Mekari Qontak
Marketing

Pengertian Interactive Marketing dan Contohnya secara Umum

Memahami Interactive Marketing dan Contohnya Secara Umum

Berbisnis membutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Salah satu banyak digunakan pebisnis adalah strategi interactive marketing. Strategi ini lebih banyak melibatkan pelanggan untuk aktif memasarkan produk secara tidak langsung ke kolega mereka.

Sayangnya informasi terkait interactive marketing ini masih minim dan sering kali kurang dipahami pebisnis. Akibatnya banyak pelaku bisnis yang masih bertanya-tanya apa itu interactive marketing serta seperti apa contoh penerapannya pada perusahaan.

Pada artikel ini akan memberikan sedikit informasi terkait hal tersebut. Setidaknya agar para pebisnis dapat memahami apa itu interactive marketing dan bagaimana bentuknya. Yuk, baca informasi selengkapnya berikut ini.

Image CTA Omnichannel


Pengertian Interactive Marketing

Interactive marketing adalah metode pemasaran yang menghubungkan konsumen secara langsung dengan pebisnis. Mekanismenya adalah pelanggan menyampaikan kebutuhan mereka secara langsung pada pemilik usaha. Sehingga apa yang menjadi konsen pelanggan dapat didengar atau diketahui pemilik bisnis.

Konsep ini memungkinkan pelaku bisnis mengetahui apa yang konsumen perlukan secara langsung. Sehingga hal ini dapat membantu memberikan peningkatan lebih baik pada produk dan jasa yang ditawarkan. Biasanya konsep pemasaran semacam ini banyak dilakukan melalui penyediaan layanan pelanggan, bantuan, dan sebagainya. Sehingga saat terjadi kesulitan atau pertanyaan dari konsumen, akan dapat langsung memperoleh solusi serta informasinya.

Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa interactive marketing adalah salah satu strategi untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan atau pengguna produk dan jasa. Dari interaksi tersebut, pengalaman pelanggan dapat diketahui dengan baik oleh perusahaan atau pelaku bisnis.

Baca juga: Mengenal Experiential Marketing, Manfaat, Tips dan Contohnya


Fungsi dan Manfaat Interactive Marketing

Sebuah perusahaan akan berjalan lebih baik jika mencoba untuk memastikan strategi pemasaran yang mereka terapkan berjalan dengan baik. Salah satunya strategi pemasaran yang melibatkan pelanggan seperti interactive marketing.

Berikut ini fungsi atau manfaat yang akan Anda dapatkan dari interactive marketing adalah

  • Interactive marketing adalah strategi yang mampu membuat pelanggan merasa didengarkan. Berkat strategi tersebut setidaknya keluh kesah pelanggan mendapatkan tanggapan yang memuaskan. Sehingga pastinya hal ini membuat pelanggan terus bertahan akibat layanan purna jual yang optimal.
  • Adanya strategi pemasaran yang satu ini membantu bisnis untuk membangun komunikasi yang dipersonalisasi. Hal ini membuat pelanggan merasa diperhatikan oleh produk yang digunakan. Dengan begitu, tercipta kenyamanan dan kepercayaan yang tinggi dari para konsumen terhadap produk atau jasa tersebut.
  • Strategi pemasaran interaktif dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi kekurangan yang ada pada bisnis sehingga kedepannya bisa melakukan perbaikan yang lebih optimal lagi. Dengan perbaikan tersebut secara tidak langsung bisnis akan makin baik dan makin disukai lebih banyak konsumen.
  • Teknik pemasaran interactive marketing adalah cara terbaik untuk membantu pemasaran dari mulut ke mulut. Tanpa disadari hal ini merupakan cara alami untuk menyampaikan sebuah produk atau jasa kepada lebih banyak konsumen.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Kelebihan dan Kekurangan Interactive Marketing

Pada setiap strategi selalu ada sisi baik dan sisi buruk. Demikian pula saat melaksanakan strategi pemasaran yang satu ini. Supaya lebih jelas, simak lebih lanjut informasi tentang kelebihan maupun kekurangan dari interactive marketing berikut ini.

– Kelebihan Menggunakan Interactive Marketing

Pertama yaitu sisi baik atau keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan strategi interactive marketing. Banyak pebisnis yang menyukai metode ini karena beberapa manfaat yang bisa didapatkan seperti berikut ini:

  • Strategi ini mempermudah perusahaan atau pebisnis untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan konsumen secara detil. Dengan komunikasi dua arah yang memadai, tidak sulit menemukan ekspetasi konsumen sepenuhnya.
  • Berkat interactive marketing, maka penjualan juga akan dapat meningkat dengan cepat. Sebab saat keinginan konsumen terpenuhi, secara tidak langsung jumlah konsumen akan makin banyak juga.
  • Dengan strategi ini maka biaya pemasaran bisa dihemat oleh perusahaan dengan lebih baik. Karena metode pemasaran yang digunakan dapat lebih minim dari yang biasanya. Sehingga dengan demikian maka dana bisnis dapat dikelola untuk kebutuhan lainnya yang lebih penting.

– Kekurangan Menggunakan Interactive Marketing

Kemudian di sisi lain, ada juga kekurangan yang harus dipertimbangkan para pelaku bisnis yang ingin menggunakan metode tersebut. Beberapa kekurangan yang bisa ditemukan pada strategi pemasaran ini yaitu sebagai berikut:

  • Salah satu kekurangan sekaligus tantangan terbesar dalam strategi ini yaitu akses ke konsumen yang minim. Apalagi jika perusahaan menggunakan database yang tidak tersimpan secara langsung terkait dengan data pelanggan. Sebagian besar pebisnis sering mengalami kendala terkait data konsumen tersebut. Sehingga tidak mudah saat ingin memulai komunikasi yang lebih intens.
  • Penggunaan strategi ini juga tidak semudah yang dibayangkan. Karena meminta konsumen untuk berkomunikasi secara intens bukan perkara yang mudah. Ada banyak konsumen yang tidak ingin membuang waktu untuk mengisi kuisioner, berbicara dengan layanan pelanggan, dan lain sebagainya. Sehingga metode ini sering kali tidak tercapai tujuannya.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Resiko Usaha yang sering Dihadapi Bisnis


Jenis-Jenis Interactive Marketing

Apabila tertarik untuk melakukan strategi interactive marketing, tentu saja ada beberapa jenis yang dapat ditemukan pada konsep tersebut. Umumnya bentuk pemasaran dengan strategi tersebut memiliki konsep dasar sesuai jenis-jenis ini. Adapun berikut ini beberapa jenisnya secara umum.

1. Komunikasi Dua Arah

Sebagian besar strategi pemasaran semacam ini memilih untuk menerapkan jenis yang berupa komunikasi dua arah. Dimana dalam hal ini menciptakan komunikasi dari perusahan ke konsumen secara aktif. Sehingga dapat diketahui apa yang menjadi ekspektasi dan keinginan pelanggan sepenuhnya. Contohnya melalui layanan pelanggan atau menggunakan form yang berupa kuesioner untuk mendapatkan informasi dan harapan pelanggan tentang produk atau layanan tertentu.

2. Personalisasi Konten

Jenis selanjutnya yaitu berupa personalisasi konten bisnis yang dibuat oleh perusahaan. Banyak pebisnis berusaha untuk membuat konten yang menceritakan tentang produk dan layanan yang ditawarkan. Termasuk informasi terkait dengan demografi hingga kebiasaan konsumen yang dibidik. Dengan demikian maka perusahaan dapat menargetkan konsumen yang lebih efektif.

3. Informasi Berlapis

Jenis berikutnya yaitu interactive marketing dengan bentuk informasi yang berlapis untuk konsumen. Sangat penting membagi berbagai macam informasi penting dari perusahaan atau pebisnis kepada para konsumen mereka. Sehingga memberikan informasi yang berlapis dapat membantu menginformasikan banyak hal pada konsumen secara akurat.

4. Penceritaan Interaktif

Terakhir yaitu jenis penceritaan interaktif, dimana hal ini banyak digunakan perusahaan dengan jalan membuat iklan dengan bentuk cerita dan animasi. Sehingga melalui metode pemasaran tersebut perusahaan dapat menjelaskan berbagai macam hal sesuai kebutuhan bisnis kepada pelanggan.


Contoh Penerapan Interactive Marketing

Sebenarnya bagi yang ingin tahu seperti apa contoh interactive marketing sehari-hari, hal ini banyak dijumpai di sekitar kita. Hanya saja beberapa orang mungkin tidak menyadari hal tersebut. Padahal layanan ini tersedia di banyak perusahaan besar untuk para konsumen setia mereka.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena perusahaan dan bisnis yang baik ingin memastikan pelanggan yang berkelanjutan. Sebab konsumen yang terus bertahan merupakan pondasi yang kuat dari bisnis untuk tetap bertahan hingga ke depannya. Bukan hanya memperluas bisnis saja yang dapat meningkatkan keuntungan, namun mempertahankan yang sudah ada juga penting untuk mendukung hal tersebut. Sementara interactive marketing adalah strategi yang berfokus pada hal tersebut.

Contoh interactive marketing pada beberapa perusahaan di tanah air sebagai berikut:

– Layanan Pelanggan Produk Elektronik

Contoh Penerapan Interactive Marketing Layanan Pelanggan

Banyak dari kita yang tentu mengetahui bahwa rata-rata produk elektronik memberikan layanan pelanggan yang cukup baik. Apabila terjadi kerusakan atau kebutuhan untuk melakukan klaim garansi, maka terdapat beberapa kontak yang bisa dihubungi oleh pelanggan. Baik itu melalui email ataupun melalui telepon dan pesan.

Melalui layanan ini, secara tidak langsung membantu menciptakan komunikasi yang interaktif antara pengguna produk dengan pihak perusahaan. Sehingga apa yang menjadi kendala dapat diselesaikan bersama-sama. Meskipun terlihat sepele, namun dibalik hal yang satu ini ada manfaat besar yang diperoleh perusahaan. Salah satunya kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan yang optimal.

– Call Center Bank Swasta atau Pemerintah

Contoh Penerapan Interactive Marketing Call Center Bank

Beberapa bank selalu menyediakan layanan call center, bukan hanya di hari kerja saja namun sepanjang 24 jam lamanya. Layanan call center ini berlaku di berbagai macam bank yang ada di Indonesia. Bukan hanya pada bank swasta saja, namun juga pada bank milik pemerintah. Karena tentunya setiap bank di tanah air sudah cukup memahami betapa pentingnya layanan yang satu ini.

Dengan adanya layanan call centre sebagai bagian dari interactive marketing, setidaknya keluhan nasabah akan tersampaikan dengan cepat. Sehingga hal ini membantu memberikan loyalitas dari pelanggan terhadap bank yang digunakan tadi.

– User-Generated Content pada Glass Animals

Band yang berbasis di Inggris, Glass Animals, mengambil pendekatan baru ke halaman arahan situs webnya dengan membuatnya tampak seperti desktop komputer dari tahun 90-an/awal 2000-an. Tampilan situs web tersebut berhasil menarik pengunjung untuk mengklik ikon yang berbeda.

Penyanyi band, Dave Bailey, juga meninggalkan pesan kepada penggemar yang mengatakan, “Gunakan suara, gunakan karya seni …” dan kirim email ke band apa pun yang mereka buat sehingga dapat digunakan dalam proyek khusus. Mengklik folder yang bertuliskan “Cherry stems” mengungkapkan file suara yang dapat digunakan pengunjung untuk membuat musik atau proyek mereka sendiri.

Bahkan ada ikon yang bertuliskan “MEME-IT” yang memungkinkan pengguna membuat meme sendiri dari band tersebut. Situs web ini memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung dan membuat penggemar terlibat dalam proses kreatif band. Laman website hampir terasa seperti permainan, dan siapa yang tidak suka permainan?

– Pembuatan Artikel Menarik oleh The Big Gronkowski by Ceros

Ceros mengambil representasi visual dari artikel alih-alih teks tradisional, artikel yang mereka buat terlihat lebih segera dan menarik pembaca. Artikel tersebut berhasil melawan norma struktur artikel, pembaca dapat dengan cepat beralih ke informasi yang ingin mereka ketahui terlebih dahulu, daripada mendiktekannya.

Ketika Rob Gronkowski pensiun sementara pada tahun 2019, Ceros, sebuah platform pembuatan konten pengalaman, memutuskan untuk membuat artikel interaktif yang menyoroti dua hal yang akan selalu diingat Gronk yakni kecakapan atletik dan sikap konyolnya.

Saat Anda mengunjungi artikel interaktif tersebut, Anda dapat beralih antara sisi “Warrior” dan “Goofball”  dari Gronk. Pengunjung didorong untuk mengklik kata tersebut untuk mengungkapkan pencapaiannya yang mengesankan, daftar cederanya, dan beberapa hal terlucu yang pernah dia lakukan. Setelah Anda selesai berinteraksi dengan artikel tersebut, Anda akan benar-benar memahami bagaimana Rob Gronkowski sama atletisnya dengan dia yang konyol.

– Interactive Virtual Events oleh Built to Last by Wistia

Dengan mengadakan events virtual, Wistia membebaskan audiens mereka untuk hadir kapan pun nyaman bagi mereka (sambil menjalankan tugas, di gym, dll). Pengunjung dapat menghadiri sesi apa pun dalam urutan apa pun yang mereka suka daripada dipaksa ke dalam jadwal yang kaku, hal ini membuat acara lebih mudah diakses.

Sekarang kita semua sudah terbiasa dengan acara virtual, tetapi rapat dan kelelahan video adalah nyata. Bagaimana Anda membuat tamu tetap terlibat? Dengan mencampurnya. Itulah yang ingin dilakukan Buffer dan Wistia ketika mereka membuat konferensi audio pertama untuk pembuat merek.

Format audio memungkinkan pendengar untuk bergabung dari mana pun mereka berada, baik selama perjalanan mereka atau saat berjalan-jalan sore dengan terhubung ke pemutar podcast.

Setiap sesi berkisar antara 25-35 menit, dan memberi pendengar pilihan untuk “memilih petualangan mereka sendiri” hanya dengan memilih sesi yang ingin mereka hadiri. Ini mengurangi gesekan karena pendengar bebas menghadiri hanya sesi yang relevan dengan minat mereka alih-alih menghabiskan beberapa jam dari waktu mereka.

Mekari Qontak

Contoh lainnya bisa ditemukan pada produk Mekari Qontak yang rupanya didukung oleh layanan omnichannel, CRM, serta layanan call center. Ketiga hal ini berkolaborasi dengan baik demi mendapatkan kepuasan pelanggan yang optimal. Terutama saat terdapat pertanyaan lebih lanjut mengenai layanan dan produk yang diberikan oleh Mekari.

Secara tidak langsung strategi pemasaran interaktif akan berjalan efektif melalui tiga mekanisme yang digunakan oleh Mekari Qontak. Belum lagi ketiga aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mengatur layanan pelanggan bisnis dengan mudah tanpa batas.

Contoh Penerapan Interactive Marketing Mekari Qontak


Tingkatkan Penjualan dengan Interactive Marketing Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Demikianlah informasi serta penjelasan terkait apa itu interactive marketing dan apa yang menjadi manfaat dari strategi tersebut. Tidak ketinggalan ada pula penjelasan mengenai contoh interactive marketing pada umumnya. Sehingga para pelaku bisnis setidaknya dapat memahami bentuk dari strategi pemasaran yang satu ini dan mencoba melakukannya.

Melalui interactive marketing semacam ini, pastinya hubungan dengan pelanggan atau konsumen akan berjalan makin optimal. Sehingga nantinya bisnis juga akan makin banyak terkenal dengan reputasi yang baik. Dengan demikian sudah tentu hal ini membantu bisnis berkembang lebih cepat ke depannya.
Permudah interaksi pelanggan Anda dengan Omnichannel dan CRM dari Qontak.

Omnichannel Qontak mampu menghubungkan seluruh saluran bisnis dalam satu platform. Hal ini memudahkan Anda dalam memantau seluruh interaksi pelanggan dari berbagai saluran bisnis. Terlebih Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan menyelesaikan keluhan pelanggan. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data pelanggan Anda.

Hubungi Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales