Daftar isi
7 min read

Sora AI, Teknologi Terbaru Open AI yang bisa Buat Video dari Teks

Tayang 04 Maret 2024
Diperbarui 15 Juli 2024
Open AI merilis produk baru Sora
Sora AI, Teknologi Terbaru Open AI yang bisa Buat Video dari Teks

Beberapa waktu lalu, perusahaan Open AI merilis program artificial intelligence baru bernama Sora. Teknologi terbaru ini mampu menghasilkan gambar dari perintah sederhana.

Saat ini, Sora AI belum tersedia untuk masyarakat umum, tapi CEO OpenAI, Sam Altman meminta publik turut “mencoba” melalui X atau Twitter.

Setelah itu, Sam mengunggah video pendek dua anjing jenis golden retriever yang sedang melakukan podcast di gunung buatan Sora AI sesuai dengan perintah yang diminta pengikutnya di X.

Kemampuan teknologi terbaru AI tersebut membuat sejumlah orang penasaran untuk mencoba menggunakannya. Namun tidak sedikit pula yang mencibir dan khawatir dengan keberadaan Sora AI.

Yuk, kenalan dengan teknologi Sora AI secara singkat pada artikel berikut.

Pengenalan Sora Open AI

Sora adalah produk terbaru dari OpenAI yang menggunakan model AI generatif teks-to-video yang mengubah teks menjadi video. Open AI mengklaim bahwa Sora mampu menghasilkan berdurasi satu menit.

Sora AI juga mampu menghasilkan video yang menampilkan adegan-adegan sangat detail, dari hasil gerakan kamera kompleks, dan beberapa karakter dengan emosi yang hidup.

Namun terlepas dari klaim tersebut, Sora Open AI memiliki sejumlah kelemahan. Misalnya dalam video yang dihasilkan, terlihat belum ada kesinambungan visual antara bagian kanan dan kiri.

Selain itu, sejumlah pihak mengkhawatirkan perihal keamanan dari teknologi terbaru open AI tersebut. Dalam hal ini, OpenAI menetapkan beberapa batasan keamanan dalam penggunaan Sora.

Salah satunya, pengguna tidak akan dapat menghasilkan video yang menunjukkan kekerasan ekstrem, konten seksual, gambaran yang penuh kebencian, atau kemiripan selebriti.

Di sisi lain, Open AI juga berencana untuk melawan disinformasi dengan menyertakan metadata dalam video Sora yang menunjukkan bahwa mereka dihasilkan oleh AI.

“Sebelum Sora tersedia untuk publik, Kami akan melakukan beberapa langkah keamanan yang penting. Saat ini, Kami sedang bekerja sama dengan red teamers, yaitu para ahli dalam bidang misinformasi, konten kebencian, dan bias, yang sedang melakukan pengujian adversarial.” Twitter Openai

Kemampuan yang Sora OpenAI Miliki

Sora AI memiliki model difusi yang mampu menghasilkan video berdurasi panjang seperti disinggung sebelumnya. Video tersebut dimulai dari gambar yang terlihat seperti noise statis, kemudian secara bertahap akan menghilangkan noise agar terlihat lebih mulus.

Sora Open AI memiliki  teknologi yang sama dengan Chat GPT. Teknologi tersebut membuat Sora mampu menerjemahkan video dan gambar sebagai kumpulan unit data yang lebih kecil yang disebut patch, masing-masing seperti token dalam chat GPT.

Selain Chat GPT, Sora AI juga menggunakan teknik recaptioning dari DALL·E 3, yang menghasilkan keterangan sangat deskriptif untuk data pelatihan visual. Hal ini membuat sistem pada Sora mampu mengikuti instruksi teks pengguna menjadi video.

Kemampuan lain dari Sora adalah menghasilkan video dari gambar statis, menganimasikan gambar dengan akurasi dan perhatian dengan detail kecil. Sistem Sora juga dapat mengambil video yang ada dan memperpanjangnya atau mengisi bingkai yang hilang.

Jika melihat Open AI sebelumnya (Dall-E dan Chat GPT), sepertinya Sora akan tersedia sebagai aplikasi web pada awal peluncurannya. Kemudian Open AI akan terus mengembangkan fitur-fitur baru di Sora AI seiring berjalannya waktu seperti pada Chat GPT.

Baca juga: Mengenal Apa itu Chat GPT 

Cara Menggunakan Sora OpenAI

Kemampuan yang Sora Open AI miliki terlihat menakjubkan, mungkin Anda juga pemasaran untuk menggunakannya. Sayangnya saat ini, hanya orang yang memiliki “undangan” dari Open AI bisa mencobanya.

Meski belum dirilis, nantinya pengguna bisa mencoba Sora Open AI dengan cara berikut:

  • Buka website resmi Open AI dengan masuk ke website https://openai.com/sora
  • Buka percakapan dengan Sora
  • Masukkan prompt atau perintah dengan menulis teks mengenai deskripsi video yang ingin Anda buat
  • Misalnya masukkan “Perempuan berjalan di pedesaan saat salju turun”
  • Kemudian Sora akan membuat video sesuai instruksi yang dimasukkan

Contoh Video yang Sora OpenAI Hasilkan

Meski belum resmi rilis, Anda tetap bisa melihat hasil video buatan Sora pada website OpenAI. Pada situs tersebut, juga mencantumkan prompt yang digunakan untuk menghasilkan video.

Berikut beberapa contoh video yang berhasil Sora AI buat:

1. Pria Membaca Buku

Prompt: Seorang pemuda berusia 20-an tahun sedang duduk di atas sehelai awan di langit, sedang membaca sebuah buku.

2. Animasi Moster Kecil

Prompt: Gambar animasi menampilkan adegan dekat dari sebuah monster berbulu pendek berlutut di samping lilin merah yang meleleh. Gaya seninya adalah 3D dan realistis, dengan fokus pada pencahayaan dan tekstur. Suasana video penuh keheranan dan keingintahuan, saat monster menatap api dengan mata lebar dan mulut terbuka. Pose dan ekspresinya menyampaikan rasa kepolosan dan keceriaan, seolah-olah ia sedang menjelajahi dunia di sekitarnya untuk pertama kalinya. Penggunaan warna hangat dan pencahayaan dramatis lebih memperkuat suasana nyaman dari gambar tersebut.

3. Video yang Diambil dari Kamera Ponsel

Prompt: Video rumahan yang indah yang menampilkan orang-orang Lagos, Nigeria pada tahun 2056. Diambil dengan kamera ponsel.

4. Close Up Pria Tua

Prompt: Sebuah gambar close-up seorang pria berusia 60-an dengan rambut abu-abu dan janggut, ia tenggelam dalam pemikiran memikirkan sejarah alam semesta saat duduk di sebuah kafe di Paris, matanya terfokus pada orang-orang di luar layar saat mereka berjalan sementara dia duduk hampir tidak bergerak, dia mengenakan jas mantel wol dengan kemeja berkerah, memakai topi beret cokelat dan kacamata, serta memiliki penampilan yang sangat ilmiah, dan di akhir dia menampilkan senyuman tertutup yang halus seolah-olah dia menemukan jawaban atas misteri kehidupan, pencahayaannya sangat sinematik dengan cahaya emas dan jalan-jalan Paris serta kota di latar belakang, kedalaman bidang, film sinematik 35mm.

5. Golden Retriever Podcast

Prompt: Dua anjing golden retriever sedang melakukan siaran podcast di puncak gunung.

Baca juga: Rekomendasi Tools AI Cerdas untuk Video Editor

Tips Menggunakan Sora OpenAI yang Tepat

Contoh video-video yang ditampilkan sebelumnya menunjukkan kemampuan Sora yang luar biasa. Dengan kemampuan tersebut, membuat orang tanpa keahlian editing juga bisa menghasilkan video fantastik.

Jika dimanfaatkan dengan tepat, Sora Open AI bisa mendukung aktivitas sejumlah orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan editing seperti berikut:

  • Konten di Media sosial

Sebagian konten yang diunggah di media sosial seperti TikTok, IG Reels dan Youtube Shorts berupa video. Inilah momen tepat untuk Anda menggunakan Sora AI untuk membuat konten video yang kompleks dan futuristik.

Konten video tersebut tentu lebih menarik dilihat di sosial media. Hal ini juga bisa meningkatkan engagement di media sosial Anda.

  • Media Iklan dan Pemasaran

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan Sora untuk membuat video untuk kebutuhan promosi atau demo produk. Cara ini tentu lebih hemat dibandingkan menggunakan tenaga ahli atau content creator.

  • Prototyping

Selain untuk kepentingan pemasaran, bisnis juga bisa menggunakan video yang Sora AI hasilkan untuk menunjukkan ide lebih mudah dipahami. Misalnya membuat video produk sebelum memproduksinya, atau mockup adegan sebelum memfilmkannya.

  • Sarana Pendidikan

Jika Anda bergerak dalam bidang pendidikan, Sora AI bisa dimanfaatkan untuk membuat video pembelajaran yang mudah dimengerti. Video tentu lebih menarik bagi siswa dibandingkan penjelasan melalui tulisan.

Baca juga: Contoh Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari

Kesimpulan

Demikian deskripsi singkat mengenai Sora, teknologi terbaru dari OpenAI yang bisa ubah teks menjadi video berkualitas tinggi. Sayangnya, teknologi ini sedang di uji coba oleh red teamers, sehingga tidak bisa digunakan oleh publik.

Meski begitu, Anda bisa menggunakan produk OpenAI lainnya yaitu Chat GPT untuk membantu kegitan sehari-hari. Bahkan teknologi Chat GPT bisa diintegrasikan dengan platform lainnya seperti Chatbot untuk mempermudah penggunanya.

Mekari Qontak menawarkan Chatbot AI yang terintegrasi dengan tekolgi OpenAI (Chat GPT). Integrasi ini memungkinkan bisnis untuk melayani pelanggan lebih personal. Chatbot Mekari Qontak otomatis dapat merespon pelanggan menggunakan gaya komunikasi bisnis layaknya berbicara dengan agen.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim ahli dari Mekari Qontak Gratis di sini.

Referensi

Kategori : Chatbot
WhatsApp WhatsApp Sales