Mekari Qontak
Insight Sales

Pengertian, Manfaat, dan Perbedaan CRM dan ERP

crm system

Sebagian pelaku bisnis mungkin tidak asing dengan istilah Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Management (CRM). Kedua sistem ini telah banyak diterapkan oleh perusahaan karena kemampuannya menyederhanankan proses bisnis dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.

Meski memiliki fungsionalitas yang sama, faktanya kedua sistem ini berbeda. Salah satunya CRM yang lebih fokus dalam mengelola hubungan bisnis dengan pelanggan. Sementara ERP menitikberatkan pada manajemen bisnis.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasna lengkap tentang perbedaan CRM dan ERP di artikel berikut ini!

Image CTA CRM dan ERP


Apa itu CRM ?

Customer relationship management (CRM) adalah sistem yang digunakan bisnis untuk mengelola interaksi perusahaan dengan calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada.

Ketika membicarakan CRM, biasanya lekat sekali dengan CRM software. Sebab aplikasi ini mempermudah bisnis untuk mengelola interaksi pelanggan dengan sistem otomatisasi.

Software CRM berfungsi untuk memperbaiki customer experience dengan meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini juga berdampak pada peningkatkan customer retention, dan keuntungan bagi bisnis.

Aplikasi CRM memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi pelanggan potensial, menuntun mereka selama proses penjualan melalui sales funnel, hingga akhirnya terjadi close deal.

Selengkapnya: Kenali Apa itu CRM dan Manfaatnya untuk Bisnis


Apa Manfaat CRM?

Manfaat utama CRM adalah mengumpulkan informasi pelanggan dan seluruh riwayat interaksi mereka dalam satu platform. Informasi tersebut dapat digunakan untuk memahami kebutuhan pelanggan saat melayani atau membuat kampanye yang tepat untuk mereka.

Dengan proses layanan dan promosi yang dipersonalisasi meningkatkan peluang untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan pelanggan. Hal ini bisa berdampak pada loyalitas mereka yang semakin bertambah. Artinya Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih dari hubungan yang terjalin baik ini.


Apa Fitur yang Dimiliki CRM?

Fitur-fitur yang biasanya terdapat pada aplikasi CRM yaitu:

1. Manajemen kontak

Fitur manajemen kontak memungkinkan perusahaan atau bisnis untuk melacak dan mengubah informasi pelanggan, seperti kontrak, invoice, dan dokumen lainnya yg berhubungan dengan pelanggan.

2. Melacak interaksi pelanggan

Fitur ini dapat melacak riwayat informasi pelanggan, seperti melacak dan melihat pembayaran, untuk meningkatkan proses penjualan. Selain itu, fitur ini dapat dimanfaatkan untuk membuat segmentasi pelanggan berdasarkan perilaku maupun ketertarikan mereka.

3. Manajemen database

Fitur manajemen database sangatlah penting untuk bisnis, karena ini dapat membantu seluruh departemen dalam perusahaan untuk mengakses informasi yang sama dengan mudah secara terpusat.

4. Pengelolaan calon pelanggan

Dengan fitur pengelolaan calon pelanggan atau prospek, bisnis atau perusahaan dapat melacak dari mana saja prospek berasal dan melihat progress mereka pada funnel melalui sales pipeline.

Rekomendasi: 10 Aplikasi CRM Populer di Indonesia, No.1 Wajib Dimiliki Bisnis


Apa itu ERP?

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah aplikasi yang menghubungkan semua area fungsional proses industri dalam satu platform. Data yang dikumpulkan memiliki cakupan luas mulai dari pra produksi, finansial, HRD, pendistribusian produk, pembuatan laporan, hingga data investor.

Dengan aplikasi ERP, Anda bisa menjalankan dan memantau semua proses bisnis satu sistem. Hal ini karena aplikasi ERP didukung dengan teknologi canggih seperti database dan hardware.

Mengingat kemampuan ERP tersebut, banyak bisnis telah banyak mengimplementasikannya. Terlebih sistem ERP terintegrasi dengan berbagai bidang mulai dari bidang produksi, QC, QC, HRD, hingga marketing.


Apa Manfaat ERP?

ERP sangat bermanfaat untuk menyederhanakan proses bisnis yang kompleks sehingga bisa bekerja optimal. Kemampuan ini dapat diterapkan baik untuk bisnis berskala besar maupun kecil.

Dengan memanfaatkan ERP, semua data perusahaan menjadi dapat dikelola dengan baik. Hal ini memudahkan karyawan untuk mengakses data tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan lainnya, sistem ERP terintegrasi penuh dengan setiap departemen dalam peruhaan. Hal ini memberikan Anda informasi terbaru tentang kondisi perusahaan secara real time. Informasi tersebut sangatlah penting untuk membuat keputusan lebih baik.


Apa saja Fitur yang Dimiliki ERP?

Fitur-fitur yang biasanya terdapat pada ERP meliputi:

– Manajemen keuangan

Fitur manajemen keuangan dan akuntansi merupakan inti dari sistem ERP. Beberapa fungsinya antara lain untuk mengelola hutang, piutang, buku besar, dan manajemen aset tetap.

– Manajemen sumber daya manusia

Fitur ini berfungsi untuk mengelola penjadwalan jam kerja, pendistribusian gaji, dan permohon izin sakit.

– Pengelolaan inventarisasi

Beberapa fungsi dari fitur ini meliputi pengaturan pemesanan ulang secara otomatis, pemberitahuan jumlah stok barang, serta status mesin produksi. Ini berfungsi untuk melihat proses produksi secara keseluruhan dan bagaimana mengontrolnya lebih baik.

– Manajemen supply chain

Fitur ini meliputi pengelolaan pesanan pembelian, distribusi, monitoring kualitas, ketaatan terhadap peraturan, dan manufaktur.

sistem-erp


Apa Perbedaan CRM dan ERP?

Perbedaan CRM dan ERP yang paling mendasar adalah kedua sistem ini memiliki metode pendekatan berbeda untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda. ERP berfokus menggunakan pendekatan efisiensi biaya atau mengurang biaya tidak perlu. Melalui fitur yang ditawarkan, ERP membantu bisnis berjalan lebih efisien sehingga bisa memangkas biaya tidak perlu.

Sementara CRM melakukan metode pendekatan dengan mengutamakan pengalaman pelanggan. Hubungan yang terjalin dengan pelanggan menjadi titik fokus utama apalikasi CRM. Dengan pengalaman pelanggan yang tercipta dari hubungan baik, diharapkan mampu meningkatkan penjualan.

Namun, apabila Anda memerlukan sistem yang ditujukan untuk bagian finance, warehouse, dan operasional lainnya, maka ERP  menjadi pilihan yang tepat.

Untuk membantu Anda lebih memahami perbedaan CRM dan ERP, Anda dapat menyimak perbedaannya pada gambar berikut ini:

Tambahkan-judul


Mana yang Terbaik CRM vs ERP?

Setelah mengetahui apa perbedaan CRM dan ERP, Anda mungkin akan bingung tentang mana yang lebih baik. Namun, memilih antara CRM vs ERP relatif mudah. Sebab jika dilihat dari perbedaan CRM vs ERP terletak pada cakupannya. Oleh karena itu, untuk membandingkan antara CRM dan ERP, perlu dilihat kebutuhan bisnis secara menyeluruh. Dengan begitu, Anda dapat menentukan fungsi mana yang dibutuhkan.

Terdapat 3 faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum memilih menggunakan CRM atau ERP:

  • Kebutuhan bisnis
  • Investasi yang ingin dilakukan
  • Skala bisnis

Sistem CRM biasanya lebih murah dibandingkan sistem ERP. Selain itu, aplikasi CRM memberikan banyak manfaat bagi bisnis kecil-menengah yang masih bertumbuh untuk mendorong jumlah penjualan. Sedangkan ERP memberikan manfaat bagi perusahaan besar dan kompleks untuk memotong biaya dan mengefisienkan sistem.

Namun, hal tersebut tidak menjadi patokan. Banyak perusahaan besar yang menggunakan sistem CRM, atau mengintegrasi keduanya. Jika masih bingung untuk menentukan, Anda dapat memulainya dengan sistem CRM, lalu mengintegrasikannya dengan ERP di masa depan.


Pilihlah Sistem Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Aplikasi CRM Mekari Qontak

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa CRM dan ERP memiliki fitur dan manfaat yang berbeda. Sebelum memilih anatara CRM atau ERP yang ingin Anda gunakan, ada baiknya lakukan riset mana yang dibutuhkan oleh bisnis Anda. Jika Anda ingin mengubah pendekatan bisnis menjadi customer centric. Maka aplikasi CRM pilihan tepat.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Bersama Mekari Qontak, Anda dapat menemukan solusi terbaik untuk bisnis Anda dan memaksimalkan potensi serta meningkatkan keuntungan perusahaan.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu mengelola hubungan pelanggan bisnis mereka dengan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales