Mekari Qontak
Insight Other Business

Cara Mudah Mematikan Centang Biru WhatsApp

centang biru whatsapp

Aplikasi chatting WhatsApp memiliki beragam fitur pendukung pesan yang menarik untuk digunakan. Salah satunya adalah tanda centang biru WhatsApp atau dikenal dengan fitur ‘Read Reciepts’.

Tanda centang biru atau blue tick ini dapat Anda temukan saat Anda mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp orang lain, di mana Anda dapat mengetahui apakah pesan Anda sudah dibaca atau belum.

Namun, bagaimana cara mengaktifkan centang biru WA ini? Dan bagaimana cara mematikan centang biru WhatsApp? Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasannya di artikel berikut inI!

Image CTA API WhatsApp


Apa Itu Centang Biru WhatsApp?

Centang biru WhatsApp adalah tanda yang menunjukkan bahwa penerima pesan telah membaca pesan yang Anda kirimkan kepadanya.

Saat Anda melihat dua centang biru pada sebuah pesan yang Anda kirimkan, itu berarti penerima telah membuka chat Anda dan telah melihat apa yang Anda kirimkan kepada mereka.

Tidak hanya untuk pesan individual, namun hal ini juga berlaku untuk pesan yang dikirimkan ke dalam grup.

Anda akan memperoleh tanda centang biru saat semua anggota dalam grup telah membaca pesan yang Anda kirim dalam grup. Ini merupakan cara memeriksa laporan dibaca pada WhatsApp.

Gambaran Centang Biru WhatsApp

Baca Juga: Cara Mengatasi WhatsApp Error dan Kenali Penyebabnya


Bagaimana Cara Mematikan Centang Biru di WhatsApp?

Sebagai informasi, fitur ‘Read Reciepts’ ini sebenarnya sudah otomatis hidup ketika kita pertama kali menggunakan WhatsApp. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mencari cara membuat centang biru di WA, kecuali jika Anda pernah mematikan fitur tersebut.

Malahan, jika Anda justru merasa terganggu dengan adanya fitur tersebut, Anda bisa mematikan fitur laporan dibaca tersebut. Lalu, bagaimana cara mematikan centang biru di WhatsApp?

Caranya tidak jauh beda dengan cara membuat centang biru di WA. Anda hanya perlu mengikuti saja langkah-langkah yang sama saat membuat centang biru. Namun, bedanya Anda hanya perlu mengubah toggle pada opsi ‘Laporan Dibaca’ ke arah kiri hingga berubah menjadi off.

Cara Mematikan Centang Biru di WhatsApp


Bagaimana Cara Mendapatkan Centang Biru WhatsApp?

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan tanda centang biru WA, kini saatnya untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan blue tick di akun WA. Di mana terdapat dua cara mengaktifkan centang biru WA, yakni di perangkat iOS dan Andorid.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara membuat centang biru di WhatsApp:

Cara Mengaktifkan Centang Biru WA di iOS

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP Anda
  2. Pilih menu Settings > Account
  3. Kemudian klik menu Privacy
  4. Lalu nyalakan Read Reciepts atau Laporan Dibaca dengan cara mengklik toggle hingga menjadi hijau (on)
  5. Centang Biru WA Anda sudah dapat digunakan!

Cara Mengaktifkan Centang Biru WA di iOS

Cara Mengaktifkan Centang Biru WA di Android

  1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Android Anda
  2. Pilih menu Settings atau tanda titik tiga yang ada di bagian atas kanan layar Anda dan pilih menu Account
  3. Kemudian klik menu Privacy
  4. Lalu nyalakan Read Reciepts atau Laporan Dibaca dengan cara mengklik toggle hingga menjadi hijau (on)
  5. Centang Biru WA Anda sudah dapat digunakan!

Cara Mengaktifkan Centang Biru WA di Android

Baca Juga: Cara Membuat Pesan Balas Cepat WhatsApp, Dijamin Berhasil!


Apa Perbedaan Centang Biru dengan Centang Hijau WhatsApp?

Centang biru WA merupakan setelan dasar yang otomatis diperoleh oleh seluruh pengguna WhatsApp di berbagai perangkat, namun centang hijau WhatsApp hanya dapat diperoleh oleh akun bisnis resmi (WhatsApp Business API) yang telah memenuhi beberapa persyaratan khusus dari WhatsApp terlebih dahulu.

Centang hijau pada akun bisnis WhatsApp API  menandakan bahwa akun tersebut telah terverifikasi sebagai akun bisnis resmi perusahaan yang bersangkutan dan dijamin keaslian bisnisnya.

Untuk mendapatkan centang hijau, Anda perlu mengajukan akun bisnis Anda kepada pihak WhatsApp melalui official partner WhatsApp di negara yang bersangkutan. Misalnya seperti Mekari Qontak.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp


Nyalakan Centang Biru WhatsApp Anda Sekarang!

WhatsApp API Mekari Qontak

Itu dia pembahasan tentang bagaimana cara mengaktifkan centang biru WA yang dapa Anda ikuti, baik melalui perangkat iOS maupun Android sekalipun. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Selain mengaktifkan centang biru WA, Anda juga dapat mengaktifkan tanda centang hijau di akun WhatsApp bisnis Anda, terlebih jika Anda memiliki akun bisnis yang ingin dikembangkan. Namun, perlu diingat bahwasanya, tanda centang hijau WhatsApp hanya dapat Anda peroleh melalui mitra resmi WhatsApp API di negara terkait.

Mekari Qontak menyediakan WhatsApp API yang dapat dilengkapi dengan tanda centang hijau dan berbagai fitur canggih lainnya seperti WhatsApp blast yang dapat memaksimalkan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan berbagai sistem bisnis, seperti CRM dan Omnichannel untuk mempercepat bisnis Anda.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales