Daftar isi
7 min read

Top 10 Tools AI Prompt Generator untuk Tingkatkan Kreativitas

Tayang 07 Juni 2023
Diperbarui 08 Desember 2023
Top 10 Tools AI Prompt Generator untuk Tingkatkan Kreativitas

Penggunaan AI prompt generator dapat menghemat waktu pengguna dalam menyelesaikan masalahnya. Pasalnya tools AI ini mampu memberikan respon hanya dalam hitungan detik dengan jawaban yang lebih menarik dan bermanfaat. Hal ini juga akan meningkatkan pengalaman pelanggan apabila bisnis menggunakannya.

Melihat kemampuan tersebut, maka tak heran saat ini banyak bisnis mulai mengadopsi tools AI satu ini. Namun banyaknya pilihan mungkin akan membuat bisnis bingung harus menentukan yang terbaik.

Oleh karena itu, kami merekomendasikan 10 tools AI prompt generator terbaik yang bisa Anda coba gunakan pada artikel berikut ini.

Apa itu Prompt AI?

AI prompt generator adalah sebuah alat yang menggunakan algoritma pembelajaran untuk menghasilkan prompt untuk tools AI seperti ChatGPT. Prompt tersebut dapat berupa kata, frasa, atau pertanyaan yang memberikan inspirasi untuk menciptakan sesuatu yang unik dengan bantuan kecerdasan buatan.

AI prompt generator mampu menghasilkan prompt berdasarkan berbagai kriteria seperti jenis proyek, genre, nada, gaya, panjang, atau bahkan kata kunci atau konsep tertentu.

Sebagai contoh, jika Anda sedang mengerjakan proyek bisnis dan membutuhkan salinan pemasaran, Anda dapat memasukkan audiens target, fitur produk, dan nada yang diinginkan ke dalam generator prompt AI.

Baca juga: 17 Rekomendasi Alternatif Chat GPT Gratis yang Bisa Digunakan

Mengapa Menggunakan Generator Prompt?

Ada beberapa alasan mengapa perlu menggunakan generator prompt AI. Pertama,generator prompt AI dapat memberikan ide yang dapat membantu mengatasi masalah kreativitas. Hal ini sangat berguna bagi penulis, seniman, atau siapa pun yang bekerja di bidang kreatif, karena ide-ide segar bisa jadi sulit untuk muncul secara teratur.

Penggunaan AI promt generator dapat membantu menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas. Alih-alih menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan brainstorming, pengguna cukup memasukkan kriteria yang mereka inginkan ke dalam generator prompt AI dan menghasilkan beberapa prompt yang efektif dalam hitungan detik.

CTA Qontak's Banner_Chatbot AI

Baca juga: 7 Peran Artificial Intelligence untuk Customer Experience

Bagaimana Cara Kerja Tools AI Generator?

Teknologi Artificial Intelligence (AI) dilatih untuk menangani petunjuk-petunjuk yang sangat kompleks, sehingga penggunaan terbaik dari alat-alat ini adalah dengan memberikan petunjuk yang jelas dan terperinci.

Namun, sebagai pengguna biasa, seringkali kesulitan menemukan kata-kata tepat untuk menggambarkan apa hasil yang diinginkan. Bahkan terkadang tidak tahu persis apa yang sebenarnya pengguna inginkan, tetapi mereka mengandalkan alat AI untuk menghasilkan karya yang luar biasa.

Dalam situasi seperti itu, alat generator prompt AI dapat memberikan bantuan yang signifikan. Alat-alat ini akan memberikan saran-saran prompt yang terperinci setelah Anda memasukkan pertanyaan atau permintaan Anda.

Baca juga: 12 Contoh Penerapan Artical Intelligence (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari

Rekomentasi Tools AI Prompt Generator Terbaik

1. AI Text Prompt Generator

Tools AI Text Prompt Generator

AI Text Prompt Generator adalah tools AI gratis yang menghasilkan berbagai jenis prompt, mulai dari cerita, pertanyaan penelitian, kalimat-kalimat pemasaran, hingga paragraf deskripsi. Pengguna dapat menghemat waktu dan mendapatkan ide-ide kreatif untuk mengembangkan tulisan mereka.

AI Text Prompt Generator juga membantu memperluas cakupan imajinasi dan memicu kreativitas pengguna dalam menghasilkan konten yang menarik dan bermanfaat.

2. AI Art Prompt Generator

Tools AI Art Prompt Generator

AI Art Prompt Generator menggunakan kecerdasan buatan untuk menghasilkan ide dan petunjuk seni sebagai inspirasi bagi seniman atau pencipta karya seni. Tools AI ini dapat menghasilkan berbagai jenis prompt, seperti konsep visual, tema, gaya, objek, kombinasi warna, atau bahkan permintaan untuk menciptakan karya seni dengan elemen tertentu.

Dengan menggunakan AI Art Prompt Generator, seniman dapat mendapatkan stimulus kreatif yang baru dan unik untuk mengembangkan ide seni mereka. Alat ini juga dapat membantu mengatasi blok kreatif, menghasilkan kombinasi ide yang menarik, dan mendorong eksplorasi dan inovasi dalam penciptaan karya seni.

3. Generator Prompt Midjourney

Tools AI Generator Prompt Midjourney

Generator Prompt Midjourney adalah tools AI menggunakan model GPT-2 yang telah disesuaikan dengan menggunakan data midjourney-prompts yang berisi 250.000 teks prompt. Pompt AI terbaik ini dapat digunakan untuk menghasilkan prompt otomatis untuk semua model teks-ke-gambar, termasuk model dalam keluarga DALLE.

4. PromptPerfect

tools ai prompt generator PromptPerfect

PromptPerfect memungkinkan Anda membuat prompt dengan berbagai alat kecerdasan buatan seperti ChatGPT, DALL-E 2, Claude, Stable Diffusion, dan banyak lagi. Generator prompt ini memiliki antarmuka sederhana, dengan langkah-langkah yang jelas.

Pengguna bisa memulai dengan memilih alat kecerdasan buatan yang ingin digunakan dan memasukkan prompt asli. Setelah itu, tools AI secara instan akan menghasilkan prompt yang detail yang siap digunakan untuk menghasilkan konten.

5. PromptoMania

tools ai prompt generator PromptoMania

PromptoMania adalah tools AI prompt generator yang ramah pengguna. Tools AI ini menggunakan data untuk menghasilkan gambar berdasarkan parameter tertentu. Selain itu, PromptoMania mampu menghasilkan gambar AI pada model teks ke gambar yang didukung seperti CF Spark, Midjourney, dan Stable Diffusion.

Untuk menulis prompt yang baik, Anda harus memiliki visi yang jelas untuk keluaran yang Anda harapkan. Sebaiknya cantumkan setiap detail yang dinginkan, dan sespesifik mungkin. Saat membuat prompt, jangan ragu untuk membayangkan orang, objek, dan tempat sebagai referensi untuk pembuat prompt.

6. PromptBase

tools ai prompt generator PromptoMania

PromptBase menyediakan berbagai contoh prompt atau petunjuk yang dapat digunakan sebagai titik awal dalam menulis atau mengembangkan berbagai jenis konten, termasuk artikel, esai, laporan, dan lainnya. Platform ini menyediakan beragam kategori dan topik yang dapat dipilih, dan setiap kategori memiliki contoh-contoh prompt yang terkait.

Pengguna dapat memilih prompt yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan menggunakannya sebagai pijakan untuk memulai penulisan mereka. PromptBase membantu mempercepat proses brainstorming dan memberikan inspirasi kepada penulis untuk menghasilkan konten yang lebih baik dan lebih efektif.

7. PromptHero

tools ai prompt generator PromptHero

PromptHero adalah platform yang menawarkan wawasan luas dan menarik. Pengguna dapat menelusuri prompt yang ada dan memilih prompt yang ingin digunakan. Platform ini juga menyediakan kemampuan untuk melakukan pencarian berdasarkan model kecerdasan buatan seperti Chat GPT dan Dall-E.

Dengan mengarahkan kursor ke prompt tertentu, pengguna dapat melihat detail lebih lanjut, seperti tools AI yang cocok untuk prompt tersebut, kata kunci terkait, jumlah suka, dan lainnya.

8. WebUtility

tools ai prompt generator WebUtility

Generator prompt AI acak dari WebUtility sangat berguna saat membuat prompt yang dapat digunakan dengan beberapa model AI. Alat ini secara cepat menghasilkan petunjuk yang unik untuk alat-alat seperti Difusi Stabil, Pertengahan Perjalanan, DreamStudio, Dall-E 1 & 2.

Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat mengatasi blok kreatif dan mendapatkan inspirasi serta cara untuk menulis permintaan Anda secara efektif. Baik Anda seorang desainer, pengembang, pemilik bisnis, atau hanya mencari ide dengan santai, Anda dapat memanfaatkan alat ini secara luas.

Hanya dengan beberapa klik, Anda dapat menghasilkan perintah terbaik berikutnya untuk alat AI favorit Anda.

9. Prompts.chat

Toold AI Generator Prompts.chat

Prompts.chat menyediakan berbagai saran dengan berbagai kategori yang dapat di copy paste. Generator AI prompt ini dirancang agar ChatGPT bisa berinteraksi melalui percakapan.

Contohnya Prompts.chat memberikan petunjuk yang dimulai dengan “Saya ingin Anda bertindak sebagai pelatih kehidupan.” Bukan memberikan petunjuk seperti “Beri saya nasihat hidup yang berguna,” pada Chat GPT umumnya.

Dengan menggunakan petunjuk tersebut, diharapkan bahwa interaksi dengan AI akan menghasilkan respons yang lebih personal dan sesuai dengan situasi, bukan respons umum yang seragam.

10. Mekari Qontak

Tools AI Generator Prompt Mekari Qontak

Mekari Qontak menawarkan Chatbot AI terbaik di Indonesia. Tools AI mampu memberikan respon otomatis seolah melakukan percakapan dengan manusia. Hebatnya Chatbot Qontak bisa diimplementasi berbagai saluran seperti WhatsApp, Instagram, Facebook dan lainnya.

Selain itu, pengguna bisa mengatur aplikasi chatbot Qontak untuk memberikan jawaban personal sesuai dengan trigger yang dimasukkan. Proses pengaturannya juga tergolong mudah tanpa perlu coding tambahan.

Baca juga: 15 Tools AI Marketing Terbaik untuk Kembangkan Bisnis di 2023

Tingkatkan Kreativitas dengan Tools AI Prompt Generator Terbaik Sekarang

Demikianlah 10 tools AI generator terbaik yang bisa dicoba untuk meningkatkan kreativitas. Namun, tidak semua ai prompt generator tersebut gratis. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih tools AI tepat sehingga Anda tidak perlu merasa rugi.

Mekari Qontak menawarkan Chatbot AI untuk melakukan percakapan secara otomatis menggunakan teknologi AI. Penggunaan AI ini mampu meningkatkan interaksi serta pengalaman pengguanya.

Selain itu, Mekari Qontak menawarkan aplikasi Omnichannel yang terintegrasi dengan Chat GPT (Airene). Teknologi AI akan memberikan rekomendasi jawaban untuk pelanggan di semua channel yang terintegrasi Omnichannel (WhatsApp, Instagram, Facebook dan lainnya).

Lebih dari 3500+ perusahaan menggunakan Mekari Qontak untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, serta hubungan pelanggan. Tidak hanya itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Dapatkan Chatbot AI GRATIS dari Mekari Qontak selama 14 hari atau Konsultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak Sekarang juga.

CTA Qontak's Banner_Chatbot AI

WhatsApp WhatsApp Sales