Daftar isi
5 min read

Begini Cara Gunakan Chat Lock WhatsApp untuk Sembunyikan Pesan di WA

Tayang 13 Juni 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Cara Gunakan Chat Lock WhatsApp untuk Sembunyikan Pesan
Begini Cara Gunakan Chat Lock WhatsApp untuk Sembunyikan Pesan di WA

WhatsApp meluncurkan fitur chat lock. Fitur terbaru WhatsApp ini memberikan perlindungan tambahan untuk melindungi percakapan pribadi Anda dengan keamanan tambahan. Pengguna bisa menyembunyikan percakapan pribadinya dalam folder khusus yang hanya bisa diakses melalui password.

WhatsApp yakin bahwa chat lock akan melindungi privasi penggunanya, terutama dari peretas yang menyadap akun WA Anda. Namun, bagi sebagian orang pesimis fitur WhatsApp ini justru disalahgunakan untuk kepentingan negatif seperti berbohong atau menyembunyikan kejahatan lainnya.

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba fitur chat lock WhatsApp ini, sehingga tahu apakah berguna untuk Anda atau justru merugikan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut.

Apa itu Chat Lock WhatsApp?

Chat Lock WhatsApp adalah fitur terbaru WhatsApp yang memberikan perlindungan ke pengguna agar terhindar dari perentan. Fitur ini menjaga agar pesan mereka tetap aman dan privat.

Pesan-pesan WhatsApp akan dihapus dari tampilan kotak masuk. Sebagai gantinya, pesan tersebut akan dimasukkan ke dalam folder terpisah yang hanya dapat diakses dengan memasukkan kata atau melakukan verifikasi biometrik seperti sidik jari atau pemindaian wajah.

Selain itu, notifikasi pesan yang masuk tidak akan ditampilkan pada layar seperti biasanya. Namun notifikasi tersebut disembunyikan dan hanya ditampilkan sebagai “1 pesan baru”, sehingga memastikan keamanan dan privasi pesan yang diterima.

Fungsi Chat Lock WhatsApp

Fungsi utama chat lock WA adalah memberikan rasa aman untuk pengguna saat tidak dekat dengan ponsel mereka. Sebab pesan personal mereka tidak akan bisa diintip atau dibaca oleh siapa pun.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari fitur chat lock WhatsApp:

  • Fitur chat lock dapat digunakan untuk mengunci obrolan secara individual maupun obrolan grup.
  • Orang lain tidak bisa mengakses percakapan yang telah pengguna kunci sebelumnya.
  • Pengguna bisa mengunci obrolan secara permanen.
  • Terdapat pilihan penguncian obrolan menggunakan PIN atau biometrik seperti sidik jari atau pemindaian wajah.
  • Notifikasi pesan masuk bisa disembunyikan.
  • Obrolan yang telah dikunci dapat dipindahkan ke bagian “locked chat” sehingga lebih mudah untuk mengaksesnya secara terpisah.
  • Keamanan dan privasi obrolan pengguna lebih terjaga.

Bagaimana Cara Menggunakan Chat Lock WhatsApp?

Berikut cara mengaktifkan chat lock WhatsApp untuk menyembunyikan dari orang lain:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Kemudian, klik info profil pengguna yang ingin pesannya disembunyikan.
  3. Ketuk “Chat Lock”.
  4. Selanjutnya, Klik opsi “Kunci Chat ini dengan sidik jari” atau “Kunci Chat ini dengan ID Wajah” dan konfirmasi dengan memindai sidik jari atau pemindahan wajah.
  5. Ketuk “View” untuk melihat folder chat yang dikunci.
  6. Setelah menyelesaikan langkah di atas, maka pesan atau percakapan yang dikunci otomatis akan berpindah ke folder “Chat Lock.”

Cara Menggunakan Chat Lock WhatsApp

Baca juga: 6 Cara Backup WhatsApp yang Mudah di Berbagai Perangkat

Cara Melihat dan Mematikan Fitur Chat Lock WhatsApp

Setelah mengaktifkan chat lock WhatsApp, Anda bisa melihat apakah fitur terbaru WA tersebut sudah bekerja dengan memeriksanya pada folder chat. Selain itu, Anda juga bisa mematikan fitur chat lock WA jika merasa tidak membutuhkannya lagi.

Cara Melihat Fitur Chat Lock WhatsApp

Berikut cara melihat pesan atau obrolan yang disembunyikan chat lock WA:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Kemudian scroll ke bawah hingga menemukan folder chat lock.
  3. Konfirmasi melalui sensor sidik jari atau memindai wajah.
  4. Buka pesan yang ingin dilihat atau tulis pesan untuk pengguna tersebut.

Cara Melihat Fitur Chat Lock WhatsApp

Baca juga: 3 Cara Memindahkan WhatsApp ke Hp Baru dengan Nomor Sama

Cara Mematikan Fitur Chat Lock WhatsApp

Untuk mematikan fitur chat lock sangat mudah, Anda cukup mengikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Tekan folder chat lock.
  3. Pilih obrolan dan profil pengguna lainnya yang ingin dinonaktifkan chat lock.
  4. Geser opsi aktifkan chat lock ke kiri hingga berwarna gelap.
  5. Konfirmasi melalui sensor sidik jari atau memindai wajah.

Cara Mematikan WhatsApp Chat Lock

Baca juga: Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Tanpa Repot

Kelebihan dan Kekurangan Chat Lock WhatsApp

Setiap produk yang diluncurkan suatu brand tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali Chat Lock WA. Berikut kelebihan dan kekurangan fitur terbaru fitur terbaru WhatsApp ini adalah

Kelebihan Chat Lock WhatsApp

Kelebihan utama chat lock WA adalah memberikan perlindungan untuk obrolan privasi pengguna. Mereka tidak perlu khawatir lagi untuk meninggalkan atau meminjamkan smartphone mereka ke teman atau anggota keluarga.

Selain itu, pengguna juga bisa leluasa membuka chat mereka di mana saja. Sebab pesan privat telah disembunyikan dan dan tetap aman sampai Anda membukanya kembali menggunakan password.

Sementara itu, saat menghadapi masalah seperti salah memasukkan pin ketika membuka folder chat lock, pengguna tidak perlu khawatir. Cukup hubungi layanan pelanggan WhatsApp. Mereka memberikan bantuan terkait masalah apa pun yang Anda hadapi.

Kekurangan Chat Lock WhatsApp

Meski memberikan kelebihan, chat lock WA juga memiliki celah. India Today melaporkan jika pengguna meninggalkan folder chat lock terbuka dan lupa menutupnya, siapa pun yang membuka aplikasi WhatsApp Anda akan dapat melihat obrolan pribadi Anda.

Oleh karena itu, pastikan untuk menutup folder sebelum menutup aplikasi WhatsApp setelah men. Penting juga untuk selalu mengunci ponsel, sebab fitur chat lock WA ini tidak secara otomatis aktif. Hal ini mungkin disebabkan oleh WhatsApp error atau ada celah keamanan yang dapat diperbaiki oleh platform perpesanan melalui pembaruan aplikasi.

Baca juga: Ini Dia Cara Mengunci WhatsApp di Android dan iOS, Dijamin Aman

Aktifkan Chat Lock WhatsApp untuk Lindungi Privasi Anda Sekarang

Fitur terbaru WhatsApp chat lock dirancang untuk melindung privasi penggunannya dengan memberikan keaman ganda. Pengguna bisa memiliki pesan yang ingin disembunyikan dalam folder chat lock, sehingga menghindari orang lain membaca pesan tersebut.

Sementara itu, untuk penggunaanya juga relatif mudah seperti yang disebutkan sebelumnya. Meski begitu, bukan berarti fitur terbaru WhatsApp ini tanpa celah. Orang lain tetap bisa membaca pesan yang disembunyikan saat pengguna lupa untuk menutup aplikasi.

Di sisi lain, Anda juga bisa menggunakan produk WhatsApp lain untuk memiliki pengalaman berbeda. WhatsApp Business API dirancang untuk kebutuhan bisnis dalam penjualan, pemasaran hingga layanan pelanggan. Untuk menggunakan WA API perlu mendaftarkan diri ke BSP WhatsApp resmi.

Mekari Qontak merupakan BSP WhatsApp resmi terbaik di Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikan WhatsApp API dengan Omnichannel dan sistem CRM yang mempermudah serta mempercepat bisnis Anda.

Lebih dari 3500 perusahaan telah mempercayai Mekari Qontak untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan mereka. Selain itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Yuk, Coba Demo Gratis WhatsApp Business API Mekari Qontak sekarang juga!

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales