Daftar isi
16 min read

17 Contoh Template Customer Service untuk Menangani Keluhan Pelanggan

Tayang 22 Juni 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
17 Contoh Template Customer Service untuk Menangani Keluhan Pelanggan

Tugas utama customer service adalah berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui berbagai saluran. Namun melayani banyak pelanggan sekaligus cukup merepotkan. Oleh karena itu, sebagian dari mereka memilih menggunakan template customer service.

Template customer service merupakan template siap tim layanan pelanggan gunakan untuk membantu merespons pertanyaan dari pelanggan. Ada berbagai jenis template yang tersedia untuk untuk percakapan dengan pelanggan melalui live chat, call center, dan email.

Penggunaan template customer service bertujuan untuk membantu agen CS merespon pelanggan dengan cepat dan efektif. Dengan begitu bisa menyelesaikan masalah pelanggan secara lebih cepat, dan meningkatkan produktivitas agen CS.

Yuk, kenali contoh template customer service yang biasa bisnis gunakan untuk melayani pelanggan berikut:

Contoh Template Email Customer Service

1. Template Email Terima Kasih

Contoh-Template-Email-ucapan-Terima-Kasih

Kadang-kadang, ada manfaatnya untuk mengungkapkan sedikit rasa terima kasih kepada pelanggan Anda. Sebab, perusahaan Anda tidak akan bertahan tanpa ada loyalitas pelanggan.

Anda dapat mengirim pesan email ucapan terima kasih dalam beberapa situasi. Misalnya, tepat setelah pelanggan melakukan pembelian, atau bisa juga mereka merekomendasikan pelanggan lain.

Disarankan agar Anda tidak menggunakan email terima kasih ini untuk mencoba menjual sesuatu kepada pelanggan. Pasalnya email terima kasih hanya merupakan kesempatan untuk menunjukkan penghargaan Anda.

Berikut contoh template email terima kasih:

Halo [Pelanggan],

Kami sangat berterima kasih telah merekomendasikan produk kami kepada teman Anda, [nama teman]. Sangat senang bisa mengenal mereka dan melakukan bisnis bersama. Kami ingin mengucapkan terima kasih karena Anda telah menjadi pelanggan setia selama ini dan berbagi pengalaman dengan teman Anda.

Kami merasa sangat beruntung memiliki Anda sebagai pelanggan. Sekali lagi, terima kasih atas kesetiaan Anda yang luar biasa! Sebagai ungkapan terima kasih, kami ingin memberikan [kupon/diskon] yang dapat Anda manfaatkan.

Teruslah menikmati pengalaman dengan kami!

Salam,

[Nama Anda]

Baca juga: 27 Contoh Kartu Ucapan Terima Kasih Sudah Order untuk Pelanggan

2. Template Email Survei Pelanggan

Contoh-Template-Email-Survei-Pelanggan

Melakukan survei dapat membantu Anda memahami pikiran pelanggan dan membuat perubahan yang efektif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Ada beberapa jenis survei yang dapat Anda kirim kepada pelanggan, mulai dari survei kepuasan pelanggan, data demografis hingga Skor Upaya Pelanggan (CES).

Namun, seringkali pelanggan dapat mengabaikan tautan kuesioner dan langsung menutup tab. Oleh karena itu, sangat penting untuk merayu mereka agar mengisi kuesioner dengan memberikan ringkasan atau mungkin menawarkan insentif.

Berikut template survei pelanggan yang dapat dikirimkan melalui email dengan pendekatan yang lebih sopan:

Halo [Pelanggan],

Terima kasih telah melakukan transaksi. Kami harap Anda menikmati [produk/layanan] yang telah Anda berikan.

Kami sangat tertarik mendengar lebih banyak tentang pengalaman Anda dalam berinteraksi dengan tim kami. Oleh karena itu, kami mengundang Anda untuk mengisi survei singkat dengan jujur. Kami berjanji survei ini tidak akan memakan banyak waktu Anda, tetapi akan sangat membantu kami dalam meningkatkan pengalaman pelanggan di masa depan.

Kami memahami bahwa waktu Anda sangat berharga, dan kami sangat menghargai perhatian Anda.

Terima kasih,

[Nama Anda]

<< Sertakan tautan ke kuesioner >>

Baca juga: Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan dan Cara Membuatnya

3. Respon Pelanggan yang Marah

Template email customer service -Respon-Pelanggan-yang-Marah

Saat berhadapan dengan pelanggan marah, penting untuk tetap tenang dan berpikir dengan rasional. Jangan terpancing untuk membalas kemarahan dengan kemarahan.

Cobalah mengambil waktu sejenak untuk menenangkan diri sebelum menulis tanggapan adalah hal yang wajar. Namun, jangan biarkan email pelanggan mempengaruhi emosi Anda secara pribadi.

Terkadang, pelanggan dapat sangat kecewa sehingga sulit untuk melakukan upaya perbaikan yang signifikan. Pilihan terbaik adalah untuk mengakui situasi ini dan melanjutkan.

Template ini sangat berguna ketika pelanggan menyatakan niat mereka untuk mencari alternatif lain. Jika pelanggan hanya mengeluh namun masih bersedia berbisnis dengan Anda, Anda dapat menggunakan template yang berbeda.

Halo [Nama Pelanggan],

Kami sangat menyesal mendengar bahwa Anda memiliki pengalaman yang buruk dengan produk/layanan kami. Hal ini membuat Anda tidak ingin berbisnis dengan kami lagi.

Kepuasan pelanggan selalu menjadi prioritas utama bagi kami, dan kami benar-benar menyesal bahwa kami tidak dapat memberikan pengalaman yang memuaskan bagi Anda.

Kami memahami betapa frustasinya perasaan Anda, dan kami ingin menyampaikan permohonan maaf atas segala masalah yang telah kami sebabkan. Kami berharap semoga Anda mencapai kesuksesan dalam bisnis Anda dan kami hanya berharap yang terbaik untuk Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan, komentar, atau masalah lain yang ingin Anda sampaikan, jangan ragu untuk memberitahu kami.

Terima kasih.

Salam,

[Nama Anda]

4. Respon Komplain Pelanggan

Template email customer service-Respon-Komplain-Pelanggan

Dalam beberapa kasus, kerap ditemukan pelanggan yang mengeluh. Keluhan mereka umumnya didasarkan pada fakta dan masuk akal. Meski begitu, pelanggan yang mengeluh masih memberikan peluang untuk memperbaiki situasi hingga akhirnya mereka merasa puas.

Seperti halnya pelanggan yang mengeluh mungkin telah meluangkan waktu untuk menyampaikan keluhan mereka dengan baik, Anda juga harus meluangkan waktu untuk merespons dengan cermat. Penting untuk tetap tenang dan sopan, meskipun keluhan tersebut dapat membuat Anda frustasi.

Contoh template email customer service untuk merespon keluhan pelanggan adalah

Halo [Nama Pelanggan],

Kami sangat menyesal mendengar tentang pengalaman buruk Anda yang terkait dengan [ringkasan masalah yang pelanggan sampaikan]. Situasi seperti ini seharusnya tidak pernah terjadi sebelumnya. Kami segera akan menyampaikan pesan ini ke departemen yang relevan.

Kami mengutamakan penyelesaian masalah yang Anda hadapi dengan [produk, perusahaan, atau layanan kami]. Tim kami sedang bekerja untuk menangani masalah ini secara langsung, dan kami akan segera memberi tahu Anda begitu masalah tersebut telah diperbaiki.

Kami menghargai bahwa Anda telah berbagi pengalaman negatif Anda dengan kami. Kami berkomitmen untuk menjaga kepuasan setiap pelanggan kami, dan kami meminta maaf atas segala ketidaknyamanan yang Anda alami.

Jika Anda memiliki pertanyaan, komentar, atau masalah lain yang ingin Anda sampaikan, jangan ragu untuk memberitahu kami.

Terima kasih.

Salam,

[Nama Anda]

Baca juga: Contoh Komplain Pelanggan dan Cara Menyelesaikannya dengan Baik

5. Up-selling

Template email customer service - Up Selling

Melakukan strategi up selling ke pelanggan yang sudah ada, lebih murah daripada mendapatkan pelanggan baru. Semakin banyak pembelian yang dilakukan pelanggan lama, maka semakin sedikit biaya bisnis yang harus keluarkan.

Untuk proses up selling tersebut, Anda bisa menggunakan contoh template pesan berikut:

Halo [Nama Pelanggan],

Terima kasih atas pembelian [Nama Produk Anda] baru-baru ini. Kami sangat menghargai hal tersebut.

Kami menghubungi hari ini karena ingin memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil maksimal dari pembelian tersebut. [Nama Produk] berfungsi dengan baik, tetapi akan lebih maksimal saat Anda menggunakannya bersama beberapa penawaran kami yang lain.

Misalnya, [Penjelasan kuat tentang bagaimana produk/layanan meningkatkan produk yang mereka beli].

Apakah ini terdengar seperti sesuatu yang Anda minati? Jika Anda tertarik, lihat [Product link] atau cukup balas pesan ini.

Salam,
[Nama agen CS]

6. Technical Support

Template email customer service - Technical support

Meskipun lebih umum bagi pelanggan untuk meminta bantuan teknis melalui live chat, panggilan telepon, atau saluran komunikasi lain yang lebih cepat. Namun, sebagian dari mereka ada yang meminta dukungan teknis tersebut melalui email.

Melalui email, pelanggan bisa menyampaikan informasi secara detail tentang pertanyaan atau masalah yang mereka hadapi. Anda dapat memanfaatkan kelebihan ini dengan mengajukan pertanyaan mendalam dalam satu email untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan menemukan solusi secepat mungkin.

Berikut contoh template customer service untuk dukungan teknis:

Halo [Pelanggan],

Terima kasih atas pesan Anda. Kami dengan senang hati membantu Anda.

Namun sebelum itu, apakah Anda bisa memberikan sedikit konteks tambahan tentang situasinya yang Anda hadapi seperti:
Kapan masalah ini mulai terjadi?
Apakah ini terjadi secara konsisten, atau apakah ini merupakan kejadian yang terus-menerus?
Sudahkah Anda mencoba solusi apa pun sendiri sejauh ini?

Jawaban dari pertanyaan tersebut akan membantu kami memahami masalah Anda dengan lebih baik. Dengan demikian, kami bisa menemukan solusi yang lebih sesuai untuk Anda.

Terima kasih.

Salam,

[Nama Anda]

7. Template Email Produk Rusak

Template email customer service - keluhan produk rusak

Jika produk Anda rusak, paling tidak yang dapat Anda lakukan adalah menjaga agar pelanggan Anda yang khawatir atau marah saat mengetahuinya.

Menyelesaikan masalah terkait produk yang rusak dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

Berikut adalah contoh template email yang dapat membantu Anda meredakan amarah pelanggan Anda karena produk mereka rusak:

Halo [Nama Pelanggan],

Sebelumnya hari ini, kami melihat masalah pada layanan dan akun pengguna kami. Kami sangat menyesal bahwa hal ini mengganggu kenyamanan Anda.

Kami telah memperbaiki masalah tersebut, dan Anda seharusnya dapat mengakses akun Anda sekarang. Yakinlah bahwa tidak ada data yang hilang selama Anda tidak bisa mengakses akun tersebut.

Kami akan menerapkan langkah-langkah untuk memastikan bahwa hal ini tidak terjadi lagi.

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan hubungi kami.

Terima kasih,

[Brand/Layanan]

8. Informasi Layanan Mandiri

Template customer service -Informasi Layanan Mandiri

Saat Anda membuka layanan mandiri atau self service, Anda bisa memberitahukan ke pelanggan Anda menggunakan contoh template pesan berikut:

Halo [Nama pelanggan],

Kabar baik! Untuk meningkatkan dukungan pelanggan, kami telah membuat [self-service diikuti dengan tautan]. Di sini Anda akan menemukan jawaban atas pertanyaan umum dan petunjuk langkah demi langkah untuk memecahkan masalah produk kami.

Kami berharap layanan tersebut menjadikan informasi ini lebih mudah diakses memberikan pengalaman yang lebih baik. Tetapi jangan ragu untuk menghubungi kami secara langsung untuk mendapatkan bantuan tambahan!

[Nama perusahaan]

Contoh Template Pesan untuk Menarik Pelanggan

Selain melalui email, layanan pelanggan juga bisa disampaikan melalui pesan instan yang dikirim melalui WhatsApp Business, Facebook Messenger atau aplikasi chatting lainnya. Berikut kami memberikan contoh template pesan untuk menarik pelanggan melalui aplikasi pesan instan adalah

9. Sambutan untuk Pelanggan Baru

Template email customer service - Sambutan untuk Pelanggan Baru

Mengirim ucapan selamat datang membuat pelanggan merasa seperti bagian dari komunitas bisnis Anda. Kemudian Anda dapat menawarkan mereka untuk menjawab sendiri pertanyaan umum, seperti kebijakan pengembalian atau biaya pengiriman.

Berikut contoh template pesan customer service untuk menyambut pelanggan baru:

Halo [Nama Pelanggan]

Terima kasih untuk [tindakan pelanggan seperti pembelian, sign-up, subscription] dengan [perusahaan Anda]. Kami senang Anda bergabung dengan kami, dan kami senang membantu pelanggan hebat seperti Anda dengan cara apa pun yang kami bisa.

Saya tahu Anda baru saja bergabung dengan kami, jadi saya ingin mengirimkan [Link] agar Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman Anda bersama kami.

Jika Anda belum melakukannya, pastikan untuk memeriksa [Blog Link] untuk tutorial, kiat, dan cerita yang sedang berlangsung, dan ikuti kami di media sosial!

Saya harap Anda sudah menikmati [produk Anda], tetapi jika belum, kami akan membantu dengan senang hati. Atau Anda dapat melihat [FAQ atau tautan basis pengetahuan] kami untuk memecahkan masalah Anda sendiri.

Jika ada yang Anda butuhkan, harap balas pesan ini. Kami di sini untuk Anda!

Hormat Kami,

[Nama agen CS]

10. Template Email Follow-up

Template email customer service - Follow Up

Saat pelanggan menghubungi Anda untuk mendapatkan dukungan, penting untuk memastikan bahwa interaksi tersebut tidak hanya berakhir di situ. Meskipun pelanggan mungkin tidak mengharapkan tindakan lebih lanjut, sebaiknya Anda tetap mengirimkan pesan untuk follow up pelanggan yang sudah lama tidak berinteraksi.

Pesan tersebut justru akan membuat mereka merasa dihargai. Selain itu, juga menunjukkan dedikasi perusahaan Anda untuk membangun hubungan pelanggan yang positif, bukan hanya fokus pada penjualan semata.

Berikut contoh template customer service follow up:

Halo [Nama Pelanggan],

Kami berharap Anda sedang menikmati produk baru yang telah Anda beli. Kami ingat bahwa Anda mempertimbangkan antara dua versi produk, dan kami yakin Anda telah membuat pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda tertarik, kami sangat ingin mendengar lebih banyak tentang pengalaman Anda dengan produk ini. Kami ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan yang Anda temukan, dan jika ada hal apa pun yang bisa kami siap membantu Anda dengan apa pun yang Anda butuhkan.

Terima kasih.

Salam,

[Nama Anda]

11. Status Pesanan

Template email customer service - Status Pemesanan

Saat pelanggan bertanya tentang pesanan yang belum dikirimkan atau pesanan yang menyertakan item pre-order, pastikan agen mengetahui kebijakan internal dan proses gudang Anda sendiri. Jika ada sesuatu yang terhambat untuk jangka waktu yang lama, agen mungkin harus membuka penyelidikan internal.

Berikut contoh template pesan untuk menginformasikan status pesanan pelanggan:

Halo [Nama depan pelanggan],

Terima kasih telah menghubungi kami.

Sepertinya pesanan terakhir Anda [nomor pesanan] termasuk item preorder. Oleh karena itu, pengirimannya relatif lebih lama.

Jika Anda belum menerima nomor pelacakan dalam lima hari ke depan, harap balas pesan ini dan kami akan segera memeriksanya.

Terima kasih atas kesabaran Anda.

[Nama depan agen CS]

12. Promosi Produk

Template email customer service - Promosi Produk

Meningkatkan penjualan tentu menjadi target bisnis. Oleh karena itu, mereka akan berupaya membagikan pesan promosi ke berbagai platform (seperti media sosial, email, atau SMS). Cara tersebut dapat menciptakan eksklusivitas dan urgensi bagi pembeli, yang mungkin langsung membeli barang yang mereka tunggu-tunggu untuk mendapatkan kesepakatan.

Contoh template pesan promosi adalah

Hai [Nama depan pelanggan]

Kami selalu mencari cara yang lebih banyak dan lebih baik untuk menjangkau lebih banyak orang dengan daftar [Produk Anda] kami yang menarik.

Kami senang memberitahu Anda tentang penawaran yang hanya tersedia untuk [email Pelanggan, SMS pelanggan, pengikut Instagram, dll.]

Untuk [durasi waktu penawaran] berikutnya, kami menawarkan [detail promosi] di [nama toko].

Kami memiliki [nama produk] dengan kualitas tinggi, dan penjualan seperti ini jarang terjadi. Maka dari itu, sekarang waktu yang tepat untuk [kata CTA -beli/expand/upgrade/sign up]!

Sebagai permulaan, lihat [Item/Layanan Obral Populer] kami, penjualannya cepat!

Terima kasih,

13. Menawarkan Uji Coba Gratis

Template customer service - Menawarkan Uji Coba Gratis

Jika Anda melihat ada prospek yang tampaknya tertarik dengan produk Anda tetapi belum melakukan pembelian, jangan biarkan kesempatan itu terlewat begitu saja. Ini adalah waktu yang tepat untuk menyebutkan tentang uji coba gratis yang tersedia.

Dengan menawarkan uji coba gratis, Anda dapat membangun kepercayaan dengan prospek. Selain itu, ketika pelanggan mengenal produk Anda melalui uji coba gratis, akan lebih sulit bagi mereka untuk menolaknya.

Halo [Nama Prospek],

Sepertinya Anda tertarik dengan [nama produk] yang kami tawarkan di situs web kami. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda menavigasi berbagai pilihan yang tersedia.

Jika Anda tertarik, kami ingin memberikan penawaran uji coba gratis sebagai opsi, karena memahami suatu produk hanya dari deskripsi saja bisa menjadi sulit. Uji coba gratis yang kami tawarkan berlangsung selama 30 hari dan memungkinkan Anda untuk menjelajahi semua fitur premium yang kami miliki.

Momen ini merupakan kesempatan yang bagus untuk mencoba dan mengetahui produk mana yang paling cocok untuk Anda serta seberapa besar manfaat yang dapat Anda peroleh untuk Anda dan klien Anda.

Jika Anda tertarik, silakan kirimkan email balasan atau hubungi saya. Kami akan menjelaskan semua detailnya dan membantu Anda untuk memulainya.

Salam,

[Nama agen CS]

14. Reminder

Reminders, Updates, and Notifications

Memiliki pelanggan tahunan merupakan hal baik. Namun, lebih dari 350 hari, dan mereka belum menyatakan minat untuk memperbarui langganan mereka. Hal ini sangat disayangkan.

Jadikan momen saat ini sebagai kesempatan sempurna untuk mengirimkan pesan pengingat perpanjangan langganan. Kemungkinan besar mereka hanya lupa atau mungkin mereka masih meragukan keputusan tersebut. Bagaimanapun, pengingat yang lembut dapat membantu mengarahkan mereka pada langkah yang tepat.

Contoh template pesan renewal reminder:

Hai [Nama Pelanggan],

Kami harap semuanya baik-baik saja dengan Anda dan Anda telah mengalami tahun yang luar biasa dalam menggunakan produk kami.

Kami melihat bahwa langganan tahunan Anda akan berakhir pada [tanggal kadaluarsa]. Apakah Anda tertarik untuk memperbarui langganan Anda?

Jika Anda sedang mempertimbangkan pilihan Anda, kami ingin berbicara lebih lanjut dengan Anda untuk membantu Anda dalam mengambil keputusan. Jika Anda tertarik untuk meningkatkan ke produk baru, kita juga dapat membahasnya.

Kami sangat berharap mendengar kabar dari Anda segera.

Salam,

[Nama agen CS]

15. Template Email Apresiasi Telah Memberikan Feedback

Collecting Customer Feedback

Jika pelanggan Anda menyisihkan waktu untuk menanggapi kuesioner Anda, sangat penting untuk memberikan penghargaan untuk mereka. Salah satunya dengan mengirimkan email ucapan terima kasih. Hal ini dapat membuat mereka senang dan memperkuat hubungan pelanggan yang lebih kuat.

Berikut adalah contoh template email yang dapat Anda gunakan:

Halo [Nama Pelanggan],

Kami ingin mengucapkan terima kasih banyak atas kesediaan Anda meluangkan waktu untuk mengisi kuesioner kami. Kami sangat menghargai partisipasi Anda dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan yang kami tawarkan, dan kami berterima kasih karena telah menjadi bagian dari proses ini.

Pendapat dan feedback Anda sangat berarti bagi kami. Kami akan mempelajari dengan cermat setiap tanggapan yang Anda berikan untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan kami.

Terima kasih sekali lagi atas kontribusi Anda dan kepercayaan yang Anda berikan kepada kami.

Salam,

[Tim brand Anda]

Baca juga: 11 Feedback Management System Terbaik Tahun 2023

Contoh Template Dialog Customer Service

Terakhir, sebagian pelanggan lebih suka menghubungi customer service melalui panggilan telepon. Oleh karena itu, seorang agen CS harus siap menjawab semua pertanyaan yang mereka ajukan.

Sebelum itu, agen CS mungkin bisa melihat contoh template dialog customer service berikut untuk mempelajari percakapan yang umum dilakukan dengan pelanggan:

16. Contoh Template Customer Service Menangani Komplain Pelanggan

Customer support: Selamat pagi, saya Khalisa dari SepadaNet. Ada yang bisa saya bantu?

Pelanggan: Hallo, saya mau mengajukan komplain terkait internet saya.

Customer support: Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda. Masalah apa yang terjadi?

Pelanggan: Internet saya mengalami gangguan. Berulang ulang kali jaringannya putus nyambung. Kalaupun aktif, kecepatannya sangat lambat.

Customer support: Baik, mohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut. Kami bantu melakukan pengecekan ya. Mohon izin sebelumnya, boleh saya tahu nomor pelanggan Anda?

Pelanggan: Ya, nomornya 123456789

Customer support: Terimakasih. Mohon tunggu sebentar… Setelah melakukan pengecekan, sistem kami melaporkan terjadi gangguan di area sekitar Anda dan saat ini kami sedang memperbaikinya. Proses perbaikan diperkirakan akan memakan waktu 6 sampai 8 jam.

Pelanggan: Serius? Kok lama sekali ya?

Customer support: Mohon maaf, saya paham ini sangat mengganggu kenyaman Anda. Namun, gangguan yang terjadi saat ini cukup besar, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memperbaikinya.untuk membuatnya kembali ke normal. Kami akan memberitahu Anda melalui surel segera setelah gangguannya diperbaiki

Pelanggan: Baiklah kalau begitu.

Customer support: Apakah ada lagi yang bisa saya bantu?

Pelanggan: Tidak terima kasih.

Customer service: Sekali lagi, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terima kasih telah menghubungi kami.

17. Contoh Template Customer Service Membantu Proses Pemesanan

Customer support: Selamat pagi, saya Khalisa dari Aura Bank. Ada yang bisa saya bantu?

Pelanggan: Saya ingin memesan paket hemat.

Customer support: Baik. Saya akan membantu. Bisa dibantu untuk pemesanannya apa saja?

Pelanggan: Saya ingin pesen 1 paket kombo, 1 ice cream vanila sama kopi susu 1 ya.

Customer support:: Baik, ada lagi?

Pelanggan: Tidak, itu saja.

Customer support: Baik, saya ulangi pesanannya 1 paket kombo, 1 ice cream vanila sama kopi susu 1.

Pelanggan: Iya benar.

Customer support: Bisa dibantu nama dan alamat lengkapnya untuk pengirimannya?

Pelanggan: Atas nama Shelia di gedung A jl. Ahmad Yani Selatan Depok.

Custor support: Baik, ada lagi saya bantu?

Pelanggan: Tidak ada.

Customer support: Baik, pesanannya akan segera kami proses. Mohon tunggu 15-20 menit.

Pelanggan: Okey.

Customer support: Baik terima kasih telah melakukan pemesanan.

Manfaatkan Template Customer Service untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

Demikian contoh template customer service yang bisa digunakan untuk mendukung layanan pelanggan. Dengan menggunakan template tersebut, proses layanan pelanggan menjadi lebih cepat, sehingga pelanggan menjadi lebih puas.

Agar miningkatkan kecepatan respon pelanggan, Anda juga bisa menggunakan aplikasi omnichannel. Aplikasi ini menghubungkan semua saluran komunikasi yang bisnis gunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Dengan begitu, tidak ada satupun pesan pelanggan terlewat.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi Omnichannel terbaik di Indonesia. Mekari Qontak dapat menghubungkan WhatsApp, Instagram, Email, call center dan aplikasi populer lainnya dalam satu dasbor. Hal ini memudahkan Anda untuk memantau aktivitas layanan pelanggan.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan dan telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

WhatsApp WhatsApp Sales