Mekari Qontak
Other Business

10 Contoh Penggunaan AI dalam Kehidupan Sehari-hari

Aplikasi WhatsApp Clone Terbaru

Di era digital saat ini, aktivitas manusia tidak bisa lepas dari teknologi. Tanpa disadari, mungkin Anda juga telah menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk mempermudah kegiatan Anda. Contoh penerapan artificial intelligence juga mudah ditemui.

Meski sering digunakan, namun sebagian besar orang tidak menyadari implementasi artificial intelligence ini. Lalu sebenarnya apa itu artificial intelligence?

Artificial intelligence adalah teknologi kecerdasan buatan yang sengaja dirancang untuk meniru bentuk, sifat hingga cara kerja manusia. Oleh karena itu, teknologi ini banyak digunakan untuk meringankan kerja manusia.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan jenis dan contoh artificial intelligence dalam kehidupan sehari-hari di bawah ini.

Image CTA Video Marketing


Jenis Artificial Intelligence

Pada penerapannya, artificial intelligence dibedakan menjadi beberapa jenis seperti berikut:

– Symbol-Manipulating AI

Sesuai dengan namanya, symbol-Manipulating AI bekerja menghasilkan simbol tertentu yang bisa dibaca oleh penggunanya atau developer. AI jenis ini akan memanipulasi simbol-simbol abstrak hingga menghasilkan sebuah kesimpulan yang logis.

– Neural AI

Neural AI adalah jenis artificial intelligence yang populer dikembangkan oleh para ahli IT pada akhir tahun 1980an. Jenis AI ini bisa mentransmisikan pengetahuan ke neuran buatan dan koneksinya layaknya otak yang direkontruksi.

– Neural Networks

Neural network diatur ke dalam beberapa lapisan yang saling terhubung lewat sebuah simulasi. Bagian paling atas dimulai dari lapisan input yang berfungsi sebagai sensor. Saat sensor menerima sebuah informasi, selanjutnya akan diproses di dalam sistem yang telah diatur sebelumnya.

Baca juga: Pengertian Artificial Intelligence dan Penerapannya


Contoh Penggunaan Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Asisten virtual

Contoh Penggunaan Artificial Intelligence sebagai virtual asisten

Istilah asisten virtual mungkin masih terdengar asing ditelinga sebagian orang. Namun mereka tentu lebih mengenal Siri, Google Now atau Cortana. Ya, ketiganya adalah asisten virtual pada perangkat iOS, Android, dan Windows Mobile.

Seperti sebutannya, asisten virtual bertugas membantu Anda mencari informasi melalui suara Anda. Layaknya seorang atasan meminta asisten nya lewat percakapan langsung.

Misalnya Anda bisa mengajukan pertanyaan “Apa saja jadwal saya hari ini?” Kemudian asisten menyampaikan jawabannya melalui pesan suara secara real time.

Kemampuan tersebut berkat dukungan teknologi AI. Di mana teknologi tersebut mendeteksi suara Anda, kemudian akan mengumpulkan informasi terkait dan mengungkapkannya lewat pesan suara persis seperti seorang asisten pribadi.

2. Melakukan pencarian di website

Contoh penerapan AI dengan Melakukan pencarian di website

Contoh artificial intelligence ini mungkin paling sering Anda lakukan. Bagaimana tidak, setiap Anda kebingungan akan suatu hal, pasti Anda akan mencarinya di search engine yang akan meneruskannya ke website terkait.

Kemampuan search engine menyajikan website yang relevan tidak akan bisa tanpa bantuan AI. Teknologi AI pada mesin pencari Google dilengkapi dengan kemampuan predictive search.

Dimana setiap Anda memasukkan sebuah keyword sistem tersebut akan secara otomatis merekomendasi informasi relevan yang memudahkan Anda melakukan pencarian.

3. Media Sosial

Contoh penerapan Artificial Intelligence dalam media sosial

 

Popularitas media sosial terus meningkat setiap tahunnya. Tapi tahukah Anda bahwa media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter juga memanfaatkan teknologi AI?

Artificial intelligence pada media sosial berperan dalam mempersonalisasi feed penggunanya, seperti memberikan friend suggestion, mengidentifikasi dan melakukan filtering terhadap berita bohong, dan mencegah cyberbullying. Sesuatu hal yang sering Anda temukan bukan?

4. Layanan musik dan film berlangganan

contoh artificial intelligence dalam layanan streaming

Apakah Anda termasuk pengguna layanan berlangganan seperti Spotify, Pandora, atau Netflix? Jika iya, berarti tanpa disadari Anda juga menggunakan produk AI.

Aplikasi-aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur khusus yang memberikan Anda rekomendasi judul musik atau film sesuai minat atau tontonan Anda sebelumnya. Teknologi AI lah yang membuat rekomendasi tersebut berdasarkan algoritma khusus.

Contohnya, AI mendeteksi sebuah lagu dengan vokal dinamis, petikan gitar akustik yang dimainkan pada kunci nada rendah. Setelah Anda memutar lagu dengan karakteristik tersebut, Anda akan mendapatkan rekomendasi lagu lain dengan karakteristik serupa.

5. Mengirim pesan instan

Contoh AI dalam aplikasi chatting

Aktivitas ini mungkin banyak Anda lakukan di kehidupan sehari-hari baik melalui WhatsApp, Line atau platform lainnya. Pada platform tersebut mungkin Anda mengaktifkan tombol autocorrect yang akan memperbaiki grammarly Anda saat menulis pesan. Fitur autocorrect ini memanfaatkan teknologi AI dan natural language processing.

Gmail juga menggunakan fitur tersebut pada body email untuk membenarkan kata-kata yang Anda tuliskan. Misalnya “Thank you for your response”, hanya dengan mengklik tombol satu kali.

Hebatnya, Google juga menggunakan AI untuk menyortir pesan penting dan ‘sampah’. Jika dianggap pesan mengganggu maka akan dimasukkan ke folder khusus yang ditandai sebagai spam.

6. Chatbot

Chatbot sebagai salah satu contoh AI

Chatbot merupakan kecerdasan buatan yang mampu mengenali kata atau frasa untuk memberikan jawaban sesuai dengan trigernya. Fitur ini banyak dimanfaatkan oleh bisnis memberikan solusi ke pelanggan lebih cepat.

Chatbot juga dimanfaatkan bisnis untuk melakukan pemesanan dan pemasaran. Misalnya dengan membagikan katalog, atau pesan blast berisi promosi. Selain itu, dengan chatbot, bisnis bisa melayani pelanggan selama 24 jam non stop.

Rekomendasi: Top 16 Chatbot Software Terbaik 2022 dan 10 Keuntungan Menggunakan Chatbot

7. Pelayan konsumen virtual

contoh AI dalam pelayanan virtual

Seperti disebutkan sebelum, bisnis saat ini banyak memanfaatkan teknologi AI untuk melayani pelanggan. Pelayanan pelanggan disini baik berupa customer service maupun belanja online.

Namun tidak semua platform belanja online menggunakan teknologi AI seperti chatbot untuk merespon secara otomatis. Teknologi tersebut mampu memahami bahasa dan pilihan kata yang Anda gunakan.

8. Iklan produk daring

Contoh AI dalam iklan produk daring

Mungkin Anda pernah melihat iklan-iklan barang yang dicari di situs belanja sebelumnya. Iklan tersebut bisa muncul berkat teknologi AI dan algoritma khusus yang menganalisis produk yang Anda beli berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan pada pencarian sebelumnya.

9. Game online

Contoh artificial intelligence dalam game online

Kecerdasan buatan artificial intelligence sudah lama diterapkan pada permainan video game. Teknologi tersebut mampu menyajikan pengalaman menantang untuk para gamer, seperti:

  • Non-Playable Characters (NPC) yang dikontrol AI akan bereaksi secara dinamis terhadap tindakan yang dilakukan player.
  • Procedural Content Generation yang ditenagai machine learning akan secara otomatis membuat game environment baru.
  • Player-experience modeling untuk melakukan balancing dinamis terhadap tingkat kesulitan gameplay berdasarkan skill si pemain.

10. M-banking

Contoh AI dalam bidang perbankan

Aplikasi banking juga menerapkan artificial intelligence pada sistemnya. Teknologi AI berperan memberikan peringatan saat saldonya kurang atau saat nasabah membeli barang menggunakan kartu kredit.

Tugas AI akan memberikan notifikasi untuk melakukan verifikasi terhadap pembelian. Hal ini dilakukan untuk mencegah penggunaan kartu kredit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: 7 Peran Artificial Intelligence untuk Customer Experience


Gunakan Artificial Intelligence Sekarang!

WhatsApp Chatbot Mekari Qontak

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tujuan penggunaan kecerdasan buatan adalah mempermudah pekerjaan manusia. Dimana salah satu yang sering memanfaatkan teknologi ini adalah perusahaan atau bisnis.

Alasan utama para pelaku bisnis menggunakan artificial intelligence seperti chatbot adalah untuk melayani pelanggan lebih baik. Terlebih chatbot bisa menggantikan sebagian peran tim customer service dalam melayani pelanggan selama 24 jam non stop.

Salah satu penyedia Chatbot AI terbaik adalah Mekari Qontak. hatbot Qontak akan membantu Anda merespon secara otomatis semua pertanyaan pelanggan dalam hitungan detik.

Selain itu, Chatbot Qontak juga terintegrasi dengan WhatsApp, Omnichannel, dan CRM dalam satu sistem terpadu. Hal ini memudahkan Anda untuk memantau interaksi pelanggan.

Terlebih Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka di Indonesia untuk mengembangkan usahannya. Bahkan  Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau COBA GRATIS dengan mengisi form di bawah ini:

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales