Daftar isi
6 min read

12 Aplikasi Bisnis untuk Memperluas Koneksi

Tayang 28 November 2015
Diperbarui 11 Desember 2023
Aplikasi Bisnis untuk Memperluas Koneksi
12 Aplikasi Bisnis untuk Memperluas Koneksi

Koneksi bisnis adalah salah satu cara agar Anda bisa memperluas kesempatan. Koneksi juga bisa menjadi modal untuk melakukan ekspansi.

Dibandingkan ide dan modal uang yang besar, koneksi dengan orang-orang tepat membantu memahami dan mendukung visi Anda sesuai dengan bidang kemampuan mereka masing-masing.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan koneksi bisnis, gunakan beberapa aplikasi ini untuk membentuk profil dan menemukan orang-orang yang relevan.

Baca juga: 13 Cara Membangun Networking untuk Mengembangkan Bisnis

1. Weave

Weave membantu Anda memilih profil orang-orang profesional yang Anda butuhkan. Fitur weave menyediakan pilihan swipe profil yang Anda sukai atau tidak ala Tinder untuk para pebisnis.

Ketika orang yang Anda pilih juga membutuhkan skill yang Anda pasang di aplikasi ini, koneksi pun terjadi. Uniknya, Weave hanya menampilkan profl-profil yang sesuai dengan apa yang kriteria Anda butuhkan.

Dalam sehari, Anda bisa menemukan ratusan koneksi baru. Weave tersedia dalam smartphone Android dan iOS.

2. Coffee the App

Coffee the App merupakan aplikasi perjodohan bisnis yang ditujukan bagi generai millennial, yang terkoneksi dengan LinkedIn dan Facebook untuk melakukan sign in.

Sama seperti Weave, Anda hanya perlu melakukan swipe pada profil-profil yang ditemui, ke kanan jika tertarik untuk saling terkoneksi, ke kiri jika Anda ingin melewati koneksi. Jika terjadi match, aplikasi akan masuk ke tahap introduksi.

Selain itu, jika Anda membutuhkan orang untuk bekerja pada level pemagang maupun pegawai tahun pertama, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memasang lowogan pekerjaan dan mencari kandidat yang tepat.

Aplikasi ini sayangnya hanya tersedia pada smartphone iOS.

3. Caliber

Caliber merupakan aplikasi yang didedikasikan untuk para pekerja di industri teknologi untuk dapat saling bertemu. Setelah melakukan sign in melalui LinkedIn, Anda perlu memenuhi profil Anda sesuai dengan pilihan yang tersedia, sebagai seorang engineer, spesialis produk, bisnis, pendiri atau marketing.

Kemudian, Anda dapat langsung melakukan swipe untuk menandai orang-orang yang menarik profilnya untuk diajak bekerjasama.

Aplikasi Caliber juga memiliki fitur filter untuk membantu Anda memilih orang-orang dengan background tertentu seperti founder yang sedang mencari bisnis baru untuk dikembangkan bersama atau mencari investor dari firma ternama.

4. Refresh

Refresh membantu menggali detail mengenai profesional lainnya untuk membantu menemukan kesamaan di antara Anda dan calon orang baru yang ingin Anda kenal untuk urusan bisnis.

Aplikasi ini melacak orang-orang yang ada di Internet dan menemukan latar belakang pekerjaannya. Infomasi tersebut kebanyakan ditemukan melalui LinkedIn dan Twitter . Kemudian Refresh akan memberikan bahan pembicaraan untuk mengawali percakapan.

5. MeetUp

Sudah ada sejak tahun 2002, MeetUp membantu terorganisirnya 9,000 pertemuan per hari di antara 19 juta anggotanya yang tersebar di seluruh dunia.

Pertemuan dengan sesama pengusaha yang terdekat dari lokasi tempat Anda berada atau pertemuan baru dengan orang yang bias membantu proyek Anda dapat dilacak oleh MeetUp. Aplikasi ini tersedia di dalam handphone Android dan iOS.

Baca juga: Aplikasi Bisnis Online Terbaik yang Wajib Bisnis Miliki

6. CityHour

Jika Anda sedang berada di kota baru atau sedang memiliki waktu luang tanpa tahu apa yang harus dilakukan, aplikasi ini dapat membantu Anda menemukan orang dalam jarak 50 mil yang tertarik untuk bertemu langsung dalam waktu dua jam mendatang.

Dengan demikian, Anda dapat menyamakan goal networking sebelum bertemu untuk berdiskusi. Aplikasi yang masih tersedia untuk pengguna iOS saja ini juga dapat menganjurkan tempat-tempat lokal di kota tempat Anda berada.

7. Bizzabo

Jika Anda adalah orang yang sering menghadiri konferensi bisnis, Bizzabo dapat membantu Anda memaksimalkan pertemuan Anda dengan orang yang tepat serta menunjukkan siapa saja yang menghadiri event yang sama.

Anda dapat membangun koneksi, bahkan hingga acara berakhir. Melalui aplikasi ini, Anda dapat langsung melihat profil LinkedIn, Twitter atau langsung mengirimkan pesan pribadi.

Aplikasi ini juga membantu memberikan petunjuk topik yang bisa Anda gunakan untuk memulai pembicaraan dengan orang yang ada di acara yang sama.

Namun, Bizzabo tidak selalu tersedia dalam semua event karena untuk bisa berfungsi, penyelenggara acara harus membayar Bizzabo untuk menawarkannya pada para peserta. Aplikasi ini saat ini tersedia dalam handphone Andorid dan iOS.

8. Let’s Lunch

Di tahun 2011, terinspirasi dari banyaknya orang yang makan siang sendirian, aplikasi ini diluncurkan untuk membantu terjalinnya koneksi antara pengguna yang satu dengan yang lainnya di waktu makan siang.

Hingga kini, para penjalin hubungan bisnis aktif dengan total 30,000 orang tergabung di dalam aplikasi ini.

Aplikasi  milik pengguna handphone iOS ini dapat mempermudah Anda mengatur jadwal meeting. Aplikasi ini juga dapat membantu Anda langsung memilih orang yang ingin Anda temui dengan menggeser profilnya ke tanggal di kalender.

9. Linked In

Sudah bukan menjadi rahasia bila LinkedIn memiliki lingkungan yang sangat profesional. LinkedIn adalah platform yang daat digunakan oleh orang-orang untuk memamerkan karir mereka.

Melalui LinkedIn, Anda dapat mencari orang-orang yang ahli dalam bisnis seperti CEO, business coach, motivator dan sebagainya dengan lebih mudah.

10. GroupMe

Aplikasi ini merupakan besutan dari Microssoft. Cara kerja GroupMe mirip dengan aplikasi pesan lainnya, namun beroperasi dengan ruang obrolan pribadi. GroupMe juga mendukung gambar, teks, video dokumen dan hyperlink dalam pertukarannya.

11. Shapr

Shapr merupakan layanan jaringan bisnis yang dibuat khusus untuk menghubungkan orang-orang dengan industri, minat dan tujuan yang sama dengan Anda.

Aplikasi Shapr mirip dengan aplikasi kencan online. Saat profil Anda cocok, Shapr dapat mengirimi mereka pesan pribadi dan menjalin kontak. Aplikasi ini tersedia di perangkat iPhone dan Android.

12. Clubhouse

Pastinya Anda pernah mendengar media yang sempat heboh ini. Clubhouse adalah aplikasi media sosial berbasis audio chat dengan konsep drop in audio-chat.

Penggunan dapat membuat dan memilih ruangan percakapan dan pengguna lain juga bisa gabung kapan saja. Penggunaan Clubhouse seringkali dijadikan kesempatan untuk mendengar podcast, diskusi antar pebisnis dan memperluas koneksi.

Gunakan Aplikasi Bisnis Qontak untuk Membangun Koneksi dengan Pelanggan

Jika Anda berbisnis secara online, koneksi yang baik terhadap pelanggan merupakan sebuah keharusan. Dengan terciptanya hubungan yang baik dengan pelanggan, mereka akan nyaman dengan bisnis Anda sehingga akan kembali membeli produk yang ditawarkan.

Aplikasi Mekari Qontak dapat membantu Anda untuk membangun koneksi dengan pelanggan dari berbagai media kedalam satu platform yang terintegrasi.

Mekari Qontak membantu Anda memberikan pelayanan pelanggan dengan lebih efektif dan terkoordinasi. Fitur-fitur yang ada juga bisa memberikan insight baru bagi Anda karena data pelanggan dan personalisasi mereka akan terlampir dengan jelas.

Jalani hubungan yang baik dengan pelanggan Anda sekarang juga! Mekari Qontak menawarkan implementasi gratis, pengaturan gratis, dan uji coba gratis selama 14 hari tanpa risiko apa pun. Klik disini untuk mencoba penawaran kami hari ini.

Kategori : BisnisBisnis Tools
WhatsApp WhatsApp Sales