Mekari Qontak
Other Business

WhatsApp OTP: Cara Menggunakan dan Perbedaannya dengan SMS

WhatsApp API Qontak by Mekari

Saat ingin masuk ke sebuah aplikasi atau platform, Anda mungkin pernah dimintai kode OTP (one-time password) untuk memverifikasi kebenaran akun Anda bukan? Biasanya OTP dikirimkan melalui SMS, namun tahukah Anda kalau ternyata Anda juga dapat menggunakan WhatsApp OTP?

Namun, apa itu WhatsApp OTP? Bagaimana cara menggunakannya? Dan apa perbedaannya dengan SMS OTP?

Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak pembahasan lengkap tentang OTP WA di bawah ini!

4 cara mudah menggunakan OTP di WhatsApp:

  1. Pastikan Anda sudah memiliki akun WA API yang disediakan oleh BSP resmi
  2. Buka chat panel Qontak
  3. Gunakan template OTP yang telah tersedia atau kustom sesuai dengan kebutuhan
  4. Kirimkan OTP kepada pengguna secara otomatis

Image CTA WhatsApp API


Apa Itu WhatsApp OTP?

WhatsApp OTP adalah fitur sederhana yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan keamanan melalui verifikasi pengguna dan validasi nomor WA mereka.

Dengan menggunakan WA OTP, Anda dapat merampingkan alur kerja untuk proses verifikasi dan meningkatkan efisiensi dengan menyaring prospek yang tidak potensial, serta menciptakan ruang untuk komunikasi yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mendapatkan WhatsApp enterprise


Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp OTP?

Cara menggunakan WA OTP sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, namun sebelum itu, Anda perlu memiliki akun WhatsApp API terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara menggunakan WA OTP:

1. Pastikan Anda sudah memiliki akun WhatsApp API yang disediakan oleh BSP

WhatsApp API Mekari Qontak

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat OTP adalah dengan menggunakan WA API resmi dari Business Solution Partner seperti Mekari Qontak.

Apabila Anda belum memiliki akun WA API, maka Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda ke Mekari Qontak. Tim Qontak nantinya akan membantu seluruh proses pendaftaran hingga selesai.

2. Buka chat panel Qontak

Jika Anda sudah memiliki akun WA Business API, maka Anda dapat melanjutkan dengan membuka chat panel Qontak untuk membuat kode OTP WA sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Gunakan template OTP yang telah tersedia atau kustom sesuai dengan kebutuhan

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan template OTP yang telah tersedia atau membuatnya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau kesulitan saat membuat template kode OTP WhatsApp, jangan ragu untuk segera menghubungi tim kami. Karena tim Qontak akan siap membantu Anda!

4. Kirimkan OTP kepada pengguna secara otomatis

Apakah Anda sudah melakukan tiga langkah membuat WA OTP di atas? Jika sudah, ini saatnya untuk Anda mengirimkan kode OTP tersebut secara otomatis ke nomor WhatsApp pengguna.


Apa Perbedaan WhatsApp OTP dan OTP SMS?

Penggunaan OTP secara umum dapat membantu memastikan bahwa pengguna adalah orang yang memang berhak mengakses aplikasi atau platform tertentu. Sederhananya, ini memastikan keamanan akun pengguna dapat terjamin dengan baik.

Adapun jenis OTP yang paling umum digunakan adalah OTP SMS. Namun, tahukah Anda kalau ternyata terdapat juga fitur OTP WhatsApp? Lalu, apa perbedaan fitur OTP SMS dan OTP WA?

Perbedaan utama antara WA OTP dan OTP SMS adalah ada dan tidaknya enkripsi yang menjamin keamanan informasi kode OTP yang diberikan.

Pasalnya, OTP SMS tidak dilengkapi dengan teknologi enkripsi yang membuatnya menjadi lebih rentan dengan kejahatan seperti penyadapan. Sementara OTP di WhatsApp dilindungi dengan teknologi enkripsi yang menjamin keamanan informasi kode yang berikan.

Selain itu, penggunaan OTP di WA juga dapat memberikan manfaat lainnya, seperti memperkuat otentikasi, meningkatkan kepercayaan dan keamanan, kemampuan pengiriman yang konsisten, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Membuat Pesan Balas Cepat WhatsApp, Dijamin Berhasil!


Gunakan WhatsApp OTP Sekarang Juga!

Logo Mekari Qontak

Itu dia perbedaan WA OTP dan OTP SMS, serta bagaimana cara menggunakan WA OTP yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan keamanan layanan bisnis Anda.

Namun, Anda perlu ingat bahwasanya fitur WA OTP hanya dapat diperoleh melalui BSP resmi seperti Mekari Qontak.

Selain memiliki fitur OTP, WA API Qontak juga memiliki berbagai fitur canggih lainnya yang dapat mendukung bisnis. Misalnya seperti WA Blast, Centang Hijau, Integrasi, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga menyediakan berbagai aplikasi penunjang bisnis lainnya yang dapat bekerja sebagai solusi end-to-end untuk bisnis Anda. Jadi tunggu apa lagi?

Yuk, coba demo WhatsApp API Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales