Daftar isi
7 min read

Meta AI di WhatsApp: Fitur Canggih untuk Chatting

Tayang 25 Juni 2024
Diperbarui 15 Juli 2024
Perkenalkan Fitur Meta AI terbaru di WhatsApp
Meta AI di WhatsApp: Fitur Canggih untuk Chatting

Meski baru tersedia di beberapa negara, kehadiran Meta AI sayang dilewatkan karena dapat membuat percakapan di WA menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

Pasalnya, Meta AI memungkinkan pengguna untuk membuat karakter unik, mengajukan pertanyaan dan mendapatkan rekomendasi relevan, hingga membuat gambar di chat WhatsApp.

Cara penggunaannya juga relatif mudah, Anda cukup memasukkan prompt tertentu seperti di chat GPT, kemudian program AI akan membuatnya sesuai dengan yang Anda inginkan dalam hitungan detik.

Mengutip dari laman Facebook, saat ini Meta AI hanya tersedia dalam bahasa Inggris di negara-negara berikut Australia, Kanada, Ghana, Jamaika, Malawi, Selandia Baru, Nigeria, Pakistan, Singapura, Afrika Selatan, Uganda, Zambia, dan Zimbabwe.

Tertarik untuk menggunakan fitur Meta AI di WhatsApp? Silahkan baca cara mengaksesnya pada artikel berikut ini.

Fitur-fitur Utama Meta AI di WhatsApp:

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa Meta AI kini hadir di aplikasi WhatsApp. Sebelum menggunakannya, ada baiknya untuk Anda mengenal fitur-fitur yang Meta AI tawarkan. Dengan begitu, bisa menggunakannya secara optimal.

Berikut beberapa fitur Meta AI yang bisa digunakan pada aplikasi WA:

Pembuatan Gambar

Sumber: Facebook

Fitur pertama memumgkinkan pengguna untuk membuat gambar AI. Pengguna bisa memberikan prompt teks untuk mendesain gambar kreatif dengan berbagai rasio sesuai keinginan mereka.

Sementara untuk membuat gambar AI di WhatsApp, bisa mengikuti langkah berikut:

  • Buka obrolan di mana Anda ingin menghasilkan gambar
  • Ketik “@” di kolom tulis pesan yang diikuti dengan “/imagine”
  • Masukkan prompt teks yang sesuai dengan gambar yang ingin Anda buat
  • Kirim pesan tersebut
  • Meta AI akan menghasilkan gambar berdasarkan permintaan Anda
  • Anda juga dapat memperbarui gambar yang sudah dibuat sebelumnya dengan membalas pesan gambar dengan prompt teks baru

Dalam contoh yang dibagikan oleh Meta, seorang pengguna mengetik prompt, “Bayangkan sebuah pertandingan sepak bola di Mars.”

Kemudian Meta AI menghasilkan beberapa gambar yang cepat berubah mulai dari pemain sepak bola biasa yang dilanjutkan penampakan seluruh lapangan sepak bola di lanskap Mars.

Berkomunikasi dalam obrolan grup yang sudah ada

Sumber: Facebook

Tidak hanya digunakan untuk percakapan personal, pengguna juga bisa mengajak Meta AI untuk berdiskusi dalam grup WhatsApp. Cukup dengan menambahkan “@MetaAI”, pengguna bisa berinteraksi dalam grup WA.

Sebagai contoh, dalam diskusi grup WA, pengguna mengundang @MetaAI untuk memberikan saran atau ide itinerary perjalanan akhir pekan atau resep pasta untuk makan malam.

Ikuti langkah berikut untuk mengajak Meta AI berdiskusi dalam grup:

  • Buka obrolan grup yang diinginkan di WhatsApp
  • Ketik “@” di bidang pesan dan pilih “Meta AI” dari daftar saran
  • Ketik pertanyaan atau permintaan Anda dan kirim pesan tersebut
  • Meta AI akan memberikan respons yang akan terlihat oleh semua anggota grup

Penting untuk dicatat bahwa Meta AI hanya dapat membaca dan merespons pesan yang menyebutkan “@Meta AI”. Artinya Meta tidak dapat mengakses atau menjawab pesan lain dalam obrolan grup.

Tanya jawab dan rekomendasi

Layaknya penggunaan Chat GPT, pengguna dapat bertanya apapun kepada Meta AI. Kemudian fitur pencarian, Meta akan mencari jawaban yang relevan, termasuk merekomendasikan sesuatu kepada pengguna.

Kemampuan Meta AI tersebut bisa pengguna manfaatkan untuk melakukan riset topik, mengeksplorasi minat, mendapatkan saran tentang cara melakukan sesuatu, dan mempelajari hobi baru.

Memperkuat koneksi

Saat Meta AI diaktifkan, Anda dapat menciptakan karakter unik yang membuat percakapan di WhatsApp lebih menyenangkan. Begitu juga saat membutuhkan bantuan, Meta AI dapat merekomendasikan konten yang relevan untuk dibagikan ke kolega pengguna.

Dengan kemampuan tersebut, pengguna bisa menjalin komunikasi lebih personal dengan kolega mereka. Dengan begitu, tercipta hubungan lebih dekat.

Baca juga: Metaverse AI: Produk Terbaru Meta, Pesaing Chat GPT

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Meta AI di WhatsApp

Meskipun belum tersedia di Indonesia, tidak ada salahnya untuk Anda mengetahui cara pemakaiannya. Sebab, lambat laun Meta akan merilis produk AI mereka di semua negara tempat mereka layani, termasuk Indonesia.

Jika nanti sudah tersedia di Indonesia, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengakses Meta AI pada WhatsApp:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Klik ikon “plus atau obrolan baru” pada pojok kanan bawah untuk memulai percakapan
  • Pilih “Meta AI”
  • Baca dan terima “Syarat dan Ketentuan”, jika diminta

Beberapa pengguna yang telah mendapatkan akses, bisa langsung klik ikon “lingkaran biru” Meta AI untuk memulai obrolan dengan chatbot Meta AI.

Setelah terhubung dengan Meta AI, maka Anda dapat berinteraksi dengan mengirimkan pesan seperti dalam percakapan WhatsApp biasa.

Meta AI dapat memahami dan merespon berbagai jenis topik, menjawab pertanyaan, memberikan rekomendasi, hingga berdiskusi terkait minat, peristiwa terkini, atau topik lain yang menarik bagi Anda.

Baca juga: Cara Cepat Membuat WhatsApp Bot Indonesia

Kelebihan Penggunaan Meta AI di WhatsApp

Seperti disebutkan sebelumnya, Meta AI pada WhatsApp dapat membuat percakapan lebih menarik. Selain hal tersebut, ada kelebihan lain dari penggunaan Meta AI di WA, seperti berikut:

Komunikasi lebih efisien

Salah satu keunggulan fitur AI pada WhatsApp adalah menjawab semua pertanyaan yang pengguna ajukkan. Pengguna cukup menuliskan pertanyaan pada kolom chat, kemudian Meta AI akan memberikan jawaban relevan, seputar olahraga, hiburan, dan berita terkini.

Kemampuan tersebut membuat komunikasi yang terjalin lebih efisien. Sebab pengguna tidak perlu berpindah aplikasi untuk mencari berita relevan yang ingin dibahas.

Meningkatkan Kreativitas

Selain berbagi berita terkini, fitur AI pada WhatsApp juga bisa menghasilkan gambar dalam sekejap. Setiap huruf yang pengguna masukkan akan membantu menampilkan gambar baru secara realtime.

Dengan adanya gambar AI, percakapan di WhatsApp menjadi lebih atraktif. Pengguna juga bisa bebas berkreasi agar suasana percakapan menjadi lebih menyenangkan.

Personalisasi

Dengan fitur Meta AI, pengguna tidak perlu lagi khawatir untuk memulai percakapan dengan teman, keluarga atau kolega mereka. Sebab saat pengguna kehabisan kata, Meta AnI akan membantu menyusun pesan yang relevan dengan mereka.

Meta AI akan memberikan beberapa opsi yang dipilih oleh pengguna untuk tetap terhubung dengan kolega mereka. Termasuk mengedit pesan tersebut agar lebih personal.

Kekurangan Penggunaan Meta AI di WhatsApp

Meskipun memiliki banyak kelebihan, fitur Meta AI bukan tanpa kekurang. Berikut beberapa kekurangan yang banyak orang khawatirkan saat menggunakan fitur Meta AI pada WhatsApp:

Keterbatasan pemahaman konteks

Teknologi yang terdapat Meta AI tergolong baru dan terus dikembangkan. Oleh karena itu, masih memiliki beberapa kekurangan terutama dalam mengidentifikasi konteks dan pertanyaan yang acap kali gagal.

Teknologi Meta AI juga rentan terhadap bias, halusinasi, penalaran logis, kreativitas, dan pertimbangan etika. Termasuk tidak akan merespon pertanyaan politik selama masa pemilihan.

Sebagai contoh, dalam suatu peristiwa, Meta AI mengidentifikasi pertanyaan tentang olahraga sebagai pertanyaan politik dan menolak untuk menjawab. Setelah maksud pertanyaan tersebut diklarifikasi, baru Meta AI memberikan respon tepat.

Privasi dan keamanan data

Layaknya program AI lainnya, banyak orang meragukan keamanan dari penggunaan Meta AI. Sebab, berbeda dengan obrolan WhatsApp biasa yang terenkripsi end-to-end, percakapan dengan Meta AI tidak memiliki perlindungan privasi yang sama.

Meta memerlukan data untuk melatih dan meningkatkan AI-nya, yang berarti percakapan Anda mungkin digunakan untuk membuat bot menjadi lebih cerdas.

Namun, Meta memastikan bahwa program AI mereka hanya dapat membaca yang menyebutkan @Meta AI, bukan yang lainnya. Meta AI juga tidak dapat dimasukkan ke dalam obrolan pribadi oleh Meta atau WhatsApp.

Meta menjamin pesan dan panggilan pribadi Anda tetap terenkripsi end-to-end, artinya tidak ada WhatsApp atau Meta yang bisa melihat atau mendengarnya.

Ketergantungan pada teknologi

Penggunaan Meta AI dapat membawa risiko lain, yaitu ketergantungan pada teknologi, yang dapat berdampak pada kemampuan seseorang untuk berkomunikasi secara mandiri.

Penggunaan Meta AI yang berlebihan mungkin bisa membuat seseorang kurang terampil dalam mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan secara spontan, atau mengembangkan ide secara independen tanpa bantuan AI.

Begitu juga dalam memecahkan masalah dan kreativitas, karena terlalu mengandalkan meta AI dalam situasi-situasi yang seharusnya memerlukan pemikiran kreatif atau analisis lebih mendalam.

Coba Fitur Meta AI Terbaru Pada WhatsApp Sekarang

Hadirnya fitur Meta AI di WhatsApp bisa membuat percakapan lebih menyenangkan dengan karakter dan gambar unik. Pengguna juga bisa mengajukan pertanyaan apapun, Meta AI akan merespon dengan berita terkini dan relevan.

Selain itu, pengguna juga bisa mengajak @MetaAI untuk berdiskusi di grup WhatsApp. Sayangnya, fitur AI in hanya tersedia di beberapa negara saja. Sementara di Indonesia belum tersedia untuk saat ini.

Namun, Anda tetap bisa menggunakan fitur AI di WhatsApp dengan menggunakan Chatbot dari Mekari Qontak. Chatbot AI Mekari Qontak terintegrasi dengan Chat GPT dan NLP yang mampu memahami percakapan dan merespon layaknya manusia.

Penggunaan chatbot AI membantu bisnis untuk memberikan layanan dan keterlibatan pelanggan yang dipersonalisasi, efisien, dan 24/7.

Konsultasikan Kebutuhan Bisnis Anda dengan tim Mekari Qontak secara gratis melalui link berikut.

Referensi

Kategori : ChatbotWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales