Daftar isi
9 min read

Panduan Lengkap Penerapan Sistem Kartu Member untuk Bisnis

Panduan Lengkap Penerapan Sistem Kartu Member untuk Bisnis
Panduan Lengkap Penerapan Sistem Kartu Member untuk Bisnis

Berbagai upaya perusahaan lakukan untuk meningkatkan penjualan serta loyalitas pelanggan. Salah satu upaya yang paling populer adalah menggunakan sistem kartu member.

Sistem kartu member telah banyak diadopsi oleh perusahaan retail, restoran, klinik kecantikan, fitness dan sebagainya. Perusahan-perusahaan tersebut akan memberikan diskon atau insentif lainnya bagi konsumen yang memiliki kartu member ketika melakukan transaksi.

Dengan penawaran tersebut, kartu member berhasil mendorong konsumen untuk berbelanja kembali. Dalam hal ini, perusahaan terus diuntungkan setiap kali konsumen menggunakan kartu member mereka.

Lalu keuntungan apa saja yang perusahaan peroleh dari kartu member? Bagaimana pula membuat sistem kartu member efektif menarik loyalitas konsumen?

Yuk, temukan jawaban pertanyaan tersebut pada artikel berikut.

Apa itu Sistem Kartu Member?

Sistem kartu member adalah program loyalitas yang bisnis tawarkan untuk tetap berinteraksi dengan konsumen. Kartu yang ditawarkan bisa berupa fisik atau digital dengan kegunaan memberikan akses ke acara terbatas, penyimpanan data atau hanya untuk kepentingan pemasaran.

Di sisi lain, keberadaan kartu member memungkinkan bisnis untuk memperoleh dan melacak data konsumen. Hal ini memberikan visibilitas bagi bisnis untuk mengetahui perspektif pelanggan, sehingga bisa menciptakan produk atau layanan yang sesuai dengan pelanggan.

Studi pymnts mengungkapkan sekitar 90% konsumen yakin bahwa perusahaan yang bisa memahami apa yang mereka inginkan saat berbelanja cenderung akan melakukan pembelian lebih banyak dari perusahaan tersebut.

Selain itu, sistem kartu member yang bisnis tawarkan mampu mendorong pelanggan tetap berinteraksi dengan bisnis. Konsumen juga mungkin akan membicarakan bisnis kepada kolega mereka.

Dalam hal ini, bisnis perlu mengapresiasi pelanggan dengan reward atau insentif untuk memotivasi mereka melakukan hal tersebut.

Sumber: GIPHY

Jenis – Jenis Sistem Kartu Member

Sebelum membuat sistem kartu member, ada baiknya Anda untuk mengenal jenis-jenisnya. Pada dasarnya, kartu member dikelompokkan dalam beberapa kategori, seperti berikut:

1. Keanggotaan Gratis

Jenis kartu member yang pertama adalah gratis atau tidak berbayar. Sesuai namanya, konsumen yang menjadi anggota tidak akan dipungut biaya. Sebagai gantinya, mungkin anggota akan diminta untuk memasukkan informasi pribadi seperti alamat email, nomor telepon, dan nama lengkap, untuk memulai.

Informasi tersebut sering digunakan untuk mengirimkan konten pemasaran atau promosi kepada anggota, atau mengundang konsumen untuk mengikuti acara tertentu serta berbagi sumber daya yang relevan.

Keanggotaan gratis biasanya ditawarkan untuk menarik anggota baru dan membangun komunitas. Anggota gratis sering memiliki akses terbatas ke fitur atau manfaat lainnya. Sementara untuk mendapatkan akses lebih, anggota harus membayar.

2. Kartu Member Berbayar

Selain gratis, sejumlah bisnis juga menawarkan kartu keanggotaan berbayar. Sebagian dari bisnis menyebut konsumen yang memiliki kartu berbayar sebagai anggota ‘VIP’.

Jenis kartu berbayar sangat efektif ditawarkan kepada konsumen yang setia pada bisnis Anda dalam waktu yang lama. Sebagai bentuk penghargaan, Anda dapat memberikan keuntungan eksklusif yang membedakan mereka dari konsumen reguler.

Dengan manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya keanggotaan, konsumen pasti akan tertarik untuk bergabung.

3. Kartu Member Berbasis Poin

Jenis kartu yang kedua adalah menggunakan sistem poin. Konsep yang digunakan cukup sederhana, ketika konsumen yang merupakan member memenuhi syarat tertentu, maka mereka akan mendapatkan poin sebagai insentif.

Syarat yang dimaksud dapat berupa melakukan pembelian atau aktivitas lainnya, seperti berbagi di sosial media, mengundang teman, menulis ulasan dan sebagainya. Poin yang terkumpul kemudian dapat anggota tukarkan dengan beragam hadiah menarik.

4. Keanggotan Berjenjang

Selanjutnya, ada jenis kartu keanggotaan berjenjang atau tingkatan. Anggota bisa naik tingkat yang lebih tinggi setelah memenuhi persyaratan tertentu.

Setiap tingkatan menawarkan manfaat dan keuntungan berbeda. Semakin tinggi tingkatan, akses atau manfaat yang ditawarkan lebih eksklusif atau bernilai lebih tinggi.

Misalnya, sebuah bisnis dapat memiliki tiga tingkatan keanggotaan: perak, emas, dan platinum. Konsumen yang memiliki kartu keanggotaan perak mungkin hanya memiliki akses terhadap beberapa manfaat dasar, seperti diskon reguler.

Sementara konsumen dengan tingkat keanggotaan emas bisa mendapatkan diskon yang lebih besar, akses ke penawaran khusus, dan layanan prioritas. Di sisi lain, anggota platinum mungkin mendapatkan manfaat eksklusif seperti akses ke acara khusus, layanan pelanggan VIP, atau diskon besar-besaran.

Konsep kartu member ini digunakan untuk mendorong pelanggan untuk meningkatkan tingkat keanggotaan mereka, sehingga loyalitas lebih besar dan pengeluaran lebih tinggi. Maka dari itu manfaat yang ditawarkan pada tingkat keanggotaan yang lebih tinggi.

5. Kartu Member Digital

Terakhir, ada kartu keanggotaan yang biasanya disimpan dalam format digital pada perangkat smartphone, tablet atau aplikasi khusus. Pengguna dapat dengan mudah mengakses kartu ini melalui aplikasi khusus dari bisnis tersebut atau melalui dompet digital di ponsel mereka.

Kartu member digital memungkinkan bisnis untuk mengirimkan penawaran khusus, diskon, atau informasi lainnya secara langsung kepada pelanggan melalui aplikasi atau email. Tujuannya untuk meningkatkan keterlibatan dan interaksi dengan anggota.

Selain itu, kartu member digital sering kali mencakup fitur-fitur tambahan seperti pelacakan poin, riwayat transaksi, dan notifikasi tentang penawaran khusus atau promosi yang sedang berlangsung.

Baca juga: Customer Retention: Arti, Pentingnya dan Strategi Meningkatkannya

Cara Membuat Sistem Kartu Member yang Efektif

Setelah Mengenal jenis – jenis kartu keanggotaan, mungkin Anda tertarik untuk membuat program loyalitas tersebut untuk konsumen Anda. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat kartu member bisnis Anda sendiri:

  • Tentukan Tujuan Program Keanggotaan

Langkah awal dimulai dengan menentukan tujuan mengembangkan sistem kartu member. Ada sejumlah misi yang bisa Anda bangun dalam membuat sistem membership, misalnya mempertahankan pelanggan atau meningkatkan penjualan.

Setelah menetapkan tujuan, kini saatnya untuk menentukan target audiens Anda. Lakukan riset sederhana untuk mengetahui kebutuhan atau minat dari target audiens yang akan menjadi anggota dari kartu member Anda. Kemudian sesuaikan dengan target yang ingin Anda capai melalui kartu member.

  • Menetapkan Struktur Reward

Selanjutnya, Anda perlu untuk memilih struktur keanggotaan yang cocok dengan target audiens. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghitung jumlah pendapatan yang harus Anda dapatkan, sehingga bisa menutupi biaya program membership dan tetap memberi keuntungan.

Sebagai contoh, sebuah klub olahraga menawarkan sistem kartu member berbayar untuk menutupi biaya sewa tempat, peralatan dan biaya operasional lainnya. Ada pula coffee shop yang menggunakan sistem poin setiap kali konsumen berbelanja, kemudian poin tersebut bisa ditukar produk gratis.

Tidak peduli struktur mana yang Anda pilih, namun pastikan harus ada kesimbangan antara biaya yang Anda keluarkan dengan nilai (reward) yang Anda berikan. Dengan begitu, konsumen dan pelaku usaha sama – sama diuntungkan.

  • Buat Desain Kartu yang Menarik

Langkah selanjutnya adalah mendesign kartu member yang akan dibagikan ke konsumen. Masukkan elemen-elemen berikut dalam desain kartu member Anda:

  • Nama dan logo brand yang mudah di baca pada bagian kartu
  • Nama anggota, dalam hal ini konsumen yang mengikuti program membership
  • Tingkat keanggotaan yang menunjukkan status loyalitas dari konsumen
  • Tanggal kadaluarsa keanggotaan sebagai referensi anggota dan karyawan
  • Informasi kontak, seperti alamat dan nomor telepon
  • Kode QR yang bisa dipindai atau swipe
  • Memilih Platform yang Tepat

Tahapan berikutnya adalah berkaitan dengan pemanfaatan teknologi. Di era digital saat ini, software yang mempermudah mengelola sistem kartu member.

Penggunaan software dapat menyederhanakan proses administrasi, mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang, dan memastikan pelacakan data keanggotaan yang akurat.

Kemampuan tersebut tentu sangat dibutuhkan untuk mengelola anggota yang banyak. Dengan begitu, pengelolaan menjadi lebih efektif dan akurat.

  • Promosikan Kartu Member

Tahapan yang paling penting adalah promosikan kartu member kepada konsumen, untuk mendapatkan anggota batu. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti menawarkan program keanggotaan dan manfaat yang akan didapatkan melalui platform online.

Sebarkan informasi tentang program kartu member Anda melalui berbagai saluran online, dalam bentuk buletin, video, dan testimonial. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk mendapatkan anggota baru.

  • Evaluasi dan Optimasi Program

Terakhir, evaluasi sistem kartu member yang Anda terapkan secara berkala. Identifikasi apakan program loyalitas ini telah berjalan sesuai dengan misi awal yang Anda gunakan.

Jika tidak sesuai dengan harapan Anda, segera lakukan perbaikan. Identifikasi komponen mana yang kurang optimal, kemudian temukan cara yang tepat untuk memperbaikinya.

Baca juga: Mengenal Loyalty Program, Manfaat, Jenis, dan Contoh Suksesnya

Contoh Perusahaan yang Menerapkan Sistem Kartu Member

Sebelum mulai menjalankan program kartu member, mungkin Anda mencontoh beberapa perusahaan berikut yang telah sukses menerapkan sistem membership. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain, sebagai berikut:

1. REI Co-op Community

Perusahaan pertama yang bisa menjadi inspirasi Anda adalah RE Co-op. Perusahaan fashion ini menawarkan program kartu member berbayar. Konsumen yang tertarik bergabung ke komunitas REI Co-op harus membayar $20 yang berlaku seumur hidup.

Salah satu keuntungan memiliki kartu keanggotaan Rei adalah mendapatkan diskon 10% pada hampir semua produk yang tersedia. Diskon tersebut secara otomatis diberikan dalam bentuk dividen tahunan.

Saat ini, REI Co-op memiliki lebih dari 20 juta anggota yang menikmati penawaran eksklusif yang hanya tersedia bagi pemegang kartu member. Mayoritas anggotanya adalah para penggemar kegiatan di alam bebas.

Sistem keanggotaan REI Co-op tidak hanya memberikan pengembalian investasi melalui penghematan, tetapi juga memberikan ikatan emosional yang kuat antar anggota.

2. H&M

Perusahaan berikutnya yang menggunakan sistem kartu adalah H&M. Perusahaan retail fashion ini memberikan poin untuk setiap dolar yang konsumen habiskan. Sementara untuk setiap 200 poin yang diperoleh, anggota akan menerima voucher hadiah senilai $5.

Kemudian setelah mengumpulkan 500 poin, konsumen akan naik tongkat menjadi “Member Plus”. Pada tingkatan ini, konsumen akan menerima hadiah dan keuntungan yang lebih banyak daripada anggota reguler.

Sebagai contoh, pelanggan mendapatkan diskon ulang tahun, pengiriman gratis, penawaran mengejutkan, dan akses khusus ke koleksi terbatas. Lebih dari 100 juta orang telah mendaftar untuk menikmati penawaran dari H&M tersebut.

Baca juga: Customer Loyalty: Definisi, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

3. Starbucks Rewards

Selanjutnya, ada coffee shop Starbucks yang menerapkan sistem kartu member. Starbucks akan memberikan bintang setiap kali konsumen melakukan pembelian.

Bintang tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai penawaran gratis seperti kopi dan makanan, serta bonus khusus untuk anggota seperti pesanan cepat dan pengambilan sendiri.

Sistem keanggotaan Starbucks ini tersedia melalui aplikasi seluler, sehingga memudahkan yang sibuk dan peduli dengan kesehatan untuk menghindari antrian. Program yang Starbucks jalani ini meraih kesuksesan besar dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 24 juta orang.

Kesimpulan

Demikianlah deskripsi terkait sistem kartu member yang banyak bisnis terapkan utnuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Program loyalitas ini menawarkan beragram insentif atau hadiah untuk menarik konsumen untuk kembali berbelanja.

Ada beberapa jenis kartu member yang bisa bisnis pilih dalam program loyalitas mereka. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan prespektif konsumen dan kemampuan dari bisnis.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM terbaik yang mampu mengelola interaksi pelanggan secara efisien. Aplikasi ini memberikan wawasan menyeluruh terkait prespektif pelanggan, termasuk menentukan program kartu member yang tepat untuk bisnis Anda.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim ahli dari Mekari Qontak dengan klik di sini.

Referensi

WhatsApp WhatsApp Sales