Mekari Qontak
Business Marketing

Omnichannel vs Multichannel: Definisi dan Perbedaan

Omnichannel vs Multichannel

Di tengah persaingan bisnis ketat, berjualan dari satu saluran bisnis saja tidaklah cukup, pebisnis harus pintar mengelola seluruh saluran penjualannya (multichannel) sehingga tidak ada yang terabaikan. Solusi terbaik untuk memudahkan bisnis adalah menggunakan Omnichannel. Namun masih banyak pertanyaan antara Omnichannel vs Multichannel seperti perbedaan dan keuntungannya.

Lalu, apa perbedaan Omnichannel dan Multichannel? Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan lengkap tentang Omnichannel dan Multichannel di bawah ini!

Image CTA Omnichannel VS Multichannel


Definisi Omnichannel

Omnichannel adalah pendekatan lintas saluran yang berfokus pada pelanggan. Tujuan dari pendekatan ini ialah untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih mulus dan bermakna di seluruh saluran penjualan, baik online maupun offline.

Dengan demikian, bisnis atau perusahaan dapat menggunakan aplikasi Omncihannel untuk memiliki keselaran layanan dan konsistensi program melalui integrasi lintas saluran yang mudah dan efektif dalam satu platform.

Secara tidak langsung, aplikasi Omnichannel dapat memudahkan interaksi antara pebisnis dengan pelanggannya.

Selengkapnya: Mengenal Strategi Omnichannel Marketing, Manfaat dan Contohnya


Sedangkan Definisi Multichannel

Multichannel adalah model bisnis yang menggunakan lebih dari satu saluran penjualan. Bentuk pemasaran ini dapat dilakukan melalui email, website, media sosial, hingga SMS. Pilihan multichannel akan terus bertambah seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi.

Penggunaan multichannel sendiri dilakukan secara terpisah atau masing-masing. Hal ini akan membutuhkan perhatian khusus dan mendetil oleh agen agar tidak ada saluran yang terabaikan.

Selain itu, saluran-saluran ini tidak terintegrasi sehingga interaksi antar saluran sangatlah minim. Sisi baiknya, pemasaran ini dapat memudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda karena banyaknya saluran yang dimiliki.

Baca juga: Mengenal Apa itu Multichannel Marketing, Fungsi dan Strateginya


Perbedaan Omnichannel dan Multichannel

Setelah mengetahui definisi dan fungsi masing-masing, mungkin Anda lebih akrab dengan Multichannel. Keduanya memang memiliki kemiripan. Hal tersebut wajar, mengingat omnichannel merupakan tahapan selanjutnya dari multichannel.

Namun, keduanya tetap memiliki perbedaan. Apa saja perbedaan Omnichannel dan Multichannel?

1. Saluran Penjualan

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel yang pertama adalah saluran penjualan. Apa maksudnya? Dalam penerapannya, Omnichannel dan Multichannel memiliki perbedaan yang signifikan, yaitu ada dan tidak adanya integrasi.

Pada Multichannel, saluran penjualan umumnya tidak saling terkait satu sama lain atau tidak terintegrasi. Sementara pada Omnichannel, setiap saluran penjualan yang ada akan terhubung satu sama lain melalui kemampuan integrasi, sehingga tidak ada lagi saluran yang akan terabaikan.

2. Fokus Utama

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel yang selanjutnya adalah fokus utama. Di mana fokus utama Multichannel terletak pada kinerja dan kuantitas channel yang digunakan.

Sedangkan pada Omnichannel, fokus utamanya terletak pada pengalaman berbelanja pelanggan atau yang dikenal dengan customer journey, kemudian ada kualitas pesan dan masing-masing saluran.

3. Informasi yang Diberikan

Dengan menggunakan pendekatan Omnichannel, Anda dapat memberikan informasi yang utuh atau komplit kepada prospek dan pelanggan Anda. Namun ini tidak demikian dengan Multichannel.

Karena pendekatan Multichannel hanya memberikan informasi yang tidak komplit atau setengah-setengah selayaknya katalog dan brosur.

4. Tugas

Tugas model Multichannel adalah memastikan bahwa bisnis Anda telah atau sudah memanfaatkan banyak saluran. Sementara Omnichannel bertugas untuk membantu Anda menyampaikan pesan dan brand image yang konsisten di masing-masing saluran.

5. Cara Kerja

Apabila Omnichannel bekerja dengan melibatkan data untuk membangun perjalanan dan pengalaman pelanggan yang lebih baik, maka tidak demikian dengan Multichannel.

Dalam hal ini, Multichannel bekerja dengan mempertimbangkan banyak saluran di mana terdapat kemungkinan pelanggan yang besar.

6. Channel yang Digunakan

Umumnya Multichannel akan menggunakan saluran-saluran konvesional seperti iklan cetak di surat kabar dan majalah, iklan televisi, iklan radio, panggilan telepon, dan media digital.

Sedangkan Omnichannel akan menggunakan saluran seperti emaillive chat, media sosial, pesan instan, dan aplikasi lainnya yang berbasiskan internet.

Perbedaan Multichannel dan Omnichannel:

Perbedaan

Multichannel

Omnichannel

Saluran penjualan Tidak saling terintegrasi Terintegrasi sehingga tidak ada yang terabaikan

Fokus Utama

Memaksimalkan kinerja sebanyak-banyaknya (kuantitas) channel yang digunakan Pengalaman berbelanja pelanggan (customer journey) dari banyak channel, kualitas pesan dan channel yang lebih penting
Informasi yang diberikan Informasi hanya berupa setengah-setengah seperti dari katalog atau brosur Memberikan Informasi utuh atau komplit
Tugas Memastikan bahwa bisnis telah ada atau memanfaatkan banyak channel Konsisten menyampaikan pesan dan image brand tidak peduli melalui channel manapun
Cara kerja Mempertimbangkan banyak channel dimana kemungkinan pelanggan ada Melibatkan data untuk membangun customer journey yang lebih baik
Media atau channel yang digunakan Iklan cetak (surat kabar dan majalah), iklan televisi, iklan radio, panggilan telepon atau media digital Email, obrolan langsung, media sosial, pesan instan dan aplikasi lainnya berbasis internet

Baca Juga: Cara Meningkatkan Customer Experience dengan Omnichannel!


Kesimpulan: Perbedaan Omnichannel dan Multichannel

Setelah mengetahui definisi, cara kerja, dan manfaat keduanya, kesimpulan yang didapatkan adalah Omnichannel merupakan terusan dari Multichannel.

Konsep yang digunakan sebenarnya mirip yaitu menggunakan berbagai saluran untuk aktivitas bisnis. Perbedaan utama adalah integrasi, ada juga fitur yang lebih modern dalam Omnichannel.

Multichannel memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai saluran, namun operasionalnya dilakukan secara masing-masing karena tidak terintegrasi satu sama lain. Ini akan menyebabkan interaksi antar saluran sangatlah minim.

Sementara Omnichannel dapat mengintegrasikan berbagai saluran dalam satu aplikasi yang terkoordinasi. Selain itu, ada juga fitur yang dapat melakukan automasi analisis dan data yang lebih akurat.

Omnichannel vs Multichannel keduanya tetap membutuhkan strategi. Semua itu akan kembali lagi atas apa yang perusahaan butuhkan. Namun cukup jelas bahwa Omnichannel memiliki fitur yang lebih modern karena merupakan terusan dari Multichannel.


Segera Dapatkan Aplikasi Omnichannel Terbaik Sekarang!

Aplikasi Chat Omnichannel Mekari Qontak

Aplikasi Omnichannel telah banyak digunakan oleh bisnis Online. Selain membuat strategi bisnis, penggunaan aplikasi Omnichannel juga dapat meningkatkan produktivitas dan penjualan bisnis online Anda. Sementara bagi pembeli, hal ini dapat menciptakan pengalam bertaransaksi yang menyenangkan.

Untuk mengadaptasi strategi Omnichannel pada bisnis Anda, bisa menggunakan sistem yang menunjang pengelolaan produk dengan berbagai saluran penjualan. Salah satu yang bisa digunakan adalah aplikasi Omnichannel dari Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan solusi end-to-end Omnichannel CRM serta fitur pendukung seperti WhatsApp blast dan lainnya, yang dapat membantu memudahkan dan mempercepat bisnis Anda. Sehingga customer experience pun terjaga dan penjualan meningkat.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo Omnichannel CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales