Daftar isi
4 min read

Pentingnya Personalisasi Email Marketing dan Tips Menerapkannya!

Tayang 13 September 2022
Diperbarui 07 Desember 2023
WhatsApp CRM- Manfaat dan Cara Mendapatkannya
Pentingnya Personalisasi Email Marketing dan Tips Menerapkannya!

Email marketing adalah salah satu cara digital marketing yang cukup efektif menarik pelanggan. Keefektifan tersebut akan bertambah jika bisnis melakukan personalisasi email marketing. Mengapa demikian? Karena pelanggan merasa lebih dekat dan harga saat membaca email yang dipersonalisasi.

Namun, personalisasi email marketing tidak sebatas menyebutkan nama pelanggan Anda saja. Tapi isi email tersebut juga harus memahami serta mengingatkan informasi yang dibutuhkan pelanggan. Tujuannya agar pelanggan merasa email Anda penting atau bermanfaat untuk mereka.

Lalu bagaimana cara membuat personalisasi email marketing yang tepat? Yuk, temukan jawaban selengkapnya pada artikel dibawah ini!


Apa itu Personalisasi Email Marketing?

Personalisasi email marketing adalah salah satu cara kampanye pemasaran melalui email yang secara spesifik menggunakan data-data dari penerima. Tujuan kampanye ini mendorong ketertarikan dan keterlibatan penerima yang merasa pesan disampaikan penting.

Personalisasi email juga meninggalkan kesan bahwa Anda mengirimkan pesan tersebut secara massal. Dimana bisnis memberikan konten yang lebih relevan dan individualistik. Maka tidak heran, bahwa teknik ini cukup ampuh meningkatkan open rates dan juga revenue sebanyak 76%. Hal ini mendorong bisnis untuk meningkatkan engagement dan sales.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Personalized Marketing dan Strateginya


Apa Pentingnya Personalisasi Email Marketing?

Personalisasi email marketing sangat penting untuk bisnis memenangkan hati pelanggannya. Bagaimana tidak? Melalui pendekatan personal dari data-data pelanggan, bisnis dapat membuat konten email yang relevan dengan masing-masing pelanggan.

Disisi lain, email dengan subject yang telah dipersonalisasi atau menyebutkan nama penerima dibuka setidaknya 26% lebih banyak dibandingkan yang tidak. Click through rate juga meningkat hingga 14% dan conversion rate juga naik hingga 10% ketika personalisasi dilakukan pada content yang ada di dalam email.

Berdasarkan angka-angka tersebut terlihat bahwa email yang dipersonalisasi lebih efektif menarik penerimanya untuk membaca isi pesan. Selain itu, masih banyak keuntungan yang akan bisnis dapatkan dari metode email marketing ini, diantaranya seperti berikut:

  • Menarik perhatian pelanggan untuk membuka pesan Anda dari folder inboxnya.
  • Meningkatkan engagement dan penjualan bisnis
  • Memperkuat pengalaman pelanggan dari konten yang relevan dan pengiriman waktu yang tepat.
  • Membangun kepercayaan pelanggan yang menerima konten relevan dengan kebutuhan mereka

Tips Melakukan Personalisasi Email Marketing

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda sebelum membuat personalisasi email marketing. Tujuannya agar email yang Anda kirim berhasil menarik orang untuk membaca bahkan membeli produk yang ditawarkan.

Berikut tips melakukan personalisasi email marketing adalah

1. Mengumpulkan informasi pelanggan

Bagaimana Anda bisa membuat konten yang relevan dengan pelanggan tanpa tahu informasi terkait mereka? Maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan informasi pelanggan dengan lebih dalam.

Informasi tersebut bisa Anda dapatkan secara langsung dengan bertanya kepada pelanggan. Namun jangan bebankan banyak pertanyaan yang akan membuat mereka kewalahan.

Sebagai gantinya, pilihlah beberapa pertanyaan spesifik yang akan membantu anda melayani mereka lebih baik. Anda juga bisa menanyakan detail terkait nama dan alamat email mereka, feedback berupa kritik atau saran untuk bisnis Anda.

Baca juga: 11 Feedback Management System Terbaik Tahun 2023

2. Kelompokkan alamat email penerima

Meski menggunakan istilah personalisasi email marketing, Anda tetap bisa mengirimkan email ini secara masal. Namun sebelum itu, Anda perlu mengelompokkan penerima email sesuai dengan segmen tertentu, seperti demografi, jenis pelanggan, dan lokasi tempat tinggal mereka.

Segmentasi email ini akan akan memudahkan Anda menawarkan kampanye pada tiap kelompok pelanggan. Di mana nantinya, pelanggan akan menerima konten atau penawaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Bentuk buyer persona

Buyer persona dibutuhkan untuk mendongkrak kualitas konten yang Anda buat agar relevan dengan pelanggan. Dimana buyer persona dibentuk dari data-data pelanggan yang sudah Anda kumpulkan sebelumnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan atribut atau tindakan yang sering mereka lakukan untuk melengkapi buyer persona. Cara ini sangat efektif untuk membangun pengalaman pelanggan yang lebih baik.

4. Fokus pada customer behaviour

Setelah itu, Anda perlu fokus menganalisa perilaku pelanggan. Dari situ, Anda menentukan data customer yang aktif dan yang tidak.

Berdasarkan informasi tersebut, Anda bisa mengirimkan email secara khusus pada pelanggan yang memang tertarik dengan konten perusahaan. Cara ini relatif hemat biaya dan mendorong bisnis mulai berfokus pada strategi konversi lainnya.

5. Manfaatkan dynamic content

Dynamic content memungkinkan Anda untuk mempersonalisasi konten yang akan dikirimkan melalui email sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Artinya Anda akan menawarkan konten yang berbeda kepada setiap penerima email.

Rekomendasi: 13 Tips Email Marketing Efektif Menarik Pelanggan


Tingkatkan Penjualan dengan Mengirimkan Personalisasi Email Marketing Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Email marketing adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan penjualan. Terlebih email tersebut telah dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan penerimanya. Hal ini dapat mendorong penerima untuk membuka email tersebut dan melakukan transaksi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengirimkan personalisasi email marketing. Anda dapat memanfaatkan aplikasi email blast dari Mekari Qontak untuk mengirimkan email marketing secara massal/blast ke banyak kontak. Meski begitu, Anda tetap bisa mempersonalisasi email tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan bisnis lebih baik. Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 2700 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Kategori : BisnisMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales