Daftar isi
8 min read

5 Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp

Tayang 07 Februari 2023
Diperbarui 10 Mei 2024
Tutorial Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp, Anti Gagal!
5 Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp

Verified badge atau centang hijau WhatsApp adalah simbol yang menandai bahwa akun WhatsApp Bisnis Anda telah terverifikasi secara resmi oleh pihak WhatsApp. Dengan memperoleh tanda centang hijau WA, bisnis dapat meningkatkan  kepercayaan pelanggan.

Untuk memperoleh simbol ini, Anda harus melalui proses verifikasi WhatsApp dan mengubah akun bisnis menjadi WhatsApp Business API terlebih dahulu. Proses ini bisa Anda lakukan dengan menghubungi Business Solution Provider atau mitra resmi WhatsApp.

Setelah mengajukan verifikasi centang hijau WA, simbol verified badge akan terlihat di samping nama bisnis Anda pada layar akun penerima pesan WhatsApp, meskipun mereka tidak menyimpan nomor Anda. Secara tidak langsung, logo verified WA dapat membantu Anda untuk meraih lebih banyak pelanggan.

Pelajari selengkapnya Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp pada artikel di bawah ini!


Apa Syarat Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp?

Ada beberapa syarat yang perlu Anda perhatikan sebelum mendapatkan centang hijau WhatsApp. Berikut ini syarat-syarat yang haru Anda penuhi untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp:

1. Memiliki Bisnis atau Badan Usaha Resmi

Syarat utama  untuk mendapatkan centang hijau WA adalah sebuah bisnis atau bandan usaha resmi. Hal ini bisa dibuktikan dengan dokumen legal seperti seperti SIUP, TDP, NIB, NPWP, dll. Namun, tidak semua jenis usaha diperbolehkan untuk mendaftar centang hijau di WhatsApp.

WhatsApp menetapkan kategori bisnis yang dilarang seperti berikut:

  • Bisnis senjata dan amunisi
  • Alkohol atau minuman keras
  • Perjudian
  • Obat-obatan terlarang/narkoba
  • Penjualan hewan hidup
  • Produk medis dan perawatan kesehatan
  • Layanan kencan
  • Bisnis terkait cryptocurrency
  • Barang tembakau
  • Produk atau layanan dewasa

2. Memiliki Akun Facebook Business Manager

Syarat kedua untuk mendapatkan verifikasi WhatsApp centang hijau adalah akun Facebook Business Manager. Jika tidak, Anda bisa membuat akun baru atau menggunakan akun Facebook pribadi Anda. Setelahnya, Anda bisa melengkapi informasi yang diminta.

3. Bisnis sudah dikenal publik

Ketiga, bisnis yang diajukan untuk verifikasi WhatsApp centang hijau adalah cukup dikenal oleh publik. Hal ini memudahkan untuk memverifikasi bahwa bisnis tersebut kredibel dan layak untuk mendapatkan centang hijau (verified badge).

Bagaimana Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp?

YouTube video

Untuk mendapatkan centang hijau WA, Anda perlu memastikan bahwa akun WhatsApp Anda telah verified. Cara membuat akun WhatsApp verified juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Ada 5 langkah mudah untuk membuat tanda centang hijau (verified badge) di WhatsApp:

1. Siapkan Nomor untuk Akun WhatsApp

Langkah pertama untuk mendapatkan verified badge

Pertama, siapkan nomor yang akan Anda gunakan untuk akun WhatsApp verified. Nomor tersebut bisa berupa kontak baru atau nomor yang sudah Anda pakai sebelumnya. Pastikan nomor tersebut tidak Anda gunakan pada akun WhatsApp pribadi.

Perlu Anda ingat bahwa nomor yang terdaftar untuk akun WhatsApp Business API harus selalu aktif. Pasalnya nomor ini tidak bisa Anda ganti dengan nomor lainnya.

Selain menyiapkan nomor akun WhatsApp, Anda juga perlu memahami syarat dan ketentuan untuk tanda centang hijau WA, antara lain:

  • Akun Facebook Business Manager
  • Dokumen Legalitas Usaha seperti SIUP, TDP, NIB, NPWP, dll.
  • Situs web, email, dan informasi bisnis lainnya

2. Daftarkan Akun Anda ke WhatsApp Business Solution Provider, Mekari Qontak

Langkah kedua daftar akun WhatsApp API ke BSP Mekari Qontak

Kedua, setelah Anda memilih nomor yang akan digunakan, daftarkan akun WhatsApp Anda ke Official Business Solution Provider Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan jasa untuk mendapatkan tanda centang hijau WhatsApp secara resmi melalui sistem atau platform verified WhatsApp untuk Anda gunakan.

Tidak hanya itu, Mekari Qontak juga menyediakan solusi end-to-end yang dapat menghubungkan API WhatsApp Business dengan aplikasi chat lainnya atau solusi omnichannel.

Tim Mekari Qontak mengerti bahwa kebutuhan, target, dan tujuan dari setiap perusahaan/bisnis dapat saja berbeda, oleh karenanya Mekari Qontak menyediakan berbagai fitur yang terintegrasi dengan verified WhatsApp yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

3. Lakukan Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah ketiga dalam proses verifikasi centang hijau WA

Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager, cukup dengan login menggunakan akun Facebook milik Anda.

Anda juga dapat meminta verifikasi dari Pengelola Bisnis Facebook dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Login ke akun Facebook Business Manager Anda dan klik “Business Settings”
  • Di bawah akun, pilih “WhatsApp Accounts”. Jika Anda memiliki beberapa akun yang terdaftar, pilih salah satu yang ingin Anda minta verifikasinya
  • Pilih “Settings” dan klik “Contact Support”
  • Klik “Ask a question” di kanan atas dan pilih “WABiz: Request official business account status”
  • Isi informasi yang diperlukan. Catatan: pastikan Anda telah menyiapkan 2-step authentication atau autentikasi dua faktor sebelum melanjutkan proses verifikasi bisnis Anda.
  • Status permintaan akan tersedia di bawah opsi “Direct support” di Business Manager Anda.

4. Akun Official WhatsApp Business Anda akan Didaftarkan oleh Mekari Qontak

Langkah keempat dalam proses verifikasi centang hijau WA

Kemudian, tim Mekari Qontak akan mendaftarkan akun WhatsApp Anda agar menjadi Official WhatsApp Business.

Sehingga nantinya Anda dapat mengakses dan menggunakan berbagai fitur canggih yang ada di dalam Offical WhatsApp Business, termasuk salah satunya tanda centang hijau yang dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

5. Tunggu hingga Tanda Centang Hijau (Verified Badge) Muncul pada Akun WhatsApp Bisnis Anda!

Langkah kelima dalam proses verifikasi centang hijau WA

Terakhir, jika permintaan verifikasi centang hijau WhatsApp Anda berhasil, maka akun WhatsApp Business Anda akan otomatis berubah menjadi akun WhatsApp Official Business.

Perubahan tersebut terlihat dengan munculnya tanda Centang Hijau WA terverifikasi yang tepat berada samping gambar profil pada akun Anda.

Infografis cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp


Keuntungan Mendapatkan Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp

Selain dapat dapat membantu verifikasi kepemilikan akun bisnis, tanda centang hijau juga memiliki banyak manfaat lainnya. Pasalnya, WhatsApp memiliki 98% message open rate dan 45-60% click-through rate (CTR) yang berpeluang tinggi untuk pertumbuhan bisnis.

Peluang tersebut dapat menjadi maksimal apabila akun WA Anda memiliki akun verified WhatsApp. Manfaat akun Anda mendapatkan tanda centang hijau (verified badge) WhatsApp antara lain:

1. Membangun Brand Value

Centang hijau pada WhatsApp mampu meningkatkan nilai bisnis (Brand Value) di mata pelangganPasalnya, kini terdapat lebih dari 50 juta bisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Di mana logo verified WA dapat memainkan peranan penting sebagai pembeda bisnis Anda dengan bisnis lainnya.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Tanda centang hijau di akun WhatsApp Business Anda mampu memberikan keyakinan bahwa akun WhatsApp resmi bisnis (Official Business Account) yang sudah terverifikasi. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan oleh pelanggan atau rekan bisnis Anda. Sehingga secara tidak langsung Anda akan membangun kredibilitas bisnis dengan biaya murah.

3. Penjualan Meningkat

Tanda centang hijau WhatsApp dapat membantu mengurangi keraguan pelanggan atau rekan bisnis untuk bertransaksi online dengan bisnis Anda. Sehingga, transaksi penjualan dapat meningkat secara maksimal.

4. Memperluas Jangkauan Pasar

Mendapatkan centang hijau WA memastikan Anda dapat mengirim pesan blast WhatsApp ke banyak kontak sekaligus. Anda juga tidak perlu menyimpan nomor tujuan, begitu juga sebaliknya sehingga Anda dapat menjangkau banyak pelanggan dalam waktu yang cepat.

5. Membangun Brand Awarness

Centang hijau WA juga bisa sebagai sarana pengenalan nama usaha atau branding secara gratis. Sebab, saat berkirim pesan atau berkomunikasi, nama bisnis Anda akan otomatis muncul di layar obrolan penerima pesan tanpa mereka harus menyimpannya terlebih dahulu.

6. Integrasi dengan aplikasi lainnya

WhatsApp verified badge hanya bisa didapatkan melalui WhatsApp Business API. Dimana WA API memiliki fitur yang memungkan Anda untuk terintegrasi dengan aplikasi CRM dan aplikasi populer lainnya. Hal ini mempermudah Anda untuk mengatur manajemen hubungan pelanggan.

Baca juga: Harga WhatsApp Business API


Berapa Biaya untuk Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp?

Tidak ada biaya yang perlu bisnis keluarkan untuk mendapatkan centang hijau WA. Artinya, Anda dapat memperoleh centang hijau WhatsApp secara gratis.

Namun demikian, untuk memperoleh centang hijau, Anda harus memastikan bahwa akun WhatsApp bisnis Anda adalah akun API WhatsApp yang resmi.

Ketahui informasi selengkapnya tentang harga WhatsApp verified.


Berapa Lama Proses Verifikasi Centang Hijau oleh WhatsApp?

Setelah mengetahui cara mendapatkan centang hijau, kini saatnya untuk Anda mengetahui berapa lama proses verifikasi centang hijau yang oleh pihak WhatsApp.

Umumnya proses verifikasi Centang Hijau WA akan memakan waktu 1 hingga 2 hari kerja, namun tidak menutup kemungkinan dapat berjalan hingga satu minggu lebih atau yang terburuk adalah ditolak. Segala kebijakan pemberian tanda centang hijau adalah wewenang pihak WhatsApp.


Bagaimana Jika Tanda Centang Hijau Ditolak oleh WhatsApp?

Meski pengajuan verifikasi centang hijau WhatsApp ditolak, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya Anda memiliki kesempatan untuk mengajukan banding. Caranya Anda bisa melakukan pengajuan ulang sesuai jeda yang diatur oleh WhatsApp, yaitu 30 hari setelah pengajuan ditolak.

Perlu dicatat bahwa ada beberapa alasan mengapa pengajuan verifikasi centang hijau Anda ditolak oleh WhatsApp. Alasan tersebut seperti menggunakan akun pribadi, dokumen tidak lengkap, bisnis masuk ke dalam kategori yang dilarang WhatsApp dan lainnya.

Sementara itu, Anda bisa meminta bantuan tim Mekari Qontak sebagai business solution provider (BSP), untuk mengecek atau mengajukan ulang permohonan verifikasi centang hijau WhatsApp.

Namun jika pada akhirnya Anda tetap tidak bisa mendapatkan centang hijau WA, Anda tetap bisa memanfaatkan fitur-fitur lainnya dari API WhatsApp Business.

Selain itu, WhatsApp kini telah melakukan pembaruan terkait tampilan nama bisnis. Di mana nama bisnis dapat secara otomatis muncul untuk semua business account saat diklik, masking untuk business verification, dan centang hijau untuk official business account).


Apakah Saya Bisa Menggunakan WhatsApp API Tanpa Centang Hijau?

Jawabannya iya, tentu saja bisa! Tanda centang hijau bukanlah hal yang wajib digunakan dalam WhatsApp API atau bersifat opsional. Artinya, Anda dapat memilih apakah ingin menggunakan logo verified WA di akun WhatsApp Anda atau tidak. 

Anda tetap dapat terus menggunakan API WhatsApp Business tanpa Centang Hijau serta memiliki akses ke semua fitur API WhatsApp lainnya seperti fitur WA blast, chatbot, auto reply, dan lainnya.

Pelajari lebih lanjut: Cara Mudah Mendapatkan WhatsApp Bisnis API


Dapatkan Centang Hijau WhatsApp (Verified Badge) Sekarang!

Bagaimana, cara mendapatkan WhatsApp centang hijau (verified badge) cukup mudah bukan? Namun perlu Anda ingat bahwa tanda centang hijau tidak dapat Anda gunakan pada akun WhatsApp biasa.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan layanan official business partner WhatsApp terbaik di Indonesia Mekari Qontak untuk mendapatkan akun verified WhatsApp bisnis.

Mekari Qontak telah mendapat percaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan centang hijau WA, tidak perlu khawatir, karena tim Mekari Qontak siap membantu Anda. Jadi tunggu apa lagi?

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales