Mekari Qontak
Marketing

Mengenal Apa itu Guerilla Marketing, Jenis dan Cara Penerapannya

ambient marketing

Guerilla marketing merupakan teknik pemasaran yang tidak lazim, kreatif dan unik. Teknik pemasaran ini biasanya dilakukan dalam waktu singkat dengan tujuan menarik perhatian banyak pelanggan.

Kunci sukses guerilla marketing adalah memanfaatkan emosi audiens melalui iklan unik. Oleh karena itu, pada penerapannya, dibutuhkan pemilihan waktu dan tempat yang tepat untuk menghindari kemungkinan masalah hukum.

Sayangnya, tidak semua jenis produk atau jasa bisa menerapkan guerilla marketing. Sebab umumnya perusahaan yang menerapkan pemasaran ini menargetkan konsumen muda yang cenderung akan memberikan respons positif terhadap produk yang tidak umum.

Lantas, apa sih sebenarnya guerilla marketing itu? bagaimana cara penerapannya? Pelajari semua serba-serbi guerilla marketing pada artikel di bawah ini!

Image CTA Omnichannel


Apa itu Guerilla Marketing?

Guerilla marketing adalah strategi pemasaran yang diterapkan bisnis yang menimbulkan efek kejutan kepada target pasar. Hal ini bertujuan untuk menimbulkan interaksi non konvensional antara audiens dan bisnis dalam mempromosikan produk.

Oleh karena itu guerilla marketing sangat bergantung pada interaksi audiens, budget, dan kelompok promotor yang bertanggung jawab menyebarkan informasi produk di lokasi tertentu.

Guerilla marketing biasanya ditempatkan di tempat-tempat umum yang terdapat banyak audiens, seperti di jalan, konser, acara olahraga, festival, pantai, hingga pusat perbelanjaan.

Di era digital saat ini, pemasaran gerilya bertransformasi memanfaatkan teknologi mobile untuk memperkuat efek yang dingin ditinggalkan. Mereka berharap konten gerilya yang dibuat akan viral dan disebarkan melalui mouth to mouth sehingga menjangkau pasar yang lebih luas secara gratis.


Apa saja Jenis Guerilla Marketing dan Contoh Penerapannya?

Sebelum menerapkannya, Anda perlu memahami jenis-jenis pemasaran gerilya agar implementasinya sesuai dengan target. Berikut jenis dan contoh penerapan guerilla marketing adalah

1. Ambient Marketing

Ambient marketing adalah jenis pemasaran gerilya yang menempatkan pesan di tempat-tempat dekat dengan audiens. Strategi pemasaran ini memanfaatkan ruang terbuka seperti trotoar, stasiun kereta, kampus, mall tempat wisata dan lainnya. Tujuannya agar mendapatkan perhatian banyak orang lewat atau pengguna fasilitas umum.

Umumnya ambient marketing menggunakan konten pemasaran dengan membuat graffiti di tembok atau jalanan, memasan stiker di tiang listrik atau instalasi di tempat umum seperti contoh dibawah:

Contoh Ambient Marketing

3M Security Glass adalah perusahaan yang memproduksi kaca untuk penyimpanan uang di Kanada. Mereka berusaha menarik perhatian target pasarnya dengan membentuk sebuah kotak kaca berisi uang sekitar 1 juta dolar AS pada sebuah halte bus.

Untuk meningkatkan daya tarik, 3M Security Glass menantang siapa saja yang bisa memecahkan kacanya, boleh mengambil semua uang di dalam box. Namun, hingga akhir kampanye, tidak ada seorangpun yang dapat memecahkan gelas tersebut.

Hal tersebut menunjukkan 3M Security Glass menggunakan pemasaran gerilya secara matang.

2. Ambush Marketing

Jenis marketing ini dilakukan dengan tujuan agar audiens mau masuk ke suatu events. Kampanye ini bisa langsung menarik perhatian karena pesan yang disampaikan lebih jelas.

Contoh Ambush Marketing

Contoh guerilla marketing ini menggambarkan bahwa pemasang iklan ingin audiens untuk mengunjungi store mereka yang berjarak 100 m dari lokasi. Meski tidak menampilkan logo perusahaan, Anda bisa menebak store makanan cepat saji tersebut adalah burger king.

Namun, bagi orang awam mungkin akan penasaran dan mengikuti pesan yang ditampilkan pada billboard. Hal ini adalah salah satu tujuan perusahaan untuk mengingatkan pengguna jalan ada store mereka di dekat situ.

3. Stealth Marketing

Stealth marketing merupakan teknik pemasaran sembunyi-sembunyi. Teknik ini berbeda dari jenis pemasaran umumnya. Apabila umumnya iklan pemasaran dilakukan secara terang-terangan, stealth marketing membuatnya tidak ketara.

Jenis pemasaran isni mengacu pada pemasaran terselubung, sehingga tidak tampak seperti taktik pemasaran bagi konsumen. Idenya adalah untuk memasarkan produk dengan cara yang kurang jelas yang sejalan dengan idiom, ‘terbang di bawah radar’.

Oleh karena itu, hanya audiens yang jeli bisa memahami keberadaan stealth marketing. Misalnya seperti contoh kampanye dibawah ini:

Contoh Stealth Marketing

Gambar diatas menunjukan anak kecil yang sedang memakan es krim. Terlintas iklan itu terlihat mempromosikan es krim rasa coklat.

Namun jika di perhatikan lebih detail, stik es krim tersebut berbentuk sikat gigi tiruan Colgate. Ya itu adalah bagian pemasaran gerilya yang dilakukan Colgate.

4. Outdoor guerilla marketing

Sesuai namanya, guerilla marketing adalah kampanye pemasaran yang dilakukan di ruang publik. Dimana perusahaan akan meletakan instalasi iklan produk di tempat yang banyak dikunjungi orang

Lokasi yang banyak dipilih untuk guerilla marketing biasanya di pusat perkotaan. Mereka umumnya meletakan spanduk pada sebuah patung, atau menempatkan karya seni di trotoar dan taman umum.

Beberapa kampanye pemasaran jalanan yang paling sukses menggunakan seni jalanan untuk membuat pernyataan. Lihat saja ide pemasaran gerilya cerdas dari McDonald’s ini:

Contoh Outdoor guerilla marketing

Kampanye pemasaran ini diberi nama “Persimpangan keripik”. Iklan ini adalah salah satu kampanye seni jalanan paling berkesan untuk merek tersebut. Bayangkan saja berjalan-jalan dengan anak-anak Anda. Ketika mereka melihatnya, mereka akan segera menginginkan makanan yang menyenangkan dan beberapa kentang goreng yang lezat.

Jadi, misi tercapai!

5. Indoor guerilla marketing

Indoor guerilla marketing hampir sama dengan jenis pemasaran gerilya sebelumnya. Keduanya memasang iklan pada ruang publik.

Namun pada indoor guerilla marketing ruang publik yang dimaksud lebih tertutup seperti gedung perkantoran, stasiun kereta, mall dan aula universitas.

Pemasaran gerilya dalam ruangan mirip dengan pemasaran gerilya luar ruangan; satu-satunya perbedaan adalah bahwa itu terjadi di lokasi dalam ruangan, seperti mal, toko, perpustakaan, stasiun kereta api, sekolah, kampus universitas, dll.

Contoh Indoor guerilla marketing

Dihadapkan dengan kebutuhan untuk menarik pelanggan baru ke bisnisnya, Swiss Skydive beralih ke indoor guerilla marketingyang baru pada tahun 2009. Sekolah skydiving yang berbasis di Luzern ini menempatkan desain lantai realistis di lift beberapa gedung bertingkat, yang menggambarkan pemandangan cakrawala kota dari atas. Akibatnya, saat naik lift warga akan merasakan pengalaman sedang Skydiving. Teknik ini sempat menjadi viral dan diliput oleh digital dan televisi.

6. Viral Marketing

Viral marketing adalah jenis pemasaran yang memanfaatkan kekuatan sosial media agar pesan yang ingin disampaikan cepat menyebar dan menjadi perhatian audiens. Maka dari itu, tidak jarang teknik pemasaran ini mengajak konsumen dan influencer menyebarkan pesan produknya.

Agar berhasil, kampanye viral harus kreatif, sehingga mampu memukau audiens target Anda. Salah satu perusahaan yang menerapkannya adalah The Dollar Shave Club melalui cuplikan video di bawah ini:

Gambaran Viral Marketing

Video viral tersebut menjadi sangat populer sehingga Dollar Shave Club mendapat 12.000 pesanan dalam 48 jam!

Baca juga: Mengenal Experiential Marketing, Manfaat, Tips dan Contohnya


Prinsip – Prinsip Guerilla Marketing

Penerapan guerilla marketing tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan kreativitas tinggi untuk membuat iklan yang bisa menarik perhatian masyarakat umum. Dukungan dana juga dibutuhkan sehingga hasil yang didapatkan memuaskan.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan prinsip-prinsip guerilla marketing seperti berikut:

– Meminimalisir pengeluaran biaya

Meski ingin mendapatkan hasil terbaik, bukan berarti Anda bisa dengan bebas menghambur-hamburkan uang. Pastinya perusahaan lebih suka Anda untuk menekan biaya pemasaran.

Hal tersebut bisa Anda siasati dengan fokus melakukan pemasaran mouth-to-mouth, dibandingkan memasang iklan di media komersial. Anda juga bisa memanfaatkan tempat umum untuk menghemat budget yang dikeluarkan.

– Bersifat sementara

Berbeda dengan teknik pemasaran lainnya, guerilla marketing bersifat sementara. Hal ini lantaran efek kejutan yang ditimbulkan dari kampanye ini. Jika terlalu lama dibiarkan, audiens juga akan menganggapnya sebagai hal biasa.

– Kreatif dan inovatif

Kunci utama dari pemasaran gerilya adalah ide kreatif yang diwujudkan. Dari ide tersebut terciptalah kampanye yang mampu menarik perhatian orang ramai. Oleh karena itu, selalu dibutuhkan ide-ide baru untuk membuat teknik ini bekerja.

– Menimbulkan efek kejutan

Iklan pemasaran gerilya biasanya mampu mengejutkan audiens. Baik dari segi penempatan atau ukuran yang tidak seperti iklan biasanya. Hal inilah yang menjadi daya tarik pemasaran gerilya.

– Menciptakan hasil positif

Selain sebagai media promosi, guerilla marketing juga memberikan dampak positif bagi audiens seperti menghibur dan memberi pengalaman baru yang menyenangkan.


Manfaat Guerilla Marketing

Setelah Anda membaca penjelasan diatas, mungkin Anda bertanya mengapa masih ada perusahaan yang menerapkan guerilla marketing. Hal ini tidak lain karena manfaat yang diberikannya. Pasalnya di tengah persaingan bisnis ketat, pemasaran gerilya bisa menjadi pilihan tepat untuk membangkitkan emosi dan minat pelanggan dalam waktu yang singkat.

Selain itu, masih banyak manfaat dari guerilla marketing seperti berikut:

  • Biaya operasional yang terjangkau
  • Mampu membuat suatu produk viral dengan cepat
  • Meningkatkan customer loyalty
  • Media mengumpulkan feedback langsung dari pelanggan
  • Iklan kampanye mudah diingat oleh pelanggan

Bagaimana Cara Menerapkan Guerilla Marketing?

Begini cara menerapkan guerilla marketing adalah

1. Pahami kebutuhan dan keinginan audiens

Seperti strategi pemasaran pada umumnya, Anda perlu mengenali target audiens. Tujuannya agar Anda tahu konten seperti apa yang mereka butuhkan dan cara terbaik untuk menyampaikannya. Hal ini pula akan membuat kampanye Anda tepat sasaran.

Sementara, untuk mengetahui apa keinginan audiens, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu terkait kebiasaan mereka.

2. Pertimbangkan kondisi bisnis Anda

Hal yang tak kalah penting adalah Anda juga perlu memahami kondisi bisnis Anda. Setelah itu, Anda bisa menentukan pemasaran gerilya seperti apa yang akan diterapkan, baik itu video viral, stealth marketing atau jenis pemasaran lainnya.

Misalnya saat ini perusahaan Anda masih berkembang, maka akan lebih bijak untuk menggunakan guerilla marketing yang memakan dana tidak terlalu besar. Gunakan media promosi yang relatif terjangkau seperti mouth of mouth.

3. Tetapkan Anggarannya

Meski kampanye guerilla memang relatif murah, bukan berarti Anda bisa menggunakannya sembarangan. Anda juga perlu menghemat pengeluaran untuk mendapatkan keuntungan berlipat.

4. Ciptakan Ide Kreatif

Kunci kesuksesan guerilla marketing adalah ide-ide kreatif yang mampu menciptakan kejutan. Oleh karena itu, Anda perlu mengeluarkan ide-ide segar yang belum pernah ada sebelumnya.

Cobalah untuk membuat rencana pemasaran yang fresh. Kemudian buat list tindakan promosi apa saja yang akan dilakukan. Masukkan juga poin-poin yang akan menjadi daya tarik audiens mau diarahkan ke konversi.

5. Sisipkan Call-to-Action

Call to action (CTA) adalah bagian terpenting dari pemasaran. CTA berisi ajakan agar audien melakukan apa yang anda inginkan misalnya mengisi form yang berisi informasi mereka. Untuk memacu audiens melakukanya, berikan berbagai tawaran menarik seperti giveaway atau kupon diskon.

6. Fokus pada target pasar kecil

Meski sebagian pemasaran gerilya diletakan ditempat umum, akan lebih baik Anda menargetkan pasar yang lebih kecil. Dengan konten yang lebih spesifik akan membagun ikatan lebih dekat.

7. Buat pesan singkat dan jelas

Pada pemasaran gerilya, Anda perlu membuat pesan yang ingin disampaikan singkat, tapi jelas. Oleh karena itu, umumnya pemasaran ini lebih menonjolkan visual dibandingkan teks. Meski begitu, pesan yang disampaikan tetap jelas.

Rekomendasi: 15 Marketing Tools yang Wajib Digunakan Bisnis


Sukseskan Pemasaran Anda dengan Guerilla Marketing Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Guerilla Marketing bisa Anda terapkan untuk menarik perhatian audiens. Teknik pemasaran ini mampu membuat produk Anda viral dalam waktu singkat. Tentu saja harus didukung dengan pemilihan tempat dan waktu yang tepat untuk menimbulkan efek kejutan.

Untuk mendukung kesuksesan Guerilla Marketing, Anda juga perlu membagikan informasi kampanye yang Anda jalankan ke berbagai platform komunikasi. Salah satu yang cepat mendapatkan respon adalah sosial media. Dari sosial media tersebut juga Anda bisa melihat seberapa besar efek Guerilla Marketing yang sedang dijalankan.

Namun untuk memantau semua media sosial tentu bukan pekerjaan mudah. Begitu juga menjawab setiap interaksi audiens di sosial media juga merepotkan. Maka dari itu, banyak bisnis menggunakan omnichannel dari Mekari Qontak.

Mekari Qontak mampu menghubungkan berbagai aplikasi (Facebook, Instagram, Twitter, Line, WhatsApp dan lainnya) dalam satu platform terpadu. Qontak juga telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Sementara itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales