Mekari Qontak
Artikel Unggulan

9 Langkah Membangun CRM yang Baik

Langkah-langkah Membangun CRM-Strategi Peningkatan pendapatan

Salah satu kunci sukses meningkatkan bisnis adalah dengan membangun sistem CRM (Customer Relationship Management) yang efektif. Sayangnya, tidak mudah membangun sistem CRM, seperti dikutip dari Penelitian Forrester dan Customer Think menemukan bahwa sebanyak 33% bisnis mengalami kesulitan untuk membangun CRM yang baik.

Lalu bagaimana cara membangun CRM yang baik? Yuk, simak penjelasan berikut ini.


Apa itu CRM?

CRM (Customer Relationship Management) adalah sebuah sistem manajemen dalam mengelola hubungan dengan pelanggan.

Tujuan penerapan CRM adalah bisnis mendapatkan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan serta menambah partner bisnis.

Sayangnya, banyak bisnis yang gagal menjalankan sistem CRM. Salah satu penyebabnya adalah tujuan bisnis yang tidak tercapai.

Tonton video berikut untuk mempelajari lebih jauh mengenai CRM:

Baca juga: Panduan Lengkap CRM: Definisi, Tujuan, dan Fungsinya


Mengapa CRM Penting untuk Bisnis?

Tujuan utama CRM adalah bagaimana mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan Anda, dan menjaga pelanggan dengan melakukan komunikasi yang disesuaikan dengan pelanggan Anda. Konsep CRM dapat membantu meningkatkan komunikasi dengan pelanggan dan mencapai tujuan mereka.

Dengan strategi CRM yang efektif, Anda akan mendapat manfaat berikut:

  • Marketing yang lebih efisien
  • Komunikasi yang efektif dengan pelanggan
  • Pengambilan keputusan berdasarkan data
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan

CTA Qontak's Banner Aplikasi CRM

Baca juga: 13 Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Perusahaan


9 Langkah-Langkah Membangun CRM yang Baik

Cara membangun customer relationship (CRM) bagi sebagian bisnis relatif sulit. Pasalnya sistem CRM bukan sekedar mendapatkan pelanggan, tapi juga menjaga mereka untuk loyal pada bisnis Anda.

Ikuti langkah membangun strategi CRM berikut ini:

1. Menentukan Visi Perusahaan

Langkah-langkah Membangun CRM-Visi Perusahaan

Langkah membangun CRM peramah adalah memiliki visi yang jelas. Dengan begitu, Anda memiliki tujuan jelas dalam menjalankan bisnis.

Pastikan tujuan tersebut menjadi pegangan dalam meningkatkan customer experience dan penjualan Anda. Sebab tujuan tersebut, Anda dapat melacak kemajuan tim dalam mencapai tujuan.

2. Temukan dan Rekam Baseline Bisnis Anda

Langkah kedua, Anda harus menentukan baseline sebagai dasar mengembangkan bisnis. Lacak dan rekam seluruh data pelanggan yang berhubungan dengan tujuan bisnis Anda.

Jika ingin meraih lebih banyak pelanggan, Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu berapa banyak pelanggan tiap minggunya. Selidiki dari mana mereka berasal dan evaluasi laju konversi mereka

Jika ingin memperbaiki sales funnel pada pelanggan, temukan di mana hambatan yang tim sales Anda temui.

Anda perlu melacak Key Performance Indicator (KPI) melalui aplikasi KPI. KPI akan menunjukkan bagaimana ketercapaian bisnis terhadap tujuan yang ingin diraih.

3. Menyusun strategi meningkatkan pendapatan

Langkah-langkah Membangun CRM-Strategi Peningkatan pendapatan

CRM merupakan alat untuk membantu perusahaan meningkatkan penjualan, mengakses data yang dibutuhkan selama siklus penjualan berlangsung, dan mengatur proses bisnis keseluruhan.

Manfaatkan fitur dan fungsi CRM ini, Anda akan memperoleh informasi data yang dibutuhkan. Setelah itu susun strategi bisnis untuk meningkatkan pendapatan dari informasi tersebut.

4. Sinkronkan sistem CRM dengan strategi perusahaan Anda

Langkah-langkah Membangun CRM-Singkronisasi dengan Strategi bisnis

Fokus dari perusahaan adalah meningkatkan pemasukan dan menawarkan customer experience yang berbeda. Strategi perusahaan dan CRM Anda harus dapat saling melengkapi satu sama lain.

Manfaatkan software CRM Anda untuk mencapai tujuan perusahaan, dengan rutin melacak aktivitas bisnis. Apakah strategi bisnis berjalan sesuai tujuan atau tidak.

5. Periksa data existing Anda secara seksama

Langkah-langkah Membangun CRM-Data eksisting

Data eksisting yang Anda miliki memiliki peranan penting dalam membangun strategi CRM Anda. Hal ini penting untuk memetakan data pelanggan dengan menganalisis buyer persona. Menurut Hubspot, buyer persona adalah representasi pelanggan ideal berdasarkan market research dan data asli pelanggan eksisting Anda.

Dengan melakukan segmentasi data pelanggan menjadi beberapa kelompok, Anda dapat mengidentifikasi perbedaan dan ekspektasi pelanggan yang unik. Dengan demikian, Anda dan tim dapat memprioritaskan kelompok ini dan menginisiasi komunikasi kepada mereka.

6. Rencanakan strategi content marketing Anda

Langkah-langkah Membangun CRM-Content Marketing

Memiliki perencanaan content marketing yang efektif merupakan salah satu cara membangun CRM yang baik. Konten yang anda buat harus menyampaikan pesan yang relevan terhadap target audience Anda, terutama yang berpotensi melakukan pembelian.

Anda juga harus menentukan channel apa yang akan digunakan, bisa melalui media sosial maupun website.

7. Dokumentasikan seluruh interaksi pelanggan

Selain berkutat pada data pelanggan, Anda juga perlu melihat seluruh proses sales yang terjadi pada tiap pelanggan dalam sales funnel. Hal ini dapat dilakukan melalui aplikasi tracking atau aplikasi mapping sales.

Penting bagi sebuah bisnis untuk melihat seluruh interaksi pelanggan, mulai dari chat yang masuk, preferensi produk, dan lain sebagainya.

Ketika melihat apa yang dialami pelanggan, Anda dan tim dapat mengetahui perbaikan seperti apa yang harus dilakukan. Identifikasi permasalahan yang ada untuk membangun solusi terbaik dan memperbaiki customer experience.strategi crm

8. Menemukan software CRM terbaik

Salah satu kesalahan yang dilakukan pebisnis adalah memilih software CRM yang salah.

Menemukan software yang tepat bukanlah satu-satunya kunci meningkatkan bisnis dengan CRM. Namun, penting untuk menemukan software CRM yang dapat mengintegrasikan keseluruhan operasional bisnis Anda.

9. Bagikan strategi CRM yang sudah dibuat dengan tim

Pengelolaan data dengan aplikasi CRM membantu meningkatkan kolaborasi antar departemen. Tim salescustomer service, hingga marketing akan bekerja sebagai satu kesatuan tim.

Untuk memastikan tim Anda memiliki visi yang sama, tonjolkan bagaimana sistem CRM dapat memberikan keuntungan bagi tiap anggota tim.

Implementasi strategi CRM tidak dapat terjadi dalam waktu singkat. Dibutuhkan waktu untuk adaptasi bagi tiap karyawan maupun proses bisnis secara keseluruhan.

Anda mungkin perlu jadwal tersendiri untuk melatih tim Anda.

Setelah beberapa saat, seluruh tim akan merasakan manfaat dari proses bisnis yang baru dan mulai memperoleh data berharga untuk meraih tujuan bisnis semakin dekat.

Baca juga: 5 Tahap Proses CRM Pada Bisnis, Wajib Diketahui!


Permudah Langkah Membangun Strategi CRM Anda Sekarang!

Solusi CRM yang baik akan membantu mengatur seluruh interaksi pelanggan secara digital dan mulus. Terutama, pastikan software CRM yang Anda pilih memiliki aplikasi mobile yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Terdapat berbagai macam solusi software CRM yang ada di Indonesia. Kunci meningkatkan bisnis adalah memilih software yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Pilihlah software CRM all-in-one yang mencakup berbagai fungsi dalam satu platform, yaitu sales, marketing, dan customer.

Mekari Qontak menawarkan software CRM terbaik di Indonesia yang dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis Anda, mulai dari pemasaran, penjualan, hingga layanan pelanggan. Selain itu, aplikasi CRM Mekari Qontak juga memiliki berbagai fitur canggih yang dapat merampingkan tahapan bisnis Anda.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu meningkatkan bisnis mereka. Tidak hanya itu, Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

CTA Qontak's Banner Aplikasi CRM

Artikel terkait

WhatsApp WhatsApp Sales