Daftar isi
10 min read

Kenali Perbedaan WA Messenger, WA Bisnis, & WhatsApp Official

Tayang 06 Juni 2022
Diperbarui 14 Desember 2023
How to Upgrade Your WhatsApp Business Account
Kenali Perbedaan WA Messenger, WA Bisnis, & WhatsApp Official

Hampir semua pengguna internet pasti menginstall aplikasi WhatsApp. Maka dari itu, aplikasi ini sangat populer untuk semua kalangan. Bahkan untuk kegiatan bisnis, tersedia versi khusus yakni WhatsApp bisnis dan WhatsApp official Business.

WhatsApp bisnis adalah aplikasi pesan instan khusus pelaku bisnis kecil. Sementara untuk bisnis yang lebih besar sebaiknya menggunakan WhatsApp Official Business. Hal ini tak lepas dari kelebihan masing-masing aplikasi yang ditawarkan.

Pelajari selengkapnya mengenai perbedaan aplikasi WhatsApp messenger, WA Bisnis, dan WhatsApp Official Business pada artikel berikut.


Apa itu WhatsApp?

Whatsapp adalah aplikasi pesan instan yang didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum pada tahun 2009. Aplikasi ini dirancang dengan tujuan penggunanya bisa berinteraksi lebih baik dengan teman, keluarga, dan lainnya.

Awal pertama diluncurkan, aplikasi yang dikenal dengan WhatsApp Messenger ini pernah mengalami sejumlah error dan kegagalan. Hal ini juga sempat membuat sang pengembang Jan Koum frustasi.

Lebih dari 10 tahun berlalu, popularitas WhatsApp terus bertambah. Berdasarkan survei We Are Social dan Hootsuite, WhatsApp merupakan platform sosial peringkat tiga paling banyak digunakan dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif per bulannya.

Dengan popularitas tersebut, WhatsApp memberikan penggunanya kategori yang bisa dipilih sesuai kegunaan. Kategori WhatsApp tersebut terdiri dari Messenger, Business dan WhatsApp Official atau dikenal juga sebagai API WhatsApp.

WhatsApp biasa

1. Fitur WhatsApp Messenger

Seperti pada aplikasi umumnya, WhatsApp juga memiliki fitur yang mendukung aktivitas penggunaannya. Berikut fitur-fitur WhatsApp Messenger adalah

– Pesan Sederhana dan Andal

Anda bisa mengirimkan pesan ke teman dan keluarga secara gratis (hanya akan dikenakan biaya data provider). Sebab WhatsApp menggunakan koneksi Internet ponsel Anda untuk mengirim pesan sehingga Anda dapat menghindari biaya SMS

– Grup chat

WA Mesengger memungkinkan Anda berhubungan dengan keluarga atau rekan kerja secara kelompok. Dengan obrolan grup, Anda dapat berbagi pesan, foto, dan video dengan maksimal 256 orang sekaligus.

– WhatsApp Web atau desktop

Akses WhatsApp Anda melalui web dan desktop, untuk melancarkan obrolan Anda, sehingga Anda dapat mengobrol di perangkat apa pun yang paling nyaman bagi Anda.

– WhatsApp Voice dan Video Calls

Fitur ini bisa untuk melakukan panggilan suara atau video, meskipun mereka berada di negara lain. Panggilan suara dan video  menggunakan koneksi Internet, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang biaya panggilan yang mahal.

– Sistem keamanan end to end encryption

Sistem keamanan ini memastikan semua pesan dan panggilan Anda diamankan sehingga hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda yang dapat membaca atau mendengarkannya.

– Berbagi foto dan video

Fitur ini memungkinkan Anda membagikan momen yang paling berarti bagi Anda dengan kamera internal. Atau anda juga bisa berbagi foto dan video dengan cepat meskipun koneksi Anda lambat.

– Voice Messages

Hanya dengan satu ketukan, Anda dapat merekam Pesan Suara untuk memberikan sapaan singkat atau cerita yang lebih panjang ke keluarga atau rekan.

– Membagikan dokumen

Kirim PDF, dokumen, spreadsheet, tayangan slide, dan lainnya, tanpa perlu repot menggunakan email atau aplikasi berbagi file. Anda dapat mengirim dokumen hingga 100 MB, sehingga mudah untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan.

2. Keunggulan WhatsApp Messenger

Fitur-fitur yang ditawarkan WhatsApp Messenger membuatnya banyak kelebihan, diantaranya:

  • Aplikasi pesan instan populer di dunia yang hampir semua orang gunakan sehari-hari.
  • Otomatis tersinkronisasi dengan daftar kontak yang Anda simpan di handphone.
  • Memiliki tampilan interface yang simpel dan mudah digunakan.
  • Keamanan informasi dan data Anda terjamin keamanannya.

3. Cara Menggunakan WhatsApp Messenger

Berikut cara menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger adalah

  • Unduh aplikasi WhatsApp Messenger di Play Store atau App Store
  • Pelajari dan setujui “Ketentuan Layanan WhatsApp Business”.
  • Daftarkan nomor Anda dalam format internasional
  • Ketuk “Oke” untuk menerima kode pendaftaran melalui SMS atau panggilan telepon
  • Masukkan kode tersebut untuk menyelesaikan pendaftaran.
  • Atur profil bisnis dengan memasukkan nama hingga foto profil
  • Izinkan aplikasi WA untuk mengakses kontak dan foto pada perangkan telepon
  • Mulai obrolan dengan menulis teks, menyisipkan gambar, video hingga file
  • Buat grup obrolan dengan peserta hinggan 256 orang.

Apa itu WhatsApp Bisnis?

WhatsApp Business adalah aplikasi pesan instan yang dibuat untuk pemilik usaha kecil. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store atau App Store.

Kelebihan aplikasi WhatsApp Bisnis dapat membuat katalog untuk menampilkan produk dan layanan yang bisnis tawarkan. Dengan demikian, Anda lebih mudah terhubung dengan pelanggan.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung Anda untuk mengotomatisasi, menyortir, dan merespons pesan dengan cepat. Hal ini memudahkan Anda dalam memberikan dukungan pelanggan dan menyampaikan pemberitahuan penting kepada pelanggan.

Gambaran WA bisnis

1. Fitur WhatsApp Bisnis

Pada dasarnya fitur yang dimiliki aplikasi WhatsApp Bisnis tidak jauh beda dengan WA Messenger yakni untuk mengirimkan pesan text, gambar, video atau dokumen. Namun, terdapat fitur tambahan yang mendukung aktivitas usaha Anda seperti berikut:

– Profil Bisnis

Profil bisnis ini memuat nama, nomor, , alamat, email, website dan lainnya pada akun WhatsApp Anda. Informasi tersebut dapat diakses oleh pelanggan untuk lebih mengenal bisnis Anda.

– Autoresponder

Fitur ini akan secara otomatis mengirimkan pesan balasan ke pelanggan, bahkan di luar jam operasional Anda. Hal ini membuat pelanggan Anda tidak pernah merasa terabaikan.

– Statistik pesan

Semua pesan yang Anda kirimkan melalui aplikasi WhatsApp Bisnisdapat Anda lihat melalui statistik pesan. Hal ini memudahkan Anda untuk memantau jumlah pesan terkirim dan lainnya.

– Katalog

Fitur ini dapat membantu Anda untuk menampilkan dan memberikan informasi produk serta layanan Anda layaknya pamflet katalog umumnya. Dalam setiap gambar bisa anda sisipkan nama produk, deskripsi, harga, dan link terkait produk.

–  Label

Anda mungkin akan merasa kebingungan ketika menghadapi banyaknya chat dari pelanggan. Dengan fitur label, Anda dapat mengorganisir serta menemukan chat lebih mudah, dengan mengkategorikannya menjadi: “Pelanggan Baru” atau “Pesanan dalam proses”.

2. Keunggulan WhatsApp Bisnis

Fitur yang disebutkan sebelumnya jelas memberikan Anda banyak keuntungan setelah menggunakan aplikasi WhatsApp Bisnis terutama saat menjalankan usaha. Namun tidak hanya itu, sebab masih ada keunggulan lainnya dari WA bisnis seperti berikut:

  • Dapat diperoleh secara gratis melalui Play Store atau App Store
  • Memisahkan kepentingan bisnis dan urusan pribadi
  • Menggunakan dual WhatsApp dalam 1 HP dengan nomor berbeda.
  • Membangun kepercayaan pelanggan melalui Profil Bisnis
  • Otomatis dalam membalas pesan pelanggan
  • Mempromosikan produk atau layanan Anda secara personal dan langsung.

3. Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis

Agar bisa menikmati manfaat WA bisnis, tentu Anda perlu mengunduh aplikasi dari Play Store atau App Store. Berikut cara menggunakan aplikasi WhatsApp Bisnis:

  • Install aplikasi WhatsApp bisnis pada perangkat Anda.
  • Baca dan setujui “Ketentuan Layanan WhatsApp Business”.
  • Daftarkan bisnis dengan memasukan nomor telepon dalam format internasional.
  • Selesaikan pendaftaran dengan memasukkan kode 6 digit yang Anda terima
  • Izinkan akses kontak dan foto pada perangkat telepon Anda.
  • Buat akun bisnis dengan masukkan nama, katagori hingga foto profil.
  • Klik “Jelajahi”, kemudian profil bisnis untuk melengkapi informasi penting lainnya seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan website.
  • Mulai kirim pesan.

Pelajari juga: Cara Membuat WhatsApp Bisnis, Cukup 5 Menit!


Apa itu WhatsApp Official Business API?

WhatsApp Official Business API adalah aplikasi WhatsApp resmi yang diluncurkan untuk pelaku bisnis skala menengah ke atas. Pasalnya versi ini mampu membalas banyak pelanggan hanya hitungan detik.

Selain itu, WhatsApp Official Business memungkinkan Anda untuk mengirim pesan massal ke banyak kontak secara sekaligus. Hal ini sangat efektif digunakan untuk mengirimkan pesan promosi atau menyebarkan informasi penting lainnya.

Selain itu, WhatsApp Official Business atau lebih dikenal dengan istilah WhatsApp Business API. Aplikasi WhatsApp ini dapat terintegrasi dengan sistem alur kerja dalam bisnis lainnya seperti CRM . Integrasi ini memudahkan untuk mengelola interaksi dengan pelanggan.

WhatsApp Official Business Account

1. Fitur WhatsApp Official

Kemampuan yang disebutkan sebelumnya tak lepas dari dukungan fitur-fitur canggih WhatsApp Official seperti berikut:

– Chatbot

Chatbot berperan sebagai virtual ini yang mampu merespon setiap permintaan pelanggan yang masuk secara cepat dengan jumlah yang banyak sekaligus. Kemampuan ini diperoleh berkat dukungan kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence).

Lebih lanjut: Cara Membuat dan Fitur WhatsApp Chatbot

Integrasi WhatsApp

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan WhatsApp dengan aplikasi bisnis lainnya. Hal ini membantu bisnis dalam menjalin hubungan dengan pelanggan dengan mengelola seluruh informasi secara terpusat.

Otomatisasi

Fitur automation bertugas menyimpan dan mengunduh semua interaksi pelanggan dengan bisnis. Dimana riwayat Interaksi tersebut akan disatukan ke dalam sistem database yang dapat diakses oleh tim support untuk melayani pelanggan.

Multi User

Satu akun WA Business API dapat diakses oleh banyak admin sekaligus dari berbagai perangkat. Hal ini membantu bisnis merespon pelanggan lebih cepat dengan banyak admin.

– Centang Hijau

Centang hijau menandakan bahwa akun bisnis Anda telah terverifikasi memiliki usaha. Hal ini sangat penting meningkatkan kredibilitas dimata pelanggan dan customer trust terhadap bisnis Anda.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Verified Badge WhatsApp

– Blast

Fitur WA blast dapat mengirimkan pesan dalam jumlah yang tak terbatas secara bersamaan tanpa harus menyimpan nomor penerima pesan. Hal ini dapat mengefisiensikan waktu dan tenaga tim CS untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus. Selengkapnya: Cara mudah kirim pesan blast WA

– Laporan Analitik

WA API memiliki laporan analitik semua interaksi pelanggan pada dalam satu dashboard. Laporan tersebut menampilkan pencapaian kinerja tim, tren penjualan hingga data pelanggan untuk memberikan pelayanan lebih baik.

2. Keunggulan WhatsApp Official Business API

Keunggulan utama WhatsApp official Business API adalah meningkatkan interaksi pelanggan. Dengan hubungan baik yang terjalin, peluang untuk meningkatkan penjualan juga terbuka lebar.

Selain hal tersebut, keunggulan WhatsApp official Business API lainnya adalah sebagai berikut:

  • Menangani banyak pelanggan bersamaan dengan satu nomor
  • Melayani pelanggan secara terus menerus 24 jam non stop
  • Chatbot yang berperan sebagai asisten virtual membantu kerja CS
  • Dashboard laporan analisis yang menampilkan seluruh aktivitas layanan pelanggan melalui WA
  • Dapat dihubungkan dengan aplikasi bisnis lainnya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan
  • Meningkatkan kinerja customer service lebih cepat dan efisien
  • Membangun loyalitas dan kredibilitas di mata pelanggan
  • Menghemat biaya operasional karena harga WhatsApp API Indonesia relatif terjangkau
  • Keamanan yang terjamin karena dilengkapi dengan sistem enkripsi end-to-end yang menjaga kerahasiaan data pengguna WhatsApp

3. Cara Menggunakan WhatsApp Official Bisnis

Ada beberapa tahapan untuk menggunakan WhatsApp official Bisnis seperti berikut:

  • Daftarkan bisnis Anda ke BSP WhatsApp Mekari Qontak
  • Verifikasi ke Facebook Business Meneger
  • Login ke Chat Panel Mekari Qontak
  • Atur Jam kerja, balasan otomatis dan templater pesan
  • Atur Pengambilan dan Pengiriman Pesan

Perbedaan WA Messenger, WA Bisnis, dan WA Official Business Account

Setelah Anda mengetahui penjelasan masing-masing kategori WhatsApp, mungkin Anda bingung apa perbedaan ketiganya. Perbedaan WhatsApp Messenger, Business dan Official Business Account adalah sebagai berikut:

1. Data Produksi

Data produksi adalah laporan terkait laporan pesan yang Anda kirimkan atau aktivitas Anda lainnya. Pada WhatsApp Messenger tidak memiliki laporan data produksi. Hal ini berbeda dari 2 kategori WA lainnya yang memiliki laporan data produksi.

2. Skalabilitas

Skalabilitas adalah kemampuan WhatsApp mengukur aktivitas Anda selama menggunakan aplikasi. Kemampuan ini hanya dimiliki WhatsApp Official Business API. Hal inu memudahkan Anda dalam mengukur efektivitas kinerja tim customer service Anda.

3. Customer Service

Customer service disini berarti fungsi WA yang membantu Anda untuk melayani pelanggan. Dengan fitur-fitur WA Business dan WhatsApp Official, Anda dapat dengan mudah melayani pelanggan lebih efisien dan efektif.

Sementara untuk WhatsApp Messenger, anda akan kesulitan melayani pelanggan karena bercampur dengan pesan pribadi Anda.

4. Biaya

Penggunaan WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business sepenuhnya gratis. Berbeda dengan WhatsApp official API yang akan dikenai biaya sesuai dengan peraturan dari Facebook.

5. Fitur

Fitur yang ditawarkan WhatsApp Messenger hanya sebatas untuk keperluan berkomunikasi dua arah dengan pengguna lainnya. Sedangkan WhatsApp Business memiliki fitur yang mendukung aktivitas bisnis meskipun terbatas.

Sementara bisnis yang memiliki banyak pelanggan lebih cocok menggunakan WhatsApp official API. Sebab, WhatsApp memiliki fitur canggih yang tidak hanya mendukung aktivitas bisnis, tapi juga membantu meningkatkan loyalitas pelanggan.

Simak perbedaan WA Messenger, WA Bisnis, dan WA Official Business Account pada gambar berikut:

Perbedaan WhatsApp Bisnis, Personal, dan WhatsApp API


Pilih WhatsApp Terbaik untuk Anda Sekarang!

Setelah mengetahui perbedaan kategori WhatsApp, Anda bisa menimbang mana aplikasi pesan yang tepat dengan kebutuhan bisnis Anda. Dimana setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun untuk pemilik bisnis menengah ke atas disarankan untuk menggunakan WhatsApp Official API. Sebab selain memiliki fitur yang lebih canggih, penggunaan aplikasi ini membantu Anda untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Untuk menggunakan API WhatsApp Indonesia, Anda perlu mendaftar ke Business Solution Provider (BSP) seperti Mekari Qontak. BSP Mekari Qontak merupakan penyedia WhatsApp Business API terbaik di Indonesia.

Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan. Selain itu, Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales