Daftar isi
13 min read

Kenali Apa itu Social Media Campaign, Jenis dan Contoh Sukses Penerapannya

Tayang 30 Mei 2024
Diperbarui 03 Juni 2024
Kenali Apa itu Social media campaign, Jenis dan Contoh Sukses Penerapannya
Kenali Apa itu Social Media Campaign, Jenis dan Contoh Sukses Penerapannya

Media sosial (medsos) merupakan platform online yang paling banyak pelaku bisnis memanfaatkan untuk pemasaran. Hal ini seiring tingginya aktivitas masyarakat yang menggunakan medsos, seperti Facebook, TikTok, Twitter, Instagram dan sebagainya.

Pemasaran lewat medsos atau dikenal sebagai social media campaign memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis, seperti menjangkau audiens yang lebih luas dan hemat biaya.

Yuk, pembahasan mengenai keuntungan memasarkan produk lewat sosial media dan cara efektif menghasilkan penjualan dari social campaign pada artikel berikut.

Baca juga: Penjelasan Lengkap mengenai Campaign

Apa itu Social Media Campaign?

Social media campaign adalah upaya pemasaran yang bisnis lakukan untuk mencapai suatu tujuan dengan memanfaat satu atau lebih platform media sosial. Dalam hal ini melibatkan berbagai elemen kreatif dan taktik untuk menarik perhatian audiens lebih luas.

Setiap upaya social campaign memiliki tujuan yang spesifik, seperti membangun brand awareness, mendatangkan prospek hingga meningkatkan penjualan. Hal ini berbeda dari aktivitas media sosial pada umumnya yang bersifat rutin, tapi tidak fokus.

Oleh karena itu, bisnis akan melacak setiap aktivitas social campaign secara berkala dengan bantuan alat analitik. Tujuannya untuk mengukur efektivitas setiap strategi yang digunakan, serta melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk mendapatkan hasil optimal.

Di sisi lain, kampanye melalui sosial media di Indonesia memiliki peluang besar yang bisa bisnis manfaatkan untuk menghasilkan penjualan.

Laporan We Are Social mencatat ada 139 juta identitas pengguna media sosial di Indonesia pada Januari 2024. Angka ini setara dengan 49,9% dari total populasi nasional.

Platform media sosial yang banyak masyarakat gunakan adalah WhatsApp (90,9%), Instagram (85,3%), Facebook (81,6%), Tiktok (73,5%), Telegram (61,3%) dan X (57,5%).

Platform media sosial paling banyak digunakan di Indonesia (social media camapign)

Jenis-jenis Social Media Campaign

Social media campaign memiliki beberapa tipe yang dibedakan berdasarkan tujuan kampanye. Berikut jenis-jenis kampanye sosial media yang populer di kalangan pelaku usaha:

Giveaway

Konten giveaway sempat menjadi trending topik beberapa waktu lalu. Strategi pemasaran ini menawarkan hadiah kepada pengguna sosmed yang melakukan tindakan tertentu, seperti mengikuti akun, membagikan konten atau berkomentar pada postingan.

Kampanye kontes dan giveaway membantu bisnis meningkatkan visibilitas, keterlibatan, dan loyalitas audiens dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Hashtag campaign

Selanjutnya, mendorong pengguna #hashtag khusus pada konten yang dipublikasikan di sosial media. Penggunaan hashtag memudahkan dalam mengumpulkan dan mengelompokkan konten yang terkait dengan topik tertentu, sehingga mudah ditemukan oleh pengguna media sosial.

Dengan menggunakan hashtag secara efektif, bisnis atau organisasi dapat memperkuat pesan kampanye mereka, membangun komunitas online, dan mencapai tujuan pemasaran mereka dengan lebih efisien.

Influencer marketing

Influencer marketing bagian dari upaya social campaign yang memberikan pengaruh besar. Berkolaborasi dengan influencer membantu bisnis menjangkau pengikut mereka yang mempunyai tingkat keterilibatan tinggi.

Selain meningkatkan engagement, bekerjasama dengan influencer marketing bisa lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari pengikut mereka. Hal ini mendorong tingkat konversi yang lebih tinggi.

Baca juga: Tips Memilih Influencer Marketing yang Tepat untuk Bisnis Anda

User-generated content (UGC)

User Generated Content (UGC) bisa pelaku bisnis manfaatkan sebagai salah satu upaya social campaign. Bisnis bisa mendorong pelanggan untuk menulis ulasan, membagikan foto atau video, atau memberikan komentar dengan menambahkan tagar khusus.

Konten UGC sering kali muncul di platform media sosial, forum online, blog, dan situs web lainnya. Keberadaan UGC membantu mempromosikan merek tanpa biaya tambahan. Disisi lain, pelanggan akan merasa dihargai yang bisa mempererat hubungan mereka dengan merek tersebut.

Baca juga: Mengenal Pentingnya User Generated Content dalam Dunia Bisnis

Live video dan Q&A

Kampanye live video dan tanya jawab (Q&A) di media sosial melibatkan interaksi langsung antara merek dan audiensnya melalui platform live streaming seperti Facebook Live, Instagram Live, atau platform lainnya. Upaya pemasaran ini menciptakan keterlibatan yang lebih besar daripada konten statis.

Penggabungan antara siaran langsung dan sesi tanya jawab di media sosial menciptakan pengalaman yang lebih interaktif bagi audiens. Hal ini membantu meningkatkan kesadaran merek dan kepercayaan pelanggan karena dapat melihat dan berinteraksi langsung.

Paid social media advertising

Paid social media advertising adalah strategi pemasaran di mana merek membayar platform media sosial untuk menampilkan iklan mereka kepada target audiens yang ditentukan. Iklan ini bisa dilakukan di berbagai platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya.

Iklan media sosial berbayar memungkinkan bisnis untuk mencapai audiens yang lebih luas dan relevan dengan lebih cepat. Selain itu, bisnis juga bisa menilai efektivitas setiap iklan dengan metrik yang terukur seperti jumlah tayangan, klik, konversi, dan lain-lain.

Manfaat Social Media Campaign untuk Bisnis

Setelah mengetahui jenis-jenis social media campaign, mungkin Anda masih ragu untuk menjalankannya. Dalam upaya meyakinkan Anda, kami merangkum keuntungan yang akan bisnis dapatkan dari kampanye sosial media, seperti berikut:

Meningkatkan brand awareness

Keuntungan pertama mempromosikan produk di media sosial adalah meningkatkan kesadaran merek. Bahkan sebelum klik dan konversi menjadi perhatian, Anda telah memperkenalkan brand Anda kepada jutaan orang dengan menggunakan iklan media sosial, seperti Youtube.

Menurut penelitian oleh Magna, sekitar 76% orang secara rutin melewatkan iklan saat menonton video YouTube. Untuk memaksimalkan iklan Youtube, Anda mungkin bisa memilih iklan in-stream non-skippable.

Meningkatkan konversi penjualan

Aktivitas kampanye pemasaran di media sosial membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak penjualan. Sebagian besar pelanggan menemukan merek dan produk baru melalui konten atau iklan di media sosial.

Buatlah konten yang menarik dan relevan bagi audiens Anda. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah mengingat merek Anda, membagikan konten Anda, dan merekomendasikan Anda kepada teman dan keluarga mereka. Dengan melakukan ini, Anda bisa mendapatkan lebih banyak penjualan.

Meningkatkan traffic website

Keuntungan lainnya dari social media campaign adalah membantu mengarahkan pelanggan mengunjungi website bisnis. Gunakan tautan yang mengarahkan ke website dan tempatkan mereka dalam pos dan profil Anda. Tautan yang dipendekkan akan menghemat ruang dan tidak terlihat terlalu mendominasi bagi audiens.

Meskipun media sosial bagus untuk mengarahkan lalu lintas ke website, Anda perlu mempertimbangkan tidak hanya konten diposting, tetapi juga seberapa sering akan diposting. Hal ini untuk menghindarkan Anda menjadi pemasar yang terlalu mendominasi, sehingga membuat pelanggan menjauh.

Membangun komunitas dan loyalitas pelanggan

Social media campaign bisa menjadi salah satu cara untuk Anda mendapatkan loyalitas pelanggan. Sebab, pelanggan mengikuti dan berinteraksi dengan akun bisnis yang mereka sukai. Bahkan, 90% dari mereka mengatakan membeli dari merek yang mereka ikuti di media sosial.

Hal tersebut menunjukkan bahwa pelanggan yang mengikuti Anda, mereka lebih cenderung memilih Anda daripada pesaing Anda. Selain itu, jika mereka adalah pelanggan setia, mereka akan meningkatkan engagement Anda.

Meningkatkan customer service dan brand reputation

Sosial media bisa Anda manfaatkan sebagai media layanan pelanggan. Pelanggan saat ini mengharapkan perusahaan menangani permintaan mereka melalui media sosial karena bisa bisa mendapatkan respon lebih cepat.

Sekitar 71% pelanggan yang memiliki pengalaman positif dengan merek di platform media sosial mengatakan bahwa mereka lebih mungkin merekomendasikan merek tersebut kepada orang yang mereka kenal. Hal itu membuat memiliki strategi layanan pelanggan melalui media sosial sangatlah penting.

Cara Membuat Social Media Campaign yang Sukses

Media sosial menjadi platform yang sangat terpengaruh dengan tren. Maka dari itu, jika Anda ingin menjalankan kampanye sosial media harus mengikuti tren yang banyak dibicarakan.

Namun sebelum mulai menjalankan kampanye pemasaran di sosial media, ada baiknya Anda mengikuti tahapan berikut:

Tentukan tujuan campaign

Tahapan pertama dimulai dengan menentukan target Anda dalam social campaign. Usahakan tujuan yang Anda buat spesifik, seperti membangun brand awareness, meningkatkan traffic, menghasilkan prospek dan lain sebagainya.

Tujuan tersebut akan mempengaruhi langkah selanjutnya yang akan dijalankan. Misalnya jika Anda memilih meningkatkan kesadaran merek, maka cara efektif adalah beriklan atau bekerjasama dengan influencer marketing.

Kenali target audiens Anda

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan informasi target audiens Anda, seperti demografis, perilaku dan pola pembelian mereka. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai target audiens Anda, agar konten yang dihasilkan tepat sasaran.

Cobalah untuk menganalisis percakapan target audiens Anda tentang merek Anda, produk, pesaing, dan kampanye yang ada. Hal ini memungkinkan untuk mengekstrak topik-topik yang penting bagi target audiens Anda, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mengembangkan kampanye dengan pesan yang tepat.

Pilih platform social media yang tepat

Selanjutnya, Anda perlu memilih platform media sosial yang akan digunakan untuk mempublish content marketing. Sebab, setiap platform media sosial memiliki karakteristik yang unik dan menarik bagi audiensnya sendiri.

Misalnya, jika Anda menargetkan anak muda yang selalu mengikuti tren terkini dan lebih visual, Instagram mungkin menjadi pilihan yang ideal karena platform ini dikenal karena fokus pada gambar dan video yang menarik.

Sementara itu, Twitter bisa menjadi pilihan yang baik jika audiens Anda aktif dalam berbagi informasi singkat dan terbaru, karena platform ini sering digunakan untuk berita terkini dan percakapan langsung.

Dengan memilih platform yang sesuai dengan karakteristik dan minat target audiens, Anda dapat meningkatkan efektivitas kampanye media sosial Anda.

Buat konten yang menarik dan relevan

Setelah menentukan platform medsos, langkah selanjutnya Anda bisa membuat konten yang menarik. Anda bisa mencari beberapa sumber inspirasi yang akan membantu kampanye sosial Anda menjadi lebih berkesan.

Tidak semua konten harus menarik bagi seluruh audiens Anda. Fokuslah pada konten yang sesuai dengan tahapan perjalanan pembelian audiens Anda.

Jika tujuan Anda adalah membuat orang mengenal merek Anda. Konten Anda perlu menarik, seperti infografis dan video tutorial.

Video pendek masih populer. Jadi, pertimbangkan untuk fokus pada jenis konten ini. Tetapi, ingatlah bahwa preferensi audiens Anda mungkin berbeda, jadi gunakan data Anda sendiri untuk memutuskan jenis konten yang paling cocok.

Baca juga: Tips Membuat Content Marketing yang Menarik

Gunakan hashtag yang tepat

Jangan lupa untuk menggunakan hashtag pada konten pemasaran yang Anda buat. Pilihlah hashtag yang relevan dengan tujuan kampanye dan minat target audiens, sehingga dapat meningkatkan visibilitas dan keterlibatan kampanye Anda secara signifikan.

Misalnya, jika Anda mempromosikan produk kecantikan, gunakanlah hashtag yang populer dalam komunitas kecantikan seperti #makeupaddict atau #skincare dapat membantu Anda menjangkau audiens yang tepat.

Selain itu, Anda perlu konsisten dalam penggunaan hashtag di semua platform media sosial Anda, Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan efektivitas kampanye tersebut.

Promosikan kampanye Anda

Bagian terpenting dari social media campaign adalah mempromosikan kampanye Anda kepada target audiens. Salah satu cara efektif untuk melakukan ini dengan memanfaatkan berbagai saluran promosi, seperti posting organik, iklan berbayar, dan kolaborasi dengan influencer atau mitra lainnya.

Pastikan untuk menyebarkan informasi tentang kampanye Anda secara konsisten di semua platform media sosial yang relevan menggunakan teknik seperti teaser, konten sneak peek, dan countdown untuk membangun antisipasi di antara audiens Anda.

Dengan mempromosikan kampanye Anda secara efektif, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek, keterlibatan, dan konversi, serta mencapai tujuan kampanye Anda dengan lebih baik.

Analisis dan evaluasi hasil campaign

Langkah terakhir dari strategi social media campaign adalah mengukur efektivitas kampanye yang dibuat. Pada tahap ini, Anda bisa memilih metrik yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Sebagai contoh, metrik untuk keterlibatan audiens meliputi jumlah orang yang menyukai, mengomentari, atau membagikan kiriman Anda memberikan gambaran yang baik tentang efektivitas kampanye Anda.

Setelah Anda memilih metrik yang relevan, mulailah ukur keberhasilan kampanye Anda dan lakukan pelaporan menggunakan analisis media sosial. Dengan memantau kinerja kampanye Anda secara teratur, Anda dapat membuat penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan strategi dan konten Anda.

Baca juga: Pengertian Pemasaran Media Sosial, Manfaat dan Strateginya

Contoh Social Media Campaign Terbaik di Indonesia

Beberapa perusahaan besar di Indonesia sukses menjalankan kampanye melalui sosial media. Hal tersebut membuat nama brand tersebut menjadi viral dan menarik perhatian publik.

Berikut contoh brand Indonesia yang berhasil memanfaatkan sosial media sebagai media pemasaran mereka:

Tokopedia “Pulang Kampung dengan Tokopedia”

Momen Hari Raya Idul Fitri coba Tokopedia manfaatkan dengan membuat kampanye “Pulang Kampung dengan Tokopedia”. E-commerce asal Indonesia ini melihat peluang dari kebiasaan masyarakat yang pulang ke kampung halaman setiap hari raya Idul Fitri.

Pada kesempatan tersebut, Tokopedia menawarkan kemudahan berbelanja online melalui platform mereka untuk kebutuhan Lebaran, seperti pakaian tradisional, perlengkapan rumah tangga, makanan khas Lebaran, hingga tiket perjalanan.

Tokopedia meluncurkan serangkaian konten yang menarik perhatian pengguna, termasuk video kampanye yang emosional dan konten-konten kreatif yang menggambarkan momen “pulang kampung” dengan menggunakan produk Tokopedia.

Selain itu, Tokopedia juga mengadakan berbagai kontes dan acara online, seperti kuis, games, dan live streaming, yang melibatkan pengguna secara langsung. Hal ini tidak hanya meningkatkan interaksi dengan merek mereka, tetapi juga menciptakan buzz di media sosial.

Hasilnya, kampanye “Pulang Kampung dengan Tokopedia” berhasil menciptakan kesadaran yang besar terhadap merek Tokopedia selama periode Lebaran, meningkatkan keterlibatan pengguna, dan penjualan produk di platform mereka.

Whitelab #BeneranSebagusItu.

Kampanye #BeneranSebagusItu dikenalkan produk kosmetiki Whitelab. Brand kosmetik ini mengundang pelanggan untuk membagikan foto atau video perubahan kulit mereka setelah menggunakan produk Whitelab dengan menggunakan hashtag #BeneranSebagusItu.

Tantangan tersebut tidak hanya menciptakan keterlibatan yang besar dari pelanggan yang ada, tetapi juga menarik minat dari pengguna media sosial lainnya yang melihat hasil yang luar biasa dari penggunaan produk Whitelab.

Dengan ribuan orang yang berpartisipasi dalam tantangan ini, kampanye #BeneranSebagusItu berhasil menjadi viral di media sosial. Kampanye ini juga berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat tentang merek Whitelab secara signifikan.

Semakin banyak orang yang berbagi pengalaman positif mereka dengan produk Whitelab, semakin besar pula dampaknya terhadap citra merek tersebut. Akibatnya, penjualan produk Whitelab juga meningkat secara substansial selama periode kampanye ini.

Gojek #PastiAdaJalan

Gojek menyoroti semangat kebersamaan dan ketekunan untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari dengan menjalankan kampanye “Gojek #PastiAdaJalan”.

Perusahanan penyedia jasa transportasi ini memulai kampanye tersebut dengan meluncurkan serangkaian iklan televisi, video pendek, dan konten media sosial yang menggambarkan berbagai situasi sulit di mana orang-orang membutuhkan layanan Gojek. Dalam setiap situasi sulit tersebut, Gojek menunjukkan bahwa ada solusi dengan menggunakan tagline #PastiAdaJalan.

Kampanye ini berhasil meraih perhatian masyarakat dengan meningalkan pesan yang inspiratif dan optimis. Tagline #PastiAdaJalan menjadi populer dan sering digunakan oleh pengguna media sosial untuk berbagi cerita mereka tentang bagaimana Gojek membantu mereka dalam mengatasi berbagai tantangan.

Dengan kampanye ini, Gojek tidak hanya meningkatkan kesadaran merek mereka, tetapi juga menciptakan ikatan emosional dengan pelanggan mereka. Mereka berhasil menunjukkan bahwa Gojek bukan hanya sekadar layanan transportasi, tetapi juga mitra yang siap membantu dalam setiap situasi sulit.

Akibatnya, kampanye #PastiAdaJalan tidak hanya sukses dalam meningkatkan jumlah pengguna dan penggunaan aplikasi Gojek, tetapi juga memperkuat posisi Gojek sebagai merek yang peduli dan dapat diandalkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Kesimpulan

Social media campaign banyak bisnis manfaatkan untuk meningkatkan kesadaran merek, interaksi pelanggan, dan penjualan seperti dijelaskan di atas. Kampanye ini mencakup pembuatan konten menarik, penggunaan influencer, dan analisis data untuk mengukur keberhasilan.

Dalam menjalankan kampanye ini, biasanya bisnis melibatkan lebih dari satu platform media sosial. Oleh karena itu, sebagian bisnis memilih mengintegrasikan berbagai platform medsos untuk menciptakan pengalaman yang mulus menggunakan aplikasi omnichannel.

Selain itu, personalisasi pesan dan promosi dapat dilakukan berdasarkan interaksi media sosial akan membantu efektivitas kampanye yang dibuat. Dalam hal ini bisnis bisa memanfaatkan aplikasi CRM untuk membantu memahami kebutuhan pelanggan.

Mekari Qontak menawarkan produk paket service suites yang terintegrasi dengan aplikasi CRM dan Omnichannel. Produk ini membantu Anda menciptakan pengalaman pelanggan yang konsisten, terpadu, dan dipersonalisasi di berbagai platform.

Coba Demo produk service suites Mekari Qontak atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim ahli Mekari Qontak secara Gratis dengan klik di sini.

Referensi

Kategori : Marketing
WhatsApp WhatsApp Sales