Mekari Qontak
Marketing

Mengenal Video Marketing, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Panduan Lengkap Video Marketing

Dalam dunia marketing, ada banyak strategi pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk dan merek bisnis Anda, salah satunya adalah video marketing. Penggunaan pemasaran video dapat memungkin Anda untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Mengingat, saat ini saluran sosial yang menggunakan video sedang digemari oleh banyak orang di dunia. Sebut saja misalnya YouTube, Instagram Reels atau Story, TikTok, dan masih banyak lagi.

Kecenderungan orang lebih menyukai video dibanding teks atau lainnya juga salah satu faktor trend video marketing terus meningkat. Lantas, sebenernya apa manfaat video marketing bagi bisnis? apa saja jenisnya dan bagaimana cara membuatnya? Pelajari selengkapnya pada artikel di bawah ini!

5 strategi yang dapat Anda gunakan untuk membuat video marketing:

  1. Pilih target audiens Anda dan cari tahu di mana mereka berada
  2. Buat rencana video yang diinginkan
  3. Pilih platform terbaik untuk mendistribusikan video Anda
  4. Putuskan metrik mana yang ingin Anda lacak dan bagaimana Anda akan mengukurnya
  5. Buat dan unggah video 

Image CTA Video Marketing


Apa itu Video Marketing?

Video marketing adalah strategi pemasaran yang dalam penerapannya menggunakan video untuk memasarkan dan mempromosikan produk atau layanan suatu bisnis.

Selain itu, pemasaran video juga dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan di saluran digital dan sosial, sehingga dapat dimanfaatkan untuk memberikan product dan brand awareness kepada pelanggan.

Dengan demikian, video marketing tidak heran apabila banyak pelaku bisnis yang memutuskan untuk menggunakan video marketing sebagai strategi digital marketing yang efektif.


Mengapa Video Marketing Penting untuk Bisnis?

Ada banyak alasan mengapa video marketing menjadi penting untuk bisnis. Ini berkaitan dengan semakin mudahnya teknologi untuk membuat video berkualitas, sehingga teknologi ini menjadi lebih populer di kalangan pemasar. Tapi itu bukan satu-satunya alasan mengapa video menjadi bentuk komunikasi yang dominan saat ini.

Alasan lainnya adalah karena munculnya teknologi smartphone yang membuat menonton video menjadi lebih mudah dan nyaman. Di tambah dengan masa pandemi yang akhirnya mendorong konsumsi media online menjadi lebih tinggi, seperti di AS yang meningkat menjadi 215%.

Sementara pada tahun 2022, sebuah survei menunjukkan bahwa penonton umumnya akan menghabiskan rata-rata 19 jam seminggu untuk menonton video online.

Oleh sebab itu, melakukan video marketing kini menjadi salah satu strategi pemasaran yang unggul dan efektif untuk menjangkau lebih banyak target audiens yang potensial.

Baca Juga: 13 WhatsApp Marketing Tools Terbaik Tahun 2022


Jenis-Jenis Video Marketing

Mengikuti trend yang berkembang saat ini, mungkin Anda tertarik untuk membuat video marketing juga. Namun sebelum itu, Anda perlu memahami jenis-jenis video marketing seperti berikut:

1. Video Tutorial

Video tutorial menampilkan bagaimana cara pengoperasian atau cara kerja produk yang Anda tawarkan. Jenis video ini akan menjadi panduan pelanggan saat akan menggunakan produk Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menyisipkan value atau nilai produk Anda. Misalnya kemudahan dalam menggunakan produk atau fitur-fitur canggih yang dimililik.

2. Video Event

Video event menampilkan kegiatan yang diselenggarakan oleh bisnis Anda misalnya webinar, kegiatan sosial, diskusi produk dan lainnya. Jenis video ini bertujuan sebagai portopolio bisnis Anda. Sekaligus menjadi sumber informasi bagi pelanggan yang ketinggalan acara.

3. Video Edukasi

Video edukasi memberikan informasi atau pengetahuan kepada pelanggan. Tujuannya adalah untuk membangun wawasan mendasar apa saja yang perlu diketahui dari bisnis Anda. Selain itu juga menunjukan solusi yang ditawarkan bisnis Anda.

4. Video Branding

Video branding digunakan untuk membantu pelanggan menilai serta memahami alasan mereka untuk membeli produk Anda. Jenis video ini biasanya menyisipkan pesan bahwa produk Anda memberikan solusi atas kebutuhan calon pelanggan.

5. Video Testimonial

Video ini membangun kepercayaan calon pelanggan. Caranya adalah dengan menampilkan opini atau pengalaman pelanggan sudah menggunakan produk. Cobalah untuk mengajak mereka menyampaikan pengalaman bahagia menggunakan produk Anda dengan segala kelebihannya.

6. Live Video

Sebagian besar platform sosial sekarang memberi pengguna kemampuan untuk membuat video streaming langsung, yang sangat bagus untuk membuat Anda terlibat dengan audiens secara real-time.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan Live video untuk pengumuman perusahaan, wawancara dan Tanya Jawab, serta webinar.

7. Interview / Video Q&A

Wawancara atau tanya jawab adalah jenis video marketing yang menjawab pertanyaan paling mendesak dari pemirsa. Anda dapat duduk dengan pemimpin pemikiran, pelanggan, atau anggota tim untuk mengobrol di layar atau membuat video solo di mana seorang anggota tim menjawab pertanyaan yang telah diajukan orang sebelumnya.

Selain itu, Anda juga dapat merekam wawancara Anda terlebih dahulu atau melakukannya secara langsung dan mempublikasikan rekaman tersebut di saluran media sosial atau video Anda.


Apa Manfaat Menggunakan Video Marketing bagi Bisnis?

Manfaat utama video marketing adalah menjangkau prospek yang lebih luas. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan penjualan dan pendapatan juga akan lebih besar.

Namun tidak hanya itu saja, video marketing masih memiliki banyak manfaat lainnya yang dapat menguntungkan bisnis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

– Membangun Kepercayaan dan Mudah Menarik Emosi

Video marketing dapat memberikan gambaran secara detail mengenai layanan atau produk yang perusahaan Anda miliki kepada target market dengan durasi sebentar. Artinya, Anda dapat membangun kepercayaan di dalam diri target market.

– Video Marketing Menjangkau Jutaan Pemirsa Dalam Waktu Singkat

Video merupakan salah satu media yang paling mudah viral. Lihat bagaimana banyaknya video amatir dapat dengan mudah viral di media sosial? Hal itu juga dapat berlaku bagi video marketing yang dikelola profesional.

Dengan mudahnya video marketing menjadi viral, maka akan berdampak pada keefektifan pemasaran dari segi waktu. Terutama dari segi biaya yang minim. Perusahaan tak perlu lagi terlalu menghamburkan uang untuk beriklan di televisi dengan biaya selangit dalam sekali tayang.

– Lebih Mudah Mempengaruhi Audience untuk Bertindak

Video merupakan bentuk konten yang paling mudah memengaruhi audience untuk bertindak. Hal itu karena otak manusia didesain mudah emosional saat melihat penggambaran secara visual dibandingkan teks.

Lihat bagaimana Anda bisa lebih mudah tersentuh dan meneteskan air mata saat melihat gambaran korban bencana alam di sebuah wilayah dibandingkan membaca beritanya di koran atau media online?

Hal ini juga bisa Anda terapkan dalam video marketing perusahaan Anda untuk mempengaruhi audience agar cepat bertindak.

– Lebih Akrab Dengan Mesin Pencari (SEO)

Video adalah alat yang paling mudah meningkatkan search engine optimization (SEO) bagi sebuah website. Sebab, video begitu mudah viral dan ditonton hingga jutaan orang.

Bahkan penelitian Forrester menemukan bahwa kehadiran video pada halaman website membuatnya lebih cenderung muncul pada halaman pertama SERPs.

– Dapat Mendukung Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu strategi marketing yang masih paling efektif untuk saat ini. Sebab, email marketing langsung tertuju pada pelanggan sehingga dapat mendatangkan laba lebih pasti daripada alat pemasaran yang lain.

Bisa Anda bayangkan bagaimana sebuah email dapat Anda isi dengan link berupa video marketing yang menarik, maka pelanggan Anda tak akan bosan untuk mendapatkan berbagai email dari Anda. Dan dalam waktu bersamaan Anda dapat lebih cepat mempengaruhi pelanggan untuk cepat bertindak.

Baca juga: 4 Strategi Video Marketing untuk Mengembangkan Bisnis


Bagaimana Cara Membuat Video Marketing yang Efektif?

Setelah Anda memahami penjelasan diatas, mungkin Anda tertarik untuk membuat video marketing. Berikut cara membuat video marketing yang bisa Anda coba:

1. Pilih target audiens Anda dan cari tahu di mana mereka berada

Sebelum Anda mulai membuat video marketing, penting untuk menentukan siapa target audiens Anda dan di mana mereka berada. Ini karena popularitas video dan konten Anda akan tergantung pada seberapa banyak orang yang menontonnya.

Jika Anda belum memiliki buyer persona yang kuat, mulailah membuatnya sekarang. Namun, jika Anda sudah memiliki satu set buyer persona, maka pastikan untuk memperbarui persona tersebut untuk menyertakan penelitian video terbaru.

2. Buat rencana video yang diinginkan

Langkah ppenting berikutnya adalah merencanakan video yang Anda inginkan. Buatlah sebuah master plan video yang ingin dibuat. Ini mencakup jenis video apa yang akan dipilih, isi konten, nilai-nilai apa yang ingin ditonjolkan, media yang akan digunakan, dan banyak lagi.

Selain itu, Anda juga perlu membuat timeline dan budget yang jelas untuk setiap langkah proses, termasuk rencana break sesekali. Sehingga ada jeda istirahat yang dapat digunakan untuk mengantisipasi tantangan dan perubahan yang tidak terduga.

3. Pilih platform terbaik untuk mendistribusikan video Anda

Sebelum Anda mulai membuat video, pikirkan di mana Anda akan mempublikasikannya. Dalam hal ini, SEO YouTube akan menjadi sama pentingnya dengan SEO situs web seperti umumnya.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi video Anda nantinya. Misalnya seperti average view time, batasan ukuran dan suara, copywriting yang akan digunakan, dan masih banyak lagi.

4. Putuskan metrik mana yang ingin Anda lacak dan bagaimana Anda akan mengukurnya

Sebelum terjun ke produksi, Anda perlu menentukan tujuan video dan menemukan metrik terbaik untuk membantu Anda memahami apakah video Anda nantinya mencapai tujuan tersebut atau tidak.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan metrik yang tersedia di platform pilihan Anda, misalnya seperti Omnichannel CRM Mekari Qontak. Selain itu, Anda juga perlu memikirkan beberapa indikator kinerja utama yang sesuai dengan sasaran video Anda.

5. Buat dan unggah video

Tahapan terakhir adalah proses membuat dan menggungah video yang telah Anda buat ke platform pilihan seperti YouTube. Untuk memaksimalkan pencarian video Anda, pastikan Anda melakukan Search Engine Optimization (SEO) pada video marketing Anda.

Berikut contoh video marketing yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam membuat video:


Menangkan Hati Pelanggan dengan Video Marketing yang Sukses Sekarang!

Aplikasi Omnichannel Qontak

Video marketing adalah bagian dari strategi marketing yang patut dijalankan oleh banyak perusahaan. Ini seiring dengan meningkatnya tren penonton video di berbagai saluran sosial. Namun, pastikan Anda membuat video yang sesuai dengan target audiens Anda agar dapat meningkatkan peluang penjualan dan pendapatan bisnis yang lebih besar.

Selain membuat video marketing, Anda juga dapat meningkatkan pemasaran bisnis Anda dengan menggunakan aplikasi Omnichannel yang terintegrasi dengan CRM. Sehingga, Anda dapat memastikan bahwa setiap pemasaran yang Anda lakukan di semua saluran dapat memiliki program dan keselarasan yang baik.

Mekari Qontak menyediakan Omnichannel CRM terbaik yang dapat Anda gunakan tidak hanya untuk kebutuhan pemasaran, tetapi juga penjualan dan layanan pelanggan dalam satu platform terpadu. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan bisnis Anda secara mudah dan cepat.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Omnichannel CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales