Daftar isi
7 min read

Cara Menggunakan Facebook Ads Library untuk Mengintip Iklan Kompetitor

Tayang 29 Januari 2024
Diperbarui 01 Februari 2024
facebook-ads-library
Cara Menggunakan Facebook Ads Library untuk Mengintip Iklan Kompetitor

Sebagai pelaku bisnis online, mungkin Anda tidak asing lagi dengan Facebook Ads. Tapi tahukah Anda saat ini, Meta Ad mengeluarkan fitur baru untuk beriklan yaitu Facebook Ads Library.

Facebook Ads Library memungkinkan Anda untuk mengintip iklan kompetitor di platform Facebook. Dengan begitu, Anda bisa menganalisa keunggulan iklan kompetitor dan mengadopsinya pada iklan Anda dengan sedikit inovasi agar lebih efektif.

Yuk, simak penjelasan informasi detail mengenai fitur iklan baru dari Meta yaitu Facebook Ads library pada artikel berikut.

Apa itu Facebook Ads Library?

Facebook Ads Library adalah fitur yang berisi database iklan dari berbagai bisnis yang beriklan di platform Facebook. Dengan fitur ini, pengiklan bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang semua iklan yang ada di platform Meta (Facebook dan Instagram).

Semua jenis iklan yang pernah diposting akan tersimpan di Ad Library selama 7 tahun. Jadi pengiklan bisa mencari iklan yang masih aktif maupun tidak aktif dari kompetitor untuk mendapatkan inspirasi.

Dari iklan-iklan yang tersimpan di Meta Ad Library , Anda bisa menganalisa konten mana yang banyak diminati hingga trends setiap tahunnya. Kemudian, Anda bisa membuat iklan yang relevan dengan wawasan yang berhasil Anda dapatkan tersebut.

Baca juga: Kenali Apa itu Facebook Marketing

Apa Manfaat Menggunakan Facebook Ads Library?

Sempat disinggung sebelumnya, Facebook Ads Library memberikan sejumlah keuntungan bagi bisnis dalam menyusun strategi pemasaran. Keuntungan yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

  • Mencari Ide

Keuntungan pertama adalah mendapat ide baru untuk membuat iklan. Caranya Anda cukup dengan memasukkan kata kunci atau topik iklan yang ingin Anda cari. Kemudian Meta Ad Library akan menampilkan iklan-iklan yang relevan dari berbagai merk.

  • Tampilan Iklan Berbeda

Setelah mendapatkan ide segar, Anda bisa menganalisa perbedaan iklan yang selama ini Anda buat dengan iklan dari merek lainnya.

Memanfaatkan hasil analisis tersebut untuk menampilkan iklan berbeda dengan mengadopsi gaya iklan baru, atau menguji kata-kata dan frasa baru yang dapat menarik perhatian audiens Anda.

  • Evaluasi Efektivitas Iklan

Selain menganalisa iklan kompetitor atau brand lain, gunakan Ad Library untuk melakukan evaluasi perkembangan iklan yang selama ini brand Anda buat. Lakukan analisa mendalam konten iklan yang disukai audiens Anda dan peluang untuk mengoptimalkan iklan Facebook Anda di masa mendatang.

Apa saja Fitur Utama Pada Facebook Ads Library?

Keuntungan yang disebutkan sebelumnya bisa Anda dapatkan dengan menggunakan fitur Facebook Ads Library. Secara umum, terdapat 3 fitur utama pada Meta Ad Library seperti berikut:

1. Negara & Kategori Iklan

Fitur pertama Ad Library ini memungkinkan Anda untuk melihat semua iklan di negara atau lokasi tertentu. Dalam hal ini, Anda perlu mengatur atau memilih negara yang ingin ditargetkan. Anda juga bisa mengkategorikan iklan sesuai dengan lokasi target audiens.

2. Kata Kunci & Merek Tertentu

Setelah memfilter lokasi, maka Anda bisa menggunakan fitur kedua untuk melakukan pencarian iklan. Caranya dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian.

Jika Anda ingin memantau iklan kompetitor, maka Anda bisa memasukkan nama merek pesaing. Setelah itu, semua iklan pesaing yang sedang aktif akan muncul.

3. Filter Bahasa, Platform, & Impressi

Fitur Facebook Ads Library terakhir memungkinkan Anda untuk memfilter iklan berdasarkan kategori tertentu. Saat ini, Anda dapat menyaringnya berdasarkan bahasa, pengiklan, platform, dan jenis media, serta impresi berdasarkan tanggal dan status aktif.

Baca juga: Facebook Ads: Pengertian, Manfaat, dan Fungsi Utamanya

Bagaimana Cara Menggunakan Facebook Ads Library?

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

Setelah mengetahui informasi Facebook Ads Library di atas, mungkin Anda tertarik untuk menggunakannya. Berikut cara menggunakan Facebook Ad Library:

1. Kunjungi Laman Facebook Ads Library

Tahapan pertama adalah mengunjungi laman resmi Facebook Ads Library.

2. Masuk ke Kolom Pencarian

Kemudian, Anda akan melihat kolom pencarian. Mulailah memilih negara yang ingin Anda lihat iklannya. Selanjutnya pilih “Semua Iklan” dari menu dropdown yang berdekatan.

Setelah itu, Anda akan melihat semua iklan yang relevan dengan pencarian Anda. Pilih salah satu iklan untuk mendapatkan informasi seperti:

  • Apakah iklan aktif atau tidak?
  • Kapan iklan mulai berjalan?Jika tidak aktif, kapan iklan tersebut berhenti berjalan?
  • Platform mana (Facebook, Instagram) iklan berjalan
  • Apakah iklan itu ditandai untuk kategori khusus tertentu (seperti kredit, pekerjaan, perumahan, atau isu sosial)

3. Lihat Informasi Detail Iklan

Selain itu, di bawah setiap iklan di Meta Ad Library, Anda akan melihat tombol “Lihat detail iklan”. Klik tombol tersebut, agar Anda bisa menjelajahi informasi detail iklan tersebut seperti jenis media, judul, deskripsi, atau panggilan tindakan yang berbeda.

4. Tambahkan filter

Jika Anda ingin mempersempit elemen tertentu dari iklan yang dihasilkan, Anda juga dapat menambahkan filter dari Facebook Ad Library. Dengan filter, Anda dapat meninjau iklan mereka yang spesifik berdasarkan:

  • Bahasa
  • Platform (Facebook, Instagram, Audience Network, atau Messenger)
  • Media (Gambar, meme, gambar dan meme, video, dan tanpa gambar atau video)
  • Status aktif (Aktif atau tidak aktif)
  • Tanggal aktif (Rentang waktu dari tujuh tahun terakhir)

Tips Menggunakan Facebook Ads Library dengan Optimal

Apabila Anda berhasil mengakses Meta Ad Library, kami membagikan tips untuk menggunakannya supaya bisa mendapatkan hasil optimal. Berikut tips menggunakan Facebook Ads Library:

  • Menganalisis Iklan Pesaing

Pertama, gunakan Meta Ad Library untuk mencari iklan pesaing, termasuk melihat kapan dan dimana iklan mereka dijalankan. Hal ini membantu untuk menganalisa apa yang pesaing Anda lakukan.

Dengan mendapatkan informasi tersebut, Anda dapat menyesuaikan strategi iklan Facebook yang lebih efektif dari pesaing. Dalam hal ini mencakup penyesuaian anggaran, perubahan target audiens dan eksperimen dengan jenis iklan baru seperti video atau iklan karusel.

  • Meningkatkan Kreativitas Iklan

Setelah memiliki wawasan cukup mengenai iklan pesaing, saatnya Anda untuk meningkatkan kreativitas. Anda bisa mengambil iklan-iklan yang ada pada Library Ads untuk mendapatkan inspirasi.

Namun sebelum itu, perlu dicatat beberapa panduan yang bisa Anda untuk mencari iklan yang baik untuk dijadikan inspirasi seperti berikut:

  • Performa iklan yang bisa dilihat dari tanggal berjalan. Apabila iklan tersebut berjalan cukup lama, maka kemungkinan besar iklan tersebut menguntungkan
  • Platform iklan tersebut dijalankan. Hal ini dapat memberikan informasi tentang audiens potensial yang ingin diincar oleh pengiklan
  • Pemilihan penempatan manual atau otomasi. ika Anda melihat catatan tentang ‘Multiple Versions’, itu berarti iklan menggunakan format, visual, salinan, atau iklan dinamis digunakan
  • Target iklan yang bisa dilihat dari parameter UTM. Misalnya, jika Anda melihat sesuatu seperti utm_campaign=mof-retargeting, Anda dapat berasumsi bahwa ini adalah iklan retargeting yang berada di MOF atau “Middle of Funnel”

Setelah menganalisis iklan berdasarkan matrik di atas, maka tahap selanjutnya adalah dengan menyimpan, mengorganisir, dan berbagi inspirasi iklan selamanya tanpa tautan yang kedaluwarsa. Hal ini memudahkan Anda untuk mengaksesnya kembali saat mencari inspirasi serupa.

  • Pahami Target Audiens

Langkah selanjutnya adalah mengenali target audiens Anda. Gunakan fitur pada Facebook Ads Library untuk menyaring iklan berdasarkan lokasi target audiens berada. Saat ini, Anda hanya bisa menyaring iklan berdasarkan negara.

Kemudian, Anda bisa menggunakan filter untuk mencari jenis media yang digunakan. Apakah iklan dalam bentuk gambar, meme, video, atau transkripsi video. Hal ini membantu Anda untuk memahami minat dari target audiens Anda.

  • Pilih Waktu yang tepat Menjalankan Iklan

Pemilihan waktu penayangan iklan sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilannya. Sebelum itu, Anda bisa menganalisa kapan dan mengapa pesaing Anda menjalankan sebuah iklan. Mungkin hal tersebut bisa menjadi peluang untuk Anda melakukan hal serupa atau menawarkan hal lainnya.

Facebook Ads Library memungkinkan Anda menyaring iklan berdasarkan tanggal, sehingga Anda dapat melihat dengan tepat apa yang dijalankan pesaing Anda pada setiap musim.

Jadi ketika Anda tahu bahwa pesaing Anda sedang mengadakan penjualan pada waktu yang sama dengan Anda, Anda mungkin ingin menunda penjualan Anda selama seminggu.

Baca juga: Cara Jualan Online Laris Manis di Facebook

Gunakan Facebook Ads Library untuk Tampil Beda dari Pesaing

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Facebook Ads Library adalah alternatif yang bisa digunakan untuk mencari ide iklan kompetitor dan brand lain. Hal ini memberikan wawasan berharga yang memudahkan Anda untuk menyusun strategi pemasaran efektif.

Cara menggunakan Facebook Ads Library juga relatif mudah cukup dengan memasukkan kata kunci seperti di mesin pencarian atau Google. Bedanya Anda bisa menggunakan beberapa filter untuk mempersempit hasil pencarian agar menemukan iklan yang lebih relevan.

Setelah itu, Anda bisa menganalisa dan membuat iklan Anda sendiri. Agar bisa mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa mengarahkan iklan Facebook langsung ke WhatsApp (CTA Click to WhatsApp). Namun untuk itu, Anda perlu memiliki akun WhatsApp Business API.

Mekari Qontak menawarkan WhatsApp Business API. Dengan WhatsApp API, Anda dapat mengelola leads yang masuk dengan lebih berkelanjutan.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim ahli dari Mekari Qontak secara Gratis.

Referensi

Kategori : Marketing
WhatsApp WhatsApp Sales