Mekari Qontak
Customer Service Other Business

WhatsApp Parallel: Cara Menggandakan 2 akun WA dalam 1 HP

WhatsApp Parallel- Cara Menggandakan 2 akun WA dalam 1 HP

Panduan Lengkap Menggandakan 2 Akun WA dengan WhatsApp Parallel

Menggunakan satu akun WhatsApp bagi sebagian orang tidaklah cukup. Terlebih mereka yang memiliki bisnis harus memisahkan keperluan pribadi dan bisnis. Oleh karena itu, mereka membutuhkan WhatsApp parallel yang  dapat menggandakan 2 akun WA pada satu HP.

Sayangnya, banyak WhatsApp parallel yang beredar dipasaran merupakan hasil modifikasi. Dimana aplikasi ini memiliki resiko yang membahayakan ponsel dan data Anda.

Namun, tidak perlu khawatir, sebab ada cara untuk menggadakan WhatsApp parallel yang aman yakni dengan menggunakan WhatsApp Busines API. Aplikasi ini merupakan versi khusus yang dibuat oleh WhatsApp untuk pelaku bisnis.

Pelajari selengkapnya pada artikel dibawah ini.

Image CTA API WhatsApp


Apa itu WhatsApp Parallel?

WhatsApp parallel adalah tools WhatsApp yang memungkinkan untuk menjalankan dua akun atau lebih sekaligus dalam satu waktu. Oleh karenanya, WhatsApp parallel ini dapat digunakan oleh banyak admin.

WhatsApp multi parallel ini berbeda dengan WhatsApp cloning biasa yang hanya memungkinkan pengguna untuk menggunakan satu akun pada dua perangkat saja, ataupun yang hanya memungkinkan adanya penginstalan dual WhatsApp dengan nomor yang berbeda pada satu device.


Bagaimana Cara Menggandakan akun WA pada 1 HP dengan WhatsApp Parallel?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, WhatsApp parallel memungkinkan Anda untuk menggunakan 2 akun WhatsApp berbeda dalam 1 HP. Ada beberapa cara untuk menggunakan dua akun WhatsApp dalam satu ponsel. Namun, kebanyakan pengguna memilih aplikasi modifikasi untuk menggandakan akun WhatsApp pada 1 HP.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggandakan akun dua WhatsApp dalam 1 HP:

  • Unduh aplikasi modifikasi Parallel Space di Play Store
  • Instal aplikasi yang telah diunduh
  • Buka aplikasi, kemudian tekan tombol Start yang terdapat di layar pembuka
  • Pilih aplikasi WhatsApp pada daftar aplikasi yang bisa dikloning
  • Ketuk aplikasi WhatsApp hingga muncul tampil tanda centang biru pada ikon app tersebut
  • Tekan tombol Add To Parallel Space
  • Setelah selesai, klik ikon WhatsApp pada aplikasi Parallel Space
  • Lakukan pendaftaran atau pemindahan akun WhatsApp seperti pada umumnya
  • Anda bisa menggunakan dua akun WhatsApp dengan mudah

Baca juga: Satu HP Dua WhatsApp: Cara Menggunakan 2 WA di 1 HP


Fitur WhatsApp Parallel

Seperti umumnya aplikasi, WhatsApp Parallel modifikasi juga memiliki sejumlah fitur pendukung seperti berikut:

– Kloning Aplikasi

Fitur ini memungkinkan Anda menggandakan aplikasi yang terdapat di ponsel Anda. Bahkan Anda bisa membuatnya dapat diakses kapan saja, pada saat diinginkan. Hasil kloning aplikasi WhatsApp Parallel Space ini sangat baik dan stabil. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan soal hasil kloning yang tiba-tiba tidak bisa digunakan lagi.

– Memiliki  berbagai pilihan tema

Aplikasi ini menawarkan kostumisasi dengan sesuai keinginan. WhatsApp parallel menyediakan berbagai macam tema yang bisa Anda unduh dan pakai. Hal ini diharapkan membuat Anda lebih nyaman dalam menggunakan aplikasi ini.

– Fitur Baru Incognito Installation

Fitur Incognito Installation memungkinkan Anda melakukan penginstalan apapun di dalam aplikasi Parallel Space. Bahkan Anda juga dapat menghapus versi aslinya yang terdapat di home screen pada ponsel miliknya. Dengan demikian, Anda bisa menjadi lebih leluasa dalam dalam menginstall aplikasi yang tadinya mungkin tidak mau Anda install karena takut diketahui oleh orang banyak.


Apa Kelebihan WhatsApp Parallel untuk Bisnis?

Ada banyak manfaat yang dapat bisnis Anda peroleh jika menggunakan WhatsApp multi device. Beberapa manfaat WhatsApp parallel adalah sebagai berikut:

  • WhatsApp parallel dapat diinstal atau digunakan pada banyak device dengan nomor yang berbeda namun menggunakan satu akun yang sama. Dengan demikian, tidak ada batasan jumlah admin atau agen yang dapat menggunakannya.
  • Display name bisnis Anda akan muncul dengan nama yang sama walaupun nomor bisnis yang digunakan berbeda.
  • Mampu memberikan respon atau jawaban otomatis kepada setiap pesan yang masuk melalui WhatsApp.
  • Tidak ada batasan dalam menambah jumlah nomor sehingga penggunanya juga bebas dalam menambah jumlah agen (multiple users).
  • Memungkinkan Anda memberikan penugasan berbeda untuk setiap nomor bisnis yang berbeda. Misalnya satu nomor untuk melayani satu daerah, atau satu nomor untuk melayani satu jenis layanan pelanggan seperti menerima keluhan/ menjawab pertanyaan/ menerima pesanan, dan sebagainya.
  • Kontak prospek atau pelanggan dapat tersimpan secara otomatis.

Artikel Terkait: Panduan Lengkap WhatsApp Business API


Apa Kekurangan WhatsApp Parallel?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, WhatsApp parallel merupakan hasil modifikasi. Artinya WhatsApp tidak resmi atau ilegal. Karena tidak resmi, banyak kekurangan yang akan dirasakan setelah menggunakannya. Bahkan kekurangan tersebut, bisa beraktibat buruk.

Berikut kekuranggan mengunakan WA Parallel modifikasi antara lain:

– Rentan pencurian data

Resiko kebocoran data akan selalu mengintai saat Anda menggunakan WA parallel mod. Setiap orang tentu tidak ingin datanya diambil orang lain secara tidak resmi. Sebab data tersebut bisa disalah gunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

– Akun diblokir

Dibeberapa kesempatan, WhatsApp menuturkan tidak akan ragu untuk memblokir akun WhatsApp pihak ketiga atau hasil modifikasi. Hukuman yang diberikan oleh WhatsApp dapat berupa blokir sementara atau permanen. Apabila nomor Anda terblokir, maka semua isi chat akan terhapus. Hal ini sangat merugikan, terutama bagi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan.

– Riwayat chat terhapus

Tidak seperti WhatsApp Messenger, WA parallel tidak otomatis melakukan backup chat. Dengan kelemahan ini, tentu akan menimbulkan resiko kehilangan riwayat percakapan di aplikasi WhatsApp paralel tersebut. A

– Merusak perangkat

WhatsApp parallel beresiko membawa virus yang berbahaya untuk perangkat Anda. Selain itu, untuk mengoperasikan WhatsApp modifikasi ini membutu space RAM yang besar. Sementara penggunaan WhatsApp biasa tidak memakan RAM banyak. Besarnya space RAM yang dibutuhkan membuat kinerja ponsel lambat dibandingkan biasanya.


Bagaimana Tips Menggunakan WhatsApp Parallel yang Aman?

Melihat kekurangan yang disebutkan sebelumnya, mungkin Anda khawatir untuk menggunakan WhatsApp parallel modifikasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab Anda bisa menggunakan WhatsApp parallel yang resmi dikeluarkan Facebook yakni WhatsApp Business API . Sebab aplikasi WhatsApp API hanya diberikan kepada akun bisnis yang terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis oleh pihak WhatsApp.

Dibawah ini merupakan beberapa alasan untuk menggunakan WhatsApp parallel (WhatsApp API) :

  • Memiliki pesan masuk dengan jumlah yang cukup banyak melalui WhatsApp dari prospek dan pelanggan, baik berupa pertanyaan, keluhan, testimoni, atau pesanan.
  • Membutuhkan jumlah admin atau agen lebih dari 2 orang untuk melayani pesan yang masuk dari prospek ataupun pelanggan.
  • Ingin meningkatkan bisnis dengan promosi melalui WhatsApp yang biasanya juga dilakukan oleh tim marketing sehingga akan menambah jumlah agen.
  • Membutuhkan fitur WhatsApp yang lebih canggih, misalnya seperti WhatsApp Bot yang dapat membantu tim customer service pada bisnis Anda.

Jika Anda merupakan pelaku bisnis dengan kebutuhan seperti yang telah kami sebutkan diatas, maka inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mulai menggunakan WhatsApp multi device.

Saya Mau Coba Gratis Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Parallel pada Satu Device?

Untuk menginstal WhatsApp parallel pada perangkat elektronik Anda, Anda harus mendaftarkan bisnis Anda terlebih dahulu melalui Business Solution Provider WhatsApp Resmi seperti Mekari Qontak untuk memperoleh WhatsApp API Indonesia. Langkah-langkah melakukannya dapat Anda baca lebih lengkap di sini.

Kemudian Anda bisa mengikuti langkah berikut untuk menginstal WhatsApp parallel setelah Anda memperoleh WhatsApp API melalui Qontak.com:

Step 1. Daftar ke Business Solution Partner

WhatsApp API Mekari Qontak

WhatsApp Business API hanya bisa didapatkan melalui Business Solution Provider (BSP) seperti Mekari Qontak. Selanjutnya, BSP akan membantu Anda untuk melakukan verifikasi ke pihak WhatsApp hingga mendapatkan centang hijau. Kemudian Anda bisa menambahkan nomor tidak terbatas yang akan digunakan untuk menggandakan akun WhatsApp.

Tim Qontak akan memberikan Anda credential berupa username dan password untuk dapat melakukan login. Tampilan serta kemampuan akses pada aplikasi akan berbeda antara manajer (supervisor) dan agen.

Saya Mau Coba Gratis Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Sekarang!

Step 2. Mengatur Chat Assignment (Penerima Chat)

Langkah kedua membuat WhatsApp Parallel dengan Mengatur Chat Assignment

Pengaturan ini terdapat pada opsi login untuk manajer atau supervisor. Sedangkan agen mendapatkan opsi untuk mengatur statusnya, online atau tidak. Status tersebut akan berguna saat fungsi Auto Agent Allocation atau Custom Agent Allocation dijalankan.

Step 3. Mengatur Jam Kerja, Balasan Otomatis, dan Template Pesan

Langkah ketiga membuat WhatsApp Parallel dengan menyetel pengaturan

Beberapa pengaturan dasar hanya dapat dibuat oleh manajer atau supervisor, termasuk pengaturan ini. Pengaturan ini dibuat dengan tujuan untuk menciptakan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien.

Step 4. Login melalui Aplikasi Chat Qontak

Langkah keempat membuat WhatsApp Parallel dengan login aplikasi Qontak

Aplikasi chat ini dapat diunduh pada AppStore atau PlayStore menggunakan kata kunci “Qontak chat” pada kolom pencarian. Aplikasi ini digunakan pada perangkat seluler yang tentu akan memberikan kemudahan pada setiap penggunanya. Gunakan username dan password yang sama yang telah diberikan sebelumnya untuk login pada chat panel pada langkah pertama.

Step 5. Membuat Pengaturan Pesan

Langkah kelima membuat WhatsApp Parallel dengan membuat pengaturan pesan

Semua hal yang berkaitan dengan pesan akan diatur pada langkah ini, yaitu:

  • Mengambil pesan
  • Membalas pesan
  • Mengirimkan pesan
  • Menyelesaikan pesan

Step 6. Mengetahui Informasi Konsumen

Langkah keenam membuat WhatsApp Parallel dengan mengetahui informasi konsumen

Informasi terkait pelanggan perlu untuk diketahui, dan inilah salah satu kelebihan dari WhatsApp API atau WhatsApp multi device. Semua informasi pelanggan akan otomatis tersimpan dalam sistem karena adanya API. Beberapa informasi terkait pelanggan yang penting misalnya sebagai berikut:

  • Data pelanggan (Nama, nomor telepon, session status)
  • Room history (Riwayat percakapan antara agen dengan prospek dan pelanggan). Fitur ini hanya dapat diakses oleh manajer atau supervisor.
  • Catatan yang diberikan agen untuk setiap prospek atau pelanggan yang dilayaninya.
  • Tags yang berfungsi untuk memfilter pesan dengan mudah sesuai kategorinya.

Jika Anda ingin menambahkan atau mendaftarkan nomor WhatsApp baru untuk agen atau admin tambahan, Anda hanya perlu menghubungi tim Qontak.com. Setelah itu, agen atau admin yang nomornya telah didaftarkan dapat login melalui chat panel diatas.


Apa saja Fitur yang Dimiliki WhatsApp AP?

Jika Anda ingin menggandakan akun WhatsApp bisa digunakan banyak agen, Anda hanya perlu menghubungi tim Qontak. Setelah itu, agen atau admin yang nomornya telah didaftarkan dapat login melalui chat panel diatas.

Selain fitur bawaan dari WhatsApp. WhatsApp parallel yang didapatkan resmi dari Qontak, memiliki fitur canggih lainnya, diantaranya:

  • Chatbot yang yang bertugas sebagai asisten virtual akan menjawab setiap permintaan pelanggan yang masuk secara otomatis.
  • Integrasi WhatsApp CRM yang menghubungkan WA dengan aplikasi CRM, dimana memudahkan bisnis dalam mengelola seluruh informasi dan hubungan dengan pelanggan.
  • Otomatisasi WhatsApp yang mampu menyimpan seluruh interaksi pelanggan dengan bisnis dalam sistem database terpadu.
  • WhatsApp Multi User yang memungkinkan bisnis untuk merespon pelanggan lebih cepat dengan banyak admin.
  • Rotator otomatis meneruskan pesan pelanggan ke agen secara adil seperti yang telah diatur.
  • Centang hijau (green tick) meningkatkan kredibilitas dimata pelanggan.
  • WhatsApp Blast dapat membantu bisnis mengirimkan pesan siaran ke banyak kontak secara bersamaan tanpa harus menyimpan nomor penerima pesan.
  • Dashboard report Analitik menampilkan pencapaian kinerja tim, tren penjualan hingga data pelanggan yang digunakan tim CS untuk memberikan layanan pelanggan lebih baik.

Fitur WhatsApp Official Business Edition


Frequently Asked Question tentang WhatsApp Parallel

Mengapa saya membutuhkan WhatsApp parallel?
    • Untuk mendapatkan fitur obrolan yang lebih canggih bagi bisnis, Anda memerlukan WhatsAp parallel (WhatsApp API). Qontak akan membantu proses pendaftaran dan juga mengupgrade akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot melakukannya.
Apa perbedaan antara WhatsApp Business biasa dan WhatsApp parallel dari Qontak?
    • Tidak ada API di WhatsApp Business biasa, oleh karena itu Anda tidak dapat mengintegrasikan WhatsApp API Anda dengan sistem lain atau melakukan otomatisasi apapun di dalam WhatsApp Business. Sedangkan pada WhatsApp API, Anda dapat mengintegrasikannya dan memiliki sistem chat yang lebih baik.
Dapatkah saya melakukan upgrade dari WhatsApp Business saya ke WhatsApp Business API (WhatsApp parallel)?
    • Ya, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan nomor yang sudah Anda punya.
Bisakah saya melakukan promosi dengan aplikasi WhatsApp parallel?
    • Anda dapat memberikan info promosi / kampanye jika disetujui atau diizinkan oleh pelanggan.

Dapatkan WhatsApp Parallel Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Penggunaan WhatsApp multi device pada bisnis Anda dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang jauh lebih baik. Tidak perlu bingung dimana harus memperolehnya, karena Anda dapat memperoleh WhatsApp multi device terbaik dengan mudah melalui Mekari Qontak.

Mekari Qontak merupakan BSP resmi WhatsApp API di Indonesia yang juga merupakan penyedia aplikasi CRM Omnichannel yang telah berpengalaman dalam membantu banyak bisnis di Indonesia. Anda dapat berkonsultasi terlebih dulu dengan tim Qontak yang selalu siap melayani Anda.

Selain itu, Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ bisnis untuk mengelola pemasaran, penjualan, dan meningkatkan hubungan pelanggan mereka. Tak hanya itu saja, Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales