Mekari Qontak
Other Business Sales

6 Cara Meningkatkan Sales dengan Webinar

Webinar

Apakah Webinar Bisa Meningkatkan Sales?

Popularitas webinar terus meningkat akhir-akhir ini terutama untuk kegiatan bisnis. Webinar sales merupakan pilihan yang paling nyaman ketika pembicara dapat dengan mudah membagikan kisah sukses atau kegagalan mereka, menceritakan kisah perusahaan, serta mempromosikan produk. Hal akan mendorong Anda meningkatkan penjualan secara signifikan. Tapi bagaimana caranya? Yuk simak webinar sales strategy dibawah ini.

6 tips meningkatkan penjualan (Sales) dengan webinar sebagai berikut:

  1. Tawarkan value kepada peserta webinar
  2. Informasikan harga promosi produk di awal webinar
  3. Gunakan Storytelling
  4. Call to action (CTA)
  5. Sponsorships
  6. Follow Up

Apa yang Dimaksud Webinar Sales?

Webinar sales adalah salah satu aktivitas marketing yang berbentuk video conference yang dapat diikuti oleh banyak peserta dari berbagai lokasi untuk berdiskusi atau memperkenalkan produk. Tidak hanya terkoneksi secara virtual dan mampu menjangkau orang-orang yang tidak terjangkau dengan pertemuan fisik, webinar juga merupakan alat pemasaran yang sangat efektif.

Webinar sales tidak terbatasi lokasi sehingga lebih menghemat biaya. Dengan melakukan webinar, Anda bisa berinteraksi langsung dengan banyak prospek sekaligus, menghubungkan prospek-prospek Anda satu dengan yang lainnya sebagai manfaat networking, serta memposisikan brand Anda di tengah masyarakat sambil menjangkau mereka yang berpengaruh dalam niche yang ingin Anda masuki.


Apa saja Manfaat Webinar Sales untuk Bisnis?

Manfaat-manfaat melakukan webinar bagi kegiatan online marketing dan sales bisnis Anda meliputi:

– Webinar sales membantu brand awareness

webinar sales

Webinar dapat menjadi sarana bagi Anda untuk membangun brand awareness. Ketika Anda mampu memberikan informasi keunggulan produk dan bisnis, maka otomatis akan menambah kredibilitas diri brand Anda di mata calon customer. Hal ini dapat berujung pada deal yang terjadi di masa depan. Sebab mereka yang bergabung dalam webinar, jelas ingin mendapatkan sesuatu dari Anda yang sekiranya akan bermanfaat bagi mereka, tanpa perlu ditawarkan produk secara mentah-mentah.

– Membantu Anda mengumpulkan feedback

Feedback Webinar sales

Feedback merupakan komentar yang sangat krusial bagi brand serta bisnis Anda, terutama jika Anda mendapatkannya langsung dari komunikasi dua arah yang dilakukan via webinar. Anda dapat berinteraksi langsung dan secara instan dengan para prospek, serta mengumpulkan masukan dari mereka dan menganalisa solusi yang tepat bagi mereka untuk kemudian disesuaikan dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

– Kesempatan mengumpulkan lead sebanyak mungkin

Leads-Webinar Sales

Lead atau prospek yang potensial dapat dijangkau menggunakan sesi webinar karena adanya kontak langsung serta database lengkap bagi Anda untuk follow up di luar sesi webinar. Buatlah pertanyaan-pertanyaan yang mengharuskan mereka meninggalkan data mereka dalam form pendaftaran webinar, seperti nama depan, nama belakang, telepon yang bisa dihubungi, alamat email, perusahaan dan jabatan pekerjaan. Pastikan form pendaftaran tidak terlalu panjang agar mereka tidak merasa terhalangi dan memilih untuk membatalkan keikutsertaan.

– Webinar sales menjadi media untuk mengumumkan produk baru

mengumumkan adanya produk baru

Ketika Anda bersiap meluncurkan produk baru ke tengah publik, Anda dapat memanfaatkan platform webinar untuk mengadakan pengumuman, demo produk bahkan menawarkan harga diskon bagi mereka yang bergabung dalam webinar. Meski tidak lumrah melakukan launching secara fisik atau launching via media, memperkenalkan produk lewat webinar dapat meraih hingga ribuan orang tanpa Anda perlu mengeluarkan biaya ekstra seperti biaya sewa tempat, mengundang wartawan lewat jasa Public Relations dan peralatan fisik lainnya.


Bagaimana Tips Meningkatkan Sales dengan Webinar?

Yuk intip, 6 strategy yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan sales bisnis dengan webinar, diantaranya:

1. Tawarkan value kepada peserta webinar

Informasikan keunggulan produk Anda semenarik mungkin saat webinar berlangsung. Promosikan dan demokan produk Anda dengan benar dan masuk akal. Selain itu, tawarkan reward khusus bagi peserta webinar seperti diskon atau voucher gratis. Hal ini dapat mendorong mereka untuk membeli produk Anda.

2. Informasikan harga promosi produk di awal webinar

Informasikan harga lebih awal untuk membantu merinci alasan peserta webinar Anda mengatakan tidak. Banyak audiens Anda secara otomatis akan memiliki masalah dengan harga dan menemukan alasan mengapa mereka tidak harus membayarnya. Itulah mengapa sangat penting untuk memberikan titik harga yang sebenarnya, sebelum pada akhirnya, Anda dapat menawarkan harga khusus.

Berikut adalah beberapa webinar sales strategy untuk membantu Anda mengatasi keberatan yang mungkin dimiliki audiens Anda:

  • Berikan titik harga yang lebih tinggi dan jelaskan nilai tambah untuk harga tersebut
  • Turunkan harga yang lebih tinggi ke titik harga sebenarnya
  • Ungkap harga spesial untuk mereka beli hari ini
  • Jelaskan mengapa mereka mendapatkan harga spesial

3. Gunakan Storytelling

Storytelling adalah cara yang bagus untuk membuat audiens Anda tetap terlibat dalam sales webinar. Bercerita juga memberi Anda banyak peluang untuk menampilkan contoh manfaat dunia nyata yang ditawarkan produk Anda, dan berbagai cara audiens Anda dapat menggunakan produk secara efektif. Hal ini sangat efektif karena setiap audiens yang mendengarkannya lebih memahami produk yang Anda tawarkan.

4. Call to action (CTA)

Tahapan terakhir dalam webinar sales adalah saatnya mempresentasikan penawaran Anda dan membagikan detail tentang harga, bonus, dan jaminan. Caranya bisa dengan memberikan penawaran khusus dengan batasan waktu tertentu. Memiliki CTA yang kuat di akhir webinar sangat penting untuk meningkatkan penjualan, tetapi ini harus menjadi bagian terpendek dari webinar, jadi jangan menghabiskan lebih dari lima menit untuk ini.

5. Sponsorships

Sales webinar yang Anda agendakan dapat menjadi salah satu cara sponsor untuk memasarkan diri, dan juga meningkatkan pendapatan Anda. Dengan mendapatkan sponsor dari perusahaan terkenal, ini juga dapat membantu meningkatkan kredibilitas webinar Anda. Terlepas dari jenis sponsor yang Anda pilih, pastikan Anda menjual keuntungan bekerja dengan Anda dari sudut pandang sponsor.

6. Follow Up

Tugas Anda tidak berhenti begitu saja, setelah webinar sales berakhir. Setelah webinar sales berakhir, Anda dapat follow up audiens untuk ikut serta dalam penawaran khusus. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setidaknya 80% penjualan memerlukan hingga lima tindak lanjut setelah pertemuan/webinar.

Aktivitas follow up akan lebih mudah dengan bantuan aplikasi CRM dari Qontak.com. Dimana aplikasi CRM menyimpan semua informasi audiens webinar dalam satu sistem berbasis cloud. Selain itu, aplikasi CRM juga terintegrasi dengan aplikasi lain seperti WhatsApp, telepon, Email, Line, Facebook Messenger, Instagram dan lainnya. Hal ini memudahkan Anda untuk membangun hubungan yang kuat dengan leads potensial.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Rekomendasi: 5 Software CRM Terbaik di Indonesia


Tingkatkan Sales Bisnis Anda Sekarang!

Tingkatkan Bisnis Anda Sekarang

Tahapan penting setelah webinar sales adalah follow up. Sebab tidak semua audiens langsung memutuskan untuk membeli saat mengikuti webinar. Oleh karena itu, follow up menjadi satu-satunya cara untuk menarik kembali minat mereka bertransaksi dengan Anda. Aktivitas follow up akan lebih mudah menggunakan aplikasi CRM.

Qontak.com menawarkan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi Qontak.com dapat digunakan untuk merekam dan mengelola database penjualan dan customer service Anda. Aplikasi CRM ini juga berfungsi sebagai sales management system yang dapat digunakan untuk melacak penjualan, sales kanvas, melacak KPI, dan lainnya. Qontak juga dapat diintegrasikan dengan mudah ke berbagai saluran seperti WhatsApp, Chat & Media Sosial, Telepon, Live GPS, Live Photo, dan lainnya.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Atau dengan mengisi form di bawah:
[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales