Mekari Qontak
Edukasi Produk

6 Cara Menggunakan WhatsApp API untuk Tingkatkan Penjualan!

Cara menggunakan whatsapp api 1: Login ke Chat Panel Qontak.com

Sebagai pemilik bisnis online maupun offline, pasti Anda tidak asing lagi dengan WhatsApp API. Aplikasi WhatsApp ini dirancang khusus untuk memudahkan pemilik bisnis berinteraksi dengan pelanggan melalui cara yang lebih efisien.

Maka dari itu, WA API memiliki fitur-fitur khusus yang dapat mendukung proses bisnis dengan baik, yang tentu saja tidak dimiliki WA Business maupun WhatsApp messenger. Lalu, Bagaimana cara menggunakan WhatsApp API pada bisnis?

Di bawah ini kami akan membahas hal-hal seputar WA API, mulai dari bagaimana cara mendapatkan API WA hingga cara menggunakan WA API untuk mendukung aktivitas bisnis.

WA API atau WhatsApp Business API merupakan pengembangan dari WhatsApp Messenger yang tidak hanya memiliki fitur standard saja. Namun API WA juga dapat diterapkan pada server serta memiliki API lokal yang memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan secara terprogram.

WhatsApp API banyak digunakan bisnis untuk meningkatkan interaksi pelanggan. Pasalnya API WA mampu merespon 89% pesan pelanggan lebih cepat dibandingkan aplikasi pesan instan laiin. Hal ini tak lain berkat dukungan fitur chatbot yang mampu merespon pesan secara otomatis.

CTA Qontak's Banner_WhatsApp API

 


Cara Kerja API Whatsapp

API WhatsApp memiliki sistem (Application Program Interface) yang bisa menghubungkan aplikasi WA dengan aplikasi perusahaan lainnya secara terpadu. Tujuannya untuk mendukung bisnis bisa berkomunikasi dengan konsumen lebih efisien.

Selain itu, perusahaan juga tidak perlu khawatir mengenai kemanan karena WhatsApp memiliki sistem enkripsi end-to-end yang menjamin kerahasian data. Di mana hanya pihak yang terlibat mengetahui isi percakapan dalam WhatsApp. Jadi bisa dipastikan interaksi perusahaan dengan pelanggan baik berupa teks, video, foto, audio, nah kan dokumen tidak akan bocor ke pihak lain.


Cara Menggunakan WhatsApp API

Setelah berhasil mendapatkan WA API melalui Qontak.com, Anda perlu mempelajari cara menggunakan WA API dengan benar.

Hal ini bertujuan agar Anda dapat berkomunikasi dengan konsumen Anda sehingga bisnis online Anda dapat berjalan secara optimal. Anda dapat menggunakannya dengan cara berikut:

Step 1. Login Melalui Chat Panel Qontak.com

Anda akan diberikan credentials untuk login di chat panel Qontak.com, yaitu username dan password.

Tampilan menu setelah login antara agen dan manajer akan berbeda, karena pada dasarnya agen hanya akan mampu membalas pesan yang masuk sedangkan manajer juga dapat memantau pesan masuk serta melakukan beberapa pengaturan.

Cara menggunakan whatsapp api 1: Login ke Chat Panel Qontak.com

Step 2. Memilih Pengaturan Penerima Chat / Chat Assignment

Pengaturan ini dapat ditemukan pada login supervisor. Agen dapat mengatur status online nya dari bagian atas panel. Status ini akan digunakan untuk menjalankan fungsi Auto Agent Allocation atau Custom Agent Allocation.

Cara menggunakan WhatsApp API 2: Mengatur agen

Step 3. Mengatur Jam Kerja, Balasan Otomatis, dan Template Pesan

Pengaturan ini dibuat oleh supervisor untuk menciptakan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien., sehingga agen tidak perlu menuliskan beberapa hal dasar secara berulang.

Cara menggunakan WhatsApp API 3: Mengatur jam kerja, respon otomatis, dan template pesan

Step 4. Login Mobile Melalui Aplikasi Qontak Chat 

Anda juga dapat login menggunakan smartphone Anda. Yang harus dilakukan pertama kali adalah mengunduh aplikasi di Appstore atau Playstore menggunakan kata kunci “Qontak chat”.

Setelah itu, Anda dapat login menggunakan username dan password yang telah diberikan sebelumnya.

Cara menggunakan WhatsApp API 4: Login melalui aplikasi mobile

Step 5. Mengatur Pengambilan dan Pengiriman Pesan

Langkah terakhir adalah memulai proses mengambil, membalas dan memberikan pesan. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan pada proses mengirim dan membalas pesan:

  • Mengambil Pesan

Semua pesan masuk akan tampil di menu inbox di barisan pertama menu dalam sistem. Semua pengguna akan mendapatkan notification baik di browser maupun di hp jika pengguna mengaktifkan fitur Allow Notification.

Supervisor memiliki banyak pilihan disini, seperti membalas pesan, menginterupsi pesan, serta bebas memilih chat room yang ingin dibaca atau dibalas. Pesan yang telah dibalas oleh supervisor tidak dapat diambil oleh agen.

  • Membalas Pesan

Setelah memilih chat room dan mendapat pesan, pengguna dapat mengirimkan file yang diminta atau sesuai dengan pertanyaan konsumen, seperti foto, video, atau file dalam format lainnya.

  • Memberikan Pesan

Pesan dapat diberikan ke pengguna lainnya, namun disini supervisor memiliki opsi lebih banyak, seperti menambahkan atau mengeluarkan agen ke dalam chat room yang sama. Beda halnya dengan agen, mereka hanya dapat memberikan pesan ke sesama agen.

  • Menyelesaikan Pesan

Jika keperluan konsumen telah diselesaikan, maka agen dapat menutup sesi percakapan tersebut dengan menekan tombol Resolve.

Pesan yang telah berakhir ini tidak dapat diedit kembali atau diteruskan kembali walaupun sesi belum berakhir (expired) dan langsung tersimpan dalam menu Resolved. 

Step 6. Mengetahui Informasi Konsumen

Cara menggunakan WhatsApp API yang terakhir ialah mengetahui informasi pelanggan. Bagian berisi beberapa hal penting yang berkaitan dengan konsumen, yaitu:

  • Informasi konsumen (nama, nomor telepon, dan session status)
  • Room history (berisi tentang riwayat percakapan konsumen tersebut dengan agen yang melayaninya. Agen hanya dapat melihat riwayat percakapan yang pernah diambil, sedangkan supervisor dapat membuka seluruh riwayat percakapan yang pernah terjadi di chat room tersebut).
  • Catatan (Agen dapat menambahkan catatan khusus dalam setiap percakapan yang pernah diambilnya).
  • Tags (hashtag diberikan agar percakapan tersebut dapat difilter sesuai jenisnya)

Cara menggunakan whatsapp api 6: mengetahui informasi pelanggan

 


Dapatkan WhatsApp API untuk Bisnis Anda Sekarang!

WA API membantu bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan lebih efisien. Hal ini sangat berguna mengingat penting bagi bisnis membangun hubungan yang baik dengan para konsumen. Oleh karena itu, wajar apabila banyak bisnis saat ini memanfaatkan API WA untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka.

Seperti dijelaskan sebelumnya, untuk menggunakan WA API tentu Anda harus memiliki akun WhatsApp API terlebih dahulu. Sementera untuk memilin API WA, Anda perlu mendftar ke Business Partner Solution (BSP) WhatsApp seperti Mekari Qontak.

Qontak merupakan BSP resmi terbaik yang ditunjuk oleh WhatsApp di Indonesia. Lebih dari 3500 bisnis sudah membuktikannya dengan menggunakan WhatsApp API dari Mekari Qontak. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan. Jadi tunggu apa lagi?

CTA Qontak's Banner_WhatsApp API

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales