Daftar isi
6 min read

13 Contoh Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari

Tayang 14 Juni 2023
Diperbarui 14 Desember 2023
Aplikasi WhatsApp Clone Terbaru
13 Contoh Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital saat ini, aktivitas manusia tidak bisa lepas dari teknologi. Salah satunya artificial intelligence atau teknologi kecerdasan buatan. Contoh penerapan artificial intelligence juga banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Artificial intelligence (AI) adalah teknologi kecerdasan buatan yang mampu meniru bentuk, sifat hingga cara kerja manusia. Bahkan menurut survei Forbes Advisor bahwa sebanyak 64% perusahaan meyakini bahwa penggunaan artificial intelligence akan berkontribusi dalam meningkatkan produktivitas secara menyeluruh.

Namun, sayangnya masih banyak orang tidak menyadari implementasi artificial intelligence pada kehidupan sehari -hari. Pelajari selengkapnya contoh penerapan artificial intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari di bawah ini.

1. Asisten virtual

Contoh Penggunaan Artificial Intelligence sebagai virtual asisten

Sumber: Freepik

Istilah asisten virtual mungkin masih terdengar asing ditelinga sebagian orang. Namun, sebagian orang lebih mengenal dengan istilah Siri, Google Now atau Cortana. Ya, ketiganya adalah asisten virtual pada perangkat iOS, Android, dan Windows Mobile.

Seperti sebutannya, asisten virtual tersebut bertugas membantu Anda mencari informasi melalui suara Anda. Layaknya seorang atasan meminta asistennya lewat percakapan langsung.

Misalnya Anda bisa mengajukan pertanyaan “Apa saja jadwal saya hari ini?”. Kemudian asisten menyampaikan jawabannya melalui pesan suara secara real time.

Kemampuan tersebut berkat dukungan teknologi AI. Di mana teknologi tersebut mendeteksi suara Anda, kemudian akan mengumpulkan informasi terkait dan mengungkapkannya lewat pesan suara persis seperti seorang asisten pribadi.

Baca juga: Pengertian Artificial Intelligence dan Penerapannya

2. Chat GPT

tools ai marketing chat GPT

Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) adalah sistem kecerdasan buatan yang telah dilatih untuk berinteraksi dalam percakapan berbasis teks. Pengguna cukup memasukkan pertanyaan, dan kemudian sistem AI pada Chat GPT akan memberikan jawaban yang sesuai dan relevan berdasarkan input tersebut.

Teknologi Chat GPT memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk berinteraksi dengan pengguna melalui percakapan teks. Penerapan teknologi AI ini semakin populer dalam mempermudah berbagai pekerjaan terkait bisnis, termasuk copywriting dan layanan pelanggan.

3. Search Engine

Contoh penerapan AI dengan Melakukan pencarian di website

Sumber: Freepik

Contoh artificial intelligence ini mungkin paling sering Anda lakukan. Bagaimana tidak, setiap Anda kebingungan akan suatu hal, pasti Anda akan mencarinya di search engine yang akan meneruskannya ke website terkait.

Kemampuan search engine menyajikan website yang relevan tidak akan bisa tanpa bantuan AI. Teknologi AI pada mesin pencari Google memiliki kemampuan predictive search.

Misalnya, ketika Anda memasukkan sebuah keyword sistem tersebut akan secara otomatis merekomendasi informasi relevan yang memudahkan Anda melakukan pencarian.

Baca juga: 7 Peran Artificial Intelligence untuk Customer Experience

4. Media Sosial

Contoh penerapan Artificial Intelligence dalam media sosial

 

Popularitas media sosial terus meningkat setiap tahunnya. Tapi tahukah Anda bahwa media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter juga memanfaatkan teknologi AI?

Artificial intelligence pada media sosial berperan dalam mempersonalisasi feed penggunanya, seperti memberikan friend suggestion, mengidentifikasi dan melakukan filtering terhadap berita bohong, dan mencegah cyberbullying.

5. Aplikasi Musik dan Film Berlangganan

contoh artificial intelligence dalam layanan streaming

Apakah Anda termasuk pengguna layanan berlangganan seperti Spotify, Pandora, atau Netflix? Jika iya, berarti Anda telah menggunakan produk AI.

Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fitur khusus yang memberikan rekomendasi judul musik atau film sesuai minat atau tontonan Anda sebelumnya. Teknologi AI membuat rekomendasi tersebut berdasarkan algoritma khusus.

Contoh artificial intelligence ini akan mendeteksi sebuah lagu dengan vokal dinamis, petikan gitar akustik pada kunci nada rendah. Setelah memutar lagu dengan karakteristik tersebut, Anda akan mendapatkan rekomendasi lagu lain dengan karakteristik serupa.

6. Autocorrect

Contoh AI dalam Autocorrect

Sumber: Freepik

Contoh AI ini terdapat pada aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Line atau platform lainnya. Pada platform tersebut mungkin Anda mengaktifkan tombol autocorrect yang akan memperbaiki grammarly Anda saat menulis pesan.

Fitur autocorrect ini memanfaatkan teknologi AI dan natural language processing.

Gmail juga menggunakan fitur tersebut pada body email untuk membenarkan kata-kata yang Anda tuliskan. Misalnya “Thank you for your response“, hanya dengan mengklik tombol satu kali.

Hebatnya, Google juga menggunakan AI untuk menyortir pesan penting dan ‘sampah’. Jika dianggap pesan mengganggu maka akan dimasukkan ke folder khusus yang ditandai sebagai spam.

7. Aplikasi Transportasi Online

Aplikasi transportasi online

Sumber: Freepik

Aplikasi transportasi online seperti Gojek, Grab atau Maxim tidak asing lagi bagi Anda. Ternyata aplikasi ini memanfaatkan teknologi AI untuk memudahkan penggunaannya.

Teknologi AI berperan untuk mengelola interaksi user. Misanya saat memasang layanan ojek online, Anda akan menerima notifikasi yang menunjukan posisi driver ojek hingga perkiraan waktu tunggu.

8. Aplikasi Belanja Online

Aplikasi Belanja Online

Aplikasi belanja online atau e-commerce juga mengimplentasikan teknologi AI. Tujuannya agar memudahkan penggunannya untuk menemukan produk sesuai minatnya.

Cara kerja contoh AI ini mengumpulkan data produk yang banyak dicari pelanggan. Kemudian data tersebut berfungsi untuk memprediksi pembelian untuk menciptakan pengalaman yang berpusat pada pelanggan.

9. Iklan Online

Contoh AI dalam iklan produk daring

Sumber: Freepik

Mungkin Anda pernah melihat iklan-iklan barang di situs belanja. Iklan tersebut bisa muncul berkat teknologi AI yang menganalisis produk yang Anda beli berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan pada pencarian sebelumnya.

10. Game online

Contoh artificial intelligence dalam game online

Sumber: Freepik

Kecerdasan buatan artificial intelligence sudah lama diterapkan pada permainan video game. Teknologi tersebut mampu menyajikan pengalaman menantang untuk para gamer, seperti:

  • Non-Playable Characters (NPC) yang dikontrol AI akan bereaksi secara dinamis terhadap tindakan yang dilakukan player.
  • Procedural Content Generation yang ditenagai machine learning akan secara otomatis membuat game environment baru.
  • Player-experience modeling untuk melakukan balancing dinamis terhadap tingkat kesulitan gameplay berdasarkan skill si pemain.

11. Virtual Reality (VR)

Virtual Reality - Contoh AI

Sumber: Freepik

Virtual Reality (VR) menggunakan teknologi AI untuk membuat penggunanya bisa berinterasi secara nyata dengan objek imajinasi hasil simulasi komputer. Teknologi VR ini banyak ditemukan pada industri game.

Contoh AI ini mamu mempersonalisasikan kebutuhan penggunanya seperti dalam film Iron Man. Dalam film tersebut, seluruh karakter dalam berinterasi menggunakan data.

12. Aplikasi M-banking

Contoh Artificial Intelligence dalam bidang perbankan

Aplikasi banking juga menerapkan artificial intelligence pada sistemnya. Teknologi AI berperan memberikan peringatan saat saldonya kurang atau saat nasabah membeli barang menggunakan kartu kredit.

Tugas AI akan memberikan notifikasi untuk melakukan verifikasi terhadap pembelian. Hal ini dilakukan untuk mencegah penggunaan kartu kredit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

13. Chatbot

contoh AI dalam pelayanan virtual

Chatbot merupakan kecerdasan buatan yang mampu mengenali kata atau frasa untuk memberikan jawaban sesuai dengan trigernya. Fitur ini banyak dimanfaatkan oleh bisnis memberikan solusi ke pelanggan lebih cepat.

Chatbot juga banyak bisnis manfaatkan untuk melakukan pemesanan dan pemasaran. Misalnya membagikan katalog, atau pesan blast berisi promosi. Selain itu, dengan fitur chatbot, bisnis bisa melayani pelanggan selama 24 jam non stop.

Salah satu penyedia Chatbot AI dalam hal ini adalah Mekari Qontak. Chatbot Qontak akan membantu Anda merespon secara otomatis semua pertanyaan pelanggan dalam hitungan detik.

Selain itu, Mekari Qontak menawarkan integrasi Chat GPT dengan aplikasi Omnichannel (Airene). Teknologi AI akan memberikan rekomendasi jawaban untuk pelanggan di semua channel yang terintegrasi Omnichannel (WhatsApp, Instagram, Facebook dan lainnya).

Terlebih Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka di Indonesia untuk mengembangkan usahanya. Bahkan  Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : Chatbot
WhatsApp WhatsApp Sales