Daftar isi
4 min read

Cara Menggunakan Fitur Pesan Video Instan di WhatsApp

Tayang 30 Agustus 2023
Diperbarui 09 Januari 2024
Cara Menggunakan Fitur Pesan Video Instan di WhatsApp
Cara Menggunakan Fitur Pesan Video Instan di WhatsApp

WhatsApp, salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia, terus berinovasi untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Salah satu langkah terbaru mereka adalah dengan memperkenalkan serangkaian fitur baru yang dirancang khusus untuk pengguna Mac, windows, dan mobile version.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa fitur baru yang membuat penggunaan WhatsApp di berbagai devices semakin nyaman dan efisien.

Update Fitur Terbaru di WhatsApp

Fitur Aplikasi WhatsApp Baru untuk Mac

WhatsApp telah meluncurkan versi baru dari aplikasinya untuk pengguna Mac, yakni fitur panggilan grup.

Dengan fitur panggilan grup ini, pengguna WhatsApp di Mac dapat menghubungkan 8 orang untuk panggilan video dan hingga 32 orang untuk panggilan suara. Adapun beberapa fitur yang hadir di versi desktop Mac ini, seperti:

  1. Pengguna dapat bergabung ke dalam panggilan grup setelah dimulai
  2. Dapat melihat riwayat panggilan
  3. Menerima notifikasi panggilan masuk meskipun aplikasi sudah ditutup sebelumnya
  4. Desain pada aplikasi lebih user-friendly meskipun di layar yang lebih besar
  5. Mengirim file jadi lebih mudah dengan fitur drag and drop ke dalam chat
  6. Dapat melihat riwayat chat dengan lebih detai
  7. WhatsApp di Mac tetap menjaga pesan dan panggilan pribadi pengguna tetap aman dan pribadi dengan menggunakan enkripsi end-to-end

Aplikasi WhatsApp versi terbaru untuk pengguna Mac sudah tersedia dan dapat diunduh melalui situs web WhatsApp.com, serta akan segera tersedia di toko aplikasi App Store.

Fitur Baru Pesan Video Instan

Beberapa waktu lalu, WhatsApp luncurkan fitur baru pesan video instan. Sesuai namanya, fitur tersebut memungkinkan pengguna membuat video singkat untuk merespon pesan secara langsung.

Melansir dari laman Meta, bahwa pengguna dapat menggunakan fitur tersebut untuk membuat video berdurasi 60 detik.

Durasi tersebut dinilai cukup untuk membagikan momen emosional, seperti mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang, menertawakan lelucon, atau membawa kabar baik.

Baca juga: Cara Memindahkan WhatsApp ke Hp Baru

Tahapan Menggunakan Fitur Pesan Video Instan di WhatsApp

Fitur pesan video instan WhatsApp ini menambahkan tombol baru pada bagian bawah layar Anda, menggantikan tombol mikrofon yang biasanya ada, sehingga memungkinkan Anda untuk merekam video atau audio secara langsung.

Alur Menggunakan Fitur Pesan Video Instan di WhatsApp

Berikut cara untuk menggunakan fitur pesan video instan di WhatsApp adalah

  1. Update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.
  2. Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke ruang obrolan yang ingin anda ingin kirimkan pesan video.
  3. Cari ikon catatan suara yang terletak disebelah ikon kamera di pojok kanan bawah.
  4. Klik ikon catatan suara, dan secara otomatis akan beralih ke mode pesan video.
  5. Tahan tombol ikon video untuk memulai proses perekaman pesan video. Jika pesan video tidak sesuai dengan keinginan Anda, Anda dapat menggeser jari ke kiri untuk membatalkan rekaman.
  6. Tersedia juga opsi untuk menggeser jari ke atas untuk mengunci mode perekaman video, sehingga Anda tidak perlu lagi menahan tombol selama perekaman.
  7. Setelah selesai merekam pesan video, lalu klik tombol “Kirim”. Jika Anda ingin memulai ulang, cukup pilih tombol ‘Hapus’ dan ulangi langkah-langkahnya.
  8. Kemudian video akan otomatis dikirimkan kepada kontak atau grup yang Anda pilih di awal tahapan.

File video yang dikirim akan tersimpan di galeri ponsel Anda. Sebab, WhatsApp menggunakan aplikasi kamera Anda untuk merekam video, mengamankan salinannya, dan kemudian mengirimkannya.

Baca juga: Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Tanpa Repot

Demikianlah cara menggunakan fitur video pesan instan WhatsApp. Manfaatkan fitur terbaru WA ini untuk meningkatkan hubungan dengan keluarga dan kolega bisnis Anda.

Mekari Qontak merupakan mitra resmi WhatsApp Business API terbaik di Indonesia. WhatsApp API memiliki fitur canggih yang membantu bisnis untuk berjualan dan menjalin hubungan pelanggan lebih efisien.

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, Anda dapat melakukan WA blast dan chatbot WA secara mudah untuk memaksimalkan operasional dan kinerja bisnis.

Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikan WA API dengan CRM dan Omnichannel. Anda dapat memperoleh software Omnichannel dan WhatsApp Business API di mitra resmi seperti Mekari Qontak.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, Coba Demo Gratis WhatsApp Business API untuk bisnis Anda sekarang juga.

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales