Mekari Qontak
Business

Apa Itu SaaS? Semua Hal Tentang Software as a Service!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Apakah Anda pernah mendengar istilah SaaS? Ini adalah singkatan dari Software as a Service, yakni solusi tepat bagi perusahaan yang ingin mengurangi biaya perawatan dan pemeliharaan perangkatnya.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang pengertian SaaS, karakteristik, keuntungan, dan contoh implementasinya di artikel berikut ini!

Image CTA aplikasi CRM


Apa Itu SaaS?

Software as a Service (SaaS) adalah perangkat lunak yang dapat dijadikan sebagai layanan yang mempermudah bisnis atau perusahaan. Layanan ini berbasis cloud yang dapat diakses dengan mudah melalui sambungan internet.

Alih-alih menginstal dan memelihara software yang dimiliki, Anda hanya perlu mengaksesnya melalui Internet tanpa perlu lagi memahami berbagai hal teknis seperti pengelolaan perangkat lunak dan perangkat keras yang rumit.


Seperti Apa Karakteristik SaaS?

Layanan SaaS terdiri dari beberapa karakteristik penting, antara lain:

1. Dikelola secara terpusat untuk banyak pengguna

Tidak seperti software pada umumnya, Software-as-a-Service dikelola secara terpusat dan tersinkronisasi oleh vendor atau penyedia.

Umumnya, penggunakan akan mengakses SaaS melalui infrastruktur yang telah disediakan oleh penyedia layanan. Jadi, pengguna tidak perlu lagi untuk melakukan instalasi manual untuk menggunakannya.

Selain itu, Software-as-a-Service dapat digunakan oleh banyak pengguna sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Dengan demikian, pengguna dapat berkolaborasi untuk mengerjakan tugas atau file yang sama secara real time.

2. Menggunakan akses internet

Karakteristik SaaS selanjutnya adalah layanan berbasis internet. Ini karena SaaS memang diciptakan untuk melayani secara online.

Jadi, sebagai pengguna, Anda perlu memastikan bahwa perusahaan Anda memiliki konektivitas yang baik untuk mengakses layanan Software-as-a-Service secara maksimal tanpa adanya gangguan.

3. Berbasis cloud

Selain penggunaannya yang berbasis internet, aplikasi SaaS juga berbasis cloud, yang artinya seluruh data yang digunakan dalam sistem SaaS akan tersimpan secara otomatis ke dalam server utama.

Dengan sistem penyimpanan berbasis komputasi awan, pengguna dapat mengakses informasi dan data yang mereka inginkan secara mudah di mana saja dan kapan saja.

Baca Juga: Catat! 12 Kesalahan Pebisnis Pemula yang Harus Dihindari


Apa Keuntungan SaaS bagi Bisnis?

SaaS menawarkan berbagai keuntungan yang dapat diperoleh oleh bisnis atau perusahaan. Adapun keuntungan utama SaaS mencakup kemudahan aksesibilitas, kompatibilitas, dan manajemen operasional.

Selain itu, model Software-as-a-Service menawarkan biaya awal yang lebih rendah daripada pengunduhan dan pemasangan perangkat lunak tradisional. Hal ini membuatnya lebih tersedia untuk bisnis yang lebih luas.

Namun keuntungan SaaS tidak hanya itu saja. Berikut adalah beberapa manfaat Software-as-a-Service yang dapat diperoleh oleh perusahaan yang yang menggunakannya:

– Biaya yang lebih rendah

Dengan menggunakan layanan SaaS, Anda hanya akan membayar untuk apa yang Anda butuhkan tanpa pengeluaran modal yang perlu disusutkan di neraca Anda dari waktu ke waktu.

– Dapat diakses dari mana saja

Manfaat utama layanan SaaS adalah kemampuannya untuk berjalan melalui browser internet, sehingga dapat memberikan penggunanya aksesibilitas yang mudah.

Jadi, terlepas dari apakah pengguna mencoba menjalankan aplikasi di Windows, Mac, Linux atau bahkan Android atau iOS, aplikasi SaaS tetap dapat diakses dengan mudah.

– Mengurangi kebutuhan tempat penyimpanan

Apabila Anda menggunakan software tradisional, Anda mungkin akan membutuhkan banyak perangkat keras untuk memfasilitasi operasional software Anda, dan itu jelas sangat merepotkan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut jika Anda menggunakan aplikasi Software-as-a-Service. Karena aplikasi Software-as-a-Service dijalankan dengan cloud yang dapat diakses melalui perangkat apa saja dan di mana saja.

– Otomatis terupdate

Keuntungan SaaS lainnya adalah aplikasi SaaS dijalankan di sistem cloud atau komputasi awan. Sehingga, dapat mempermudah proses update software yang dimiliki oleh setiap pengguna.

Vendor dapat memperbarui perangkat lunak mereka secara terpusat tanpa mempengaruhi operasi bisnis setiap penggunanya. Hal ini tentu dapat membebaskan departemen TI Anda untuk tugas lain yang lebih penting bagi bisnis.

– Dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Keuntungan Software-as-a-Service selanjutnya adalah skalabilitas. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan Anda dengan jumlah orang yang perlu menggunakan sistem, volume data, dan fungsionalitas yang diperlukan seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda.

– Mempermudah proses analisis data

Semua layanan Software-as-a-Service dapat dijalankan melalui platform terpusat, ini berarti proses penangkapan data dan analisis akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Umumnya, bisnis yang menggunakan layanan Software-as-a-Service memiliki akses ke alat pelaporan dan intelijen canggih, dengan visualisasi yang dapat memberikan wawasan berharga tentang operasi bisnis.


Contoh SaaS

Logo Mekari Qontak

Adapun salah satu contoh aplikasi SaaS yang efektif membantu meningkatkan operasional bisnis dan perusahaan adalah aplikasi yang ditawarkan Mekari Qontak.

Mekari Qontak adalah perusahaan Software-as-a-Service (SaaS) terdepan yang menyediakan solusi end-to-end sejak tahun 2016.

Adapun aplikasi SaaS yang ditawarkan oleh Mekari Qontak antara lain CRM, Omnichannel, Cloud PBX, Aplikasi Customer Service, Chatbot, WhatsApp API, Instagram API, dan masih banyak lagi.

Aplikasi SaaS yang ditawarkan Qontak dapat memungkinkan bisnis untuk mengembangkan penjualan, layanan pelanggan, dan operasional mereka dengan cepat.

Selain itu, Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 yang dapat memastikan keamanan informasi data setiap pelanggan. Jadi, keamanan data Anda dan pelanggan sudah pasti terjamin!

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Gunakan Layanan SaaS Terbaik untuk Mempermudah Bisnis Anda!

Secara keseluruhan, SaaS adalah layanan yang dapat menawarkan banyak manfaat bagi penggunanya. Software-as-a-Service menawarkan peluang yang tak tertandingi yang dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan, memperluas, dan memberikan nilai lebih bagi pelanggan dan karyawannya.

Anda dapat menggunakan layanan SaaS terbaik seperti Mekari Qontak untuk memperoleh berbagai keuntungan dan kemudahan bagi bisnis Anda. Terlebih, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu mempercepat dan meningkatkan bisnis mereka. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales