Mekari Qontak
Marketing

Mengenal Experiential Marketing, Manfaat, Tips dan Contohnya

Coca Cola - Experiential Marketing

Experiential marketing merupakan strategi penjualan yang dapat memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Sebab teknik pemasaran ini membutuhkan strategi yang tidak sederhana.

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya untuk mengetahui apa itu experiential marketing secara singkat melalui penjelasan di bawah ini.

Image CTA Omnichannel


Apa Itu Experiential Marketing?

Pengertian experiential marketing adalah teknik pemasaran yang melibatkan pengalaman konsumen terhadap suatu produk. Pengalaman yang dimaksud adalah kesan yang didapatkan secara langsung konsumen setelah membeli atau menggunakan produk tertentu.

Metode pemasaran ini memberikan ruang untuk konsumen mengkomunikasikan ide dan emosi yang lebih kompleks terhadap suatu brand. Keterlibatan konsumen ini cukup penting untuk mengukur bermakna pengalaman yang konsumen miliki terhadap suatu brand.

Keterlibatan atau engagement konsumen bisa berupa view, likes atau komentar di sosial media. Selain itu juga bisa informasi yang dibagikan saat berkomunikasi langsung dengan orang lain.

Baca juga: Top 17 Customer Engagement Platform Terbaik Tahun 2022


Mengapa Experiential Marketing Penting untuk Bisnis?

Dalam dunia bisnis experiential marketing memiliki berbagai peranan penting dalam meningkatkan keuntungan seperti berikut:

1. Terwujudnya Brand Engagement

Dalam metode pemasaran dikenal istilah word-of-mouth atau pemasaran dari mulut ke mulut. Teknik pemasaran ini cukup efektif untuk menarik pelanggan baru. Pasalnya sekitar 92% orang lebih mempercayai rekomendasi orang lain daripada iklan dari suatu brand tersebut.

Berdasarkan fakta tersebut, experiential marketing sangat penting untuk mempengaruhi konsumen lainnya berpindah ke suatu brand. Hal ini dapat berimbas pada peningkatan penjualan yang signifikan.

2. Membangun hubungan dengan pelanggan

Tren perilaku konsumen saat ini mulai acuh dengan iklan-iklan yang ditampilkan oleh bisnis. Mereka cenderung lebih tertarik dengan pengalaman atau testimoni dari konsumen lainnya.

Bisnis dapat memanfaatkan testimoni dari konsumen untuk menjangkau kolega mereka. Hal ini akan mendorong hubungan dengan pelanggan baru yang merupakan kolega dari konsumen lama.

3. Meningkatkan loyalitas

Pengalaman konsumen yang bermakna akan membekas seterusnya. Apabila pengalaman tersebut positif, maka pelanggan akan merasa puas. Hal ini dapat mendorong loyalitas konsumen terhadap produk Anda.

4. Mendapatkan Konsumen Baru

Konsumen yang loyal cenderung mampu menarik konsumen baru untuk pembelian produk selanjutnya. Penyebaran informasi akan pengalaman konsumen terhadap suatu produk ini akan akan berdampak di kehidupan sosial mereka terhadap produk yang dimaksud. Hal ini tentu memudahkan pelaku usaha dalam menarik konsumen baru secara signifikan.

5. Meningkatkan Keuntungan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pada umumnya penerapan strategi experiential marketing adalah untuk meningkatkan keuntungan penjualan. Bagaimanapun juga, kesan akan kepuasan konsumen melalui pengalaman produk akan berpengaruh terhadap pembelian selanjutnya.

Hal tersebut tentu saja cenderung mampu meningkatkan keuntungan penjualan produk baik dalam waktu dekat maupun jangka panjang.


Apa saja Jenis Jenis Experiential Marketing?

Secara umum terdapat lima jenis experiential marketing yang sering dijumpai dalam dunia bisnis., seperti berikut:

– Pameran Produk

Pameran produk merupakan memasarkan produk dengan cara menggelar event khusus atau sekedar menaruh produk baru Anda di toko. Jenis ini merupakan teknik pemasaran yang cukup efektif terbukti mampu meningkatkan angka penjualan di mana konsumen merasakan sendiri sensasi produk yang dimaksud.

– Seminar, Webinar, & Workshop

Seminar, webinar, maupun workshop ditujukan untuk mengedukasi konsumen terhadap suatu produk. Pada prakteknya terkadang, konsumen diminta langsung mencoba produk tersebut. Jenis ini terbukti secara efektif mampu menaikan angka penjualan melalui demo dan sharing pengalaman pemakaian produk secara langsung.

– Event

Event seperti festival, konser, maupun bazaar merupakan salah satu jenis experiential marketing yang cukup populer di masyarakat. Dalam tekniknya konsumen akan merasakan langsung pengalaman pembelian produk sehingga terasa lebih nyata mampu meningkatkan loyalitas konsumen.

– User Generated Content

User generated content merupakan teknik pemasaran yang melibatkan pelanggan secara langsung. Konsumen diajak untuk melakukan demo atau mencoba produk kemudian membagikannya melalui sosial media baik dari segi komentar di suatu postingan hingga review produk langsung oleh konsumen.

– Pengalaman Immersive

Pengalaman immersive merupakan strategi pemasaran yang berkaitan dengan teknologi langsung. Misalnya perusahaan game menciptakan game permainan tenis, konsumen dapat merasakan langsung dengan menggunakan virtual reality (VR) sehingga terasa lebih nyata.


Bagaimana Strategi Experiential Marketing yang Baik?

Strategi experiential marketing pada prinsipnya berkaitan dengan teknik penjualan yang melibatkan konsumen secara langsung untuk mendapatkan manfaat atas produk yang mereka beli.

Berikut terdapat beberapa strategi experiential marketing yang dapat diterapkan dalam dunia bisnis.

1. Ciptakan Tujuan

Dengan menciptakan tujuan yang jelas, maka penyampaian strategi experiential marketing pun akan dengan mudah diterima konsumen. Tujuan yang sering dibuat pelaku usaha biasanya berkaitan dengan ekspansi usaha, promosi produk baru, hingga menciptakan hubungan jangka panjang dengan konsumen.

 2. Konsep Fleksibilitas

Konsep fleksibilitas menjadi penting saat ingin menerapkan strategi experiential marketing. Misalnya, dalam penjualan tiket seminar dapat dilakukan melalui webinar menggunakan aplikasi Zoom atau yang lainnya.

3. Memberikan Pengalaman Nyata

Sebuah strategi experiential marketing haruslah memberikan efek pengalaman yang nyata bagi konsumen. Misalnya, pada penjualan produk kecantikan, sebaiknya dijelaskan mengenai bahan produk hingga kekurangan dan kelebihannya pada jenis kulit tertentu.

Dengan demikian pengalaman yang diterima konsumen akan sejalan dengan apa yang ditawarkan oleh produk.


Contoh Experiential Marketing

Berikut terdapat beberapa contoh experiential marketing yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

– Coca cola

Coca Cola - Experiential Marketing

Coca Cola mengeluarkan kampanye “small world machiness” di beberapa pusat perbelanjaan di India dan Pakistan pada tahun 2021. Melalui Vending machines ini, Coca cola mengajak konsumen untuk berinteraksi secara virtual kedua negara yang sedang bersitegang saat itu.

Kampanye ini mendatangkan respon positif dari pers. Pasalnya melalui kampanye ini, Coca Cola meninggalkan kesan bahwa perusahan minuman membawa perubahan positif melalui strategi pemasaran mereka.

– Facebook

Facebook IQ Live- Experiential Marketing

Perusahaan yang telah mengubah namanya menjadi Meta juga pernah melakukan strategi experiential marketing dengan mengadakan Facebook IQ Live. Hal yang melatarbelakangi Facebook melakukan kampanye ini karena memiliki data tentang bagaimana cara orang-orang menggunakan platform ini.

Kampanye ini berhasil membantu audiens mendapatkan wawasan tentang cara menggunakan Facebook untuk bisnis. Sementara bagi Facebook, kampanye ini menciptakan persepsi brand yang positif terutama bagi audiens yang mungkin sebelumnya tidak tahu cara menggunakan platform tersebut untuk bisnis.


Tingkatkan Penjualan Anda Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Setelah memahami penjelasan singkat diatas dapat disimpulkan bahwa experiential marketing adalah teknik penjualan yang dilakukan pengusaha agar konsumen mendapatkan pengalaman nyata terkait produk mereka. Dalam penerapannya, experiential marketing diterapkan di berbagai saluran pemasaran bisnis misalnya sosial media. Dimana untuk memantau aktivitas sosial media tidaklah mudah.

Banyak bisnis memanfaatkan Aplikasi Omnichannel dari Mekari Qontak untuk menghubungkan beberapa saluran bisnis dalam satu platform. Hal ini memudahkan bisnis dalam memantau semua aktivitas pemasaran. Selain itu, aplikasi Qontak juga memiliki fitur yang bisa mengukur kepuasan konsumen secara akurat dengan mengirimkan survei kepuasan pelanggan melalui WhatsApp blast.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan bersama mengembangkan usahanya. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data pelanggan Anda.

Hubungi Qontak.com sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales