Daftar isi
5 min read

5 Cara Sistem CRM Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Tayang 27 Mei 2022
Diperbarui 14 Desember 2023
Bagaimana Sistem CRM Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan?
5 Cara Sistem CRM Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan sangatlah penting dalam bisnis. Di mana bisnis perlu mengetahui bagaimana sistem CRM dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Sayangnya, hal ini terkadang terlupakan karena bisnis sibuk untuk mencari pelanggan baru.

Padahal, sebuah survei menunjukkan bahwa mendapatkan pelanggan baru memakan biaya lebih besar hingga lima kali lipat dibandingkan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan tentang cara meningkatkan loyalitas pelanggan dengan CRM di artikel berikut ini!


Apa Pentingnya Loyalitas Pelanggan bagi Bisnis?

Loyalitas pelanggan sangat diperhatikan oleh bisnis untuk mempertahankan eksistensi mereka. Caranya dengan menarik pelanggan dan membuat mereka menjadi pelanggan loyal yang terus melakukan pembelian untuk mendorong pemasukan.

Berikut adalah keuntungan loyalitas pelanggan dalam bisnis:

Hemat Biaya

Pelanggan loyal lebih cost-effective daripada mencari pelanggan baru. Mencari pelanggan baru membutuhkan sumber daya seperti iklan di media sosial, optimasi SEO, dan sebagainya. Belum lagi proses panjang yang harus pelanggan lalui hingga akhirnya customer melakukan pembelian.

Pelanggan yang loyal sudah percaya dengan produk/jasa yang Anda tawarkan sehingga mereka tidak perlu diyakinkan kembali melalui iklan.

– Permudah Upsell dan Cross-sell

Customer retention memudahkan bisnis menjual lebih banyak dengan upsell dan cross-sell. Ini karena pelanggan eksisting telah mempercayai bisnis sehingga mereka lebih mudah dibujuk untuk melakukan pembelian.

Selain itu, mereka juga cenderung untuk mencari produk lain yang ditawarkan oleh bisnis yang telah mereka percaya.

– Kesempatan memperoleh pelanggan baru

Ketika bisnis sibuk mencari pelanggan baru, mereka lupa bahwa pelanggan eksisting mereka merupakan kekuatan terbesar untuk bisa mendapat pelanggan baru.

Pernah dengar kekuatan Word of Mouth?

Loyal customer akan menceritakan pengalaman positif mereka ke keluarga dan teman-temannya. Ini merupakan peluang yang sangat bagus bagi bisnis. Orang lebih mempercayai referensi dari orang yang mereka kenal daripada hanya melihat dari iklan saja.

– Unggul dari pesaing

Dengan banyaknya pesaing bisnis yang serupa di pasaran, salah satu unggulannya adalah menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

Bisnis yang melakukan engagement secara berkelanjutan akan membuat pelanggan merasa memiliki koneksi dengan bisnis tersebut. Ini membuat pelanggan terus melakukan pembelian dan meningkatkan pemasukan bisnis.

– Meningkatkan keuntungan

Memiliki pelanggan yang loyal artinya menciptakan bisnis yang berulang. Pelanggan loyal cenderung membeli produk/jasa yang sama dari sebuah bisnis secara berkala karena sudah percaya dengan bisnis tersebut.

Ini berdampak besar bagi bisnis karena 80% pendapatan perusahaan berasal dari 20% pelanggan eksisting.

Bagaimana Sistem CRM Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan?

Aplikasi CRM membantu bisnis di Indonesia dalam melakukan customer care atau layanan pelanggan. CRM dapat membantu bisnis berkembang dengan mengelola hubungan dan data pelanggan sehingga bisnis dapat berjalan lebih efisien dan efektif.

Berikut ini adalah 5 (lima) cara membangun loyalitas pelanggan dengan aplikasi CRM:

1. Personalisasi Komunikasi Pelanggan

Personalisasi Komunikasi Pelanggan - Bagaimana Sistem CRM Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Aplikasi CRM dapat membuat semua informasi pelanggan tersedia bagi bisnis, sehingga memungkinkan tim representatif customer care mempersonalisasi setiap interaksi baru dengan pelanggan.

Rekomendasi: 19 Aplikasi CRM Terbaik 2023 untuk Bisnis

2. Memperkuat Hubungan Pelanggan

Memperkuat Hubungan Pelanggan - Bagaimana Sistem CRM Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan?

Jalin hubungan pelanggan dengan membangun kepercayaan antara perusahaan dan pelanggan. Aplikasi CRM dapat membantu membangun kepercayaan ini dengan menyimpan informasi pelanggan penting yang dapat diakses kapan pun.

Hal ini sangat bermanfaat bagi tim customer support. Mengelola data pelanggan dengan benar membuat tim pendukung Anda lebih andal saat menjawab keluhan pelanggan.

3. Akses Informasi Pelanggan dengan Cepat

Akses Informasi Pelanggan yang Cepat - Bagaimana Sistem CRM Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan?

Fungsi utama CRM adalah menyimpan dan mengelola data pelanggan, termasuk interaksi dan riwayat dengan perusahaan.

Ketika seorang pelanggan menghubungi customer service, tim representatif dapat dengan cepat melihat riwayat komunikasi pelanggan dengan perusahaan dan menghindari mengulangi tanggapan yang sama.

4. Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan Pelanggan - Bagaimana Sistem CRM Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan?

Penggunaan aplikasi CRM akan meningkatkan kepuasan pelanggan di perusahaan dengan memetakan kebutuhan spesifik setiap pelanggan.

Karena setiap interaksi tersimpan dengan rapi dalam sistem, perusahaan dapat menganalisis data tersebut untuk menentukan metode terbaik untuk mendekati pelanggan

Ini sangat penting untuk mempertahankan pelanggan bernilai tinggi yangmemberikan keuntungan besar bagi bisnis, atau istilahnya high value customer.

5. Memberikan Respon Cepat

Respon Cepat - Bagaimana Sistem CRM Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan?

Cara terbaik bagi perusahaan untuk membangun loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan respon pelanggan dengan cepat.

Riset toistersolutions.com menyebutkan hampir setengah dari semua pelanggan (46%) berharap perusahaan merespons lebih cepat dari 4 jam. Sementara 12% mengharapkan tanggapan dalam waktu 15 menit atau kurang.

Software CRM dapat membantu melakukan hal tersebut, terutama melalui integrasi dengan  Chatbot. Fitur chatbot ini membantu bisnis memberikan respon otomatis layaknya komunikasi dengan manusia.

Aplikasi CRM Indonesia yang terintegrasi dengan Chatbot salah satunya adalah Mekari Qontak. Dengan Chatbot, bisnis dapat melakukan interaksi dengan pelanggan secara cepat dan tersedia selama 24/7.

Selengkapnya: Cara Mudah Membuat WhatsApp Chatbot


Tingkatkan Loyalitas Pelanggan Anda dengan Sistem CRM Terbaik!

Itu dia penjelasan tentang bagaimana sistem CRM dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan berbagai manfaat di atas, tidak ada lagi alasan bagi bisnis untuk tidak meningkatkan loyalitas pelanggan dengan software CRM Indonesia seperti Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan software CRM Indonesia terbaik dengan fitur terlengkap di kelasnya. Tidak hanya itu saja, CRM Mekari Qontak juga dapat diintegrasikan dengan Omnichannel dan WhatsApp APi untuk memudahkan bisnis Anda.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Kategori : CRM
WhatsApp WhatsApp Sales