Daftar isi
5 min read

10 Cara Ampuh Menarik Pelanggan untuk Berbelanja

Tayang 30 Oktober 2023
Diperbarui 08 Maret 2024
Cara Menarik Pelanggan agar membeli produk
10 Cara Ampuh Menarik Pelanggan untuk Berbelanja

Setiap bisnis berharap bisa menjual produk atau jasa sebanyak mungkin. Namun, hal tersebut tidaklah mudah. Pasalnya, dibutuhkan berbagai cara untuk menarik pelanggan agar mau membeli produk Anda

Terlebih pelanggan yang belum mengenal brand Anda sama sekali, maka perlu upaya ekstra agar mereka mau membeli produk Anda.

Pada artikel ini, kami membagikan cara efektif menarik pelanggan baru atau lama agar tertarik membeli produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan. Berikut tipsnya:

1. Memahami Kebutuhan Pelanggan

Cara menarik pelanggan yang pertama adalah memahami kebutuhan pelanggan Anda. Hal ini bisa diketahui dari pelanggan eksisting Anda mengenai apa saja masalah yang banyak mereka hadapi.

Kemudian dari situ, Anda akan menemukan kebutuhan pelanggan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini memudahkan Anda dalam menyusun strategi untuk menarik perhatian target pelanggan serupa untuk membeli barang yang Anda tawarkan.

Baca juga: Cara Cepat Mendapatkan Pelanggan Baru

2. Tawarkan Produk Berkualitas

Setelah mengetahui kebutuhan pelanggan, Anda bisa meningkatkan kualitas produk agar sesuai dengan harapan mereka. Hal ini akan memberikan nilai tambah produk Anda di mata pelanggan.

Selain itu, buatlah produk yang otentik atau berbeda dari kompetitor. Tujuannya agar produk Anda lebih mudah dikenali oleh pelanggan.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk terus berinovasi agar produk Anda tetap dicintai. Dengarkan juga masukkan dari pelanggan agar kualitas produk Anda sesuai dengan harapan atau kebutuhan mereka.

3. Tonjolkan Keunggulan Produk

Produk berkualitas tinggi akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan display atau deskripsi menarik. Oleh karena itu, cara menarik pelanggan selanjutnya adalah menjelaskan keunggulan produk Anda.

Salah satunga dengan membuat tampilan produk Anda terlihat menarik melalui visual foto atau video. Perhatikan juga kualitas gambar dan kontras warna agar produk Anda terlihat lebih menjual.

Kemudian lengkapi gambar tersebut dengan deskripsi yang menonjolkan keunggulan produk Anda. Pastikan deskripsi tersebut jelas dan ringkas sesuai gaya penulisan yang disukai target pasar Anda.

Selanjutnya, bagikan visual produk Anda di berbagai platform pemasaran untuk memperluas jangkauan pasar. Sesuaikan juga platform yang digunakan. Misalnya konten yang tepat untuk Instagram berupa gambar atau video singkat, sementara Tiktok berupa video singkat.

4. Tawarkan Diskon dalam Waktu Terbatas

Cara menarik pelanggan dengan menawarkan diskon

Cara menarik pelanggan agar membeli selanjutnya adalah menawarkan diskon atau hadiah. Ada berbagai cara agar diskon yang Anda tawarkan terlihat menarik.

Misalnya dengan memanfaatkan event atau momen spesial, seperti Hari Kemerdekaan Indonesia, Hari Besar Keagamaan atau Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional).

Jangan lupa berikan kesan mendesak saat menawarkan promosi. Misalnya dengan memberikan batas waktu untuk mendapatkan cashback, seperti “Hanya hari ini, dapatkan cashback 50% untuk pengguna baru”. Cara tersebut pelanggan akan termotivasi untuk segera melakukan pembelian.

5. Buat Pilihan Paket Bundling

Selain diskon, bundling produk atau pricing bisa menjadi cara menarik pelanggan lainnya. Buatkan beberapa pilihan paket bundling yang mungkin pelanggan sukai.

Sebagian pelanggan mungkin lebih menyukai cara ini karena mereka bisa mendapatkan beberapa produk dengan harga yang lebih murah.

Di sisi lain, Anda bisa mengkombinasikan produk yang laku dengan kurang laku dalam satu bundling. Hal ini memastikan agar semua produk Anda laku terjual.

Baca juga: Cara Optimalkan Bundle Pricing untuk Tingkatkan Penjualan

6. Berikan Layanan Pelanggan yang Profesional

Cara selanjutnya adalah memberikan pelayanan yang responsif. Hal ini sangat penting, mengingat sebagian besar pelanggan tidak suka menunggu atau mendapatkan pelayanan buruk.

Menurut oracle bahwa 89% pelanggan tidak ragu pindah ke kompetitor setelah mendapatkan pelayanan yang buruk.

Fakta tersebut menunjukkan pentingnya untuk selalu memberikan pelayanan terbaik. Salah satunya dengan menggunakan chatbot untuk merespon pelanggan secara otomatis selama 24 jam. Hal ini mendorong kepuasan pelanggan, sehingga dapat terbangun hubungan jangka panjang.

7. Publikasikan Ulasan dari Pelanggan

cara menarik pelanggan dengan menampilkan ulasan pelanggan

Cara menarik pelanggan agar tertarik selanjutnya adalah memanfaatkan ulasan atau review dari pelanggan. Cara ini cukup populer sekarang karena dinilai efektif mendatangkan pelanggan.

Hal tersebut sejalan dengan perubahan perilaku pelanggan saat ini yang lebih mempercayai ulasan pelanggan lain. Oleh karena itu, banyak bisnis menggunakan ulasan pelanggan sebagai strategi word of mouth.

Coba lakukan survei untuk mendapatkan feedback pelanggan. Kemudian bagikan ulasan positif ke saluran pemasaran atau penjualan Anda. Hal ini dapat membangun kepercayaan pelanggan lain untuk melakukan transaksi dengan bisnis Anda.

8. Bangun Brand Positioning

Selanjutnya, Anda bisa meningkatkan awareness dengan membagikan konten di media sosial. Bangun positioning brand Anda di pasar dengan membuat konten yang konsisten. Dengan begitu, brand Anda lebih mudah dikenali pelanggan.

Pastikan konten yang Anda buat mengikuti tren yang sedang terjadi saat ini. Jangan lupa juga untuk memasukkan brand value Anda agar konten Anda terlihat otentik.

9. Permudah Pelanggan Berbelanja

Bagian yang tak kalah penting untuk menarik pelanggan adalah kemudahan saat berbelanja. Oleh karena itu, penting untuk Anda membuat alur transaksi lebih mudah.

Misalnya dengan menyederhanakan proses pembelian. Salah satunya memberikan pilihan pelanggan untuk berbelanja melalui berbagai platform e-commerce atau saluran lainnya.

Kemudian hubungkan saluran pemasaran Anda dengan platform belanja yang Anda miliki. Dengan begitu, pelanggan lebih mudah berpindah untuk melakukan transaksi.

Selain itu, sediakan banyak metode pembayaran untuk mempercepat proses transaksi. Jadi pelanggan memiliki pilihan untuk menyelesaikan pembayaran dari platform yang sukai.

10. Menjaga Loyalitas Pelanggan

Cara menarik pelanggan dengan menjaga loyalitas pelanggan

Cara menarik pelanggan terakhir adalah menjaga hubungan baik dengan mereka. Apabila setelah membeli, pelanggan menyampaikan keluhan maka pastikan untuk menyelesaikannya dengan baik.

Jangan lupa juga untuk menghubungi pelanggan lama Anda untuk tetap menjalin komunikasi. Buatlah jadwal reguler minimal 2 bulan sekali untuk menghubungi pelanggan yang sudah enam bulan tidak melakukan pembelian.

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan loyalty program untuk tetap berhubungan dengan pelanggan lama. Tawarkan sejumlah diskon khusus pada program tersebut untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Baca juga: Cara Sukses Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Demikianlah cara menarik pelanggan agar membeli produk Anda. Tentu saja cara tersebut harus disesuaikan dengan keadaan dan kemapuan bisnis Anda.

Namun apabila Anda kesulitan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan, Anda bisa menggunakan aplikasi CRM (Customer Relationship Management). Aplikasi CRM mampu mengumpullkan dan mengelola hubungan pelanggan dengan efisien.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi Mekari Qontak memberikan wawasan lengkap terkait interaksi pelanggan, sehingga memudahkan Anda memahami kebutuhan mereka untuk menentukan strategi penjualan efektif.

Jadi tunggu apa lagi? YukDapatkan FREE TRIAL Aplikasi CRM Terbaik Mekari Qontak  dan Kosnusltasi Gratis dengan tim Mekari Qontak sekarang.

Referensi

  • Oracle. “Customer Experience Impact Report”
Kategori : Bisnis
WhatsApp WhatsApp Sales