis

Selanjutnya buat jadwal pengiriman dengan tiga opsi, “Selalu Kirim”, “Jadwal Khusus”, dan “Di luar jam kerja”. Anda bisa memilih kapan pesan otomatis akan dikirimkan. Namun sebelum itu, Anda harus mengatur jam kerja atau operasional terlebih dahulu.

Step 5. Pilih penerima pesan otomatis

Terakhir cara mengaktifkan pesan otomatis di WhatsApp, Anda perlu mengatur penerima. Anda bisa memilih penerima berdasarkan 4 opsi seperti  ‘untuk semua orang’, ‘semua orang yang tidak ada padabuku alamat’, ‘semua orang kecuali’, dan ‘hanya kirim kepada’. Selanjutnya, klik ‘Simpan’.


Bagaimana Cara Membuat Pesan Balasan Otomatis di API WhatsApp?

Selain WA biasa, pesan otomatis juga bisa Anda gunakan pada WhatsApp Business API. WhatsApp Business API banyak digunakan oleh bisnis berskala menengah dan besar untuk berinteraksi dengan pelanggan lebih cepat.

Berbeda dengan pesan otomatis di Aplikasi WhatsApp biasa yang membatasi jumlah karakter, API WhatsApp membebaskan Anda untuk menulis pesan apa aja. Anda juga dapat personalisasi pesan tersebut untuk memberikan kesan akrab dengan pelanggan.

Berikut cara membuat chat otomatis di WhatsApp Business API:

Step 1. Daftarkan bisnis Anda ke Official Business Partner WhatsApp API

Cara Membuat Pesan Balasan Otomatis yang pertama dalah dengan mendaftarkan bisnis Anda ke Official Business Partner WhatsApp API

Cara mengaktifkan pesan otomatis di WhatsApp yang pertama adalah dengan mendaftarkan bisnis Anda ke Official Business Partner WhatsApp API seperti Mekari Qontak.

Qontak akan membantu Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda ke pihak WhatsApp guna mendapatkan API WhatsApp Business.

Tak hanya itu saja, Qontak juga akan membantu Anda dalam setiap proses untuk memiliki fitur-fitur canggih WhatsApp API, termasuk WA otomatis.


Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

 

Step 2. Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Langkah kedua membuat WhatsApp otomatis adalah Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Cara bikin pesan otomatis di WA berikutnya adalah dengan melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena semua proses pengajuan verifikasi ini akan sepenuhnya dibantu oleh tim Qontak.

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa informasi bisnis sebagai berikut:

  • Nama bisnis
  • Situs web
  • E-mail bisnis
  • SIUP/NIB/NPWP

Step 3. Tentukan Nomor dan Lengkapi Profil WA Anda

Langkah ketiga membuat WA otomatis dengan menentukan Nomor dan Lengkapi Profil WA Anda

Apakah akun Anda sudah terverifikasi WhatsApp? Jika iya, maka ini saatnya untuk Anda memilih nomor yang akan digunakan sebagai akun WhatsApp Business Anda. Pastikan nomor tersebut selalu aktif, karena nomor tersebut tidak dapat diganti kembali.

Kemudian, Anda dapat melanjutkan dengan lengkapi profil dan informasi bisnis Anda. Ini termasuk katalog produk, lokasi bisnis, alamat email, jam operasional, dan lain sebagainya.

Sementara itu, tim Qontak akan mengajukan centang hijau atau tanda verified untuk akun WhatsApp bisnis Anda. Selain  itu, Qontak juga akan membantu Anda untuk mengintegrasikan WhatsApp Anda dengan aplikasi CRM dan sistem lainnya.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Membuat WhatsApp Business Verified Terbaru!

Step 4. Login ke Chat Panel Qontak.com

Langkah keempat Login ke Chat Panel Qontak.com

Untuk membuat pesan otomatis di WA, Anda perlu melakukan login ke chat panel Qontak dengan kredensial yang telah diberikan.

Sebagai informasi, kredensial yang berikan untuk agen dan supervisor akan berbeda. Agen hanya akan diizinkan untuk membalas pesan yang masuk, sementara supervisor dapat memantau pesan masuk serta melakukan beberapa pengaturan.

Step 5. Submit Template Pesan ke Panel QontakCara kelimat membuat whatsapp otomatis adalah dengan Submit Template Pesan ke Panel Qontak

Cara membuat WA bisnis balas otomatis berikutnya adalah mendesain alur percakapan. Anda bisa menyusun template atau alur autoresponder untuk merespon setiap pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena tim Qontak akan membantu Anda untuk membangun sistem WhatsApp jawab otomatis seperti jam kerja, template, dan tags dengan praktis.

Setelah itu, Anda dapat melanjutkan dengan submit templat yang sudah jadi ke Panel Qontak.

Step 6. Kirim Pesan WhatsApp (Testing)

langkah keenam dengan mengirim Pesan WhatsApp (Testing)

Cara mengirim pesan otomatis di WA yang terakhir adalah dengan melakukan testing. Dalam hal ini, Anda dapat mengirimkan pesan ke akun WhatsApp bisnis Anda seperti seorang pelanggan.

Lalu, tunggu beberapa waktu untuk memastikan bahwa Anda menerima balasan otomatis sesuai yang telah diatur sebelumnya.

Apabila Anda mendapatkan balasan, berarti WhatsApp jawab otomatis dapat digunakan untuk melayani pelanggan. Jika tidak, Anda dapat mengecek apakah ada langkah yang terlewatkan atau menghubungi tim Qontak untuk meminta bantuan.

Tonton video dibawah ini untuk pelajari lebih jauh tentang bagaimana cara mengatur WhatsApp otomatis:


Apa Kelebihan WhatsApp Otomatis?

Penggunaan fitur WhatsApp otomastis dapat menguntungkan bisnis dengan berbagai manfaat yang diberikannya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat WhatsApp otomatis untuk bisnis:

1. Menyediakan Layanan Pelanggan Selama 24 jam

Autoresponder akan membalas secara otomatis setiap pesan yang dikirimkan pelanggan selama 24 jam. Isi pesan tersebut biasanya berupa solusi sederhana yang sering ditanyakan pelanggan.

Dengan demikian, bisnis dapat tepat memberikan layanan pelanggan terbaik meskipun tim customer service sedang tidak tersedia.

2. Terjamin Keamanannya

Aplikasi WhatsApp dilengkapi dengan sistem keamanan end-to-end encryption. Artinya semua pesan, baik masuk atau keluar, akan dijamin kerahasiaannya. Hanya pengguna yang terlibat dalam percakapan yang dapat melihat isi percakapan itu sendiri.

3. Meningkatkan Customer Relation

WhatsApp autoresponder membangun percakapan responsif dan proaktif dengan pelanggan.

Alur percakapan dapat didesain personalisasi salah satunya dengan fitur greeting message untuk menciptakan hubungan pelanggan yang lebih baik.

4. Mengumpulkan Feedback

Auto WhatsApp sender dapat diatur untuk meminta feedback atau masukan dari pelanggan. Feedback tersebut kemudian dapat digunakan untuk memahami kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kinerja serta strategi bisnis.

5. Meningkatkan Penjualan

Sebagian besar pelanggan mendapatkan rekomendasi dan solusi dari WhatsApp jawab otomatis, tanpa perlu melalui tim CS. Artinya terjadi peningkatan pada customer experience yang berpengaruh pada reputasi bisnis yang lebih baik.

Dengan demikian, bisnis juga memiliki kesempatan untuk menambah jumlah penjualan yanglebih besar.


Dapatkan WhatsApp Otomatis Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

WhatsApp Business API Mekari Qontak

Bagaimana, cara membuat pesan otomatis di WA cukup mudah bukan? ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur WhatsApp otomatis. Pertama melalui WhatsApp biasa dan kedua yakni melalui WhatApp API.

Keduanya mampu memberikan Anda berbagai manfaat untuk bisnis Anda, terutama dalam meningkatkan hubungan pelanggan. Namun perlu Anda ingat, bahwasanya fitur tersebut hanya dapat Anda peroleh dari WhatsApp Business API resmi saja.

Selain dapat membantu mengirimkan balasan pesan secara otomatis, API WhatsApp juga memiliki berbagai fitur canggih lainnya yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan bisnis Anda.

Salah satu official business partner of WhatsApp API di Indonesia yang terpercaya adalah Mekari Qontak. Tak hanya itu saja, Qontak juga menyediakan aplikasi CRM terbaik yang dapat Anda integrasikan dengan WhatsApp Business Anda.

Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales