Mekari Qontak
Customer Service

10 Cara Efektif Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

CES- cara meningkatkan kepuasan pelanggan

Begini Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan yang Wajib Bisnis Ikuti!

Kepuasan pelanggan adalah faktor yang paling penting bagi perkembangan bisnis. Sebab pelanggan yang puas cenderung akan kembali melakukan repeat order atau merekomendasikannya ke orang lain. Sayangnya, sebagian pebisnis bingung bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan.

Pada dasarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan seperti kualitas produk dan layanan. Selain faktor-faktor tersebut, masih banyak cara meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk lebih jelasnya simak strategi meningkatkan kepuasan pelanggan pada artikel di bawah ini.

Aplikasi Customer Service


Apa saja Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, yaitu sebagai berikut:

– Kualitas produk

Setiap pelanggan pasti mengharapkan produk yang dibeli memiliki kualitas produk yang sesuai dengan yang dijanjikan. Oleh karena itu, Anda harus konsisten menjaga kualitas produk supaya tidak mengecewakan pelanggan. Jika perlu ditingkatkan sehingga melebihi ekspektasi pelanggan Anda.

– Layanan pelanggan (customer service)

Faktor berikutnya adalah kualitas layanan pelanggan.Misalnya dengan menggunakan aplikasi customer service. Pasalnya dengan memberikan layanan yang baik, pelanggan akan merasa nyaman dan terjalin hubungan dengan pelanggan yang lebih dekat.

Kualitas layanan pelanggan ini dipengaruhi oleh kecepatan, ketepatan dan keramahan tim customer service.

Rekomendasi: 15 Aplikasi Customer Service Terbaik di Indonesia

– Harga yang ditawarkan

Sebagian pelanggan ragu untuk membeli produk dengan harga mahal. Sebab mereka takut dikecewakan produk yang diterima memiliki kualitas tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Sebaliknya pelanggan tidak akan berekspektasi tinggi jika harganya murah. Oleh karena itu, besarnya harga yang Anda tawarkan akan mempengaruhi kepuasan pelanggan.

– Aksesibilitas

Kemudahan pelanggan untuk mengakses atau mendapatkan produk Anda adalah mutlak bagi pelanggan. Alasannya pelanggan cenderung menghindari membeli produk yang sulit ditemukan atau didapatkan.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan?

Cara meningkatkan kepuasan pelanggan ada beragam tergantung kebutuhannya. Cobalah untuk mengikuti cara meningkatkan kepuasan pelanggan berikut ini:

1. Berikan produk berkualitas

Syarat produk Anda disukai pelanggan adalah memiliki kualitas bagus serta bebas dari kerusakan. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan semua produk memiliki kualitas prima sebelum dijual ke pelanggan.

2. Layani pelanggan dengan ramah

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa customer service sangat penting. Artinya Anda harus memastikan memberikan layanan pelanggan terbaik baik dari segi ketepatan waktu hingga informasi yang mudah dipahami pelanggan.

Dengan begitu, pelanggan akan merasa leluasa menyampaikan keluhannya dan bisa mendapatkan solusi secepat mungkin.

3. Customer-centric

Beri perhatian khusus untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan baik dalam produk maupun layanan pelanggan. Oleh karena itu, Anda perlu memahami apa yang dibutuhkan pelanggan atau target pasar Anda.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk membuat produk atau menyusun strategi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.

4. Menyesuaikan harga produk

Bagi sebagian pelanggan harga produk cukup sensitif yang mempengaruhi tingkat kepuasan mereka. Berikan harga atau biaya yang sesuai nilai/kualitas produk dan kondisi pasar. Jika diperlukan, Anda bisa menawarkan harga sedikit dibawah pasar untuk menarik minat pelanggan. Tapi jangan sampai merugikan bisnis Anda.

5. Tawarkan garansi

Berikan jaminan atau garansi untuk memberikan rasa aman ke pelanggan. Misalnya dengan produk dapat ditukar jika tidak bisa digunakan. Hal ini akan membuat pelanggan percaya dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

6. Perlakukan pelanggan seperti raja

Ada pepatah bilang pelanggan adalah raja. Hal ini bisa Anda terapkan dengan berusaha memenuhi semua kebutuhan mereka. Dengan begitu pelanggan akan merasa puas dan dihargai.

7. Bangun komunikasi yang efektif

Komunikasi memiliki peran yang sangat penting bagi bisnis, begitu juga saat berinteraksi dengan pelanggan. Tanpa adanya komunikasi yang baik dan efektif bisa terjadi miskomunikasi yang membuat pelanggan kecewa. Artinya bisnis perlu menyediakan media yang mudah untuk bisnis dan pelanggan berinteraksi.

8. Berikan reward ke pelanggan loyal

Menjaga loyalitas pelanggan sangatlah penting untuk bisnis. Selain meningkatkan penjualan, pelanggan loyal dapat membantu mendatangkan pelanggan baru. Maka dari itu beri reward untuk mereka seperti voucher atau diskon khusus. Alasannya agar mereka tidak berpaling ke kompetitor.

9. Jalin hubungan lebih dalam dengan pelanggan

Interaksi pelanggan dan bisnis tidak berhenti saja begitu produk sampai ditangan pelanggan. Anda perlu menjalin dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Cobalah untuk mengirimkan email marketing atau pesan instan lainnya untuk tetap berhubungan dengan pelanggan.

Baca Juga: Tujuan Manajemen Hubungan Pelanggan

10. Lakukan survei kepuasan pelanggan

Terkahir cara meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan melakukan survei. Cobalah untuk melakukan survei ke pelanggan untuk mengetahui apakah strategi yang Anda terapkan berhasil.

Caranya bisa dengan membagi form atau menanyakan langsung melalui customer service atau call center. Survei tersebut bisa jadi bahan evaluasi Anda untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan Anda.


Bagaimana Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan?

Ada beberapa metode untuk mengukur kepuasan pelanggan. Namun cara yang paling banyak dilakukan bisnis adalah dengan melakukan survei kepuasan pelanggan. Sebab hasil yang didapatkan lebih akurat dan mudah untuk memahami kebutuhan pelanggan.

Berikut ini adalah beberapa jenis survei yang bisa Anda gunakan untuk mengukur customer satisfaction:

Customer Satisfaction Score (CSAT)

CSAT adalah cara mengukur tingkat kepuasan pelanggan dengan menggunakan skala tingkat. Dimana bisnis akan menyediakan sejumlah pertanyaan dengan pilihan jawaban berupa skala atau angka. Misalnya:

  • 1: Tidak puas
  • 2: Kurang puas
  • 3: Netral
  • 4: Cukup puas
  • 5: Sangat puas

Laporan Customer Satisfaction Score (CSAT)

– Net Promoter Score (NPS)

NPS dimanfaatkan oleh bisnis untuk mengetahui berapa banyak pelanggan yang menawarkan atau merekomendasikan produk Anda ke orang lain. Survey yang digunakan biasanya berupa pertanyaan dengan jawaban kemungkinan. Misalnya seberapa besar kemungkinan Anda untuk merekomendasikan produk kami ke keluarga. Pilihan jawabannya berupa angka 0-10.

Selanjutnya, Anda bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus:

NPS = %Promoter – %Detractor

Keterangan:

  • Promoter: pelanggan yang memilih akan merekomendasikan produk Anda pada orang lain, dengan memberikan nilai 9-10.
  • Passive: pelanggan yang memberikan respon netral atau dengan memilih angka 7-8.
  • Detractor: pelanggan yang memberi penilaian negatif pada bisnis Anda. Kategori detractor hanya diberikan pada mereka yang memberi penilaian 0-6.

Laporan Net Promoter Score (NPS)

– Customer Effort Score (CES)

CES adalah metode survei dengan cara meminta setiap pelanggan untuk memberikan nilai atas pengalamannya saat menggunakan produk Anda. Nilai yang diberikan bisa berupa skala angka mulai dari 1-5.

Misalnya untuk pertanyaan seberapa sulit Anda untuk menggunakan produk kami? Dimana jawaban angka 1 menggambarkan pelanggan merasakan kemudahan saat menggunakan produk Anda. Sedangkan skala 5 menggambarkan pelanggan Anda kesulitan dalam menggunakan produk atau layanan Anda.

Laporan Customer Effort Score (CES)


Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Anda Sekarang!

Aplikasi Customer Service Mekari Qontak

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang mutlak harus bisnis dapatkan. Sebab customer satisfaction sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis di masa datang. Semakin banyak pelanggan yang tidak puas dengan produk Anda, semakin sulit juga membangun kepercayaan mereka untuk membeli produk Anda lagi.

Ada beberapa cara meningkatkan kepuasan pelanggan. Salah satunya adalah dengan melakukan survei kepuasan pelanggan. Hal ini untuk mengetahui seberapa jauh produk atau strategi layanan pelanggan Anda bisa memuaskan pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa memperbaiki poin-poin yang masih belum optimal.

Cara mengukur kepuasan pelanggan dengan survei akan lebih mudah dengan bantuan tools CSAT, NPS dan CES dari Qontak.com. Di mana tools ini akan memudahkan Anda untuk menghitung semua survei pelanggan secara otomatis.

Qontak.com didukung berbagai fitur untuk membangun kepuasan pelanggan. Aplikasi juga didukung dengan sistem omnichannel, artinya semua survei dari berbagai platform akan disimpan dan dikelola dalam satu sistem terpadu. Jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi memasukan data atau menghitungnya secara manual.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales