Daftar isi
7 min read

Cara Efektif Meningkatkan Penjualan Toko Online dengan Omnichannel

Tayang 11 Oktober 2023
Diperbarui 03 Januari 2024
Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Omnichannel
Cara Efektif Meningkatkan Penjualan Toko Online dengan Omnichannel

Sebagian pelanggan saat ini lebih menyukai berbelanja online. Mereka menilai hal tersebut lebih praktis daripada harus mengunjungi toko offline. Hal ini diimbangi dengan banyaknya toko online.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap 34,10% atau 2,87 juta usaha daring yang tersebar di seluruh provinsi. Tingginya angkat tersebut, membuat tingkat persaingan bisnis online semakin sulit.

Oleh karena itu, sebagian toko online mencoba memperluas jangkauan pasar dengan menggunakan berbagai platform online.

Namun hal tersebut menimbulkan masalah baru yakni kerepotan karena harus mengelola banyak platform sekaligus. Solusi terbaik untuk masalah tersebut adalah menggunakan aplikasi omnichannel. Aplikasi ini mampu menghubungkan berbagai platform dalam satu dasbor.

Pada artikel berikut akan membahas tips meningkatkan penjualan bisnis menggunakan omnichannel. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Strategi Ampuh Meningkatkan Penjualan Berbasis Online


Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Omnichannel?

Tips berjualan online dengan omnichannel

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan penjualan dengan omnichannel yang perlu Anda ketahui:

1. Tingkatkan Layanan Pelanggan

Cara meningkatkan penjualan dengan Omnichannel yang pertama adalah dengan meningkatkan layanan pelanggan yang dipersonalisasi.

Dalam hal ini, komunikasi yang dipersonalisasi dan pemahaman tentang kebutuhan serta prioritas pelanggan menjadi hal yang diharapkan oleh pelanggan dari sebuah bisnis.

Apabila pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, maka ini akan membantu bisnis untuk meningkatkan penjualan dan pendapatannya.

2. Ciptakan pengalaman yang tak terlupakan

Strategi Omnichannel berikutnya adalah dengan menempatkan diri Anda sebagai seorang pelanggan dan pikirkan tentang pengalaman seperti apa yang ingin Anda dapatkan dari sebuah perusahaan.

Hal tersebut bisa menjadi cara yang bermakna dan paling kreatif dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan, dan yang pasti tidak terlupakan.

3. Integrasi Teknologi

Integrasi teknologi interaktif seperti AI dan CRM dapat membantu bisnis untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan. Di sisi lain, ini juga membantu memberikan informasi pelanggan yang dapat ditindaklanjuti perusahaan.

Dengan demikian, bisnis dapat memberikan pengalaman terbaik yang dipersonalisasi di setiap tahap perjalanan pelanggan.

4. Berinvestasi pada wawasan pelanggan

Informasi dan data tentang pelanggan memiliki banyak manfaat yang menguntungkan, salah satunya yaitu dapat  menyempurnakan pengalaman omnichannel bisnis Anda.

Dengan wawasan dan perspektif holistik terkait pelanggan, Anda dapat mendorong personalisasi yang diperlukan untuk membuat strategi omnichannel yang sukses berbasis data.

5. Digitalisasi toko

Saat ini hampir semua aktivitas dapat dilakukan secara online, termasuk berbelanja. Untuk itu, Anda perlu melakukan digitalisasi toko guna menyesuaikan pasar yang tengah berkembang.

Omnichannel CRM memungkin bisnis untuk memberikan pengalaman digital yang dipersonalisasi sesuai dengan keinginan atau harapan pelanggan saat ini.

Akibatnya, tingkat transaksi pembelian, penjualan, dan pendapatan pun naik dan mencapai target yang telah ditetapkan bisnis sebelumnya.

6. Customer journey mapping

Customer journey mapping dapat membantu Anda untuk memastikan semua proses perjalanan pelanggan berjalan dengan sangat baik tanpa adanya kendala.

Dalam hal ini, Anda juga perlu menavigasi titik kontak atau touch point yang berbeda. Adapun tujuannya adalah untuk memastikan bahwa saluran yang ada telah dioptimalkan sebaik mungkin untuk memberikan perjalanan dan pengalaman pelanggan yang mengesankan.

7. Manfaatkan media sosial dengan maksimal

Cara meningkatkan penjualan dengan Omnichannel yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial bisnis dengan semaksimal mungkin.

Mengingat, saat ini media sosial menjadi salah satu pusat komunikasi terbesar di dunia. Di mana penggunanya tidak hanya bertukar pesan, tetapi juga dapat saling melakukan interaksi dan komunikasi dengan lebih berekspresi.

8. Gunakan Chatbot AI

Anda mungkin berpikir bahwa bisnis Anda sudah memiliki customer service yang cukup bagus. Namun, apakah itu dapat melayani pelanggan selama 24/7?

Penggunaan robot pintar Chatbot dapat membantu pelanggan untuk menjangkau bisnis Anda kapan saja dengan mudah secara real-time.

9. Analisis data pelanggan

Pengumpulan dan analisis informasi serta data pelanggan dapat memungkinkan Anda untuk memiliki wawasan pelanggan yang lebih komprehensif dibanding sebelumnya.

Kemudian, data ini dapat Anda gunakan untuk membuat keputusan atau strategi terkait pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan yang lebih baik. Sehingga, bisnis Anda dapat menjangkau lebih banyak target audiens potensial dan mengonversi mereka menjadi pelanggan yang loyal.

Baca Juga: Cara Agar Jualan Online Laris bagi Pemula

Apa Manfaat Omnichannel untuk Penjualan?

Melansir dari finance.yahoo.com bahwa omnichannel mampu meningkatan penjualan digital hingga 80%. Hal ini karena omnichannel dapat menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

Selain itu, banyak manfaat lainnya dari omnichannel adalah

1. Menyediakan lebih banyak saluran untuk pembelian pelanggan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwasanya Omnichannel dapat memungkinkan bisnis atau perusahaan untuk memiliki lebih dari satu saluran penjualan secara mudah dan cepat.

Dengan demikian, prospek atau pelanggan dapat memilih untuk menggunakan channel manapun yang mereka sukai guna melakukan transaksi pembelian dengan senyaman mungkin.

2. Meningkatkan lalu lintas pelanggan

Banyaknya saluran yang digunakan memungkinkan bisnis untuk lebih mudah ditemukan dan dijangkau oleh pelanggan. Bahkan, pelanggan dapat dengan mudah menemukan informasi toko offline Anda.

Akibatnya, traffic atau lalu lintas pelanggan juga menjadi meningkat. Hal ini tentunya juga dapat meningkatkan potensi pembelian yang akan dilakukan oleh calon pelanggan yang berkualitas.

3. Mendorong customer journey

Customer journey terkadang tidak selamanya berjalan dengan mulus, tak jarang beberapa pelanggan menemukan hambatan dan berhenti pada tahapan tertentu. Hal ini sering kali terjadi ketika pelanggan sulit untuk menjangkau bisnis atau sebaliknya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan hal tersebut. Karena dengan Omnichannel, prospek ataupun pelanggan dapat dengan mudah menjangkau bisnis kapan saja dan di mana saja, begitu juga dengan sebaliknya.

4. Menciptakan pengalaman pelanggan yang positif

Coba bayangkan Anda sebagai seorang pelanggan yang tengah melakukan perjalanan untuk melakukan transaksi pembelian. Sebagai pelanggan, Anda tentu akan merasa senang apabila perjalanan Anda berjalan dengan mulus tanpa kendala bukan?

Kemudahan yang ditawarkan Omnichannel membuat pelanggan dan bisnis dapat menjangkau satu sama lain dengan mudah dan cepat. Akibatnya, perjalanan menjadi mulus dan pelanggan dapat memperoleh pengalaman yang menyenangkan.

5. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Berkaitan dengan manfaat sebelumnya, jika pelanggan memiliki pengalaman yang positif, maka bukan tidak mungkin jika itu akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.

Di mana pelanggan potensi repeat order atau pembelian berulang akan menjadi besar, karena pelanggan merasa senang dengan produk, layanan, brand image dan brand value yang dimiliki oleh bisnis Anda.

Baca Juga: 12 Cara Menaikkan Omset Penjualan Bisnis


Aplikasi Apa Saja yang Dapat Digunakan Bisnis untuk Berjualan?

Aplikasi yang digunakan untuk berjualan online

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwasanya Omnichannel merupakan platform yang dapat menggabungkan berbagai saluran penjualan online dan offline ke dalam satu sistem terpusat.

Dengan demikian, Anda dapat menggunakan berbagai channel yang berbeda untuk melakukan transaksi penjualan bisnis Anda. Namun, platform apa saja yang dapat digunakan bisnis untuk berjualan?

Berikut adalah platform penjualan yang banyak digunakan oleh bisnis secara umum:

– Website

Platform penjualan yang pertama dan paling umum digunakan adalah situs web atau website bisnis. Di mana di dalamnya tidak hanya tertera tentang produk yang dipasarkan bisnis, tetapi juga tentang informasi bisnis secara general.

Informasi tersebut termasuk alamat toko offline dan online yang dimiliki oleh bisnis. Sehingga, pelanggan nantinya dapat menjangkau bisnis dari mana saja berdasarkan informasi yang telah diperoleh dari website bisnis tersebut.

Marketplace

Saat ini kemudahan teknologi tengah banyak diminati hampir semua kalangan. Ini karena teknologi tidak hanya membuat segala sesuatu menjadi lebih cepat, tetapi juga menjadi ringkas dan mudah untuk dilakukan.

Sehingga, tidak heran apabila ada banyak pelanggan yang senang untuk berbelanja di berbagai platform marketplace yang berbeda. Dalam hal ini, Anda juga perlu melakukan penjualan di marketplace agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan untuk bisnis Anda.

– Media Sosial

Siapa bilang media sosial hanya digunakan untuk bertukar kabar? Kini, media sosial dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk kegiatan berbisnis seperti berjualan.

Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai platform all-in-one untuk melakukan pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan dengan mudah dan efektif.

– Aplikasi chatting

Platform Omnichannel lainnya yang banyak digunakan untuk berjualan adalah aplikasi chatting seperti WhatsApp API dan Facebook Messenger.

Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi chatting berbeda sesuai dengan target audiens dan kebutuhan pasar Anda. Ini bisa menjadi cara meningkatkan penjualan dengan omnichannel yang paling tepat dan efektif untuk bisnis Anda.


Terapkan Cara Meningkatkan Penjualan dengan Omnichannel pada Bisnis Anda Sekarang!

Itu dia beberapa cara meningkatkan penjualan dengan Omnichannel yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda. Selain dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan, Omnichannel juga dapat Anda gunakan untuk pemasaran dan layanan pelanggan.

Namun perlu diketahui, itu semua hanya bisa Anda peroleh jika Anda menggunakan sistem Omnichannel terbaik yang mendukung seluruh kebutuhan bisnis. Salah satunya adalah solusi Omnichannel all-in-one dari Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan Omnichannel yang terintegrasi dengan CRM. Omnichannel CRM Mekari Qontak, Anda dapat melakukan pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan dengan mudah dalam satu platform terpadu.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, Coba Gratis Omnichannel CRM Mekari Qontak atau Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim Mekari Qontak

Kategori : OmnichannelSales
WhatsApp WhatsApp Sales