Daftar isi
4 min read

3 Cara Menggunakan Share Screen WhatsApp di Android, Iphone dan Dekstop

Tayang 13 Februari 2024
Diperbarui 13 Maret 2024
Cara Menggunakan Share Screen WhatsApp
3 Cara Menggunakan Share Screen WhatsApp di Android, Iphone dan Dekstop

CEO Meta, Mark Zuckerberg mengumumkan peluncuran fitur baru WhatsApp Share Screen beberapa waktu lalu. Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp membagikan tampilan layar mereka. Dengan begitu, pengguna WhatsApp bisa melakukan video conferencing seperti pada Microsoft Meet, Google Meet, Zoom, dan FaceTime milik Apple.

“Kami menambahkan kemampuan untuk membagikan layar Anda selama panggilan video di WhatsApp.” Kata Mark Zuckerberg dalam postingan Facebooknya.

Dengan hadirnya fitur Share Screen WhatsApp, memudahkan pengguna dalam bekerja tim, menelusuri foto bersama keluarga, merencanakan liburan serta berbelanja online dengan teman.

Yuk, kenali lebih jauh mengenai fitur berbagi layar dari WhatsApp pada artikel berikut.

Apa itu Share Screen WhatsApp?

Share Screen WhatsApp adalah fitur terbaru yang memungkinkan pengguna WhatsApp untuk berbagi dokumen, foto, hingga keranjang belanjaan kepada kontak yang tergabung dalam panggilan video. Fitur ini bisa dioperasikan di perangkat Android, iOS ataupun WhatsApp Web.

Namun saat berbagi layar , WhatsApp hanya mampu menampilkan konten di layar ponsel, tidak ada audio yang bisa didengarkan dari layar yang dibagikan.

Meskipun begitu, pengguna masih bisa menikmati konten yang dibagikan di WhatsApp dengan nyaman dengan mengaktifkan mode lanskap pada layar ponsel mereka.

Pengguna juga tidak perlu khawatir, sebab fitur Share Screen WhatsApp memiliki sistem keamanan terenskripsi. Jadi, file atau dinformasi yang dibagikan saat berbagi layar WhatsApp terjamin keamanannya oleh WhatsApp.

Apa Manfaat dari Fitur Share Screen WhatsApp?

Seperti penjelasan sebelumnya, fitur Share Screen WhatsApp bermanfaat untuk membagikan tampilan layar pada pengguna lainnya yang terlibat dalam panggilan video personal atau grup call.

Dengan kemampuan tersebut, pengguna bisa memanfaatkan WhatsApp untuk melakukan kolaborasi jarak jauh seperti diskusi, presentasi, dan video conferencing.

Kelebihan WhatsApp lainnya adalah memiliki aksesibilitas luas, karena hampir semua pengguna internet menginstal aplikasi ini. Jadi pengguna tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk melakukan video conferencing dengan kolega mereka.

Selain itu, penggunaan nomor telepon untuk menggunakan WhatsApp, menghilangkan kebutuhan akan komunikasi email yang rumit.

Kegunaan fitur berbagi layar di WhatsApp tersebut mampu membuka dimensi baru untu berkolaborasi dengan lancar. Hal ini menjadi solusi tepat bagi bisnis yang ingin mendorong komunikasi dan keterlibatan yang efektif di seluruh spektrum pengguna dan industri yang luas.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Share Screen di WhatsApp?

Tahapan untuk share screen di WhatsApp

Perlu diketahui bahwa WhatsApp bisa diakses melalui tiga perangkat berbeda, yaitu Android, iOS dan Desktop. Hal ini yang membuat fitur berbagi layar di WhatsApp juga memiliki tiga cara penggunaan seperti berikut:

Cara Mengaktifkan Share Screen WhatsApp di Android

Jika Anda menggunakan perangkat Android, maka untuk mengaktifkan fitur berbagi layar di WhatsApp bisa dengan cara berikut:

  • Mulai panggilan video personal atau grup melalui aplikasi WhatsApp
  • Setelah itu, akan terlihat icon persegi dengan tanda panah (ikon Screen Sharing)
  • Klik ikon Screen Sharing untuk berbagi tampilan layar Anda dengan semua anggota yang tergabung panggilan video

Cara Berbagi Fitur Share Screen WhatsApp di Iphone

Sementara jika Anda menggunakan perangkat berbasis iOS atau Iphone, Anda bisa berbagi layar di WhatsApp dengan cara berikut:

  • Lakukkan panggilan video lewat aplikasi WhatsApp
  • Setelah terhubung, klik ikon berbagi layar
    Popup iOS “Screen Broadcast” akan terbuka dengan WhatsApp sudah dipilih
  • Klik “Mulai Siaran”
  • Setelah timer tiga detik, Anda akan melihat pesan “Anda sedang membagikan layar Anda.”
  • Setelah itu, apa pun yang ada di layar iPhone Anda akan terlihat oleh orang yang tergabung dalam panggilan. Termasuk saat Anda, berpindah ke aplikasi lain yang ingin Anda tunjukkan dalam panggilan video ini melalui berbagi layar

Cara Menggunakan Share Screen WhatsApp di Desktop

Terakhir, adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk berbagi layar Anda di WhatsApp di PC:

  • Instal aplikasi WhatsApp beta di sini dari Microsoft Store
  • Mulailah panggilan video dengan peserta lain
  • Jika Anda termasuk salah satu yang beruntung dengan akses berbagi layar, Anda bisa melihat tombol berbagi layar di bagian bawah layar

Cara Mematikan/Menghentikan Sharing Screen di WhatsApp

Setelah merasa cukup untuk berbagi layar, Anda bisa mematikan Share Screen di WhatsApp menggunakan cara berikut:

  • Tekan tombol “Berhenti Berbagi:
  • Setelah itu, Share Screen WhatsApp akan segera berhenti
  • Kemudian, Anda bisa melanjutkan panggilan video atau menutupnya dengan menekan ikon merah pada bagian bawah layar

Baca juga: Cara Menggunakan Pesan Video Instan WhatsApp

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang fitur Share Screen WhatsApp dan bagaimana cara menggunakan fitur tersebut. Hadirnya fitur berbagi layar di WhatsApp ini, memungkinkan pengguna untuk meeting dengan tim dan kolega mereka lebih mudah.

Jika Anda ingin memiliki fitur pendukung aktivitas bisnis lainnya bisa menggunakan WhatsApp Business API. Aplikasi WA API dirancang khusus untuk pelaku bisnis mengelola penjualan serta melayani pelanggan lebih baik.

Mekari Qontak merupakan mitra resmi WhatsApp API yang telah dipercaya lebih dari 3.500 perusahaan terkemuka di Indonesia.

Konsultasi kebutuhan bisnis Anda dengan tm ahli Mekari Qontak Gratis di sini.

Referensi

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales