Daftar isi
9 min read

14 Contoh Kata-Kata Copywriting Ajaib Menarik Calon Pembeli

Tayang 05 Juni 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
14 Contoh Kata-Kata Copywriting Ajaib Menarik Calon Pembeli

Ketatnya persaingan bisnis saat ini membuat bisnis harus kreatif dalam memasarkan produknya. Tak terkecuali melalui kata-kata copywriting yang biasa digunakan untuk menarik pembeli.

Oleh karena itu, kami merangkum contoh kata-kata copywriting brand ternama seperti Starbucks, Tiket.com, Eiger dan banyak lagi. Dari contoh copywriting tersebut, diharapkan bisa menjadi inspirasi Anda dan meningkatkan penjualan seperti mereka.

Apa itu Copywriting?

Copywriting adalah tindakan atau pekerjaan menulis teks dengan tujuan untuk beriklan atau pemasaran lainnya. Konten yang ditulis biasanya adalah produk atau jasa yang dijual, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan pada akhirnya membujuk seseorang atau kelompok untuk melakukan tindakan tertentu.

Copywriting yang tentunya sudah Anda kenali sebagai kata-kata yang akan membuat orang yang membacanya ingin mengambil tindakan merupakan bagian krusial dari bisnis Anda.

Yuk, simak contoh kata-kata copywriting brand terkenal pada artikel berikut.

Jenis-Jenis Copywriting

Setiap jenis copywriting memiliki tujuan dan pendekatan yang berbeda. Pemilihan jenis yang tepat tergantung pada tujuan kampanye pemasaran dan target audiens yang dituju.

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis copywriting yang umum digunakan dalam strategi pemasaran:

– Direct Response

Kalimat copywriting direct response sering ditemukan pada tombol-tombol klik atau CTA (Call to Action) yang mengandung ajakan tertentu. Copy jenis ini berisi ajakan kepada pembaca untuk melakukan tindakan seperti mendaftar, melihat produk, memasukkan produk ke keranjang, berlangganan email newsletter, dan sebagainya.

– Brand Copywriting

Brand copywriting digunakan untuk mengenalkan produk ke pasar. Oleh karena itu, copywriting jenis ini cenderung fokus pada pembuatan slogan atau tagline yang mencerminkan identitas perusahaan dengan cara yang unik dan ikonik.

– Marketing Copywriting

Sesuai namanya, jenis copywriting ini digunakan dalam upaya pemasaran atau beriklan di poster, billboard, televisi, dan lainnya. Tujuannya menyampaikan informasi produk, sehingga menarik pembaca untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

– Technical Copywriting

Penggunaan technical copywriting bertujuan untuk memberikan pengarahan, edukasi, sehingga mempermudah pembaca dalam menggunakan suatu produk. Jenis penulisan copy ini biasanya berbentuk buku panduan teknis, manual, informasi cara pakai produk, dan sebagainya.

– Creative Copywriting

Creative copywriting mengutamakan kreativitas penulis untuk menghasilkan kata-kata membuat pembaca tertarik. Oleh karena itu, pembuatannya pun tidak mudah dan instan.

– SEO Copywriting

Jenis copywriting ini dibuat untuk keperluan SEO seperti Meta Tags atau artikel-artikel blog. Maka dari itu, penulis harus menargetkan kata kunci tertentu untuk meningkatkan visibilitas tulisan di search engine. Namun tetap memperhatikan kualitas tulisan agar tetap bisa dipandang menarik oleh pembaca.

– Online Ads Copywriting

Tak berbeda dengan SEO, online ads copywriting juga harus memperhatikan kaidah digital marketing. Copywriting jenis ini harus bisa membuat pembaca tergugah untuk mengklik landing page dan membeli produk Anda.

– Social Media Copywriting

Copywriting jenis ini bisa dilihat dari konten dan caption yang dibagikan di sosial media. Bisnis akan membuat konten dan caption semenarik mungkin untuk meningkatkan engagement dan menambah follower organik.

– Email Copywriting

Penulisan copy yang menarik akan membantu keberhasilan email marketing. Copy tersebut harus bisa membuat penerima tertarik untuk membuka, membaca, bahkan tergerak untuk melakukan tindakan tertentu sesuai dengan isi email marketing.

– B2B & B2C Copywriting

Terakhir adalah jenis B2B dan B2C copywriting. Jenis ini fokus pada objek yang dituju. Misalnya copy untuk bisnis B2B, menggunakan gaya komunikasi copy yang formal, lugas dan dengan diksi khusus.

Baca juga: 12 Tips dan Cara Agar Jualan Online Laris bagi Pemula!

Contoh Kata-Kata Copywriting yang Sering Digunakan untuk Jualan Online

Ingatlah bahwa copywriting jualan online harus menonjolkan manfaat produk, membangun kepercayaan, dan mendorong calon pembeli untuk mengambil tindakan pembelian.

Berikut adalah contoh kata-kata copywriting jualan online:

– Contoh Copywriting Produk Jasa

Dalam pemasaran perusahaan penyedia jasa wisata, umumnya mereka menggunakan gaya copywriting bahasa yang santai dan penuh semangat.

Contoh kata-kata copywriting tersebut terlihat pada gambar berikut:

1. Tiket.com

contoh copywriting produk jasa Tiket.com

Pada gambar di atas, Tiket.com menggunakan kata-kata yang sangat bersemangat. Kata-kata tersebut berusaha menyampaikan energi yang menyenangkan.Mereka juga memperlihatkan berbagai hal menarik yang dapat ditemukan di Lombok untuk memikat pembaca.

Selain itu, pada caption Tiket.com juga menambahkan “imbalan” dengan menawarkan promosi tiket pesawat ke Lombok. Dengan begitu, diharapkan pembaca terinspirasi untuk membeli tiket dan merasakan kegembiraan dalam berwisata di Lombok.

2. Laditatour

Contoh kata-kata copywriting jasa Ladiatatour

Berbeda dari sebelumnya, contoh kata-kata copywriting berikutnya menggunakan kalimat yang kreatif. Ladita Tour menginformasikan keindahan desa Waerebo di Flores.

Pada awal kalimat, Laditatour menggunakan pantun yang menggunakan kalimat persuasif soft. Mereka juga menunjukkan tempat-tempat indah yang patut dikunjungi. Tak lupa pada akhir, mereka mengajak pembaca untuk mengikuti tour ke desa Waerebo di Flores.

3. Kost Mahasiswa

contoh kata-kata copywriting jasa kos mahasiswa

Contoh copywriting produk jasa ketiga adalah kost mahasiswa di area Universitas Padjadjaran. Pada gambar di atas, terlihat pemilik akun ingin memberikan informasi lengkap terkait fasilitas dan lokasi. Informasi tersebut, diharapkan mampu menarik pembaca.

– Contoh Copywriting Makanan

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, contoh copywriting makanan juga biasanya menggunakan kalimat santai. Sebagian juga berlomba untuk menawarkan promo atau diskon menarik.

Contoh kata-kata copywriting makanan bisa dilihat di bawah ini:

4. Starbucks

contoh kata-kata copywriting makanan starbucks

Pada contoh di atas, sebenarnya kata-kata copywriting yang digunakan cukup umum. Namun, implementasinya terbukti masih efektif.

Starbucks Indonesia dengan tegas menyoroti tentang “Promo Menguntungkan” pada periode tertentu. Mereka juga memberikan pilihan pembayaran kepada calon pembeli untuk mendapatkan keuntungan lebih. Pendekatan ini sangat positif karena dapat membuat calon pembeli merasa diuntungkan.

5. J.CO Indonesia

contoh kata-kata copywriting makanan J.co

Contoh di atas memberikan informasi tentang promo Sharing is Caring di J.CO Indonesia.

Biasanya, copy untuk mempromosikan sebuah promo cenderung menekankan detail isi dari promo tersebut.

Namun, J.CO menggunakan “Attachment” sebagai strategi mereka.

Mereka secara langsung menyoroti target audiensnya, yaitu para pecinta kopi metode Clever Drip yang ingin ngopi bareng teman. Tujuannya adalah agar orang-orang yang merasa terkait dengan situasi tersebut akan segera mengunjungi J.CO Indonesia terdekat.

6. HokBen

contoh kata-kata copywriting makanan Hokben

Contoh kata-kata copywrting berikutnya berasal dari HokBen Indonesia. Melalui Copy dia atas, mereka mencoba mengenalkan produk terbaru yaitu Fried Chikuwa.

Perusahan makanan Jepat tersebut berusaha mengenalkan setiap elemen rasanya. Dengan demikian, pembaca diharapkan akan tergiur dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

7. Mangkokku

contoh kata-kata copywriting makanan Mangkokku

Penulisan kata-kata copywriting juga dapat menggunakan pendekatan solutif dalam copywriting.

Sebagai contoh, pada caption dari Mangkokku di atas. Mangkokku menyajikan pesan dengan gaya bahasa yang santai, sehingga kata-katanya menjadi lebih menarik. Mereka menawarkan solusi bagi penonton konser Blackpink yang lapar untuk mengunjungi tenant di sekitar lokasi konser.

– Contoh Copywriting Fashion

Ada berbagai contoh kata-kata copywriting untuk produk fashion. Umumnya mereka menonjolkan kelebihan produk masing-masing seperti contoh berikut:

8. EIGER

contoh kata-kata copywriting Fashion Eiger

Pendekatan dalam copywriting tersebut adalah memberikan solusi bagi masalah kenyamanan dan gaya hidup. Solusinya adalah dengan menggunakan kemeja oversize EIGER X Zither.

Untuk meyakinkan audiens, EIGER menjelaskan secara detail bahan dan teknologi yang digunakan dalam kemeja tersebut.

9. Wakai

contoh kata-kata copywriting Fashion Wakai

Selanjutnya, untuk contoh copywriting sepatu, caption dari Wakai Indonesia di atas cukup sederhana tapi powerful.

Brand sepatu Indonesia itu sedang mempromosikan Wakai Core Collection dengan beragam warna. Mereka mengemasnya dengan pengandaian yang kreatif dengan membangkitkan kenangan masa kecil.

– Contoh Copywriting Produk Kecantikan

Berbeda dengan contoh sebelumnya, produk kecantikan tak jarang menggunakan copy hasil riset mereka. Ada juga yang menampilkan tips kecantikan seperti contoh berikut:

10. Somethinc

contoh kata-kata copywriting Produk kecantikan Somethinc

Berikutnya adalah contoh kata-kata copywriting dari Somethinc. Produk kecantikan asal Indonesia tersebut berusaha menonjolkan keunggulan produk mereka.

Somethinc bahkan tak ragu untuk memasukkan feedback dari pelanggan mereka untuk meyakinkan pembaca. Bahkan mereka juga mengadakan riset dengan 100 pelanggan untuk menggunakan produk “Calm Down”.

11. Emina

contoh kata-kata copywriting Produk kecantikan Emina

Emina Cosmetic menerapkan pendekatan situasional dengan fokus pada make up saat lebaran.

Pada paragraf kedua, Emina menghadirkan beberapa daftar produk dengan emoticon yang menarik. Mereka juga menampilkan pada video,hal ini menciptakan daya tarik tersendiri.

Sementara itu, pada bagian terakhir, call to action yang digunakan tidak terkesan menekan kampanye pemasaran mereka melalui #GodaanBaik. Tak lupa mereka juga menyertakan brand mereka dengan #eminacosmetics.

– Contoh Copywriting yang Membuat Orang Takjub

Copywriting yang menimbulkan kekaguman sangat bergantung pada konteks dan tujuan promosi. Penggunaan kata-kata dan elemen lainnya harus disesuaikan dengan merek dan produk yang diiklankan untuk menciptakan efek yang membuat takjub seperti contoh berikut:

12. Memasukkan Kalimat Pertanyaan dan Iming-Iming

Dalam usaha menciptakan copy yang menarik, ada baiknya memulainya dengan judul yang memicu rasa penasaran di antara pembaca. Misalnya mulai dengan kalimat pertanyaan.

Kalimat pertanyaan bisa membuat pembaca merasa tertantang dan tertarik untuk lebih mengenal merek produk yang ditawarkan. Jika berhasil membangkitkan rasa penasaran, maka dapat dikatakan bahwa copy tersebut telah berhasil.

13. Menyematkan Kata Ajaib

Salah satu alasan mengapa tulisan copy menjadi efektif adalah karena penggunaan kata-kata ‘ajaib’ yang dapat menghipnotis calon konsumen. Beberapa contoh kata-kata ajaib tersebut meliputi:

  • Keajaiban
  • Sangat efektif
  • Mengagumkan
  • Dan kata-kata lain yang memiliki efek dramatis namun masih relevan

Dalam membuat teks copy, Anda dapat menerapkan kata-kata ajaib tersebut untuk menyoroti keunggulan produk dengan tujuan membuat calon konsumen terkesan. Berikut ini adalah beberapa contoh copywriting yang menggunakan kata-kata ajaib:

contoh kata-kata copywriting Ajaib dengan Nature Republic

14. Menggunakan Kata “Tanpa”

Tulisan copy yang menarik adalah yang mampu efektif dalam menyampaikan solusi atau manfaat dari suatu produk. Salah satu strateginya adalah dengan menggunakan kata “tanpa” untuk memicu berbagai respons dari pembaca terhadap iklan atau produk yang ditawarkan.

Kata “tanpa” ini juga memberikan kesan bahwa solusi tambahan diberikan, menghilangkan keraguan atau sangkalan, serta menjawab pertanyaan atau kekhawatiran dari pembeli.

Berikut adalah beberapa contoh copywriting dengan penggunaan kata “tanpa” atau “Tidak”:

contoh kata-kata copywriting Ajaib di Kebab Monster

Manakah Contoh Kata-Kata Copywriting yang Paling Menarik?

Anda bisa meniru dari berbagai contoh copywriting mulai dari promosi makanan hingga layanan transportasi online. Baik itu dalam bentuk copywriting di halaman website maupun contoh copywriting di Instagram.

Namun, copywriting tersebut tidak akan bermanfaat apabila tidak ada tindakan selanjutnya. Pelanggan yang tertarik dengan copy tersebut akan melangkah ke tahap selanjutnya yang itu menghubungi bisnis melalui berbagai saluran penjualan.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi Omnichannel terbaik di Indonesia. Aplikasi Qontak memiliki fitur unggulan yang menghubungkan seluruh saluran penjualan (Instagram, website, email marketing, WhatsApp dan lainnya).

Lebih dari 3500+ perusahaan menggunakan Mekari Qontak untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, serta hubungan pelanggan. Tidak hanya itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Dapatkan Omnichannel GRATIS dari Mekari Qontak selama 14 hari atau Kosnultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak.

Kategori : BisnisMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales